Sep 272015
 

mina-33

Jakarta – Jumlah jemaah Indonesia yang menjadi korban peristiwa Mina bertambah dari 19 menjadi 34 orang, setelah tim Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) melakukan identifikasi pada Minggu siang. Ke-15 nama baru yang masuk sebagai korban meninggal dalam musibah Mina tanggal 24 September sekitar pukul 7.40 WAS itu adalah:

1. Nabana Matsen Tarif, kloter 14 embarkasi Batam (BTH 14)

2. Reni Arfiani Kaherdin, kloter 14 embarkasi Batam (BTH 14)

3. Ponpon Sadjaah Sastrapradja, kloter 14 embarkasi Batam (BTH 14)

4.Tanti Puspitawati Suharsono , dari kloter 61 embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 61)

5. Rina Ocktarina Siroz Thoyib, dari kloter 61 embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 61)

6. Neneng Nurjuwitawati Deni Sahroni, dari kloter 61 embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 61)

7. Erik Suryaman Aceng Kartika, dari kloter 61 embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 61)

8. Eni Sukarni Oyo, dari kloter 61 embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 61)

9. Atik Suryati Suarno, dari kloter 61 embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 61)

10. Endang Sutiani Atang, dari kloter 61 embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 61)

11. Debi Merliandayani Hamdani, dari kloter 61 embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 61)

12. Wisma Widyana Puspitasari, dari kloter 61 embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 61)

13. Tasmudji Agung Seputro, kloter 48 embarkasi Surabaya (SUB 48)

14. Muzayyana Tahir Saruni, kloter 48 embarkasi Surabaya (SUB 48)

15. Nadjemiah Samad Madjida, kloter 10 Makasar (UPG 10)

mina-3

Jenazah jemaah haji yang tewas dikeruk dengan buldozer, untuk kemudian dimasukkan ke dumb truck. Photo ini banyak menuai kecaman kepada Arab Saudi dalam memperlakukan korban meninggal.

DPR Dukung Nota Protes Presiden ke Arab Saudi

Ketua Komisi VIII Saleh Partaonan Daulay mengungkapkan keputusan Presiden Joko Widodo melayangkan nota protes kepada pemerintah Arab Saudi sudah tepat. “Bagi kita yang paling utama adalah keamanan dan keselamatan para jamaah. Diplomasi yang penting dilakukan tentu ke arah itu.” Saleh menyatakannya melalui pesan kepada Tempo, Ahad, 27 September 2015.

Dalam kunjungannya di Karawang, Presiden Joko Widodo mengutarakan keinginan mengirim nota protes, mengenai serangkaian kecelakaan haji. Protes akan dilayangkan setelah proses penyelidikan selesai.

Menurut Saleh, Indonesia memang perlu menyatakan sikap resmi mengenai tragedi Mina. Namun ia menilai pemerintah tetap perlu memikirkan secara matang bentuk sikapnya. “Apalagi, tragedi Mina ini secara tidak langsung telah dijadikan sebagai ajang untuk mencari pengaruh. Pemerintah harus hati-hati menentukan sikap.”

Ketika ditanya mengenai kemungkinan nota protes Indonesia dapat mempengaruhi hubungan dengan Arab Saudi, Saleh mengungkapkan semuanya bergantung pada isi notanya. Jika nota protes yang diajukan diarahkan pada upaya pencarian dan identifikasi korban, Indonesia memang memiliki hak untuk itu. Namun, jika diarahkan pada upaya marginalisasi pemerintah Saudi, dikhawatirkan respon yang ditimbulkan bisa berbeda.

Saleh juga tidak khawatir nota ini akan mempengaruhi hubungan dengan Arab Saudi mengenai pelaksanaan haji. Kuota ditentukan dari jumlah penduduk muslim suatu negara. “Pemerintah Saudi tidak berpikiran ke situ. Yang paling penting bagi mereka adalah mempertahankan reputasi mereka sebagai tuan rumah penyelenggara ibadah haji.”

Tempo.co

Artikel Terkait :

  101 Responses to “34 Orang Meninggal, Presiden Kirim Nota Protes Mina”

  1. Nota protes seteroooong

    • Pertamax !!!!
      Hehehe bung saya kudeta xixixi…
      Nggak usah kirim nota segala.
      Langsung boikot saja 5 tahun.

      • hidayatullah.com /berita/info-haji-umrah/read/2015/09/18/78541/kebakaran-hotel-di-makkah-keteledoran-jamaah-indonesia-bawa-rice-cooker.html

        ini juga

        hidayatullah.com /spesial/analisis/read/2015/09/27/79373/musibah-mina-simpang-siur-300-jamaah-iran-dinilai-langgar-jadwal-lempar-jumrah.html

        • Enak memang jadi WAHYUDI (Wahaby Saudy/Yahudi ) karena apa pun kesalahan yg kita buat kita tinggal nunjuk ke hidung Syiah dan Iran di Jamin para WAHABOY indonesia langsung mangap dan percaya dalam iman yang kuat. Hehehehe…
          Kok cuma jamaah haji iran di salahkan. Padahal jadwal jamaah haji indonesia itu sore hari. Salahkan juga dong indonesia.
          Akui sajalah klo penyelenggaraan Haji oleh Arab Saudy yg telah di bantu oleh badan keamanan G4S israel itu tidak memenuhi standar keselamatan dan keamanan.

          Dari video amatir salah seorang jamaah haji yang kebetulan di TKP, kita bisa melihat bagaimana pihak keamanan pengelola haramain memang dengan sengaja menutup jalan, untuk link videonya bisa dilihat disini:
          https://m.youtube.com/watch?v=9fQJiW2STCg
          Pihak keamanan rezim Arab Saudi memang sengaja menutup jalan, ini jelas mengundang pertanyaan, mengapa akses jalan harus ditutup? Mengapa jamaah dibiarkan berdesak-desakan?

          Bukti lain, kita bisa lihat sendiri langkah apa yang diambil Raja Salman pasca insiden, ia akan mengeksekusi 28 orang petugas keamanan di TKP, mereka itu di pancung, artinya tim investigasi TKP dari pihak Saudi sendiri mengakui insiden tersebut itu karena kelalaian petugas setempat, dan didukungdengan video amatir semua mengarah ke buruknya pelayanan pengelola Haramain, ditambah lagi faktor karena adanya konvoi Putera Mahkota, dihubungkan semua maka jelas sudah kenapa sampai ada blokade jalan yang berujung pada menumpuknya jamaah di satu titik yg mengakibatkan banyaknya jamaah wafat, ini didukung video dan laporan media-media beserta bukti, bukan sekedar kesaksian tidak jelas dan berdasarkan sentimen mazhab seperti yang mereka sebarkan hari ini. Link berita Ad Diyar dalam bahasa Arab silahkan akses disini :
          http://www.addiyar.com/…/1044118-???-???-???-28-??????-??-?…
          Katakanlah anggapan pihak anti-Syiah benar bahwa penyebab berdesak-desakan itu karena jamaah Iran, berdasarkan bukti di atas jamaah Iran jelas bukan masalah jika pihak keamanan Saudi bekerja dengan intens, atau betul-betul memperhatikan keselamatandan ketertiban jamaah Mina, karena fakta data yang ditemukan dalam 10 tahun terakhir insiden di Mina telah terjadi sebanyak tujuh kali, dan kejadian dan tahun ini sangat banyak memakan korban, apakah itu semua karena jamaah Iran? Berfikirlah kawan.

          dua jalan ditutup Asykar Saudi meski kosong, kutipan dari Republika, “Akhirnya, dua orang askar mengizinkan. Setelah kami lewat, jalannya ditutup pagar pembatas,” kata saksi. Jadi, yang menutup jalan itu Askar Saudi. Bukan yang lain.Kedua, jamaah Indonesia bertanya, “Kenapa kami diminta berbelok?”Akses jamaah Indonesia ke Jamarat melalui Jalan King Fahd sempat ditutup pada Kamis (24/9) pagi. Jamaah yang berhasil melintas ke akses untuk jamaah asal Asia ke Jamarat mengatakan, tidak mengetahui alasan penutupan.

          media dari Afrika jelas menulis bahwa yang mendapat kecaman atau yang disalahkan pihak Arab Saudi adalah jamaah Afrika, bukan jamaah Iran, bisa di lihat di tautan ini:
          howafrica.com/saudi-prince-blames-black-africans-for-hajj-stampede-717-dead-so-far/.Sampai hari ini, tidak ada pernyataan resmi dari Arab Saudi yang menyatakan bahwa Syiah/ Iran dalang musibah ini. Lalu mengapa, para media-media ‘Islam’ mainstream Indonesia menuding Iran?

        • dahsyat na media bisa muter muter opini orang ya. klu amatiran apalagi di negeri orang yg bahasa tidak dimengerti bisa salah tanggap. Padalah cuman bisa berkomentar sepanjang jauh memandang tanpa tau kejadian yg lebih luas.

        • https://m.youtube.com/watch?v=9fQJiW2STCg

          Ini video pembukaan stasiun kereta untuk haji taun kemaren. Gak ada hubungannya dengan mina. Orang 2 berdesakan mau naek kereta. Tanyakan ke mahasiswa kita yg belajar di Saudi.

        • bung bayo bisa ke pihak berwenang

          https://m.youtube.com/watch?v=9fQJiW2STCg

          Ini video pembukaan stasiun kereta untuk haji taun kemaren. Gak ada hubungannya dengan mina. Orang 2 berdesakan mau naek kereta. Tanyakan ke mahasiswa kita yg belajar di Saudi.

        • oh jadi cuma video itu yg mau kamu bantah?
          bgmn dgn kesaksian jamaah haji kita yg berada paling depan?
          jangan2 kamu akan menuduh dia Syiah juga?
          drmn dasar kebenaran link yg kamu kasih di atas? padahal bukan cuma jamaah iran yg melanggar jadwal. kok cuma mereka yg dituding?
          padahal Arab Saudy saja belum mengeluarkan secara resmi pernyataan yg menyalahkan jamaah iran. justru jamaah Afrika yg di salahkan dalam peristiwa ini.

        • Sewaktu peristiwa 11 september semua mengarah ke orang Islam sampe merebak anti Islam. tp tidak ada bukti orang islam pelaku nya. Yg jelas pada saat itu tidak ada orang YAHUDI pun yg ngantor.

        • justru persaksian di link kamu itu yang nggak jelas sumbernya. nggak jelas judulnya, nggak jelas gambarnya ama isi artikelnya.
          beritanya nggak bisa di konfirmasi krn tidak menyebut nama. kalau menyebut itu adalah nama yg sengaja di sulap oleh arrahmah.
          berbeda dgn kesaksian jamaah asal indonesia yg berada paling depan. ada namanya dan bisa di saksikan di TV beritanya.
          dan sampai skrg pemerintah tidak mengeluarkan pernyataan resmi yg menyalahkan jamaah iran. justru jamaah afrika yang di salahkan dlm hal ini. lihat dsni:
          howafrica.com/saudi-prince-blames-black-africans-for-hajj-stampede-717-dead-so-far/

          @Sewaktu peristiwa 11 september semua mengarah ke orang Islam sampe merebak anti Islam. tp tidak ada bukti orang islam pelaku nya. Yg jelas pada saat itu tidak ada orang YAHUDI pun yg ngantor.

          jawab:
          ini benar, di kejadian itu tidak ada yahudi yg jadi korban.
          tapi faktanga kejadian mina memakan korban ratusan jiwa juga di pihak iran.
          apa kamu mau bilang klo di mina tidak ada jamaah iran yang jadi korban?

    • Saya mau bertanya, adakah yang punya foto lebih jelas buat gambar truk dan buldosernya? Sebelum saya komen lebih jauh, takutnya ini hanya hoax. Kalau di zoom in kok tidak terlihat seperti jenazah yangs sedang di “buldoser”. Kedua apakah kejadiannya di tempat lempar jumroh tersebut atau di tempat yang lain?Terimakasih

      • Lihat aja foto mayat ditumpuk bung begitu bung, berarti benar di buldozer…gila, mereka gak peduli karena kejadian apapun tetap orang pasti mau naik haji.

      • klo saya ga yakin itu jenasah yg di buldoser, kayak ny kain/baju ihram yg terlepas dari badan korban2

      • Foto buldozer jelas hoax. dibuat oleh orang2 yang mencoba memancing di air keruh. kalau anda2 belum pernah umroh atau haji, googling aja. pilar jamarat sudah jauh lebih besar daripada digambar. dan sudah bertingkat. ada baiknya admin menghapus gambar ini. agar tidak menjadi fitnah di kemudian hari.

    • Bagi yg suka menyalahkan syiah ini ada Kutipan berita. cari di Repbulika. jadi tolong instrofeksi diri;

      “Jalan kosong. Saya juga sempat heran kenapa jalan kosong kok ditutup? Kenapa kami diminta berbelok?” kata jamaah Kloter JKS 61 Roni Herdianto (34 tahun), Jumat (25/9) malam waktu setempat. Bahkan, Roni sempat foto-foto dan beristirahat menuju Jamarat.Roni menjelaskan, dia bisa langsung mengakses Jamarat sesuai jalur yang terterapada peta dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Jalur itu juga sesuai yang disurvei oleh jamaah sebelum rangkaian ibadah di Mina.Setelah melakukan lontar jumrah, jamaah langsung menuju Masjidil Haram untuk menuntaskan rukun haji, yaitu tawaf ifadah dan sa’i. “Kami baru tahu ada kejadian dari orang tua di Tanah Air yang menelepon,” ujar Roni.Jamaah asal Purwakarta, Jawa Barat itu menjelaskan, ada delapan rombongan yang tergabung dalam Kloter JKS 61. Setiap rombongan beranggotakan 45 orang. Delapan rombongan ini berangkat dalam tiga gelombang.“Ada tiga gelombang yang berangkat. Yang tidak sarapan, yang sarapan, dan yang sarapannya terlambat. Yang berbelok itu yang sarapan,” kata Roni.Roni menjelaskan, tiga rombongan berangkatpertama, disusul tiga rombongan, dan terakhir dua rombongan. “Yang banyak menjadi korban itu rombongan 4, 6, dan 9,” ujar dia.Dia menuturkan, tiga rombongan pertama berangkat lebih dulu karena membawa jamaah uzur dan menggunakan kursi roda. Dua rombongan dapat melintas dengan mudah di Jalan King Fahd. Rombongan terakhir sempat terhalang melewati akses untuk jamaah asal Asia tersebut.Askar, kata Roni, meminta rombongan berbelok ke kiri, yaitu melintasi Jalan 223 yang menjadi penghubung Jalan King Fahd dan Jalan 204. Ketika itu, dia sempat hendak berbelok. Namun, dia urung melanjutkan perjalanan melalui Jalan 223 karena sudah terlalu padat.Roni pun ngotot melintas di Jalan King Fahd dengan alasan membawa jamaah yang sudah uzur dan menggunakan kursi roda. “Akhirnya, dua orang askar mengizinkan. Setelah kami lewat, jalannya ditutup pagar pembatas,” kata dia.Akses yang ditutup membuat tiga rombongandalam gelombang kedua tidak bisa lagi melintas di Jalan King Fahd. Mereka harus berjalan kaki melintasi Jalan 223 lalu Jalan 204. “Kalau yang terjadi di jalan itu, saya sama sekali tidak tahu. Yang saya tahu jalan yang lurus (Jalan King Fahd) itu lancar,” ujar dia.Jalan 204 merupakan lokasi kejadian jamaahterhimpit dan berdesak-desakan. Sebagian dari mereka terinjak-injak, sebagian lainnya terkena sengatan matahari dan dehidrasi. Akibatnya, 717 jamaah meninggal dunia dan 853 mengalami luka.

      • syiah dan wahabi sama-sama bertanggunga jawab dalam mengkerdilkan dan menghancurkan Islam.

        bagi saya keduanya seperti kotoran dibagi dua

        • maha patih@
          apa hubunganya komen ente yg ini dgn artikel di atas?
          sepertinya ente merasa paling benar sendiri dan org lain salah semua ya?
          kalau kamu merasa golongan kamu paling benar dan golongan lain salah, apa bedanya kamu ama Wahaby?
          apa kamu atau ulama kamu mendapat wahyu lgsung dr Allah klo kalianlah yg paling benar?
          atau apa kamu ma ulama kamu telah mendapat mandat lansung dari Nabi?

          klo iya, silahkan urus sertifikat hak milik islam dan sorga atas nama golongan kalian.

    • ADUH …. Ikut Prihatin …. semoga Arwah para kurban Mina mendapat tempat yang dimuliakan oleh Gusthi Alloh SWT ,,,,,

      == Jika benar para kurban meninggal peristiwa mina, jenazahnya dikeruk pakai bulldozer dan dimasukkan truck ……. MASYAALLOH …… orang orang yang melakukan ini / orang orang yang memerintahkan ……. tidak punya HATI NURANI …… SUNGGUH MESKI SUDAH MENJADI JENAZAH ……. sangat sangat tidak layak diperlakukan seperti barang mati, benda mati ……… semoga para pelaku pengerukan dozer kurban mina dan orang orang yang memerintahkannya segera dibukakan pintu hidayah atas Ruhaninya, yang mungkin saat ini baru tertutup JAHILIYYAH …………

      semoga pelaksanaan haji, ditahun tahun kedepan menjadi lebih baik dan lebih baik lagi …………

      Semoga keluarga kurban mina, diberikan ketabahan dan kesabaran …….

    • ini foto hoax,.. kejadian sangat jauh dari lokasi lempar jumroh, sebagai muslim ketika mendengar berita, wajib bagi kita untuk menelisik berita itu, semoga kita bisa menjaga mulut ini, karena kita akan dimintai pertanggungjawaban kelak

  2. tragedi mina 1 juga sama mayat di doser..plus dilempar ke atas truk….sadis ..otak bebal..

  3. Informasinya kacau, sepertinya pemerintah RI pun tidak becus mengklarifikasi data yang up to date, keluarga korban di Indonesia merasa kecewa dipermainkan oleh pemerintah, ………. !!!
    katanya hanya 1, 3, 19 dan sekarang 34 jemaah haji WNI yang meninggal, ………… !!!
    Bahkan aneh nya kekuarga korban di Indonesia lebih cepat mengetahui ttg informasi yang sebenarnya drpd pemerintah/DEPAG, ……….. satu lagi bertambah raport merah pemerintahan JKW !!!

    • Salahain aja terus…..ky lo becus aja…pakai otak lah bro
      Yg jd korban 700 san..dr banyak penjuru..dan pasti semua korban sudah di bawa ke rmh sakit yg gk mungkin cuma satu rmh sakit..disitu butuh butuh wktu untk kordinasi…da yg sebelumnya sakit tp krn luka parah akhirnya wafat…itu sebabny korban meninggal bisa nambah…muka lo rapot merah ….gw bingung otak lo dimana yh..memang musibah bisa di kendalikan manusia….knapa gk lo salahin arab krn kelebihan quota haji…jd manusia saking berjejal disana

    • Otak lo mencret….coba lo pikir sendiri knapa bisa lebih cepat keluarga drpd pemerintah…?
      Dalam rombongan haji,bisa saja mereka sudah saling mengenal dn berbagi nomer kontak yg bisa di hubungi di rmh..jd jika terjadi hal ini mereka lbh banyak langsung memberi kabar langsung kpd keluarga yg bersakutan drpd memberitahu kordinator haji yg mungkin hrs membuka berkas file riwayat hidup korban dn nomer kontak keluarga belum lg hrs mengkordinasikan korban selamat,utk berobat ataau mengurus yg wafat….kalo salah yh salahin si pelaksana dan pemilik tempt (arab)onk kenapa mereka gk mampu? Apakah kelebihan quota atau memang bener ada orang nomer satu lg lewat disana..dn menurut saya hebat pemerintah berani mengirim surat protes

    • Ada aliran Baru , namanya SALAWI = Semua Salahnya JOKOWI

      hadeuuhhh kang.. kang.., Jadi jelma teh maneh kitu pisan euy…, emangna arab saudi propinsi Indonesia.

    • halah dalah ..aya aya waee

    • saya perhatikan nih orang klo komen ga pernah bermutu… sampah semua..mending diam aja lah

  4. kebanyakan di cekokin ASU…jadi gitu tabiatnya….

    • Parah otak lo…tuduh sana sini seenak jidat lo..kayak orang enggak pernah mengenyam bangku pendidikan dan enggak punya agama..

      • wkwk ya begitulah bung kalo otak isinya cuma iri dengki ,yang kayak gitu komen dia yang orang luar pasti ketawa ngeliatnya bung ,dia mah “emosi dulu terus ngoment deh ,mikirnya belakangan” , heuheu

  5. Kira2 seluruh negara di dunia boikot haji selama 7.thn da yg mw boikot gk ya.. Tpi2 itu sangat berdosa,, sama saja menghalangi org beribadah.. Tpi ini ulah siapa ya?? Konon ragara konpoi iring2an putra mahkota.. Wahhh klo bner gt gantung aja tuhhh putra mahkota.. Hukum pancung jgn pandang ketek,,, ehhh ketek lg “BULU” mksd nya…

    😀

    • Termakan propaganda syiah Iran anda ini. Sudah lihat artikel JakartaGreater sebelumnya belum? Yg menyebabkan peristiwa ini adalah rombongan haji Iran yg berbalik arah… Coba teliti berita dulu. Iran berusaha menyalahkan Arab Saudi supaya pada membenci Saudi… Mereka kan sudah kalah di Yaman (pasukan Syiah Houthi). Bahkan hal ini sudah direncanakan Iran sebelumnya. Jadi bukan kecelakaan.

      • Perang mulu. Pantes suka di adu domba..

      • autoveron@ ini kebakaran jenggot klo junjungannya di salahin.
        sedikit-sedikit syiah.
        memang susah klo kebencian dah mendarah daging.
        berita di JKGR sebelumnya itu cuma opini di Facebook yang di tulis terburu2 utk membela junjungan mereka seperti ente dsni tanpa ada bukti data dan gambar.
        Coba nonton tv. kemarin saya nonton di tv i news ada wawancara jamaah haji indonesia yg berada paling depan yg lagi mendorong ibunya di kursi roda. dia mengatakan klo yg selamat di kejadian itu mereka yg berada paling depan ama paling belakang. waktu itu dia mengatakan para askar arab menyuruh para jamaah yg berada di depan utk berbelok ke arah jalan 204 yg sedang padat. yg bersangkutan tidak mau, dia tetap menerobos askar itu. setelah itu dia melihat ada sekumpulan jamaah yg berkulit gelap memaksa masuk kekerumunan yg padat di jln 204 krn arahan askar saudy. dan itulah yg menyebabkan tragedi tsb. dia di tanya lagi, apakah jln yg di blokade askar saudy itu juga padat sgn jamaah? dia menjawab tidak, malah dia melihat jln yg di blokade itu malah kosong.

        jadi tidak usah mencari kambing hitam sedikit-sedikit syiah. merka harus mengakui klo penyelenggaraan haji amburadul.
        di berita juga ada di kabarkan klo pemerintah indonesia akan menanyakan penyebab kenapa jamaah kita di belokan ke jln yg padat tsb. artinya pemerintah indonesia sudah mendapatkan kesaksian yg sama dari saksi yg berada di depan.
        iran sudah berencana membawa masalah ini ke mahkamah internasional. klo mereka tidak ada bukti, mereka tidak akan mengatakan ini.

        masalah perang yaman, perang masih berlansung. di tempat lain houthi dan pasukan yaman kalah, di tempat lain saudy dkk juga kalah. ada kok baru2 berita di JKGR. jadi kesimpulannya kita masih harua menunggu hasil dari perang ini.

        • namanya juga komentator…tidak berada di tempat kejadian, tp serasa paling tahu terdepan mengabarkan….

        • Yuhuuuu… sewot bgt sama wahabi… emang wahabi itu apasih… terangin dong.. tp demen banget nih sama syiah dan iran.lo tau ngga kata kyai gua .. di jaman nabi dulu syiah suka nyolong sendal..

        • wih lintas waktu tuh kyai ente??

        • Wkwkwkwkwk….
          bung Sal jemplak@ iya ya?
          mungkin bung yg di atas kita bermaksud mengatakan klo kiyai dia tempat berguru sangat sakti mandraguna. jangan kan bolak-balik mekah-indonesia dalam sekejap. bolak-balik dari masa sekarang ke masa lalu atau masa depan kiyainya juga bisa. atau mungkin dia mau mengatakan kalau kiyainya dah bisa menciptakan Time Machine. 😀

  6. Kira2 seluruh negara di dunia boikot haji selama 7.thn da yg mw boikot gk ya.. Tpi2 itu sangat berdosa,, sama saja menghalangi org beribadah.. Tpi ini ulah siapa ya?? Konon ragara konpoi iring2an putra mahkota.. Wahhh klo bner gt gantung aja tuhhh putra mahkota.. Hukum pancung jgn pandang ketek,,, ehhh ketek lg “BULU” mksd nya.

    😀

    • Kalo komennya ke’ gini terus ane mesti repli apaan bang ?… yg jelas inpo terakhir ada 28 askar arab yg dipancung…. bener ga sih ?… mohon pencerahannya …… xixixixixixixi…

      • Iya askar itu sudah dihukum Jum’at lewat tgl 25 September 2015 krn dianggap ceroboh melaksanakan tugas shg menimbulkan korban jiwa yg besar….dan mempermalukan negara dan Raja Arab Saudi…..info yg saya lihat dibbrp media saudi…kalo Indonesia peraturan spt ini ,….pasti diprotes…melanggar HAM he7x…

  7. Astagfirullah. Innalillahi wa innalillahi rojiun.. Ya rabb jadikan mereka sahid.. Amien ya rabb..

  8. Seakan nilai kemanusiaan telah hilang….. setelah mati tubuh manusia dianggap hanyalah seonggok daging yang harus segera dibuang….. sistim pengamanan yang lemah menjadi penyebab tragedi semacam ini berulang seharusnya bisa dimimalisir dengan pemasangan cctv dan petugas pengamanan diperbanyak plus helicopter disiagakan

  9. Seenarnya arab saudi mampu ngga sbg penyelenggara/tuan ibadah haji,kalo ngga mampu ya lempar handuk saja.Yg dipikir hanya devisa tapi keamanan, kenyamanan, jemaah haji diabaikan.
    pendapat sy negara2 islam harus ikut dilibatkan sbg panitia, jadi ada kombinasi panitia lokal dan dari negara2 islam.

  10. Itu cara penanganan korban yang udah meninggal kok gak bermartabat banget yah…. pake buldozer, setelah ditumpuk begitu saja kaya ikan. Masya Allah

  11. masa allah ampun ya allah, foto terakhir sungguh gk manusiawi di kira tumpukan salju. jadi teringat tsunami aceh, walaupun banyak korban penanggulanganya manusiawi sekali.

  12. MASYA ALLAH… mudahan para korban mina di ampuni Allah..dan mendapatkan rahmat Allah….cuma bisa bengong liat fotonya….kok kayak gitu…

  13. Pemerintah Saudi tidak kurang UANG tapi kurang AKAL.. kita perlu Rizal ramli buat kepret Raja Saudi…

  14. Pengamanannya kan udah di cover isro’il? Ko’ masih bisa kecelakaan? jd curiga ane…

  15. Astaghfirullah… ni arab udh g punya otak apa y..!!

  16. entah mengapa ada rasa-marah/emosi/kebencian dan prihatin/kasihan dihati ini melihat para-pak/ibu haji-diperlakukan-seperti membuang tumpukan sampah-meskipun sudah meninggal dunia namun mereka2 ini adalah tamu dirumah ALLOH SWT-…???
    ..bagaimana bisa sebagai penjaga-rumah/kabah- arab saudi memperlakukan tamu2 ALLOH demikian-munafik-nya !!!

  17. saatnya JKW Lengser…guoblog

  18. liat link ini bung!!! LINK ASLI PERTAHANAN PEMERINTAH INDONESIA TENTANG KS KILO SU 35 DAN IFX ITU SEMUA TERJAWAB ADA DI LINK INI
    http://www.militerhankam.com/

  19. liat link ini bung!! link asli pemerintah indonesia mengenai pertahanan terjawab sudah su 35 ks kilo versi baru dll
    http://www.militerhankam.com/

  20. Dari kemarin saya nungguin tuh jawaban pemirsa pemirsa yang kayaknya cerdas berkomentar wahabi lah inilah itulah…saya minta jawaban apa itu wahabi lah syiahlah.. Cuma angin lalu.. Ga ada salahnya komentar yang santun jangan ngomong kayak buang air aja.
    Coba tanyakan jemaah haji Indonesia secara umum.. Terlepas dari tragedi crane mekkah dan tragedi mina baru baru ini. Bagaimana makanan, bagaimana petugas dan mulai “agak” ramah nya aparat saudi.
    Jadwal sudah diatur untuj lempar jumroh ke jamarat kok. Termasuk jamaah kita banyak yang melanggar begitu juga jalur pulang..
    Ya betul, aparat saudi juga sangat berperan dalam hal ini, terutama kendala bahasa.. Contoh saat jamaah selesai lempar jumrah, mau pulang ada orang yg tidak bisa berbahasa arab, bertanya “kemana arah kembali ke tenda mina” krn aparat saudi buanyak banget yg ga bisa bahasa inggris yg terdengar “mina..mina” ya dia arahkan ke yg terdekat dengannya. Begitu juga alat komunikasi seperti ht, masih minim sekali mereka yah mungkin juga soal inisiatif bisa lah pakai kamera hape. Lah wong kalo mereka sudah tampak capek duduk selonjoram nonton youtube kok..
    Mengenai jemaah haji dari negara lain, seperti dari Afrika dan iran, ya.. Pendapat pribadi saya mereka terkesan ga punya etika. Seperti saat seorang aparat menyuruh mereka jangan duduk duduk di jalan yang pada akhirnya jalan tersebut jualah yg semakin menyempit dan jadi jatuh korban, begitu juga dengan jemaah dari iran, kesan eksklusif dan merasa superior.. Entah apa alasannya.. Terkesan tidak bersahabat. Walau ya adalah jemaah dari negara lain berlaku serupa namun tidak dominan. Mirip mirip dengan rombongan Kurdistan main injek bahu orang aja biar lagi sujud.
    Buat yang komentar arab begini arab begitu dan memojokkan serta merendahkan ras tersebut, segala lu bawa bawa arab puncak yang maksiat, jangan lu pada pukul rata, saya yakin lu lu pada juga ga mau dipukul rata kalau misalkan ada wanita wanita tkw kita yang jadi psk dan rampok di negara orang.. Dan disebut bangsa Indonesia secara umum seperti itu. Mikir dikitlah, kalau komen.. Ga perlu juga mojokin ras orang dan agama.
    Yang masih bersikeras saudi mencla mencle dalam melaksanakan penyelenggaraan ibadah haji setidaknya datang dulu lah ke saudi.. Pada lihat yg nyampah dan ngotorin dan sebagainya orang saudi apa bukan..
    Dan rasanya saya baru dengar kalau saudi mengambil keuntungan dari pelaksanaan ibadah haji. Boleh share sumbernya kalau ada.. Renovasi masjidil haram saja kalau tidak salah ingat 96 trilyun kalau dirupiahkan.. Pertanyaan saya negara mana yg mau sendirian ngeluarin biaya segede gitu.. Intinya nyantai aja komen nya… Ga usah pake otak keledai kalau sudah punya otak sendiri

    • nyantai om, bahasa lo jaga ga usah bawa2 keledai, lo sendiri yg bilang terkendala bahasa, coba kalo internasionalisasi 2 kota suci, tentunya petugasnya bisa dari berbagai negara, bahasa petugasnya banyak ga arab doang, dan tidak ada privilege buat pangeran2, semua sama rata

      yg namanya turis dateng pasti untung om,
      8,5 milyar dolar haji doang/tahun belom umroh, lo kaliin sendiri
      http://english.alarabiya.net/en/business/economy/2014/08/26/-9-billion-income-from-hajj-expected.html

      dan asal lo tau, keturunan nabi tu yg beneran/asli banyak turun di yaman, bukan arab wasabi, pembelaan lo thd wasabi salah jurusan, karena mereka bukan turunan rasul, jgn lo pukul rata kalo arab wasabi sudah pasti habib

    • hayo dijawab pertanyaannya diatas saya ini..saya penasaran nih..

    • Bagian mana yg gw ga setuju di internasionalisasi.. Bagian mana gw membela wahabi.. Gw kan cuma nanya apaan tuh wahabi2an yg kemaren asal nyemprot wahabi.. Kalau lu punya link share lah.. Tuh bagus lu ngasih link soal pendapatan dari haji.. Terimakasih untuk bagian itu, Bagian mana gw bahas2 keturunan nabi…

      • @Tanpa bermaksud berbantah-bantahan.. Namun ini ucapan seorang ulama besar. Berita bisa ditulis, baik dengan data dan opini.. Lu lu pada juga pasti secara umum bersumber dari pemberitaan..Begitu juga dengan saya. Apayg saya baca dan saya dengar..baik dari ceramah atau penjelasan orang lain.

        Jawab:
        Syukurlah klo tidak bermaksud membantah, karena pada dasarnya Editorial tsb sebagian besar sudah di bantah oleh fakta2 di link yg saya kasih terutama yg ini ;
        http://kantorurusanhaji.com/para-pakar-ekonomi-pemasukan-balik-perekonomian-haji-dan-umrah-meningkat-secara-progresif-mencapai-47-milyar-rial-tahun-2020/
        dsitu yg memberikan pernyataan justru orang2 pemerintahan Saudy. pernyataan mereka lebih memiliki kredibilitas di banding cuma opini pembelaan diri seorang ulama di editorial di atas. namanya juga editorial ya terserah kata dan tujuan yg ingin di capai oleh si penulis meskipun fakta di lapangan berbeda.
        klo benar yg menulis tersebut sdl seorang Ulama besar. maka saya yakin ulama tsb telah berbohong atau dia tidak tahu menahu sepak terjang Pemerintahan dan kerajaan Saudy.

        diatas kamu bilang pernyataan seorang ulama. ini saya kasih juga pernyataan ulama dan imam masjid di new york:

        mam Shamsi AliSaya adalah salah seorang saksi mata atas peristiwa tragedi Mina tahun 1991 silam. Sebagai anak muda, mahasiswa yang sedang bertugas sebagai Temus (tenaga Muslim) haji saat itu betapa terasa di pelupuk mata saya “murahnya” hidup manusia. Justru di saat-saat kita diingatkan akan kesakralan hidup manusia itu.Beberapa hari lalu, di tempat yang sama (Mina) dan di hari yang sama (hari pertama pelemparan jamarat terulang kembali peristiwa yang menyayat jantung itu. Sungguh tragis, kota suci yang dijamin: wa man dakhalahu kaana aamina (siapa yang memasukinya pasti aman. Tapi keamanan itu menjadi sirna tiba-tiba.Sungguh tragis karena di sanalah nabi mendeklarasikan kesakralan hidup manusia. Di musim di saat membunuh bahkan lalat pun dilarang bagi mereka yanh sedang melaksanakan ritual ibadah haji. Tapi hampir setiap tahun puluhan, ratusan, bahkan ribuan nyawa melayang terasa begitu murah.Tragis lainnya adalah karena sebagai Muslim yang hidup di barat di tengah mayoritas non Muslim, saya sadar mereka akan mencari justifikasi untuk menjelekkan agama ini. Dan korban yang berjatuhandar tahun ke tahun akan menjadi makanan empuk bagi mereka untuk menyerang Islam sebagai agamayang tidak menghormati hidup manusia.Lebih tragis lagi, peristiwa tragis ini oleh sebagain dijadikan sebagai alat “sektarianisme” dengan mengangkat isu Sunni-Syiah. Diciptakan teori konspirasi bahwa Iran (Syiah) yang sengaja melakukan kekacauan di Mina sehingga menimbulkan korban lebih dari 1000 orang itu.Hal ini menyedihkan karena nyawa manusia seharusnya tidak lagi “digadaikan” dengan pertarungan idiologi Sunni-Syiah. Kucing saja mati kelaparan karena diikat oleh tuannya tanpa diberi makanan, atau dibiarkan mencari makan sendiri, membawa ke neraka. Apalagi nyawa ribuan manusia, muslim dan sedang berhaji. Masihkah hal ini dijadikan alasan untuk saling menyalahkan, bukan pada kesalahan yang menyebabkan terjadinya peristiwa tragis itu. Tapi lebih kepada usaha saling menjelekkan karena berbeda pendapat,atau bahkan idiologi.Di mana moralitas mereka yang menyeret peristiwa ini ke isu Sunni-Syiah?Saya mencoba berlogika. Andai benar memang Iran melakukan konspirasi itu. Atau anggaplah memang jamaah Iran sengaja melakukan kekacauan itu. Maka pertanyaan saya adalah kenapa mereka dibiarkan melakukan itu? bisa mereka lakukan kalau memang keamanan haji itu ditangani secara kenapatidak cukup pengamanan untuk mencegah atau minimal mengantisipasi terjadinya?Padahal itu dilakukan oleh anggaplah ratusan orang, di hadapan mata jutaan orang, di tempat terbuka, pada hari yang seharusnya memang mendapat perhatian keamanan penuh. Di mana petugas keamanan? Di mana petugas haji yang seharusnya menjaga ketertiban?Belakangan kita dengarkan jika pihak pemerintah Saudi akan mengeksekusi beberapa orang yang dianggap lalai. Kalau ini benar maka sungguh kezaliman yang luar biasa. Kenapa? Bukankah kejadian itu karena Iran (Syiah)? Lalu kenapa beberapa petugas yang dieksekusi mati? Sungguh murah nyawa manusia memang.Sekali lagi tanpa bermaksuk memperdebatkan hal ini, hal yang terbaik bagi Saudi lakukan adalah mengakui kesalahan dan kekurangan dalam pengelolahan haji. Dengan mengakui kesalahan dan kekurangan itu pemerintah Saudi akan lebih berkomitmen untuk memperbaiki pelayanan haji danlebih profesional. Termasuk di dalamya membuka diri untuk menampung keinginan negara-negara Islam lainnya untuk dilibatkan dalam pengelolahan haji ini. Minimal pada tataran advisory level (berfungsi memberi masukan).Hal krusial lainnya adalah kurangnya security personel atau tenaga “keamanan dan ketertiban” selama musim haji. Selama ini kita banggakan itu jika polisi Saudi tidak perlu bersenjata dalam mengamankan pelaksanaan haji. Tapi apalah arti kebanggaan itu jika mengorban ratusan bahkam ribuan nyata manusia.Diakui atau tidak mungkin karena merasa haji itu adalah rurinitas tahunan sehingga Saudi merasa bahwa apa yang mereka lakukan itu menjadi jaminan atas tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan.Bahkan menurut saya tidak ada salahnya meminta konsultansi atau masukan positif dari non Muslim sekalipun seandainya ada hal-hal yang bisa kita dapatkan dari mereka. Mereka tidak ikut mengamankan karena itu mustahil. Tapi mereka bisa memberikan masukan tentang bagaimana mengamankan dan menertibkan pelaksanaan ibadah penting ini.Di sisi lain, paraumata hujjajperlu betul dijadikan pertner dalam prosesi haji ini. Agar mereka benar-benar memberikan penyadaran kepada jamaahnya agar menaati semua pengaturan yang telah ditentukan, termasuk waktu-waktu pelemparan, demimenghindari peristiwa yang seperti ini.Diakui memang bahwa mengatur jamaah yang jumlahnya lebih dari 2 juta pertahun itu memang tidak mudah. Justru karena tidak mudahnya itulah sehingga pengelolahan haji ini sebaiknya melibatkansemuastake holder(negara-negara OKI). Mengelolahaji bukan isu teritorial. Tapi ibadah yang terkait dengan seluruh umat dari seluruh alam semesta.Semoga dengan itu tidak lagi dikatakan bahwa jangankan mengurus jutaan orang, penonton sepak bola saja bisa menimbulkan korban. Ini pernyataan blunder dan tidak logis. Bahkan upaya melarikan diri dari tanggung jawab yang sesungguhnya. Wallahu a’lam! (LiputanIslam.com)—Artikel ini disalin dari status Imam Shamsi Ali di akun facebook resminya.

  21. Tapi tetep euyy edun itu mah.. Manusia diserok pakai bulldozer… Ga manusiawi pisan

    • Kalau beneran diserok maksud saya… Cuma ya kalau beneran diserok sampai ini hari ga ada yg koar koar jemaah haji dari berbagai negara…

    • Itu wheel loader namanya bung. Biasanya ujung bucket nya tajam. Saya sering lihat ini alat, soalnya ada hubungannya dengan pekerjaan saya. Kalau materialnya manusia (kulit dan daging) yang dikumpulin dan diangkat pake ini alat, kemungkinan pasti ada yang kaki, tangan atau kepalanya putus, minimal perutnya robek dan isi perutnya kemana – mana.

  22. kalau pengadaan perahu karet sih ada. Owh itu maksudnya kapal per kilo ya? O pantes

  23. Mohon admin mengcross-cek dengan benar artikel yang di ambil dari media masa. Minimal untuk artikel – artikel sensitif seperti ini. Apa lagi ini berkaitan dengan korban jiwa, yang korbannya bisa jadi salah satu anggota keluarga kita. Mungkin bung admin juga sedikit faham bahwa media juga dapat digunakan sebagai alat propaganda dan penyebar info palsu. Photo pada artikel di atas bisa jadi foto pada momen yang berbeda, tetapi dimasukkan dalam konteks tragedi mina. Terus terang banyak info yang berasal dari lapangan sangat berbeda dengan perang informasi di media masa. Arab Saudi mungkin dalam anggapan sebagian kita cuma sekelas negara kaya yang ‘manja’ dan ‘budak’ amerika. Tapi bukan berarti mereka tidak mempunyai peri kemanusiaan, apa lagi terhadap sesama muslim yang punya aturan jelas dan tegas mengenai cara mengurusi jenazah.

    Catatan: kalau bung admin mau sedikit meluangkan waktu untuk searching di internet, saat ini ada 2 versi berita yang di dukung oleh 2 pihak yang saling bersebrangan. Semoga forum ini kedepannya semakin netral dan ilmiah dalam menyebarkan isu – isu sensitif. Bukankah tujuan forum ini sebagai ‘National Guard’ dan bukan ikut terseret menjadi bagian dari media propaganda. IMHO and CMIIW

    • Hahahhahaha semua media gk ada yg bisa di pegang kebenarannya semua media propaganda….baik media nasioanl, media organisasi, media agama dll…semua bakal berat sebelah,,,yg peting banyak berdoa aja deh..semoga gk ke hasut

  24. Bangsa jahiliyah disuruh mengurus marjidil haram beserta seluruh kegiatan keagamaan lainnya ya begini.Kenapa tdk dikelola bersama bkn jd monopoli dinasti ibnu saud preman gurun ini
    Semoga mrk semua syahid dunia akhirat yg jd korban cran,tragegi Mina 2015 aamiin

  25. hanya pendapat pribadi saja gimana kalo seseorang yg mau beribadah haji..menolong dahulu fakir miskin di sekitarnya dulu minimal sekitar lingkungan Rt.. rw, atau desanya bukankah masih banyak fakir miskin juga yg perlu bantuan… kalo lingkungan sudah,,barulah naik haji.. ,karena menurut saya .titel haji sekarang jg udah buat gengsi gengsian.. ga semua tapi adalah sebagian..

  26. Desas Desus Desis Desaaaahh…..katanya pangeran NGARAB ada di balik kejadian itu……!!!!

    Jadi ketahuan bangsa NGARAB tidak menghargai tamu ALLAH yg datang kenegaranya…..

    Ketahuan Betapa bobroknya moral mereka dalam menangani Para Jenazah tamu ALLAH itu.

    coba kalau diantara Jenazah itu ada pangeran NGARAB…..apakah akan di perlakukan sama…..????

    Dasara NGARAB Berkawan dengan DAJJAL ASU.

  27. KELEDAI AMERIKA Cs. Tragedi mina SALAH JOKOWI Dolar naik SALAH JOKOWI Asap SALAH JOKOWI Harga mahal SALAH JOKOWI Kejadian di Luar Negri SALAH JOKOWI. KELEDAI AMERIKA

  28. PROTEST = SANGGAHAN
    MEMPROTES = MENYANGGAH
    DIPROTES = DISANGGAH
    NOTA PROTEST = SURAT SANGGAHAN

    DEBAT = BANTAH / BANTAHAN
    MENDEBAT = MEMBANTAH
    DIDEBAT = DIBANTAH
    PERDEBATAN SERU = PERBANTAHAN SERU
    BERDEBAT = BERBANTAH

    TO DENY = MENYANGKAL

    (BERSAMBUNG) tubi tukinyut

    • terimakasih atatas pelajaran bahasa indonesianya bung..!!! tetap konsisten jadi guru dadakan bung..!!! demi mencerdaskan krhidupan bangsa

  29. kaya di jakarta saja ya. ada banyak motor melawan arah didiamkan polisi. begitu kejadian tabrakan beruntun yang memakan korban, tinggal menyalahkan pemotor yang melawan arah. padahal ada polisi di ujung jalannya.terus ngapain saja itu petugas yang melakukan pembiaran ? nanti giliran jamaah haji kita juga kena disalahkan gara2 mereka pagi2 ingin berangkat lebih awal ke mina. dengan harapan tidak terlalu berdesak-desakan dan berpanas-panasan. apakah itu tidak wajar dan manusiawi ? kalau semua orang sesuai peraturan dan agama, pastilah tidak ada perang. karena ada yang bandel dan ngeyel maka diperlukan aparat keamanan. dengan kata lain pihak keamanan akan meluruskan dengan kekuatan jikalau ada pelanggaran.

    • alugoro@
      coba kamu check linknya itu. fhoto yang katanya bukti itu kok saya jadi bingung yang mana jamaah haji dari iran. yang saya lihat justru orang2 dari afrika di gbr tsb.
      kok enak sekali ya? cuma modal 3 gbr foto yg tidak jelas menunjukan apa lalu di kasih judul dan komentar bombastic yg mengarah ke sentimen mahzab dan sektarian.
      apa otak mereka masih bekerja?

      • sayacuma lihat kesamaan link dan tulisan yg dikirimkan maha pati dan TTTTT, seperti postingan pertama dikira gagal, sehingga mengirm postingan selajutnya dengan id TTTTT..id asal jeplak hehehhehee

      • apapun dan siapapun itu pelakunya dari beberapa sumber yang saya baca. fakta yang ada adalah

        1. ada yang melawan arah
        2. adanya pembiaran terhadap jamaah yang melawan arah
        3. adanya pengalihan jalur

        adakah yang lain dari fakta tersebut di atas ? jika ada tolong ditambah dan yang paling parah adalah dengan entengnya ulama saudi menyebut itu musibah. musibah yang disebabkan apa ? human error ataukah force majeur ? kalau force majeur pastilah tidak ada yang protes. janganlah ketidaksukaan kita terhadap suatu kaum terus kita menutup mata terhadap kebenaran dari fakta2 di lapangan.

    • Yup bung alugoro,
      seperti itulah
      petugas = wahabi dan pelanggar = syiah iran
      korban = ahlusunnah waljamaah.

      mulai kejadian di irak, iran(revolusi syiah), syirian, hingga yaman. seperti itulah kejadiannya.

      • bung alugoro@
        klo berdasarkan kesaksian jamaah haji kita yg berada paling depan saat kejadian itu,
        maka harusnya ada urutan kejadian. urutanya yaitu:

        1. adanya pemblokiran jalan yang masih kosong dan di alihkan ke jalur yang sebenarnya sudah padat.

        2. akibat di blokir dan di alihkan ke jalur padat maka Ada yg melawan arah.

        3. karena pertemuan dua jalur yg sudah sama2 padat di tambah adanya yg melawan arah maka terjadi pemampatan jamaah.

        namun saya khawatir sang saksi akan di tuduh Syiah krn kesaksiannya yg ini.

        maha patih@
        arab saudy saja belum membuat pernyataan resmi klo syiah iran yg melanggar. justru jamaah yg dari afrikalah yg di tuding di link ini.
        howafrica.com/saudi-prince-blames-black-africans-for-hajj-stampede-717-dead-so-far/

      • nah, berarti benar ada pemblokiran jalan oleh petugas.
        klo saya baca kesaksian2 di atas, saya bisa menebak mereka adl jamaah yg berada di tengah. sementara kesimpulan saya di ambil berkat kesaksian jamaah yg berada di depan.

        tapi herannya kok tiba2 banyak orang dan media islam indonesia yg mengkambing hitamkan Syiah Iran.

  30. Gambar diatas hoax nih.
    Wong TKP nya masih jauuuh dari area lempar jumrah, lha disitu wheel loadernya deket amit ama tempat lempar jumrah.
    Kalo gambar jenazah ditumpuk tumpuk mungkin benar, saat mo dievakuasi ke rumah sakit, saat masih di TKP.

    • Saya berpikiran yang sama.. Kejadian utama dengan jatuhnya banayak korban bukan di tempat lontar.. Sehingga dalam benak saya ini seperti hoax.. Sungguh keji nya manusia yg merekayasa (bila sungguh di rekayasa dan terkesan seperti itu).

  31. Enak memang jadi WAHYUDI (Wahaby Saudy/Yahudi ) karena apa pun kesalahan yg kita buat kita tinggal nunjuk ke hidung Syiah dan Iran di Jamin para WAHABOY indonesia langsung mangap dan percaya dalam iman yang kuat. Hehehehe…
    Kok cuma jamaah haji iran di salahkan. Padahal jadwal jamaah haji indonesia itu sore hari. Salahkan juga dong indonesia.
    Akui sajalah klo penyelenggaraan Haji oleh Arab Saudy yg telah di bantu oleh badan keamanan G4S israel itu tidak memenuhi standar keselamatan dan keamanan.

    Dari video amatir salah seorang jamaah haji yang kebetulan di TKP, kita bisa melihat bagaimana pihak keamanan pengelola haramain memang dengan sengaja menutup jalan, untuk link videonya bisa dilihat disini:
    https://m.youtube.com/watch?v=9fQJiW2STCg
    Pihak keamanan rezim Arab Saudi memang sengaja menutup jalan, ini jelas mengundang pertanyaan, mengapa akses jalan harus ditutup? Mengapa jamaah dibiarkan berdesak-desakan?

    Bukti lain, kita bisa lihat sendiri langkah apa yang diambil Raja Salman pasca insiden, ia akan mengeksekusi 28 orang petugas keamanan di TKP, mereka itu di pancung, artinya tim investigasi TKP dari pihak Saudi sendiri mengakui insiden tersebut itu karena kelalaian petugas setempat, dan didukungdengan video amatir semua mengarah ke buruknya pelayanan pengelola Haramain, ditambah lagi faktor karena adanya konvoi Putera Mahkota, dihubungkan semua maka jelas sudah kenapa sampai ada blokade jalan yang berujung pada menumpuknya jamaah di satu titik yg mengakibatkan banyaknya jamaah wafat, ini didukung video dan laporan media-media beserta bukti, bukan sekedar kesaksian tidak jelas dan berdasarkan sentimen mazhab seperti yang mereka sebarkan hari ini. Link berita Ad Diyar dalam bahasa Arab silahkan akses disini :
    http://www.addiyar.com/…/1044118-???-???-???-28-??????-??-?…
    Katakanlah anggapan pihak anti-Syiah benar bahwa penyebab berdesak-desakan itu karena jamaah Iran, berdasarkan bukti di atas jamaah Iran jelas bukan masalah jika pihak keamanan Saudi bekerja dengan intens, atau betul-betul memperhatikan keselamatandan ketertiban jamaah Mina, karena fakta data yang ditemukan dalam 10 tahun terakhir insiden di Mina telah terjadi sebanyak tujuh kali, dan kejadian dan tahun ini sangat banyak memakan korban, apakah itu semua karena jamaah Iran? Berfikirlah kawan.

    dua jalan ditutup Asykar Saudi meski kosong, kutipan dari Republika, “Akhirnya, dua orang askar mengizinkan. Setelah kami lewat, jalannya ditutup pagar pembatas,” kata saksi. Jadi, yang menutup jalan itu Askar Saudi. Bukan yang lain.Kedua, jamaah Indonesia bertanya, “Kenapa kami diminta berbelok?”Akses jamaah Indonesia ke Jamarat melalui Jalan King Fahd sempat ditutup pada Kamis (24/9) pagi. Jamaah yang berhasil melintas ke akses untuk jamaah asal Asia ke Jamarat mengatakan, tidak mengetahui alasan penutupan.

    media dari Afrika jelas menulis bahwa yang mendapat kecaman atau yang disalahkan pihak Arab Saudi adalah jamaah Afrika, bukan jamaah Iran, bisa di lihat di tautan ini:
    howafrica.com/saudi-prince-blames-black-africans-for-hajj-stampede-717-dead-so-far/.Sampai hari ini, tidak ada pernyataan resmi dari Arab Saudi yang menyatakan bahwa Syiah/ Iran dalang musibah ini. Lalu mengapa, para media-media ‘Islam’ mainstream Indonesia menuding Iran?

  32. Mereka yg meninggal dalam dalam sebuah perjalanan tersucinya,mereka meninggal di rumah ALLAh,mereka meninggal dijamin kesyuhadaannya… sedang kan kami di sini (palembang,jambi,riau,kalimantan)( hampir) mati karena asap!jumlah kami jutaan.
    Lalu pada siapa kami mengirim nota protes!!!

  33. Setelah airmata mereka tumpahkan dipadang Arafah dalam pengakuan dosa..para Syuhada menuju Asal Iblis menggoda Ibrahim…Disitulah Garis sang pemilik Jagad menentukan lain…Sungguh KISAH SEPTEMBER kelabu..

  34. sifat buruk manusia adalah selalu menyalahkan org lain untuk pembenaran dan tanggung jawab yg belum tentu kesalahan itu datang darinya
    bertaqwakal dan mengambil hikmahnya atas kejadian musibah ini untuk menuju perbaikan pelaksanaan haji ..mungkin itu
    maksut yg MH KUASA

    usa pun yg merasa sistem keamanannya
    Baik di kejutkan tragedi wtc 11 sep
    Mungkin peringatan dr langit bahwa sistem yg baik di buat yg Mh PENCIPTA

  35. yang jadi sesal susulan adalah mengapa para-penjaga/keamanan harus dihukum pancung tanpa proses hukum..padahal semua -terdakwa-punya hak untuk membela diri ????

  36. Betul bung, bisa saja mereka cuma menjalankan perintah

  37. Memang konyol media2 macam itu, proxy war sunni-syiah memang sptnya dikirim ke indonesia… Dimulai ramai dari berita2 tentang dukungan penggulingan presiden suriah lalu ormas anti pancasila seperti (HTI) sampai turun ke jalan demonstrasi anti presiden suriah, lalu konflik sektarian dan pengusiran dan pelarangan warga syiah beribadah di indonesia bahkan di sweeping dan terusir dari kampung halamannya, lalu ada berita bantingan lagi dari wikileaks ternyata arabsaudi memang memberikan instruksi pada “indonesia ” untuk memberangus paham siah…. Ahhh hal2 itu yg membuat saya jenuh beragama…andaikan ktp saya kolom agama bisa diganti dengan agama pancasila … Tentu akan saya ganti saat ini juga. PANCASILA AGAMAKU

    • Apalagi jika disangkutpautin dengan krisis pangan dan air yg menghantui dunia, amerika yg sudah menemukan whale oil, Negara2 maju yg sudah berpikir dan meriset dan memproduksi energi2 alternatif, maka kiamat akan datang bagi mereka yg hanya menumpukan ekonominya pada minyak, pada mereka yg tinggal di daerah tandus dan saatnya mencari daerah jajahan untuk ditinggali, sangat bersyukur jika daerah jajahan itu menyambut mereka dengan karpet merah dan badan membungkuk hormat pada mereka karena perasaan inferior bukan berasal dari rasnya para nabi2 rasul2

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)