Apr 152014
 
Boeing AH-64D Apache Longbow. image: airliners.net

Boeing AH-64D Apache Longbow. image: airliners.net

 

Kuala Lumpur – Indonesia sudah memesan 8 helikopter Apache dari perusahaan AS, Boeing. Rencananya, HUT TNI 5 Oktober 2014 mendatang 4 Apache di antaranya sudah bisa beraksi.

“Mereka akan mempersiapkan 4 Apache untuk dihadirkan pada HUT TNI,” jelas Wamenhan Sjafrie Sjamsuddin di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (14/4/2014).

Menurut Sjafrie, nantinya heli Apache itu juga sudah bisa digunakan untuk latihan perang operasi Garuda TNI AD. “2 Heli utama dan 2 heli pendukung,” tambahnya.

Kepastian soal kedatangan heli ini didapatkan saat Sjafrie bertemu pihak Boeing di Defence Services Asia 2014 yang digelar 14-17 April di Malaysia.

Apache ini dipesan pada 2013 lalu. Dan akan diserahkan secara bertahap ke Indonesia. Tahap awal 4 Apache lebih dahulu.

Wamenhan di Defence Service Asia. KL. image: detik.com

Alutsista dalam negeri

Wamenhan Sjafrie Sjamsuddin yakin industri pertahanan Indonesia akan bisa lebih maju. Tentu hal itu bisa dilakukan bila pemerintah juga memberikan kesempatan agar industri pertahanan untuk bangkit.

“KKIP memberikan ruang bagi industri pertahanan,” jelas Sjafri di sela-sela pamera Defence Service Asia (DSA) di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (14/4/2014).

KKIP merupakan Komite Kebijakan Industri Pertahanan, lembaga yang berwenang dalam pengembangan industri pertahanan. Menurut Sjafrie, industri pertahanan Indonesia tentu harus bisa meningkatkan kualitas dan kuantitasnya.

“Agar memenuhi kebutuhan penggunanya,” jelas Sjafrie.

Dalam DSA 2014 ini Sjafrie menjadi pimpinan delegasi Indonesia. Sjafrie bertemu dengan sejumlah produsen industri pertahanan dan juga pemerintah negara sahabat yang ingin menjalin kerjasama dengan Indonesia. Antara lain dari Malaysia, Brunei Darussalam, Inggris, Tiongkok, Republik Ceko, Pakistan, dan juga Belarusia.

Menurut Sjafrie juga dengan sejumlah negara dijalin kerjasama, misalnya saja dengan Tiongkok saling meningkatkan strategi pertahanan dan militer.

“Saya melihat industri pertahanan Indonesia sudah memberikan pesan yang konkrit kontribusi nya di kawasan regional,” tutup dia. (detik.com)

 Posted by at 8:30 am  Tagged with:

  118 Responses to “4 Apache Beraksi di HUT TNI 5 Oktober 2014”

  1. pertamax kah?

  2. numero uno

  3. Hmmm….padahal 4 heli itu dah nangkring dimari dah kapan hari, hehehehe……

  4. Dalam peperangan modern mutlak diperlukan payung udara sebagai pelindung dan satu lagi dukungan logistik udara agar pasukan infanteri mekanis, satuan kavaleri dan satuan arteleri bisa bergerak dengan cepat, taktis dan saling mendukung untuk menggempur posisi musuh

    Apache adalah salah satu heli serang terbaik di dunia, lebih banyak dimiliki lebih baik tetapi jangan lupakan heli serang asal rusia yang sudah kita miliki sebaiknya juga diperbanyak agar membentuk kombinasi alutsista yang menggetarkan.

    • @bung masjanto….
      Panzer trupen dan panzer grenadier gak butuh heli serang untuk melindungi dirinya.mereka akan bawa payung udara sendiri berupa SAM berikut radarnya yg lebih mobile dgn paltform jip,truk,panser atau bahkan rantai…kita punya aneka platform SAM dan radar giraffe yg portable untuk mengikuti gerak pasukan sehingga tdk bergantung pada heli atau pesawat serang darat….

      Yg butuh perlindungan heli/pesawat serang itu heli/pesawat angkut yg memang tugasnya berada di depan lebih dulu karena mengangkut pasukan airborne/heliborne…

      Keputusan kita mengakuisisi apache pun sebenenarnya adalah kesalahan karena tidak efektif dan efisien.

      pertama tdk efektif karena tugas menghancurkan tank dan artileri adalah tugas panzer trupen dan panzer grenadier.kalau begitu buat apa kita punya leopard?

      Kedua tidak efisien karena kita sdh punya Mi35 yg memiliki fungsi hybrid sbg tank terbang dan angkut pasukan.kalau hanya buat mengawal heli angkut Mi35 sdh lebih dari cukup.lebih baik kita menambah Mi35 agar klop dengan Mi17 dan bell kita…disamping itu mnyederhanakan logistik dan perawatan di lapangan.

      Kegalauan fungsi apache ini sdh terlihat dari kebingungan penempatannya yg akhirnya malah di taruh di pinggir laut natuna.ck ck ck…ironi dan menyedihkan….

      Dari awal kita harusnya sadar akuisisi apache ini politis bkn teknis apalagi praktis…jauhhh…

      • konsepnya guderian koq kaga berevolusi? tanpa aerial support dulu aja hampir dilibas de gaulle di mont cornet loh, gimana klo sekarang? mengenai apache dgn kapabilitas naval strike blum liat kan? jgn langsung ngejudge ironi, seharus jd pertanyaan ” skenario apa nyang bakal diadopsi di mari “……..itu nyang ngeri2 sedap bung…….he,he,he

        • Nah, betullll…bung Erich. “Skenario” itu yang sesungguhnya bakal jadi kartu truf kita pada saatnya nanti kalau diperlukan, hehehe….

        • Nah kluar ahlinya nih bung erich…sy cm mancing bung…ayo dong bagi bagi pengetahuan gimana caranya sinergi baru ini he he he…piss bung erich..

        • “apache dgn kapabilitas naval strike” maksudnya apaan nih bung Erich? Apachenya buat AL gitu? emang bisa juga ya?
          Mengenai “skenario”, bisa dibongkar dikit2 bung erich/bung Nara…:)

          • Salam hormat untuk semua sesepuh Warjager

            Masih Inget Kasus Pembajakan KM K***S oleh pembajak S*****A di Samudra Hindia, itu lah pembelajaran dan TNI AD yang menginginkan Si Apache yang memiliki kemampuan Naval Strike.

            Full HOAX Stories ;)

            Salam Damai dan tetap Bersatu

        • saya tidak tahu apakah apache bisa mendarat di kapal-kapal fregate kita, saya harap sih bisa mendarat; mengingat keterbatasan heli serang jika harus bertempur di tengah lautan luas adalah masalah daya jelajah pertempuran (combat range) dan ingat rudal hellfire yang menjadi senjata utama apache termasuk rudal jarak pendek paling pol sampai 8 km saja

          • Dulu sekali ada project Sea Apache untuk menggantikan AH-1 USMC, tetapi ditinggalkan.

            “The proposed Sea Apache (also known as the Gray Thunder) is intended for operations from smaller Navy ships such as frigates and cruisers and by the Marines from Amphibious Assault Ships (LHA) and smaller helicopter capable amphibious ships of a Marine Amphibious Ready Group (ARG). These ships often operate outside the air cover of a carrier task group and the Sea Apache is also view as a limited air defense weapon and offensive surface strike platform.”

            Selain itu, Apache milik Inggris ada modifikasi.

            “Important deviations made by AgustaWestland from the U.S. Apache variants include changing to more powerful Rolls-Royce engines, and the addition of a folding blade assembly for use on naval ships.”

            Nah, kalo kemampuan naval strike di tipe E tentu lebih hebat ya.

      • Dengan adanya Yonif 10 Marinir dan AH-64E Guardian berkemampuan naval, sepertinya kita sudah punya “LHD” dan “CV” berbentuk pulau dan sudah forward deployed….

        “The AH-64E features improved digital connectivity, the joint tactical radio system, more powerful T700-GE-701D engines with upgraded transmission to accommodate more power, capability to control Unmanned aerial vehicle (UAVs), new composite rotor blades, full IFR capability, and improved landing gear.”
        “The updated Longbow radar has an oversea capacity, potentially enabling naval strikes; an AESA radar is under consideration.[“

      • gini om udh baca buku nya tom clancy yang judulnya executive order? atau lihat film tentang pasukan khususnya perancis?

        fungsi apache di AD USA itu apa sih? klo menurut tom clancy, fungsi dari apache itu sendiri lebih pada search n destroy sekumpulan tank2 yg menjadi markas komando dari suatu divisi tank tersebut. sehingga bisa merusak tali komando dari suatu divisi lapis baja tersebut.

  5. 5 besar… mantep

  6. 10 besar gak pp lah :)

  7. akhirnya 10 besar juga

  8. sesepuh d sni bsa ksih bocoron gak. . .selain apache apa aja alutsista yg d tampilin nanti. . .
    M’f prtnyaan tukang grosir baju. . .

    • maksud nya yg terbaru. . .yg bsa buat tetangga susah tidur. . .

      • TU-22, ktnya lg di urus balik ktp sama narayana… Katanya loh katanya…

        • ada berita apache mau datang, di ejek, dibilg palsu lah, ini lah, itu lah..
          kok masih ada lah orang yg hobi nya menjelek2an bangsa sendiri. mgkn dia digaji sm bos nya mmg utk menjelek2an bangsa sendiri, kalau mmg ybs betul orang indonesia, sungguh memalukan, hidup di indonesia, makan diindonesia, tp menjelekkan indonesia, yg lbh memalukan lagi di gaji utk menjelekkan indonesia, di beri makan sm bos nya utk menjelekkan indonesia.
          yg paling parah, kalau ternyata tdk digaji, tp mmg hobi menjelekkan bangsa sendiri, manusia macam apa ini?

          • sabar bung lae.. dia masih perjaka… maklumin aja

          • Sok cobian kalimat mana dari koment ku yg menjelekan TNI ato Bangsa ini.? Jangan suka mempitnah ah…

          • coba lihat dulu postingan anda no 19 di thread ini bung, baca lagi…
            lupa ya?
            lagian anda merasa ya bahwa yg saya mksd itu anda? kan saya gak sebut nama atau nick anda..
            hehehehe

          • Aduh lay, jadi bicra fakta itu dosa ya lay…

          • bung jaka tingkir, bicara fakta sih boleh, tp kalau cara penyampaian nya terkesan meremehkan atau mengejek, yg denger atau baca juga pasti marah lah bung.
            mksd nya anda apa bilang apache nya nti jadi2an, disulap utk ngejar parade?

  9. kalau tentang militer antara berita dan fakta di lapangan sering berbeda…
    tanya mengapa…hehe..

  10. Yah lumayan deh udah dateng. Coba klw semua yg dipamerkan. Gaharrr.

  11. Mudah2 lancar sampai Indonesia dengan aman dan dapat di totonkan ke rakyat slam thanks

  12. semoga gak jatuh lagi

  13. Berta terbaru gan.. pesawat mlaysia airlans ternyata di bajk di agganistan oleh teroris berita do niat di koran russia bersam foto2 yg mengejutkaan

  14. Absen

  15. Apa langsung di pamerin gak ya di monas seperti mbt leopard :D

  16. Ikut Mantau

  17. di dalam sebuah tayangan tv swasta,ada pengakuan dari seorang pilot Apache asal Inggris
    bahwa untuk mahir dan benar2 menguasai dan “menyatu” dengan heli Apache dibutuhkan waktu 2 tahun

    • menurut kesaksian pilot Apache AH-64D Israel malah 3 tahun….
      …an IAF pilot is typically committed to a 12-year span of service (including three years training) A pilot will graduate to be a mission commander usually after about six years, before becoming a two-ship formation leader after eight years, and a four-ship leader after 10 years. Once the 12 years of service are complete, pilots still fly operationally at least once a week to maintain their currency as reservists….
      http://www.janes.com/article/36463/israeli-apache-crews-weigh-benefits-of-latest-ah-64e

      • Menarik nih. menurut @Jajaka Tingkir Apache datang tahun 2017 dan menurut @bang Ed butuh aktu 3 tahun utk latihan. Berarti pilot kita baru bisa pake tuh barang sekitar tahun 2020.
        Kesimpulannya adalah apache pd HUT TNI adalah barang pinjaman dg pilot sewaan. Kalo ternyata dipiloti penerbang TNI dan barangnya nggak dikembalikan berarti omongan bung Nara benar. IMHO

    • Udah pernah dibahas sama om erich kapan hari

  18. Apache beneran ato kagak neh.? Jgn2 jadi2an. Kyk demi ngejar parade ada heli basarnas dioplas jadi panther.

  19. Pemerintah apa nggak takut kena embargo lg yaa kalau beli alutsista dari mamarika ? ane terus terang was2 campur senang jg sih….. was was karena ada embargo takutnya ….. atau kita udah punya jurus2 ampuh jika di embargo lagi ama mamarika kali yaa …

  20. Lumayan buat jaga timor..
    Tapi kapan payung langitnya?
    Kan rugi klw sukhoi, f16, ma apachenya ditumbalin nabrak balistik?
    Bocorannya bakal adopsi sistem israel, as, ussr, atau mana??

  21. Maap, udah gak ada ussr.

  22. Mau tanya buat para sesepuh
    bagaimana kabar heli gandiwa kita

    ataukah mau ngembangin yg lebih hbat dr gandiwa karana sudah lama tanpa kabar
    trimakasih dgn Sangat mohon pencerahanya

    • Heli gandiwa setahu saya tidak ada perkembangannya..masih konsep diatas kertas belum ketahap prototype..ini dikarenakan basic airframe yang dipakai memakai heli Bell 205 /412 yang lisensinya sudah dicabut sehingga PT DI tidak mempunyai hak untuk pengembangan heli tersebut
      Untuk mesin Gandiwa direncanakan menggunakan dua buah mesin buatan Pratt and Whitney Canada PT6T-3BE ,seperti diketahui PW masih bermarkas di singapura dan belum tentu memperbolehkan mesinnya dipakai untuk pengembangan gandiwa dan perlu nego lebih lanjut,

      Jika melihat daftar persenjataan yang dibawanya, heli tempur Gandiwa sepertinya hendak meniru keampuhan AH-64 Apache-nya AS. Lihat saja kanontipe M230 Chain Gun yang biasanya menjadi salah satu senjata andalan Apache. Bedanya, pada Apachekanon ini terletak dibawah badan dengan posisi diantara main landing gear. Kemiripan lainnya terletak pada senjata roket Hydra 70 dan CRV7 serta rudal Hellfire yang juga biasa diusung Apache.

      Jadi analisa saya masih panjang jalan mewujutkan Gandiwa karena harus meloby Bell dan pembuat mesin PW..sedangkan order belum ada,baik dari user internal sendiri tidak melirik heli gandiwa tersebut
      Mungkin lain ceritanya bila dalam Renstra thp 2 kemenhan memberi order kepada PT DI sebnyak 2 ska gandiwa (32) unit,, maka PT DI bisa meloby Bell dan PW berdasarkan kontrak yang sudah dikantongi ,,kalau sekarang yang mau dilobykan apa ?

      Maaf sekedar analisa awam saja

      • Keruan kita bicara pengadaan heli AKS ya bung satrio…sudah darurat bener soalnya.bisa gak ya bung heli ALRI yg sdh ada di oprek jd heli AKS atau mengubah CN/NC series jd pesawat AKS? Terbatas kemampuannya gak papa yg penting bs menghancurkan KS…

        • Loh ya gak tau…kan kmrin udah ada tuh buat parade.

        • BISA kok
          Kalau mau bekerjasama atau mencontoh israel
          mereka sukses meretrofit heli Bel 205 mereka menjadi heli aks yang mumpuni,
          Bel 205 lebih jago dan tahan terhadap efek air laut saat hovering diudara dibandingkan heli bell 412..
          coba anda gogling bagaimana canggihnya heli bell israel yang sudah dimodif menjadi AKS

          • salut buat @bung satrio & bung nara…. g terpengaruh provokasi agen imprealis sm skl…. bnr2 di cuekin ae engko lak meneng2 dewe….lek ngejak ngomong wong liyo tp cara rodo kemethus opo ono sing gelem….yo malah dikaploki…tp krn didunia maya ya jarno ae.

          • Saya baca malah pengen ketawa bung…idem dengan sampeyan.. :)

  23. mantaao dah…
    mudah mudahan datang tepat waktu

  24. Trimakasih atas pencerahanya buat sang idola bung@Satrio hehehe….

    Semoga indonesia dpt membangun sendiri heli serang yg dpt d andalkan sbgaimana negara maju lainya……..Amiiinn

  25. ??????????

  26. Kalo melihat perkembangan waktu sekarang sudah saatnya mengganti slogan ‘Thousand friends – zero enemy” dengan “Siap Berdamai tetapi Siap Berperang” Maju terus TNI dan Jayalah NKRI

  27. Mau info hoax gak?? renstra kedua ada pembelian belasan Black Hawk dan 3 Chinook… 🙂

  28. mantap bung jalo

  29. Bung Diego, Bung Now..
    Minta ijinya ya…
    Jaja ka n po nari Lu kalo mau berak silakan ke kakus ja.
    Setau ane sesepuh kakus ja ada yg suka bikin Brita Hoax jg>>>eagleroming

  30. apache sepertinya cuma 2 deh …yang akan hadir oktober 2014…bukan 4 ..itu sepertinya loh..
    mungkin yang 4 itu f 16 c/d

 Leave a Reply