Nov 252015
 

pespur singapura

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Wakil PM Singapura Teo Chee Hean di Istana Merdeka. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menegaskan Indonesia siap mengambilalih pengelolaan navigasi udara atau Flight Information Region (FIR) di atas Kepulauan Natuna dari Singapura.

“Presiden menyampaikan akan mengambil FIR yang sekarang masih dikendalikan Singapura. Ditegaskan bahwa FIR tidak ada kaitan dengan kedaulatan,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Retno menjelaskan, saat ini Kementerian Perhubungan dan TNI AU tengah mempersiapkan peralatan dan personel terbaik untuk mengelola wilayah udara di Kepulauan Riau tersebut. Menurutnya, FIR adalah masalah keamanan penerbangan sehingga Indonesia harus membuat roadmap yang lebih baik dari negeri jiran itu.

“Persiapannya terus dilakukan karena enggak bisa dilakukan dalam sebulan atau setahun. Ini soal kapasitas kita menjaga keamanan penerbangan. Maka, kita buat roadmap terkait persiapan kita,” tuturnya.
Ruang udara Indonesia di atas Kepulauan Riau dikenal dengan sektor A, B, dan C. Wilayah udara Indonesia ini dikelola oleh Singapura sejak 1946.

Beberapa usaha pengambil-alihan pernah dilakukan, namun tak membuahkan hasil. Pengambilalihan dilakukan agar pengelolaan wilayah udara Indonesia 100 persen dikontrol otoritas Indonesia sendiri.
Saat ini, pesawat Indonesia yang terbang di area tersebut harus meminta izin kepada Singapura meskipun terbang di atas wilayah sendiri.

metrotv

https://www.facebook.com/muhidin.jepara
https://twitter.com/muhidinjkgr

  54 Responses to “Indonesia Tegaskan Akan Ambil Alih FIR Natuna Dari Singapura”

  1. siap meluncur

    • Take off dr bandara cangi gk boleh melalui wilayah kita. Biar pada pindah ke Batam dah sekalian. Xixixiii .Perang dagang bukan antar perusahaan aja antar negara perang bandara.

      • Sebentar lagi Terusan Kra akan di buat China ,maka komplit sudah Singapure kehilangan dua sumber besar dollar yang membesarkan negara ini.

      • Masih percaya sm rezim tipu2? Abis digoreng nguap lg paling nih FIR

        • Kasian hidup lo bro, pesimis trus dan ngk percaya diri.
          Petral aja yang katanya sulit dibubarin sama pemerintahan yang lalu dan sekarang dengan mudahnya bisa dibubarin. Jokowow gituloh..!!

        • mental yang begini ini yang harus di hilangkan dari pikiran seluruh warga indonesia.”pesimis”

          yakin kita pasti bisa selagi itu positif.

        • @astros, kasian banget hidup anda om tersiksa seumur hidup gara” pilpres jagoannya kalah, udah tua move on om,,,, daripada hidup anda yg nguap sia” om mendingan banyakin istighfar deh,,,! dan banyak istirahat ya om,,,!

        • namanya juga hater bayaran kalau g komen gini g dapet duid

    • Hati2 jurus mabuk singaparna, tutup kantong dari semua tawaran angpau dan saham…. asal tdk ada yang berkhianat, semoga berhasil menegakkan kedaulatan darat laut dan udara. Merdeka.

  2. Josssss

  3. Jos….lanjutkan…dalam tempo sesingkat-singkatnya

  4. Pemimpin harus tegas, ambil segera

  5. eng ing eng mulai panik nih. Trik gosok”nya sdh d jalanin.

  6. Ya PASTInya menyangkut soal KEDAULATAN selain faktor KEAMANAN PENERBANGAN..kan TERBANGnya diwilayah udara INDONESIA..

  7. ane kurang ngerti masalah fir ini + dan – nya apa ya…soal nya kurang ngikuti..
    Cnth dari ekonom nya aja dulu??

    • Mohon dikoreksi jika salah Bung Sancan

      Take off dan landing di Changi terutama utk ke Pasific, Timur Jauh dan Ausie pasti harus melewati wilayah Natuna. Bisa dibayangkan berapa ribu flight per hari yg melewati wilayah kita itu.
      FIR ini adalah “kontrol penerbangan civil” yg diatur oleh Organisasi di bawah PBB/ICAO dari tahun 50an telah menyerahkan wilayah udara Natuna ke Spore.

      Kesempatan utk mengoreksi FIR Natuna ini sebenarnya terbuka setiap dilakukan sidang ICAO , tetapi baru tahun 2014 akhir kemarin diajukan resmi oleh kita dengan syarat bahwa kita siap dengan SDM dan teknologinya.

      Secara ekonomi sendiri, setiap flight yg melintas akan dikenakan Fee dari maskapai ke bandara pemegang FIR.
      Bahkan untuk pindah ketinggian penerbangan pun , perlu mengeluarkan biaya Fee.
      Bisa dibayangkan berapa devisa yg bisa diambil dari situ, … dan itu sejak tahun 50an.

      Ingat insiden Airasia di Surabaya kemarin, dari penerbangan 7000feet naik ke 10000feet itu juga membutuhkan “ijin”khusus.

  8. Mestinya Pak JK yang menemui wakil perdana mentri Singa, gimana sih gaq Selevel TUH.

    • Kalo disuruh Pak Jk yang ada malah ngk selesai urusannya. Ujung-ujungnya minta saham.,
      hadeuh.., kalo urusan penting gini memang harus jokowi sendiri yang ngurus.

  9. Presiden menyampaikan akan mengambil FIR yang sekarang masih dikendalikan Singapura. Ditegaskan bahwa FIR tidak ada kaitan dengan kedaulatan,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Selasa (24/11/2015). ???

  10. jelas ada kaitannya dg kedaulatan dong..apa ngga salah bu menteri??maaf oot perolehan medali sementara AARM 2015: 1st Indonesia :41medali 2nd Thailand :33medali

    • bung Masha,….tengok peringkat si Malon tetep dibawahnya Brunai….keh keh keh

    • Biasa bung Masha..Bahasa diplomatik memang begitu. Menurunkan tensi untuk mendapatkan hasil yg sebenarnya.
      Pernyataaan Pak Jokowi dalam pertemuan tersebut saja dirasa terlalu “vulgar” dalam bahasa diplomatik dua negara. Tapi memang dengan spore kita harus clear dan tegas dalam menyampaikan maksud dan tujuan , secara strategi “fabian” sering dipakai negara tersebut selama ini.

    • Wadoh… ane ketinggalan berita bung Masha !!.. heeee..

  11. …Ayo kita kawal perebutan FIR Riau-Natuna dari singapura.

    Awasi…jagai…kawali setiap proses pengadaan alat2 navigasi udara termasuk radar dan komunikasinya serta pelatihan dan pengembangan SDM kita (koridor kementrian perhubungan)

    Perkuat pula 3 matra TNI dgn alutsista yg mumpuni yg bisa berfungsi taktis dan strategis unt menjaga, mengawal batas wilayah darat, laut, udara dan angkasa RI.

    Salam NKRI!!!

  12. Presiden menyampaikan akan mengambil FIR yang sekarang masih dikendalikan Singapura. Ditegaskan bahwa FIR tidak ada kaitan dengan kedaulatan,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Selasa (24/11/2015). ???

    Hanya masalah pengelolaan FIR saja yang di ambil alih, tetapi perjanjian spore untuk meminjam sedikit wilayah udara untuk AU nya spore tidak di rubah atau malah di ganti wilayah baru ckckckk

  13. Natuna itu sebetulnya milik Malaya. Sebab itu semenjak 1946, FIR Natuna dikontrol Singapura yg juga bagian dari Malaya sebelum 1965.
    Makanya, Natuna harus dipulangkan ke Malaysia.

    • beruk bahlul….

    • WKWKWKWKWK Lo baru bangun ya malondog…..cptan cuci muka dlu rus nete k mma elly…kah…kah…kah…

    • Wah….malon memang malon tukang nyatut
      Natuna punya mqlon
      Batik punya malon
      Reog punya malon
      Dangdut punya malon
      ASAP punya malon juga…..
      Hahahahahahahahaha

    • emang dasar bangsa penjilat lu lon malon……….. kalau mau natuna ..silahkan diambil jikalau dirimu berani…
      …….gak usah banyak cakap lah tuh mama britis nyariin mau di cebokin

    • Natuna milik Malaysia? … Saya akui iya sebenarnya dalam konteks sejarah dan geografi.
      Natuna adalah tumbal yg paling mahal bagi Malaysia untuk memuluskan kemerdekaan Semenanjung dari tekanan Indonesia saat itu. Langkah melepaskan Natuna ke Indonesia waktu itu, menjadi penyesalan yang sangat dalam bagi Malaysia sampai sekarang.

      Ada baiknya dan ambil hikmahnya Pulau Kecil pembiakan Penyu Sipadan Ligitan terlepas ke Malaysia, sehingga kita menjadi tahu sifat dan kelicikannya dan menyiapkan diri kita untuk mempertahankan Natuna dan Ambalat.

      Silakan Malaysia ambil secara langsung head to head ke Indonesia, kami tunggu.

      • karena sipadan dan ligitan, malaysia harus menanggung sakit hati nya ..,rakyat indonesia hingga ratusan bahkan ribuan tahun..
        KARENA YANG NGAKU SEBANGSA DAN SERUMPUN MENIKAM DARI BELAKANG DI SAAT INDONESIA LG LEMAH,..
        COBA KALAU BERANI DI AMBALAT….!
        masih mau…itu kami masih ada 17.000 pulau,…mau…?.mimpi kali yeee….najib botak..! xixixi

    • Kalo berani Ayo rampok natuna, dijamin meley malon hilang dari peta dunia, …………. dan beruk2 meley menjadi binatang langka, ………. kah kah kah !!!

    • malon juga pulangkan juge sabah & sarawak ke kerajaan sulu donk

  14. minta izin dulu walupun terbang di atas ruang udara kita sendiri ??
    Aneh …….
    Terus klo singapura gx mau kasih izin kita gx boleh terbang di sana gt ?
    Haddehhhhh ,
    Parah

  15. Ya silahkan diambil…. hehehehehe

  16. indahnya indonesia demokrasinya berjalan etis..cb dinegeri tetangga media disaring cm beritain yg sifatnya menaikan ego mengakibatkan nasonalisme buta hehe… :p

  17. hati hati aja menghadapi negeri upil yg licik ini, harus fokus dan otak dingin bagaimana tidak uang org kita aja 4000 trilyun disana, dana itu hrus kita upayakan ditarik dulu ke negeri kita sy kog curiga kadang Singapura mmg dipelihara oleh org2 kotor dri indonesia, lihatlah hubungan sangat baik mbah Harto dgn pendiri singpura itu, melihat korupsi yg di lakukan rezim mbah harto n ordebaru begitu massive apakah sebagian dana itu ada di negeri upil itu?? hahahaha terlaluuuu kata roma irama satu org yg sangat kaya tapi jutaan masyarakat kita dlm kondisi miskin, itulah ajaran Belanda pd negeri ini individualis, serakah, diktator, bila negeri kita manusianya bersatu padu seperti thun 45 sy yakin FIR sebentar lagi ada pada kta, semoga Allah meridhoi bangsa kita, bangsa kita harus berubah ke arah yg lebih baik, hukum mati para koruptor, imho

  18. malon kalo emang berani silahkan klaim itu natuna…katanya jagung berani nggak untuk meng klaim natuna menjadi wilayahmu

  19. malon katanya negara jaguh …kalo berani ayo klaim itu natuna

  20. minimal thn 2017 hrs sudah diambil

  21. Eh pm pulau kecamatan kunjungan ke RI 1
    Pasti nego FIR…ama nego ijin nambah luas reklamasi pulau kecamatan…ternyata hasilnya Mr.RI1 tetap sesuai UUD45…bahwa pulau kecamatan ya kodratnya tetep pulau kecamatan
    Hehehe

  22. Ayoo Rebut Kembali…

  23. Ayo BUNG rebut FIR kembali …..

  24. amin ya rabbalalamin. semoga ridho illahi bersama negara kita bung. rebut secara total kedaulatan FIR dari syngapura. kita sudah sekian lama di bohongi terus oleh negara2 tetangga.

    pak jokowi cemungut eaaah..

  25. secepatnya diambil alih FIR nya pak presiden, semoga Alloh memberi kelancaran segala urusan pengambilan FIR tsb amin,,,,, INDONESIA BISA!

  26. Mantap .. Kita harus tetap kerja sama dengan USA. ok

  27. Menurut sy “tidak ada kaitannya dgn kedaulatan” itu maksudnya FIR ini hanya masalah pengelolaan ruang udara saja, sebab sejak dulu ruang udara ini milik Indonesia dan ada dalam kedaulatan NKRI. Tak pernah diserahkan pada Singapura. Yg diserahkan hanya pengelolaannya saja.
    Pemerintah jg tentunya sadar bahwa si Upil ini akan berupaya mencegah dan menghambat pengambil alihan ini meski di depan tampak tak keberatan.

  28. Yg kyak beginian saya harus absen.
    Ayo pak jokowi. Harapan besar rakyat semesta nkri ada di tangan mu. Kalau pengambilan fir ini berhasil, engkau pasti terpilih untuk kedua x ny jd presiden. Jgn kecewa kan Kami, percaya padamu.

  29. Mantap, ambil alih secepatnya, bravo pemerintah!!!

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)