Nov 102015
 

Duia masih belum terbebas dari bahaya senjata nuklir, saat ini masih terdapat sekitar 16.300 bom nuklir yang tersebar diseluruh dunia. Berikut negara-negara pemilik senjata pemusnah massal ini.

Rusia

120523103216-russia-ballistic-missile-horizontal-large-gallery

Negara ini merupakan pemilik senjata nuklir terbesar, demikian menurut lembaga penelitian asal Swedia, Stockholm Peace Research Institute (SIPRI). Rusia saat ini memiliki 8.000 hulu ledak nuklir. Negara ini pertama kali melakukan uji coba senjata nuklir pada tahun 1949.

Amerika Serikat

NUKE us

Negara ini merupakan satu-satunya yang pernah menggunakan bom atom dalam perang. Saat ini, Ameriika Serikat masih memiliki 7.300 bom atom.

Perancis

nuke fr

Setelah Rusia, Perancis merupakan negara Eropa yang terbanyak menyimpan bom nuklir. Negara ini mulai mengembangkan senjata nuklir pada tahun 1960, dan saat ini memiliki 300 hulu ledak nuklir.

Cina

nuke ch

Negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di Asia dan dengan jumlah tentara terbanyak di Dunia ini, diperkirakan memiliki 250 bom atom. Cina melakukan uji coba pertama senjata nuklir pada tahun 1964.

Inggris

nuke UK

Sekutu terdekat Amerika Serikat ini memiliki 225 senjata nuklir. Inggris pertama kali lakukan uji coba nuklir pada tahun 1952.

Pakistan

nuke pk

Negara yang pernah berperang sebanyak tiga kali dengan negara tetangganya, India ini diperkirakan memiliki 100 sampai 120 hulu ledak nuklir. Negara di Asie Selatan ini mulai mengembangkan senjata nuklir pada tahun 1998.

India

nuke in

Negara ini melakukan uji coba bom nuklir pertama tahun 1974, sementara yang kedua dilakukan pada tahun 1998. India diperkirakan memiliki 90-100 bom atom. Negara ini berjanji tidak akan menggunakan senjata pemusnah massal untuk menyerang pertama dan tidak akan menggunakannya terhadap negara yang tak punya senjata nuklir.

Israel

An Arrow II missile interceptor is displayed in front of journalists in the Palmahim military base south of Tel Aviv

Sangat sedikit informasi tentang program bom nuklir negara ini yang diketahui masyarakat internasional. Israel diperkirakan memiliki 80 senjata nuklir.

Korea Utara 

NKOREA-NUCLEAR-US-FILES

Dengan bantuan teknologi dari Pakistan, Korea Utara setidaknya berhasil memiliki enam hulu ledak nuklir. Meskipun masyarakat internasional menerapkan berbagai tekanan dan Embargo, sejak tahun 2006 negara ini tetap rajin melakukan uji coba senjata nuklir.

Artikel Terkait :

  22 Responses to “9 Negara Pemilik Bom Nuklir”

  1. Rusia China ngeriiii

    • Meskipun masyarakat internasional menerapkan berbagai tekanan dan Embargo, sejak tahun 2006 negara ini tetap RAJIN melakukan uji coba senjata nuklir.

      kata2 RAJIN good job

  2. andai sukarno nggak keburu jatuh pasti indonesia juga memiliki senjata nuklir .

  3. Senjata Pemusnah Massal..

  4. Indonesia gak perlu nuklir, keripik doang cukup

  5. BENAR APA NGAK YAH..,KATANYA INDONESIA MACAN ASIA…?
    ADA YANG TAU..??

  6. Setau saya pak Prabowo macan asia.. Klo indonesia Negara Maritim bukan Macan.. Klo Macan kan berarti di hutan, hutan Indonesia dibakarin… Gimana Macan bisa hidup??

  7. bagaimana dgn BATAN apa cuma memproduksi radio isotop saja…….why so slow..apa karena kita cinta damai????????

  8. Tes pantnuk si najiiib. .aow

  9. Beruk semenanjung juga punya nuklir…

  10. Kalau tidak salah ada rumor zionis menimbun dan memproduksi lebih banyak bom atom dan menyimpannya didekat lepas pantai dengan kedalaman 90 meter juga diproduksi didalam dengan project armagedon .

  11. wah…wah. heran saya, mereka berlomba2 membuat nuklir sang pemusnah massal. segitu tidak berharganya nyawa manusia main bom atom saja. dunia ini ada untuk berbagi tidak untuk saling menguasai.

  12. Yang paling mengesankan adalah India.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)