Aug 242015
 

ARAH ANGIN BERUBAH KIAN KENCANG

Apa sebenarnya yang sedang terjadi? Ketika harga minyak dunia turun, harga BBM di Indonesia malah naik. Dan Indonesia sebagai negara pengimpor minyak, malah diundang kembali menjadi anggota OPEC. Untuk memahaminya, mari kita telusuri beberapa peristiwa dunia  yang terjadi sebelumnya satu-persatu.

image001

PENGANTAR:

SITUASI TERKINI

Presiden Amerika Barrack Obama berikut tim think-tank-nya yang brilian tidak pernah menduga bahwa situasinya akan menjadi seperti ini, ketika harga minyak dunia terpuruk pada suatu titik dimana efek yang ditimbulkannya bisa mengakibatkan industri minyak serpih Amerika seluruhnya gulung tikar.

PERISTIWA PERTAMA:

MENYEPAKATI SEBUAH AGENDA “BRILIAN”

Pada tanggal 11 September 2014, Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry, mengunjungi Raja Arab Saudi Raja Abdullah dengan mengemban misi yaitu membujuk Arab Saudi untuk membanjiri pasar minyak dunia dengan produksi minyaknya, sehingga terjadi over-supply, mengakibatkan harga minyak dunia turun, tetapi pada level yang masih bisa ditoleransi oleh Amerika. Agenda ini dimaksudkan untuk menghantam negara-negara yang pendapatan negaranya tergantung pada ekspor minyak. Agenda tersebut terutama ditujukan untuk menghantam Rusia terkait dengan krisis Ukraina.

Strategi ini pernah dilakukan Amerika pada era Perang Dingin. Pada tahun 1986, atas permintaan Amerika, Arab Saudi membanjiri pasar minyak dunia dengan produksi minyaknya hingga harga minyak mentah dunia menyentuh titik terendah yaitu pada harga US$ 10 per barel. Harga yang mengakibatkan industri minyak Uni Soviet kolaps, dan menghantam ekonomi Uni Soviet yang pendapatan negaranya tergantung pada ekspor minyak. Perang Dingin akhirnya dimenangkan oleh Amerika dengan senjata minyak. Hingga pada tahun 1991, Uni Soviet akhirnya bubar.

image002

Meskipun tidak diumumkan, pada tanggal 11 September 2014 tersebut, John Kerry dan Raja Abdullah sepakat  bahwa Arab Saudi akan menggunakan otot minyak mereka untuk membawa Vladimir Putin dan Rusia berlutut kepada Amerika. Tidak diragukan lagi, pada saat itu tampaknya agenda tersebut sebagai sebuah rencana yang sangat brilian.

Pada hari berikutnya tanggal 12 September 2014, untuk memuluskan agenda yang telah disusunnya, Amerika beserta Uni Eropa mengumumkan sanksi baru terhadap Rusia, merambah sektor energi, keuangan dan perbankan, serta senjata.

image003

Dan seperti yang sudah direncanakan Amerika, harga minyak dunia mulai turun. Pada bulan Oktober 2014, harga minyak dunia berada pada level US$ 92, harga yang mengancam anggaran negara Rusia, karena anggaran negara Rusia baru bisa seimbang jika harga minyak dunia di level US$ 96. Seketika nilai tukar mata uang Rubel dengan cepat melemah  dan perusahaan-perusahaan besar Rusia berebut Dollar. Sepertinya, jatuhnya harga minyak dunia akan mengakhiri masa pemerintahan Vladimir Putin. Itulah yang diyakini oleh Washington pada saat itu, dan dengan gembira memuji senjata perang baru dari Departemen Keuangan Amerika.

PERISTIWA KEDUA:

GAGALNYA SEBUAH AGENDA BRILIAN

Pada bulan Juli 2014, harga patokan minyak dalam negeri di West Texas Intermediate (WTI) masih diperdagangkan pada harga US$ 101 per barel. Industri minyak serpih Amerika sedang booming, menjadikan Amerika  sebagai salah satu pemain utama minyak mentah dunia untuk pertama kalinya sejak tahun 1970-an.

Tetapi pada bulan Januari 2015, ketika harga minyak diperdagangkan di WTI pada angka US$ 46, tiba-tiba segala sesuatunya tampak berbeda. Harga minyak dunia ternyata jatuh di bawah harga yang telah direncanakan oleh Amerika. Washington telah menembak kakinya sendiri.

Washington tersadar bahwa ada sesuatu yang keliru atau di luar kontrol Washington dengan agenda penurunan harga minyak dunia, sehingga harga minyak dunia jatuh di bawah harga yang telah direncanakan Amerika, dan industri minyak serpih Amerika sedang berada dalam bayang-bayang kebangkrutan.

Di belakang layar, Washington dan Wall Street kemudian berkolusi menstabilkan harga minyak dunia secara artifisial untuk mencegah reaksi berantai runtuhnya industri minyak serpih Amerika. Hasilnya harga minyak dunia mulai merangkak naik pada level US$ 53 di Februari 2015. Washington dan Wall Street kemudian membuat propaganda dan berbicara tentang akhir dari penurunan harga minyak dunia. Pada bulan Mei 2015, harga minyak telah merayap hingga US$ 62 dan hampir semua orang meyakini proses tersebut. Tetapi, betapa salahnya mereka.

image004

PERISTIWA KETIGA:

SAUDI TIDAK BAHAGIA

Sejak pertemuan 11 September 2014 tersebut, pada tanggal 23 Januari 2015, Arab Saudi telah mempunyai pemimpin baru yaitu Raja Salman yang menggantikan Raja Abdullah yang menua. Namun Menteri Minyak Arab Saudi tetap tidak berubah yaitu Ali al-Naimi. Ali al-Naimi melihat kesempatan emas dalam proposal yang diajukan John Kerry yaitu peluang untuk membunuh pesaing pasar minyak konvensionalnya yang terus berkembang dan mengganggu dominasi Arab Saudi yaitu industri minyak serpih Amerika.

Arab Saudi tidak bahagia dengan perkembangan industri minyak serpih Amerika. Dan Saudi lebih marah lagi dengan kesepakatan yang baru-baru ini dibuat antara pihak administrasi Amerika dengan Iran, dimana dalam beberapa bulan ke depan Amerika akan mengangkat sanksi ekonominya atas Iran. Hal tersebut menambah tekad Arab Saudi, dibantu oleh sekutu-sekutu dekatnya di Teluk Arab, untuk lebih mencelakakan harga minyak dunia sampai pada batas yang diharapkan yaitu bangkrutnya industri minyak serpih Amerika.

Pada bulan Januari 2015, walaupun Washington dan Wall Street dapat menahan laju jatuhnya harga minyak dunia, hal yang tidak diharapkan kemudian terjadi. Pada bulan Februari 2015, OPEC mulai menaikkan produksi minyak mentahnya. Dan pada bulan Mei 2015, pasar minyak mentah dunia mendapat tambahan pasokan dari OPEC sebesar 1,5 juta barel per hari tanpa ada tanda-tanda akan menurunkannya. Padahal sebelumnya, pasar minyak mentah dunia telah kelebihan pasokan sebesar 0,8 juta barel per hari.

Singkatnya, Washington telah kehilangan pengaruh strategisnya atas Arab Saudi, Kerajaan yang dianggapnya sebagai bawahan Washington sejak kesepakatan FDR (Franklin D. Roosevelt) pada tahun 1945.

image005

PERISTIWA KEEMPAT:

MUNCULNYA ALIANSI BARU

Aliansi AS-Saudi kemudian menuju dimensi baru ketika pada tanggal 18 Juni 2015, Muhammad bin Salman, putra dari Raja Salman, menjabat sebagai Deputi Putra Mahkota dan Menteri Pertahanan Arab Saudi, melakukan pertemuan tingkat tinggi di St. Petersburg dengan Presiden Vladimir Putin. Pertemuan itu secara hati-hati telah disiapkan oleh kedua belah pihak dengan menyepakati transaksi perdagangan senilai US$ 10 Miliar meliputi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir dan suplai peralatan militer canggih Rusia kepada Arab Saudi.  Arab Saudi saat ini adalah produsen minyak terbesar di dunia dan Rusia adalah terdekat kedua. Sebuah aliansi Saudi-Rusia pada tingkat apa pun hampir tidak ada dalam buku strategi think-tank-nya Departemen Luar Negeri Amerika.

image006

image007

PERISTIWA KELIMA:

JALAN TERJAL

Upaya Amerika untuk mendorong harga minyak dunia agar kembali naik sepertinya akan menemui jalan terjal dan mulai goyah. Harga minyak mentah dunia diprediksi akan kian jatuh didorong oleh kekhawatiran bahwa Iran akan menambah surplusnya pasokan minyak mentah dunia. Dan China, sebagai importir minyak terbesar kedua di dunia, mungkin akan mengurangi impor minyak mentahnya atau setidaknya tidak akan meningkatkan impornya karena ekonomi China sedang melambat. Dan bom waktu di pasar minyak mentah dunia akhirnya meledak di minggu terakhir Bulan Juni 2015. Harga minyak mentah di WTI telah jatuh dari US$ 60 per barel, tingkat di mana produsen minyak serpih Amerika dapat bertahan sedikit lebih lama, menuju US$ 49 per barel pada 29 Juli 2015, dengan kecenderungan terus turun.

Morgan Stanley, sebagai pemain utama di pasar minyak dunia, membunyikan alarm keras dan  menyatakan bahwa jika tren penurunan harga minyak mentah dunia dalam beberapa pekan terakhir terus berlanjut, maka penurunan harga minyak mentah dunia saat ini akan lebih parah dari pada tahun 1986.

image008

PERISTIWA KEENAM: 

MENUJU AKHIR

Bulan Oktober 2015 adalah titik kunci berikutnya ketika Perbankan Amerika harus memutuskan untuk me-roll-over pinjaman para produsen minyak serpih Amerika atau terus memperluas pinjaman dengan harapan harga minyak mentah dunia perlahan akan pulih. Dari isyarat yang bisa disimpulkan dimana Federal Reserve menaikkan suku bunga pada Bulan September 2015 untuk pertama kalinya dalam delapan tahun terakhir sejak krisis keuangan global meletus di pasar real estate Amerika pada tahun 2007, maka besarnya utang para produsen minyak serpih Amerika tampaknya sedang menuju bencana dalam skala baru.

Apapun keputusan yang akan diambil oleh Amerika untuk menyelamatkan industri minyak serpihnya, tampaknya Amerika harus bersiap-siap kehilangan sesuatu yang sangat berharga, yaitu aliansi strategisnya dengan Arab Saudi. Arah angin berubah kian kencang..

Catatan Akhir:

Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat dan menjadi kebaikan bagi semua orang. Amin.

Oleh: Pustikencana

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Soviet_Union

https://en.wikipedia.org/wiki/OPEC

https://en.wikipedia.org/wiki/Federal_Reserve_System

https://en.wikipedia.org/wiki/International_sanctions_during_the_Ukrainian_crisis

https://en.wikipedia.org/wiki/King_of_Saudi_Arabia

https://en.wikipedia.org/wiki/Saudi_Arabia%E2%80%93United_States_relations

https://en.wikipedia.org/wiki/Shale_oil

http://bisnis.liputan6.com/read/2135247/bbm-naik-premium-rp-8500-solar-rp-7500

http://www.dailymirror.lk/55515/oil-politics-the-secret-us-saudi-deal

http://www.rt.com/business/187184-eu-new-sanctions-published/

http://indonesia.rbth.com/economics/2013/11/05/revolusi_minyak_usa_vs_russia_22711.html

http://indonesia.rbth.com/economics/2014/10/08/penurunan_terbesar_harga_minyak_ancam_anggaran_rusia_25437.html

http://www.nasdaq.com/markets/crude-oil.aspx

http://www.ft.com/intl/cms/s/2/69350a3e-f970-11e4-be7b-00144feab7de.html

http://www.ibtimes.com/russian-saudi-arabian-officials-meet-st-petersburg-raising-questions-about-possible-1973456

http://www.businessinsider.co.id/morgan-stanley-on-oil-crash-potential-2015-7/

http://uk.reuters.com/article/2015/08/05/uk-oil-majors-idUKKCN0QA1NW20150805

  120 Responses to “AGENDA PENURUNAN HARGA MINYAK DUNIA:”

    • Ternyata gadis cantik yang diperebutkan duda dan para pria tampan itu bernama Arab Saudi

      Bukan negera kepulauan yang pernah mengaku sedang diperebutkan… Geer maning son… Gagal maning son…

    • Ternyata gelar gadis cantik negara kepulauan selama ini salah sasaran…

      Arab Saudi lebih layak disebut gadis cantik yang sedang diperebutkan para pria tampan…

      Negara kepulauan jangan besar kepala dulu ye… Geer maning son… Gagal maning son…

  1. Jika pemetintah tdk sanggupmundur saja. Jgn selalu cari pembenaran

    • bos ini memang spt fakta aslinya…Rusia dan Saudi tak sepakat soal ISIS tapi soal minyak mereka deal2 saja…lagipula Amrik lupa Rusia dan RRC ada pipa gas/minyak diantara dua negara shg pembeli Rusia relatif terjamin..Amrik juga meleset soal loyalitas Saudi yg merasa ditinggalkan Amrik ..

      • mungkin ini ada hubungannya dengan masuknya indonesia kedalam organisasi opec lagi. Apa benar sekarang amerika menjadi musuh bersama di planet bumi ini?

    • mksd mu apa bung egp….

    • @egp
      Tidak ada hubungan nya bung. Mending nyimak dan mempelajari artikel nya. Bagus itu, info nya tersirat dan tersurat.

    • Amerika adalah “Dalang” krisis ekonomi dunia saat ini. Pemerintah USA & Bank-Bank Besar-nya seperti JP Morgan turut mempermainkan nilai valuta, mineral dan tambang dunia. Kekuatan mereka adalah dengan “mengancam” keberlangsungan dinasti2 negara penghasil minerba seperti arab saudi. Cerita ttg konspirasi usa untuk menghantam lawan2nya seperti Russia bahkan Indonesia merupakan kejadian yang selalu berulang. Sayang-nya masih banyak orang yang berfikiran sempit tidak terbuka hingga skala global, mereka-mereka yg berfikiran sempit ato pura2 ga tahu ini biasa terlihat “cerewet” terhadap pemerintah sebuah negara. Mereka2 yg “cerewet” ini adalah bibit kejatuhan sebuah negara sebagai bagian dari skenario USA, melalui agenda adu domba….

      • Bung theyownitall mo nanya.
        Misalkan kita meninggalkan dollar, dan perdagangan luar negeri kita menggunakan mata uang masing2 apakah bisa?

        • @furBOWO
          Saya coba jelaskan sedikit. Secara teknis bisa saja, tp tidak semudah itu. Misalkan kita ekspor ke India dan kita menagih India dengan mata uang Rupiah. Tapi apa yg terjadi? India akan membeli US Dollar dahulu baru nilai US Dollar yg didapat oleh India ditukarkan ke Rupiah. Tidak adanya pasar global jual-beli mata uang Rupiah – Rupee adl penyebabnya. Kenapa begitu? Karena demand global mata uang rupee dan apalagi rupiah sangatlah kecil di dunia. Jadinya semua negara atau mata uang menggunakan US Dollar sebagai benchmark untuk berdagang, karena lebih efisien dalam bisnis. Efisien itu karena US Dollar bisa didapat dimana saja dan dapat diterima oleh seluruh bank atau institusi keuangan diseluruh dunia. Dengan AS sebagai negara dagang terbesar didunia dan jumlah nilai US Dollar yg beredar di dunia luar biasa besar maka dunia bisnis atau negara2 lebih memilih berdagang dgn US Dollar. Bukan karena mereka mendukung AS tapi jual-beli pakai US Dollar itu lebih aman dan efisien dibandingkan mata uang dunia lain. Ngga heran kan klo US Dollar melemah dikit atau menguat dikit seluruh dunia sudah heboh.

  2. Selalu cari alasan..

  3. izin absen comerad

  4. Semoga sesuai peribahsa “siapa yg menanam dia lah yg menuai hasilnya”……… Selamat datang era baru…..merdeka!!!!

  5. Satukah

  6. surprise…!!!!!

  7. percuma mau borong jg dollar lg naik
    lebih baik sistem barter

    • Sedikit menjawab kalo ada yg slh mohon dibenarkan oleh master2 disini
      Jwbannya bisa aja bung tp amerika pasti tak kan tinggal diam bung
      Contoh kejadiannya waktu saddam hussein dan kaddafi mau mengganti kurs perdagangan ke euro yg terjadi pemerintahan dua negara tresebut diguling oleh amerika dgn dalih macam2
      Disini jg pernah sewaktu presiden soeharto

  8. di lantai bursa juga ramai2 roll over posisi hehehe, kalah mulu nih

  9. Akhirnya Indonesia sebagai kunci untuk menghancurkan niat jahat Amerika…mengapa sebuah negara pengimpor malah masuk ke organisasi para pengekspor minyak OPEC.?? THINK-THANK Indonesia lebih mematikan Mas bro US..!!!! GO TO HELL YOURS THINK-THANK US…!!!

    I LOVE INDONESIA

  10. Ehem, ada artikelnya bung Yayan di patga yang agak mirip dengan yang ini. Bung Yayan menyebut bahwa ini adalah strategi RI untuk meruntuhkan hegemoni US.
    Lalu bagaimana dengan kenaikan BBM di RI ? Ah masa nggak tahu selisihnya itu untuk apa ? xixixixi…classified…rahasia…xixixixi

    • Opo toh?

    • selisihnya buat beli layang2 gen terbaru, lontong monster, si deck merah, mercon 400 dll….

    • Benar bung. Selisihnya buat membangun kilang. Penanpungan. Karna saat ini lah waktu yang tepat.

    • Satu lagi yang menjadi strategi RI. Dengan masuknya NKRI menjadi anggota msg. Tentu kawasan pasifik akan menjadi perhatian untuk kedepannya. Sebagai sinyal jangan macam2 dengan tanah papua.
      Ha ha ha ha…

    • bung yayan gak nyebut itu strategi RI, tp entah kebetulan atau emang strategi dr pemerintah… hanya sebatas dugaan kok… itu yg sya tangkep..

    • ntinya target TNI AL 2024 :
      110 kapal tempur (56 fregat dan korvet, 12 kapal selam dan sisanya kapal rudal dan torpedo)
      66 kapal patroli
      98 kapal pendukung ( di antaranya saya tambahkan : lhd, lpd, lst, bcm, bho, penyapu ranjau dll)
      137 pesawat (antara lain 35 pesawat patroli maritim – dan saya tambahkan 32 heli asw plus pesawat latih plus pesawat ‘lainnya’ xixixixi)
      Orang Singapore aja tahu dan percaya target TNI AL seperti itu masa rakyat RI sendiri bilang duite sopo xixixixi … orang Singapore mabuk kecubung tuh xixixi

      buat beli daftar belanja kebutuhan TNI ya kan….

    • mantap

      Iya bener , kebetulan Indonesia juga numpang ikut meruntuhkan hegemoni
      saatnya kuga lupakan USD , karena itulah pemicu kita terseok-seok ,
      Maaf saya juga tidak senang rupiah ancur , dollar kuat ( padahal bahan kertas tisu , dan juga meraka enak aja membanyakin produksi dollar tanpa kena inflasi ) , saya bukan penganut pemerintah saat ini , apalagi pengagum , tapi saya ikut memikirkan bagaimana RI menjadi kuat , bila ditanya pengin nya era ekonomi siapa
      tentu saya jawab , Pak Mar’ie Muhammad (1997) , beliau masih meberapa bulan sanggup menahan laju inflasi dan kurs tukar rupiah , meski akhirnya tumbang kena era free floating currency…

      kala itu kurs 1 USD = 4000 IDR
      dan satu Lagi sampai saat ini saya masih pengagum ….
      apa itu ?
      ALUTSISTA A1- GOIB

      meski Kagak moncer nih barang ….

    • jangan terlalu vulgar gitu bung TN,PHD strategy itu bukan utk dibabar atau di buka, jgn terlalu berlebihan percaya dirinya…. intel asing selalu setiap saat mengawasi klo mmg benar begitu biarkan Allah yg mengabulkan doa bangsa kita, semoga indonesia jaya,makmur sentosa jadi bangsa kuat, maaf imho,, salam kenal

  11. Harga minyak turun ke $38/ barrel. Kenapa bensin masih mahal ???

    KACAU DAH KACAU !!!!!

  12. konspirasi tingkat tinggi….

    • Amin kl bener begitu, nyatanya buat subsidi cukong dan para junkie karena sebentar lagi pajak tempat hiburan malam bakal dihapus. Logika terbalik rakyat diperas cukong merdeka.

      #dolan-dolan

  13. Eig Spund Diego Ich mag reichen artikelschreiben danken ihnen einmal perfecte schwester ea… Gluckwhunsche rest
    :p.

  14. Siapa menebar angin.. dia juga yang akan menuai badai.. Pepatah yg pas utk biang kerok dunia… pisau bermata dua menghujam le jantungnya sendiri..

  15. yg diatas ngurusin konspirasi yg rakyat jelata clingak clinguk liat priuk nasinya kosong, skenario yuhan diatas segala galanya, nodo amat nih pake nick org dah males ganti2 terus dr siang, mgkinkah JkGR di hack

  16. yg diatas ngurusin konspirasi yg rakyat jelata clingak clinguk liat priuk nasinya kosong, skenario Tuhan diatas segala galanya, nodo amat nih pake nick org dah males ganti2 terus dr siang, apa mgkin JkGR di hack

  17. Kuncinya ternyata di saudi arabiya..

    • Bukan arab saudi bung, tapi asu dan fed yg menjadi pemain utama. Arab dan opec/liga arab cuma pion dlm permainan besar obama and co. Yg akan berakhir dgn blunder.

  18. artikel kompilasi seperti ini yang perlu di permbanyak di warjag, lebih bisa menambah wawasan geopolitik masyarakat. Dapat lebih memahami permasalahan dan lebih cerdas. Mudah-mudahan besok-besok masih ada artikel-artikel kompilasi seperti ini.

  19. sebenarnya ada keuntunganya di saat minyak mentah dunia turun dan harga bbm naik jika kilang minyak di indonesia banyak sayangnya kilang minyak indonesia sedikit

  20. meskipun nampaknya arah dari angin semakin jelas,… tapi tidak ada yang bisa memastikan akhir dari “cerita” ini…
    dalam politik, tidak ada kawan abadi,.. yang ada kepentingan abadi… klasik..

  21. @Bung phd.. Selisih bbm selisihnya saya tau utk apa… Pasti utk bikin infrastruktur.. Infrastruktur tol bawah laut dan tol atas langit wkwkkwkwkwkwkwk… Sekalin buat ngajak nyungsep yg maen2 minyak biar tau rasanya krisis bareng2..

  22. Bukan cuma asu. Indonesia di minta untuk masuk kembali kedalam organisasi opec. Di skenariokan untuk menghadapi permainan si upil. Dalam urusan minyak dunia. Agar opec bisa lebih berperan dalam penentuan segala sesuatunya. Guna mengalahkan dominasi asu dan negara peda. yang ikut menikmati permainan minyak asu..

  23. Hehehe..masha suka sekali dg kalimat”asu seperti menembak kakinya sendiri”..klu sebelah aja yg ditembak kan ngga adil,yg sebelah lg mngkn ada yg bantuin nembak ngga ya..

  24. Yup … Mirip artikel bung yayan …
    Sepintar-pintarnya tipu muslihat sang durjana, masih lebih hebat siasat tuhan …

  25. Ingatkah….dari duluuuuu katanya amerika akan bangkrut. Tapi kapaaaannn? Yang ada malah sebaliknya. Aneh. Ada sesuatu yang salah.

  26. Amerika berpikir keadaan akan masih berpihak padanya…diluar dugaan malah seperti melempar boomerang..(senjata makan tuan) suhu & kiblat politik dunia tlh berubah,kebohongan,ketidak adilan & kerakusan tlh sering dipertontonkan secara vulgar..manusia didunia sudah muak dg permainan bangsa Amerika & kroni”nya, terlebih-lebih Allah Swt…maka kehendak-NYA lah yg membuat semuanya terjadi…

    I LOVE INDONESIA

  27. Ini bukan mirip dgn artikel bung yayan, tapi memang Pembahasan agak sedikit mendalam dari bocoran yang mengejutkan di artikel bung Yayan, untung disini memakai bahasa yang santai menjelaskannya. Jadi orang awam mudah mengerti . Kalau pake bahasa formalnya mumet mumet tuh

  28. Sedikit Kisah dari sahabat saya dari seberang lautan sana, canada,vancouver ( kota yang terkenal dengan eksisnya salah satu top university, University of British Columbia or UCB ) yang bekerja di perminyakan, mengatakan bahwa bisnis emas hitam ini bener2 lg ancur2nya .

    Saking ancurnya, produksi disana lesu dan banyak pegawai dirumahkan sementara …

  29. Indonesia akan menjadi gudang minyak di Asia tenggara… btw.. tiba2 koq name and email post comment saya koq berubah jd alugero ya, email nya jg … ni gmn ya mas diego ?

  30. Nambahin komen bung yuda, di BP Indonesia juga sedang ada perampingan karyawan.

  31. Wah, bisa2 Indonesia jd gudang minyak di Asteng .. tp yg paling wah lg name dan email di post comment saya berubah jd alugero ya..

  32. Artikel yg mencerahkan, smart terimakasih penulis

  33. go to hell US ! runtuhlah seperti kau meruntuhkan U.S.S.R dan memporak porandakan Timur Tengah demi kepentingan mu…. Indonesia akan meruntuhkanmu dengan perlahan

  34. Strateginya seperti ilmu taichi,menggunakan kekuatan musuh untuk balik melumpuhkan musuh. Pantesan prnh ada clue yg mengatakan bhw rusia dipaksa mengalah oleh mantan anak emasnya spy bersabar menerima embargo asu and the gank.dan tryt strategi itu kini mulai terlihat hasilnya.

  35. wihh mantab nih artikel… (y)

  36. Ahkirnya anggota opec teriak “merdeka,,,,,,,, karena misinya berhasil menhhancurkan asu.

  37. Coba hitung dengan kalkulator selisih harga BBM Rp. 2000 x 15.000.000 liter
    Kalkulatornnya malah error…
    unclassified

  38. Inilah saat atau waktu yg tepat buat ibu pertiwi untuk melunasi pembayaran alutsista goibnya…..mumpung dananya disediakan dr alam goib juga…..ahayyy…….merdeka!!!!!

  39. seperti kembaran artikel nya bung yayan..
    :)

  40. Sepertiny bung yayan tampil disni dengan tmbhan bumbu artikel yg sedap yh
    Heeeeheeee
    SALAM PATRIOT INDONESIA

  41. Amerika lagi bingung bin linglung…..siap siap menyambut keruntuhan Amerika…!!!!……..buat para pemegang dollar ini saat terakhir dollar masih laku….!!!!!!!!!

  42. Siap siap Amerika Bangkrut………Segera Buang dollar anda mumpung lagi naik……

  43. dan akhirnya semua teriak “merdeka”….

  44. Salah satu kado terindah untuk hut ke 70 ibu pertiwi…….merdeka!!!!

  45. ini sesuai prediksi bung yayan. baca di Fb bung yayan

  46. mungkin obama ngundang jokowi ke amerika untuk di rayu. RI bangun kilang minyak di tiap propinsi, bisa bisa minyak $20/barel.

  47. Satu hal ternyata amerika ketipu dengan kelihaian jokowi setelah di lantik jadi Presiden RI lebih condong ke china dan rusia.

  48. ya itulah bro, saudy diperalat ama asu…hahahahahha gk smart mereka…..agenda politiknya sih…ingin menjatuhkan harga pasaran minyak supaya kolapsnya export minyak rusio, sebab minyak adalah sumber energi yg memberikan sumbangan ekonomi terbesar selain gas di russia. tp taukah agenda terselubungnya Asu…mereka punya agenda, disaat minyak turun anjlok di situlah mereka berbondong bondong memborong minyak dunia…sehingga asu mempunyai cadangan minyak yg sangat besar, tanpa harus membeli dgn harga normal..
    coba bayangkan efeknya berlapis lapiskan…jatuhin ekonomi rusio iya..ngadalin saudi iya…..asu itu pintar dan licik….mereka memiliki cara bagai mana menguasai sumber daya alam yg tdk mereka punyai dengan cara halus atau cara kasar (berperang). peranan ixis yg berada di ir4q &suri4h…apakah sebagai pemulus penguasaaan minyak timur tengah???tp menurut berita ixis menjual minyak sangat murah? yg perlu ditanyakan siapakah yg membeli minyak dari ixis? eng..ingk..engk…
    mengenai saudy, mereka ingin menjadi negara yg kuat di timur tengah, pesaing berat mereka ir4q sudah gugur dan tinggal ir4n..sudah banyak propaganda dan konspirasinya cukup membuat statmen saja tetang aliran syiah…
    Sad. Husein yang tengah naik daun menginvasi Ir4n untuk mendapatkan wilayah yang kaya minyak. Negara-negara Barat mendukung langkah Sadd4m,terutama Asu yang sakit hati akibat disanderanya 52 warga yang disandera di Kedutaan ASu di T3her4n, Ir4n. tetapi mengapa setelah itu saddam hussien di buru amerika dengan tuduhan pelanggaran ham…apakah karena sadem gk nurut lagi…lalu bagai mana dengan kemesraan rusio dan saud apakah konspirasi yg akan di sekenariokan thd 2 negara itu..
    saya asal jeplak saja..cuma mengaitkan antar berita dgn berita…

    • Sayangnya strategi asu tak sebrilian perencanaannya, produksi minyak tdk terkontrol ditambah langkah asu utk menyepakati nuklir iran, membuat saudi marah dan menganggap asu sudah tdk berpihak lagi pada mereka justru mendekati rusia.

  49. mumpung minyak lagi murah, saya harap uang hutang dari cina di buat beli minyak mentah aja, lumayan buat cadangan sampai 10th…tp masalahnya adakah kilang minyak untuk menampung cadangan minyak itu….kalo gk ada ya itulah bodohnya kita….tidak pernah mempersiapkan diri..

  50. pak jokowi itu lebih pintar dri obama dlm masalah keuangan cma obama mnang dlm politik itu sja. aslinya klo diadu kepintaran sma jokowi,obama gk ada apa2nya

  51. hebat apax ekonomi ri ancur..ag da siap2 kena phk ini…

  52. Selagi harga minyak turun harusnya kita import minyak mentah sebanyak2nya Dan kit a suntikkan kedalam bekas sumur kilang minyak,buat cadangan energi kita.

  53. Agenda penurunan minyak dunia untuk menekan Rusia itu ada benarnya, sekalian juga untuk hajar Venezuela sih. Tapi soal hubungan Arab Saudi analisanya sangat kurang. Perlu diketahui kebijakan luar negeri AS sekarang sudah fokus beralih ke Asia Pasifik diikuti dengan peningkatan signifikan jumlah alutsista dan personel militer di Asia Pasifik. Selesainya operasi militer di Irak dan Afghanistan menyebabkan kepentingan AS di timur tengah sudah mulai berkurang ditambah AS sudah mulai mengurangi ketergantungan minyak dari timur tengah. Arab Saudi kelihatannya kurang senang dengan langkah AS ini. Saudi tidak mau kehilangan partner super power yg dekat di timur tengah apalagi ada Iran yg kekuatannya tdk bs dipandang remeh.

    IMHO Saudi mendekat ke Rusia hanya bertujuan untuk memancing AS utk ‘kembali’ mendekat ke Saudi/Timur Tengah. Perjanjian transaksi perdagangan US$ 10 Milyar antara Saudi dan Rusia hanyalah sebatas MoU. Dibelakang panggung Saudi dan Rusia sangat bermusuhan, penyebabnya? Konflik Syria. Koalisi Arab Saudi, Qatar, dan negara2 arab lain gencar mengirim bantuan senjata dan uang untuk pemberontak Syria dengan tujuan menggulingkan rezim Assad. Sedangkan Assad bs bertahan karena bantuan Rusia dan Iran, baik finansial dan alutsista militer, bahkan Iran kirim pejuang2 Garda Republik nya, Rusia ‘pasang badan’ melindungi rezim Assad dengan menempatkan kapal2 perang Rusia di Laut Mediterania dan sempat mengirim rudal S-300 ke Syria secara diam2, tetapi keburu dihancurkan sebelum beroperasi oleh serangan udara Israel. Arab Saudi stengah mati membujuk AS untuk membom rezim Assad, tp AS tidak mau terseret konflik lebih jauh dengan Rusia dan Iran. AS benar2 pelan-pelan ‘meninggalkan’ Arab Saudi. Arab Saudi tau bahwa tanpa AS dibelakang mereka sulit untuk menjadi super power di timur tengah. Kesepakatan Nuklir AS – Iran buktinya, Arab Saudi menentang keras kesepakatan itu krn khawatir Iran yg adl musuh bebuyutan Arab Saudi akan bangkit menjadi super power timur tengah. Tp kecemasan Arab Saudi ‘dicuekin’ sama AS. Kepentingan AS di timur tengah sudah jauh berkurang.

    • @bung JESTA saya menambah kan,pembelian alussita dr rusia dengan syarat rusia tidak membantuin suriah dan iran dalam hal senjata,nah rusia menolak secara halus biarpun ekom rusia juga susah,tapi perlu diingat rusia juga memainkan gas untuk eu(nah ue ekom juga kesusahan dalam resesi gombalisasi dengan ambruk yunani,dan spain,portugal,irlandia,islandia ditalangin oleh ue)

      bagi rusia,suriah merupakan negara sekutu satu22 masih eksis sejak perang dingin ditimur tengah(pangkalan laut tartus),sedangkan iran dianggap sebagai penghalang untuk amrik menguasain timur tengah.

      saya melihat amrik lepas tangan,karena kekuatan regional sudah berkembang baik diturkey,iran,arabsaudi,mesir jgn lupa sekutu dekata israel.

      nah fokus dia keasia pasifik kebanyakan geopolitik dan ekom melihat sipanda menjadi no 2 setelah menyalip japan dan jerman(secara global merupakan sekutu dalam ekom maupun politik)

      nah pengerahan 60%kekuatan al ke ke pasifik bukankan sudah menuju siap perang dan penguatan alusssita panda juga sigfinikan destro,frigate,kasel,pespur,pebom dllnya

      salam selalu met malam bung jesta:)

      • @bukek siansu
        Benar bung, saya setuju juga. Tanpa pangkalan Tartus, AL Rusia tidak memiliki pijakan atau ‘pengaruh’ yg signifikan di Laut Mediterania. Makanya Rusia mati2an juga bela rezim Assad di Syria. Menarik sekali perhatian kondisi geopolitik ekonomi dunia sedang berubah dari laut atlantik menuju ke laut pasifik dimana ada 4 negara super power (AS, Cina, Rusia, Jepang) sedang mengadu kekuatan sosial, ekonomi, politik dan militer. Selamat malaaam bung bukek siansu..

    • Bung jesta salam kenal,
      Terimakasih ulasanya tentang saudi, lengkap sekali.
      :)

  54. Rusia, Iran and the group membuktikan kesabaran mampu mengalahkan kemungkaran..

  55. Amerika adalah “Dalang” krisis ekonomi dunia saat ini. Pemerintah USA & Bank-Bank Besar-nya seperti JP Morgan turut mempermainkan nilai valuta, mineral dan tambang dunia. Kekuatan mereka adalah dengan “mengancam” keberlangsungan dinasti2 negara penghasil minerba seperti arab saudi. Cerita ttg konspirasi usa untuk menghantam lawan2nya seperti Russia bahkan Indonesia merupakan kejadian yang selalu berulang. Sayang-nya masih banyak orang yang berfikiran sempit tidak terbuka hingga skala global, mereka-mereka yg berfikiran sempit ato pura2 ga tahu ini yang sekarang “cerewet” terhadap pemerintah. Mereka2 yg “cerewet” ini adalah bibit kejatuhan sebuah negara sebagai bagian dari skenario USA, melalui adu domba….

  56. Baru lihat runing teks di salah satu tv nasional bahwa iran akan menggenjot produksi minyaknya juga walaupun harganya lg turun skr…….bidak catur sudah dimainkan tinggal nunggu skak mat nya ada di langkah keberapa……ahayyy…..merdeka!!!!!

    • trus kita harus genjot pembelian minyak donk…mumpung jatuh murah…biasanya agen minyak langsung beli setangki trus di pendem tunggu minyak mahal baru di jual…apakah negara bisa berprilaku spt itu, membeli utk cadangan

      • @Sal Jemplak
        Masalahnya kita ngga punya banyak fasilitas penyimpanan minyak. Klo negara2 maju seperti AS, Jepang, India dan Cina punya simpanan cadangan minyak strategis. AS punya cadangan minyak strategis yg mampu mensupport konsumsi minyak konsumen dan industri selama 1 tahun penuh dalam kondisi darurat jumlahnya max. 987 Juta barel minyak, terbesar di dunia. Klo Pertamina dari berita beberapa waktu lalu pernah bilang stok BBM nasional kita tidak cukup untuk beberapa minggu saja ditambah kita ngga punya tempat penyimpanan cadangan minyak (BBM) strategis. Minyak dunia lagi murah gini Cina lagi nge-stock cadangan minyak strategisnya alias nimbun BBM: http://www.wsj.com/articles/china-on-oil-buying-spree-again-1429004395 Semoga saja pemerintah segera membangun tempat penyimpanan minyak strategis krn ketersediaan minyak sangat penting utk jalannya sebuah negara.
        Info tentang cadangan minyak strategis dunia: https://en.wikipedia.org/wiki/Global_strategic_petroleum_reserves

    • @Doblank
      Iran defisit APBN nya sangat besar. Mau minyak tinggi atau rendah Iran tidak ada pilihan lagi harus jual minyak sebanyak-banyak ke pasar dunia. Tapi belum bisa jual sekarang karena embargo minyak atau pelarangan terhadap bank-bank seluruh dunia utk jual-beli minyak dgn Iran belum diangkat oleh AS. Klo embargo AS sudah diangkat, baru Iran bisa ekspor minyak. Yang kena Skak mat itu negara2 yg ekonominya bergantung dengan ekspor minyak, yaitu Rusia dan Venezuela. Klo AS, Cina, Eropa menikmatinya krn bisa impor minyak dengan harga murah, tapi efeknya ke industri migas lokal mereka yg keuntungannya menurun atau merugi. Tp ekonomi AS, Cina, Eropa tidak bergantung ke industri minyak, bidang2 ekonomi lain bs menutup kerugian di sektor minyak karena sektor ekonomi mereka sangat bervariasi. Itu yg ngga dimiliki oleh Venezuela dan Rusia.

    • sebuah negara tidak akan jatuh karena pemerintah pun, lihat saja arab saudi setelah pergantian pemerintahan raja salman, pemerintah arab sangat dinamis dan berpikir kedepan. Pemerintahan bisa berganti, dan mungkin juga penggantinya jauh lebih hebat dari sebelumnya karena belajar dari pemerintahan sebelumnya. Siapa yang tidak mau mengalami perubahaan bung daripada berkutat pada hal – hal itu saja lebih baik mencari suasana baru yang didukung semua pihak seperti pemerintahan india sekarang yg sangat jauh dari KKN. Dan pastilah pemerintahan yg bisa menepati janjinya saat pemilu.

  57. jika harga minyak mentah terus turun ….. ada plus dan minus…. jika kita lihat dari kacamata banyak pihak di Indonesia ……….

    JIKA BBM MINYAK MENTAH TERUS TURUN, MAKA …:

    – Industri Pertambangan Batu Bara di Indonesia banyak yang akan tertekan / bisa collaps …..
    – Industri CPO harga akan turun, harus ada inovasi pemanfaatan minyak CPO sawit …………
    – harga BBM Global akan berangsur turun …………… BBM Nasional semoga pelan pelan akan turun ………

    Negara yang hanya sebagai pemain tengah / makelar produksi / expancy produksi Minyak diluar negri akan mengalami kesulitan …….. negara X, Y, Z …??? … wiss embuh rek …. sing penting di Indonesia
    rakyat tetap stabil …….

  58. skennario untuk melemahkan USA juga terjadi di mata uang , bayangkan dollar trus merangkak naik sampai 14.000 ditambah china yg melakukan devaluasi mata uang.
    menvakibatkan ekspor usa menurun tajam. klo sampai the fed menaikan suku bunga bisa kolaps usa
    bayangkan klo bank mengacu mata uang internasional menjadi yuan karena dollar sangat tinggi nilainya.

  59. Yg jadi anomali adalah RI saat harga minyak terus turun tapi kenyataannya malah Pemerintah tidak menurunkan harga BBMnya ini juga yg jadi tanda tanya apa maksdnya? kalo demikian saatnya utk membuat ato mengupgrade kilang2 minyak negara ini disaat minyak sedang murah2nya utk ditimbun

  60. ..sebenarnya rencana AS cs plus sekutu arab-nya untuk menjatuhkan -rusia-dengan mengulangi siasat/taktik yang sama saat menjatuhkan uni soviet dulu.siasat ini ternyata mampu berjalan dengan nyaris-sempurna-seandainya diperjalanan waktu arab saudi tidak melakukan tindakan-bodoh-yaitu menjadi-otak-teror yang terjadi diwilayah rusia diwaktu-kemarin.dengan ditangkapnya-pelaku-yang ternyata merupakan-anggota aktif dari dinas rahasia arab saudi.maka rusia pun langsung melakukan reaksi cepat dengan -mengumumkan perang ta kasat mata dengan arab saudi.
    …janji rusia untuk membuat perhitungan dengan pemerintah arab saudi ternyata bukanlah gertakan kosong,ta kala rusia mulai menjalin -komunikasi-dengan-oposisi garis keras.
    …melihat ancaman yang semakin nyata akibat reaksi rusia maka arab saudi terpaksa melakukan-bicara damai-dengan rusia demi keamanan bangsa dimasa depan.
    ..akibat dari-kebodohan/teror-tersebut.arab saudi terpaksa membocorkan dan membatalkan rencana terpadu dengan AS cs.dan masih ditambah dengan pembelian-besar2an-alusista dari rusia demi mencegah kebangkrutan industri2 BUMN rusia akibat konflik dengan AS cs.
    …rencana AS cs memang berhasil namun blok timur melakukan -perang puputan-yang pada akhirnya nanti jatuh bersama sama atau bangkit bersama sama(blok barat dan timur)

    • Bisa masuk diakal bila dikaitkan dengan kejadian-kejadian terakhir, dimana mulai banyak terjadi pemboman didalam negeri Arab Saudi sendiri, dan adanya pemberontakan di Yaman yang dilakukan oleh kelompok pro Iran. Bila begitu kejadiaannya memang ini kasus akan sangat komplek untuk diselesikan dengan cara biasa.

      Pameo “mati siji mati kabeh” akan belaku didalam kasus ini.

      Disini kita bisa melihat, perang yang dilakukan oleh tekhnokrat tidak kalah mengerikannya, bila dibandingkan dengan perang yang dilakukan oleh tentara. Akan banyak korban “bersimbah darah”, bila tidak ada jalan tengah yang sama-sama menguntungkan.

      Cuma sayang di artikel ini tidak dijelaskan mengapa Indonesia bersedia masuk kedalam OPEC padahal Indonesia bukan negara pengimpor murni minyak? dan kenapa OPEC mau mengajak Indonesia bergabung kedalam OPEC, padahal mereka mempunyai statuta yang melarang negara pengimpor minyak menjadi anggota OPEC.

      Padahal di awal tulisannya penulis membuat dua pertanyaan:
      1. Apa sebenarnya yang sedang terjadi ketika harga minyak dunia turun?
      2. Mengapa Indonesia sebagai negara pengimpor minyak, diundang kembali menjadi anggota OPEC?
      Pertanyaan pertama dipaparkan dengan sangat bagus sekali, sedangkan pertanyaan kedua belum dijawab oleh penulis.

  61. Sepertiny bgtu bung phd artikel yg sedap yh
    Heeeeheeee
    SALAM PATRIOT INDONESIA

    • Mungkin indonesia dimasukkan ke OPEC untuk menjadi proxy basis pemasaran minyak OPEC untuk wilayah malenesia dan asean menyaingi singapore yg notabene adlh proxy usa.yg didalamnya ada selat malaka yg merupakan jalur sepertiga perdagangan dunia
      Itulah knp indonesia menjadi anggota ASEAN sekaligus anggota MSG. IMHO

  62. Semoga dengan mendekatnya Saudi ke Rusia maka Rusia akan bisa mendamaikan Saudi dengan Iran. Dengan begitu Sunni dan Syiah akan bersatu dan bersama Rusia akan bersama-sama menghadapi Dajjal si Mata Satu /Anti Kristus.

  63. sekali lagi tolong bung Pustikencana bersedia menjelaskan mengapa Indonesia sebagai pengimpor minyak dapat diterima masuk kedalam organisasi pengimpor minyak, please dong akh..

 Leave a Reply