Jul 272016
 

Presiden Joko Widodo akan merombak jajaran menterinya, terutama bidang ekonomi. Yang paling menonjol, Jokowi disebut menarik Sri Mulyani Indrawati yang kini menjadi Managing Director Bank Dunia untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan.

Informasi yang didapat detikcom, Rabu (27/7/2016) nama Sri Mulyani Indrawati disebut akan menggantikan Bambang Brojonegoro. Sri akan dipanggil Presiden Jokowi ke Istana pagi ini.

Sedangkan Bambang Brojonegoro akan bergeser menjadi Kepala Bappenas menggantikan Sofyan Djalil. Sofyan Djalil akan digeser ke posisi baru.

Sri Mulyani sendiri saat ini tengah berada di Jakarta untuk beberapa kegiatan. Sri dijadwalkan akan berada di Indonesia hingga hari Jumat (29/7).

Seperti diketahui, Sri Mulyani merupakan Menteri Keuangan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Selepas menjabat Menkeu, Sri ditarik menjadi Managing Director Bank Dunia dan banyak bermukim di Amerika Serikat.

Perkiraan Menteri Baru di Kabinet Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik 13 orang hasil perombakan kabinet (reshuffle) jilid II. Pelantikan akan dilakukan hari ini, Rabu (27/7/2016) pukul 14.00 di Istana Negara.

Berdasarkan penelusuran Kompas, ada sembilan nama baru yang masuk ke dalam jajaran Kabinet Kerja. Sementara itu, ada empat menteri yang bergeser posisinya.

Berikut daftar lengkap seluruh nama yang akan dilantik Presiden Jokowi hari ini:

1. Budi Karya Sumadi

Budi ditempatkan menjadi Menteri Perhubungan menggantikan Ignasius Jonan. Sebelum menjadi Menteri Perhubungan, Budi saat in imenjadi Direktur Utama Angkasa Pura II.

2. Archandra Tahar

Archandra Tahar mendapat kepercayaan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Archandra menggantikan Sudirman Said yang tak lagi masuk kabinet.

Archandra merupakan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) dan merupakan salah satu pengusul off shore blok Masel. Dia juga memiliki firma di Amerika Serikat.

3. Airlangga Hartarto

Airlangga Hartato mendapat jabatan sebagai Menteri Perindustrian, menggantikan Saleh Husin. Airlangga adalah representasi dari Partai Golkar yang belakangan menyatakan dukungannya kepada pemerintah.

4. Prof. Muhajir

Prof. Muhajir adalah mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang. Presiden Jokowi memberikan kepercayaan kepada Muhajir untuk menjabat Menteri Pendidikan Nasional menggantikan Anies Baswedan.

5. Eko Putro Sanjoyo

Eko Putro Sanjoyo adalah politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dia menggantikan posisi rekan sesama partainya, Marwan Jafar yang dicopot dari jabatan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Desa, dan Transmigrasi.

6. Asman Abnur

Asman Abnur adalah representasi dari Partai Amanat Nasional (PAN). Sebelum Golkar, PAN juga lebih dulu menyatakan dukungannya kepada pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Asman akan dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menggantikan Yuddy Chrisnandi.

7. Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani kini kembali ke Indonesia setelah berkiprah di dunia internasional dengan menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia. Kini, dia mendapat mandat dari Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Keuangan, menggantikan Bambang Brodjonegoro.

8. Enggartiasto Lukita

Enggar adalah politisi Partai Nasdem dan juga seorang  pengusaha. DIa pernah menjadi Ketua Real Estate Indonesia (REI). Kini, dia mendapat mandat dari Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri Perdagangan, menggantikan Thomas Lembong yang digeser menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

9. Wiranto

Wiranto saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Hanura. Namun, dia dipercaya juga oleh Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan.

10. Sofyan Djalil

Sofyan kembali mendapat tugas baru dari Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional. Dia menggantikan Ferry Mursidan Baldan.

Sebelum mendapat posisi baru itu, Sofyan menjabat sebagai Kepala Bappenas. Jabatan itu didapatnya juga hasil dari reshuffle jilid I. Pada pembentukan kabinet di awal pemerintahan Jokowi, Sofyan sempat didaulat menjadi Menteri Koordinator Perekonomian.

11. Thomas Lembong
Tom Lembong akan bergeser posisi menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), menggantikan Franky Sibarani. Sebelumnya, Tom menjabat sebagai Menteri Perdagangan. Dia masuk ke dalam kabinet saat reshuffle jilid I pada bulan Agustus 2015.

12. Franky Sibarani
Kepala BKPM Franky Sibarani kini diangkat menjadi Wakil Menteri Perindustrian (posisi baru).

13. Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut akan didaulat menjadi Menteri Koordinator Kemaritiman, menggantikan Rizal Ramli. Sebelum digeser ke jabatan baru itu, Luhut menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Dia juga sempat menjadi Kepala Staf Presiden pada masa awal pemerintahan Jokowi.

 

Sumber : Detik.com dan Kompas.com

Artikel Terkait :

  64 Responses to “Akankah Sri Mulyani Jadi Menteri Keuangan ?”

  1. nah loh….tar gimana dong dengan kasus yang kemarin…?

    • sri mulyani maksut nya

      • itu aksi luar biasa si elit kita uti cuci tangan, mempromosikan bu sri pada sahabat karib internationalnya, sehingga tercitra bagus dan bu sri naik, dgn reason seolah2 menyelamatkan bu sri. Tapi, itu jalan ter aman yg harus “elit” tempuh utk menyelamatkan muka seksligus menyelamatkan diri. Bu sri tersandra kasus century, bila dia mau buka suara, luar biasa gemuruhnya.
        andai ada warjag yg ada disamping keja kerja bu sri sesaat setelah dia terima perintah atasan nya.

    • kasus kemarin hanya isu yang dibawa ke ranah politik
      kasus kriminal murni dibawa ke ajang politik
      jasa beliau sangat luar biasa
      duet beliau dan budiono dapat mengatasi krisis meneter gila gilaan di tahun 1997
      dari rupiah 16.000/dolar menjadi 7.000/dolar tanpa modal se sen pun
      dijuluki anak ajaib dari Indonesia
      Ia dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006
      Ia juga terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008
      dan sangat dipercaya oleh bank dunia dan badan keuangan lain didunia

      tapi seperti adat di Indonesia
      Orang hebat malah dimusuhi di negeri sendiri
      (dengan banyak isu dan fitnah yang sangat keji)
      banyak orang hebat dari Indonesia yang lari ke keluar
      jadi yang di Indonesia tinggal orang ………………….

      • katanya klo si emak ini yg dpt penghargaan itu cuma akal2an, tp klo yg lain dpt penghargaan karena reel prestasi,

        • si mantan yah wkwkwkw real prestasi

        • betul si mantan dpt real prestasi, semua harus sepakat.
          contoh:
          si mantan no 1 Bung Karno dpt gelar Bpk Proklamator
          si Mantan yg lalu tuh dpt gelar Bpk Reklamator
          berani nya tour de java, itupun tertampar sendiri di akir tour nya. Coba kalo benar2 dan berani lakukan tour de Bali. hahaha

      • itulah politik bung, kata bang iwan fals “politik itu kejam”

      • Sangat disayangkan jika potensi si anak emas ini disingkirkan…. Tanpa bu sri jadi apa keuangan negara kita… Dolar pasti meroket lebih tinggi tanpa bu sri.. Mirisnya di negara kita orang orang terbaik malah disingkirkan….

  2. Bungkus

  3. Sesuai skenario ….tambah siip biar g ad mentri yang gaduh lagi.semoga Indonesia tambah jaya

  4. Rizal Ramli dicopot? inalillahi wainna ilaihi rojiuuub

    • ga usah kuatir ttg rizal ramli yg dicopot, krn tugas kususnya sudah kelar dan beres.

      • hahahaha bisa aja bung @wijaya,,,semua yg dr Allah akan kembali kepadanya,,,insya Allah RR istiqamah, bahkan mgkin lebih lantang diluar walau gak punya panggung

        • betul, RR sangat legowo, Jonan dan ss pun org baik semua. Emas ditaruh dimanapun tetap emas.
          sebaliknya, bila itu tdk baik ditaruh kursi raja pun akan kecium baunya. bukankah begitu bung asbun?

  5. Titip tolong perjuangkan tax amnesty habis habisan Bu..

    • jgn kuatir bung pkb, jauh lebih dari pada itu beliau menjaga. Emak sri ini akan menyusul dua emak yg lain dlm kedaulatan per duitan.

  6. klo emang bener, sayang bgt pak anies sama ignasius dicopot.

    • maklum partai partai kaburan dari koalisi KAMPRET berdatangan. jd kesingkir orang independen. partai kaburan biasa ngemis juga minta posisi hahahahaha jilat tuh ludah mu hai haters kwkkwkw

    • @raku

      Sama bang, saya juga kecewa padahal lagi demen ngelihat pembangunan transportasi terutama. diluar jawa lg semarak…mungkin harus mengalah demi kekuatan juragan airline.

      Trus pak anies kurangnya apa ya…apa krn gak punya dukungan partai?

  7. klo emang bener, sayang bgt pak anies sama ignasius dicopot.

  8. itu anak mamake nga digeser……? tanya kenapa, padahal itu yang harus di ganti

    • Klo anak mamake ya pasti aman. Kan dia pantek nya koncian dr partainya biar ga nakal.

    • Kok bisa,,
      Pdip kan partai penguasa
      Klu partai demokrat yg baru org demokrat yg isi

      Pdip pemenang pemilu ..kepercayaan rakyat ada pada mereka

  9. @syam anak mamake siapa mas ?

  10. Wah menhan aman, hehe..

  11. Kok yg sektor olahraga dan kepemudaan kayaknya aman2 saja gak kena evaluasi, Motogp batal, Rio bingung cari Dana, persiapan Asean Games dapat kritik dan Molor ?

  12. Waduhh,… Dulu bu Sri mulyani di hujat2 sama PDI-P gara2 bank century nggak malu tuhh PDI-P, mmg politik itu gak ada kawan dan lawan bisa jd skr berteman bsk2 bisa jadi seterunya… :mrgreen:

  13. tambah tuir tambah cantik ibu ini.setubuh Eh,..se 7.

  14. Demokrat dan Gerindra kemana?

  15. Menteri yang di copot rata-rata yang gaduh:
    1. Rizal Ramli. Sebenarnya kinerja Rizal Ramli gak jelek, tapi kepretannya bikin situasi tidak kondusif (RJ Lino, Jusuf Kalla, Garuda, PLN, ESDM, Gubernur DKI semua dilawan)
    2. Sudirman Said. Sering panas di serang oleh Rizal Ramli dan mengeluarkan statement pendekar tua yang salah gelanggang.
    3. Anies Baswedan. Bikin bingung dunia pendidikan, secara nyata memperlihatkan ketidaksukaan terhadap kurikulum 2013 yang baru seumur jagung. Tiap tahun ada permen tentang penilaian di tingkat satuan pendidikan, bagaimana tidak teriak gurunya.
    4. Ignasius Jonan. Bikin kaget waktu dianggap merintangi proyek kereta cepat Jakarta – Bandung. Presiden lebih percaya ke ibu Rini Soemarno yang waktu itu jadi seterunya Jonan.
    5. Yuddi Chrisnandi. Masa menteri menilai kinerja sesamanya menteri, gila gak tuh?

    • intinya gak boleh ada 2 matahari bung

      • Untuk item no.4 juga bikin mudik tahun ini macet parah 😀

        • @atha

          Dosanya yang satu itu, gak sebanding dg banyak kemajuan dibidang perhubungan…menurut feeling saya, kekuatan gajah yang selama ini bebas menjalankan bisnisnya tanpa ada yang berani mengusik-usik yang mendorong pergantian ini.

          Sementara di AP2 sampai saat ini taksi gelap masih bebas beroperasi, kasus lolosnya penumpang asing tanpa melalui imigrasi dll…lha kok ini dirutnya malah naik jabatan?

    • tuh yang nomer 5. mungkin dapet bisikan ghoib klo dia dah jadi Perdana Menteri 😆

  16. Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Desa, dan Transmigrasi mesti ditambah lagi nih sehingga menjadi Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Perbatasan, Desa, dan Transmigrasi.

    Supaya daerah perbatasan kita lebih jelas ada yang bertanggungjawab mengelolanya.

  17. Kasihan para oposisi kalah tempur di tinggal teman seperjuangan!!!satu almamater jd oposisi kenapa mereka berdua tidak berduet. karena masih membekas di “pipi”

    TIDAK ADA TEMAN ABADI DALAM POLITIK YANG ADA HANYA KEPENTINGAN PARTAI YANG ABADI

  18. Yakin lah ibu sri mulyani bebas dari korupsi, sy dukung ibu sri mulyani jadi menkeu agar perekonomian indonesia bs mencapai 7% sesuai dgn harapan kita bersama!!,,,selamat ibu, kita selalu kagum dan bangga dgn ibu sri mulyani…

  19. Selamat untuk kabinet yang baru…

  20. mana yg kemaren teriak teriak TURUNKAN JOKOWI dng cara pemakzulan!!!cuma 1 th jokowi jd presiden??
    yg dulu ikut koalisi KAMPRET sekarang ikut jadi koalisi KECEBONG. mungkin tuh partai bis minum air kobokan makanya dapat posisi mentri. di cebokers dulu lambe mu pake abu gosok cuk:mrgreen:

    oposisi sejati cuma PDI perjuangan terlatih dr jaman orba hahahaha tahan banting..yh itulah politik semua abuabu tergantung kepentingan. mega jg gk bakala berisik krn anaknya jd menko.

    tinggal partai gurem yg tersisisa jd oposisi Sapi,Kuda & Kebo

    pipis ah..

  21. itu mentri olahraga ga diganti jg hadoh tmbah kacau olahraga kt..ganti dg jajang nurjaman

  22. bingung RizalRamli yg sangat kompeten malah di ganti…, Sri Mulyani antek barat n USA, menteri baru yg lainnya No Coment

  23. IHSG naik sebanyak 1,5 persen setelah berita pengangkatannya, dan 1,1 persen lebih tinggi pada 5,281.84 pada pukul 12:00 waktu setempat. Rupiah menguat 0,4 persen menjadi 13.117 terhadap dolar, mengambil keuntungan tahun ini menjadi 5,1 persen. ( breaking news )

  24. Ibu Sri Mulyani idola kita semua… albert einsteinnya indonesia…majukan perekonomian indonesia bu…. kita berharap banyak dr Ibu…semoga segala sesuatu yang kita dambakan, impikan dan kita inginkan akan menjadi kenyataan… 2024 sy dukung Ibu jd Presiden ri ke 8…mantap!,,,

  25. setelah ini, RR juga akan direshuffle oleh Cornelia Agatha :p

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)