Akhir Hidup Sea Harrier dan Teknologi Thrust Vectoring Nozzel

36
6

Akhirnya pesawat tempur STVOL (Short Take-Off And Vertical Landing fighter) Sea Harrier melakukan satu penerbangan terakhir ke rumah permanennya di museum Aerospace Bristol, Inggris.

Bukan terbang dengan kekuatan sendiri, Sea Harrier yang kadang disebut sebagai ‘pesawat pembuat janda’ karena catatan kecelakaan terbang yang tinggi, diangkat dengan menggunakan helikopter Chinook.

Tim spesialis dari Angkatan Udara Inggris dan teknisi Angkatan Laut bekerjasama memindahkan Sea Harrier lewat jalur udara karena kendala jalur darat yang tidak memungkinkan.

Meski memiliki reputasi kecelakaan terbang yang mematikan, pada tahun 2016 Taiwan pernah menginginkan pesawat tempur Sea Harrier sebagai pesawat basic untuk pengembangan pesawat tempur STVOL buatan dalam negeri, namun hingga saat ini belum diketahui kelanjutan prosesnya

Sebagaimana diketahui segala pembelian perangkat militer berteknologi tinggi oleh Taiwan selalu mendapat tentangan keras dari RRC.

Andai pembelian ‘blue print’ pesawat tempur Sea Harrier terlaksana, terutama pada teknologi – thrust vectoring nozzel – Taiwan bisa mengembangkan pesawat tempur STVOL lebih cepat. Dalam 13 tahun diperkirakan pesawat tempur STVOL rancangan Taiwan sudah bisa melakukan penerbangan perdananya.

Author : Muhidin

36 COMMENTS

  1. Pernah nonton di TV klu gak salah discovery, AS sedang mengembangkan pesawat piring terbang stealth dgn konsep STVOL jg. Badan luar pesawat berputar tapi bagian inti dan kokpit tetap. Setelah uji coba hasilnya benar2 anti radar. Gambar konsep dasarnyapun ditunjukan.

  2. NKRI sebenarnya butuh ratusan pesawat model Harrier dalam jumlah banyak..karena BS mendarat di lanud kecil,BS mendarat di lapangan bola,disawah,diatap gedung,depannrumah,dihutan dll..PT DI harus bisa bikin pswt VSTOL yg lebih canggih dari Harrier atau f35B..Dan bikin sampel 2000 unit..wkwk

  3. pesawat tempur STVOL pada awal kemunculannya sangat meresahkan lawan.
    dengan publikasi hanya butuh setengah lapangan bola untuk take off dan landing..
    membuat pesawat jenis ini bisa ada dimana saja,, dan kekuatan udara menjadi sulit terdeteksi…
    walau akhirnya diaplikasikan pada kapal induk…

    penguasaan teknologi saat ini belum mencukupi untuk memaksimalkan konsep pespur jenis ini.
    konsep STVOL masih menjadi masa depan pespur dunia…

  4. PESAWAT “SVTOL” YANG KAYAK GINIAN MAH BELUM TERLALU BUTUH DI KITA.
    YANG BUTUH LG MENDESAK TUH.
    1. DATALINK
    2. RHAN (RUDAL PERTAHANAN)
    3. PESAWAT (IFX)
    4. KAPAL TEMPUR SEKELAS FRIGATE – DESTROYER
    5. RADAR
    6. DLL.
    DAH ITU…..

LEAVE A REPLY