Akibat Tawon, Su-30MK2 Vietnam Batalkan Latihan

37
5

Sebuah pesawat tempur Su-30MK2 Angkatan Udara Vietnam terpaksa menghentikan penerbangannya dan harus kembali ke pangkalan setelah ditemukan adanya tawon di dalam kokpit pesawat.

Su-30MK2 Vietnam berhasil mendarat dengan selamat dan tidak terjadi insiden berarti yang menimpa kedua pilot.

Pesawat tempur terpaksa kembali karena khawatir sengatan tawon bisa membahayakan pilot dan pesawat tempur Su-30MK2.

Situasi yang hampir sama pernah menimpa pesawat tempur F-16 Angkatan Udara Belanda pada tahun 2006 di Afghanistan. Insiden bahkan lebih tragis karena F-16 Belanda jatuh dan menewaskan pilot. Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti jatuhnya F-16 Belanda. Spekulasi yang beredar, pilot pesawat diserang laba-laba Camel yang banyak terdapat di gurun Afghanistan.

Belum diketahui mengapa ada tawon berada didalam kokpit, sangat mungkin saat Su-30MK2 berada dilandasan dengan kokpit terbuka tawon tersebut masuk, dan terlewat tanpa diketahui saat pemeriksaan sebelum take off.

37 COMMENTS

  1. Bukannya pilot sdh pake helm full, baju khusus penerbang, sarung tangan, sepatu. Kan gak ada bagian tubuh yg terbuka yg dpt disentup/sengatan tawon?
    Apa mungkin system elektrik/komunikasi/navigasi yg rentan thdp sengatan tawon??

  2. Aushit jadi besar kepala karena keberadaan marinir ASu dan penempatan F-22 di aushit, ……… putuskan saja hubungan diplomatik dgn negara bromocorah tsb dan perkuat pertahanan 3 matra.
    musuh dari selatan sudah terang2an, makanya beli alutsista yang gahar2, jgn pelit2, coba kalo RI punya SU-35 4 skuadron, SU-34 Full back 2 skuadron, rudal Kalibr, S-300 & S-400, KS kilo, Amur, frigate Admiral Gorshkov class, Destroyer dll, ………. niscaya aushit kagak bakalan berani macam2

  3. Sepertinya TNI perlu pasukan khusus, yg ahli menyusup ke dlm pangkalan udara musuh, lalu mensabotase kokpit pesawat dg berbagai hewan kecil yg berbisa seperti lebah, kalajengking, semut rangrang sampai ular beludak. Pesawat siluman yg tak terdeteksir radar sekalipun, jika pilotnya geli karena ada semut di kostum tempurnya, tentu sangat mengganggu misi tempur.

LEAVE A REPLY