Jan 042017
 

Sebuah pesawat tempur Su-30MK2 Angkatan Udara Vietnam terpaksa menghentikan penerbangannya dan harus kembali ke pangkalan setelah ditemukan adanya tawon di dalam kokpit pesawat.

Su-30MK2 Vietnam berhasil mendarat dengan selamat dan tidak terjadi insiden berarti yang menimpa kedua pilot.

Pesawat tempur terpaksa kembali karena khawatir sengatan tawon bisa membahayakan pilot dan pesawat tempur Su-30MK2.

Situasi yang hampir sama pernah menimpa pesawat tempur F-16 Angkatan Udara Belanda pada tahun 2006 di Afghanistan. Insiden bahkan lebih tragis karena F-16 Belanda jatuh dan menewaskan pilot. Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti jatuhnya F-16 Belanda. Spekulasi yang beredar, pilot pesawat diserang laba-laba Camel yang banyak terdapat di gurun Afghanistan.

Belum diketahui mengapa ada tawon berada didalam kokpit, sangat mungkin saat Su-30MK2 berada dilandasan dengan kokpit terbuka tawon tersebut masuk, dan terlewat tanpa diketahui saat pemeriksaan sebelum take off.

Artikel Terkait :

  42 Responses to “Akibat Tawon, Su-30MK2 Vietnam Batalkan Latihan”

  1. Pilotnya takut dicium tawon..

    • Di negeri kaum tawon langsung heboh karena ada berita:
      “Squadron Tawon terpaksa membatalkan latihan tempurnya karena ada seekor personilnya yang tersesat masuk ke tubuh burung besi yang bokongnya sangat panas”.

    • Urusin su-35 yg dalam mimpi don……..

      • Malon koplok kurang piknik,,lihat tu di biak su 35 udah pada terbang,,

      • bukannya malon yang dalam mimpi mau beli rafale,,super hornet ,,typhoon tapi tak de wang sama sekali sudah koar koar dari 6 tahun yang lalu lon”

        indonesia yang penting dikejar TOT lambat tak masalah yang penting nanti bisa bikin sendiri kayak sigma fregat pkr dan ifx ,,,kami bisa dapat untung lon

        • Urusan malon serahin kesaya beres,..sekali uppercut patah jadi 2 tuh rahang

        • Kalo indonesia tau diri dan intropeksi seharusnya keluar dri program kfx karena indonesia hanya penghalang mimpi korsel mewujudkan pesawat tempurnya, kenapa? 4 teknologi kunci yg ditahan amerika disebabkan indonesia ikut proyek kfx karena amerika tdk mw berbagi teknologi militer selain sekutunya.

    • BOROONG TAWONYA,, HHIIIII….

  2. Boroong tawonnya..

  3. battle proven senjata biologi jenis serangga..!!! BOOORRROOOONNGGGG..!!!

  4. Weh weh weh secanggih apa pun pesawat tempur nya,akan tunduk pesawat itu dengan binatang termasuk oleh lebah hihihi ..

  5. si tawon mau coba terbang G force mach 2 dan afterburning

  6. Pak menhan tolong minta di TOT itu tawon

  7. ternyata gk perlu rudal mahal untuk nakutin pespur cukup tawon langsung wo….ckckck

  8. ternyata tawon bisa mengalahkan pesawat super canggih,… nah disitu kadang saya merasa sedih huuuuuu

  9. Bukannya pilot sdh pake helm full, baju khusus penerbang, sarung tangan, sepatu. Kan gak ada bagian tubuh yg terbuka yg dpt disentup/sengatan tawon?
    Apa mungkin system elektrik/komunikasi/navigasi yg rentan thdp sengatan tawon??

    • Itu pilotnya masih ada rasa kasihan walaupun itu si tawon adalah penumpang gelap tapi tetap harus dijaga keselamatannya. Itu untuk mencegah terjadinya hal-hal fatal yang mungkin akan dialami sang tawon.

    • karna anaknya tawon sms ke pilot, minta emaknya pulang jangan keganjenan disana. abah tawon marah marah di rumah buruan landing.

  10. buka saja canopy kokpit nya, biar tawon nya pergi, ……….. he he he !!!

  11. Goodbye Su 35..hiks hiks

  12. Om Diego, angkt berita Australia hina Pancasila. Naik pitam nih sm tingkah Australia..

  13. Melatih negara yang mendukung dan membuat timor timor lepas dari NKRI…otak dan cara berpikirnya dimana gitu lho??..heran..dasar negara lemah

  14. itu tawon mutant …
    tawon robot drone buat intelejen dilengkapi sumpit jarum pake racun
    jadi wajar pilot nya RTB …

    Xixixi …

  15. Aushit jadi besar kepala karena keberadaan marinir ASu dan penempatan F-22 di aushit, ……… putuskan saja hubungan diplomatik dgn negara bromocorah tsb dan perkuat pertahanan 3 matra.
    musuh dari selatan sudah terang2an, makanya beli alutsista yang gahar2, jgn pelit2, coba kalo RI punya SU-35 4 skuadron, SU-34 Full back 2 skuadron, rudal Kalibr, S-300 & S-400, KS kilo, Amur, frigate Admiral Gorshkov class, Destroyer dll, ………. niscaya aushit kagak bakalan berani macam2

  16. seekor tawon emang keren…

  17. Tawon lagi pengen latihan manuver pugachev cobra,herbs,roll bell,dll. Biar trampil saat tempur dg serangga lain. Serangga jg ikuti teknologi…hahaha

  18. Sepertinya TNI perlu pasukan khusus, yg ahli menyusup ke dlm pangkalan udara musuh, lalu mensabotase kokpit pesawat dg berbagai hewan kecil yg berbisa seperti lebah, kalajengking, semut rangrang sampai ular beludak. Pesawat siluman yg tak terdeteksir radar sekalipun, jika pilotnya geli karena ada semut di kostum tempurnya, tentu sangat mengganggu misi tempur.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)