Aug 202016
 

Kendaraan tempur infanteri Jerman “Puma”, yang dianggap sebagai salah satu kendaraan lapis baja terbaik dan terlindungi di dunia, ternyata memiliki cacat kecil tapi berpotensi meimbulkan bahaya karena rentan terhadap air hujan. Puma, merupakan kebanggaan Angkatan Bersenjata Jerman yang dirancang untuk menggantikan Marder IFV yang mulai tua.

Menurut Süddeutsche Zeitung, palka atas kendaraan – “palka dua orang di belakang kompartemen pasukan” – tidak dapat tertutup rapat, sehingga apabila terjadi hujan deras maka dapat merembes ke pertahanan IFV ini.

Rheinmetall AG, yang menangani pembuatan Puma bersama-sama dengan Krauss-Maffei Wegmann, menyatakan “dibawah kondisi penggunaan nyata telah ditemukan bahwa palka atas kendaraan tempur infanteri Puma membutuhkan perbaikan”.

Memang, perusahaan terpaksa mengembangkan perangkat isolasi baru dan mulai menginstal pada kendaraan yang rusak awal musim semi ini, menyatakan bahwa masalah telah diisolasi dan diselesaikan. Namun, masih belum jelas bagaimana cacat ini tidak terdeteksi selama pengujian dipabrik.

Perlu dicatat bahwa cacat ini ternyata ditemukan oleh Kementerian Pertahanan Jerman pada kuartal kedua 2015, dan “kasus tunggal” dari palka Puma tidak tertutup rapat pernah terjadi pada tahun 2013, menurut surat kabar.

Namun, Kementerian Pertahanan tidak pernah melampirkan kasus cacat ini dalam laporan terbarunya, dengan alasan bahwa ini hanya memiliki “dampak yang relatif rendah pada kesiapan operasional”.

“Ini masih harus dilihat apakah pasukan mekanis infanteri akan berbagi sentimen ini ketika musim gugur dan cuaca hujan datang”, menurut komentar surat kabar.

Artikel Terkait :

  20 Responses to “Aku Benci Hujan! Kendaraan Puma Militer Jerman Takut Basah”

  1. Kucing air

  2. basah

  3. masih bagus badak pt pindad

    • tergantung bung eko, klo pindad bisa menerapkan QC yang ketat, maka kesalahan seperti contoh diatas tidak akan terjadi pada produk pindad

  4. Belajar dari ksalahan….puma aja bisa kebasahan?pdhl produksi jerman asli…

  5. Ea telah ko bisa

  6. Di Negara Indonesia
    •Kalau MANUSIA Masuk Angin ea Minum Bedjooo Bintang Tuju
    Di Negara German
    •kalau IFV PUMA Masuk Air Hujan ea …. ea nggak tahu ….

    Silahkan, Silahkan, Silahkan,

  7. Marder tapi ganti senjatanya dengan oerlikon series..semburannya manteb..

  8. Hukum Ruskye: [ …Kalo sdh ada hitung2an diatas kertasnya baru boleh kita babar… ]

    ..“dampak yang relatif rendah pada kesiapan operasional”…

    istilah ‘relatif rendah’ tak dapat dipertanggung jawabkan, apa tolok ukur bagi yang relatif rendah dan yang relatif tinggi, harap lampirkan hitung2an diatas kertas..

  9. Bawa ke konter aksesoris mobil kemayoran aja beres…bisa ditungguin pulak, paling2 ganti karet pintu

  10. Bangga sama prod sendiri sih boleh2 saja.. harus malah.. cuma jgn smpe menutup mata tentang perkembangan prod luar. Udah ga beres lah kita klo bilang Badak Pindad lebih hebat dari IFV puma..

  11. kemristekdikti uji coba “kapal plat baja datar” ditangerang. ada yg tau itu kapal apah?

  12. makanya,,tukar TOT dong antara baja anti jebol kena tembak, sama TOT lem perekat anti bocor A*UA proof,,sama-sama dapat TOT kan??. hehehe

  13. Bentar lagi dibeli nih sama Indonesia, A400 bermasalah malah dibeli, meriam swagerak seken dibeli, pesawat bekas dibeli, LVTP 7 bekas dibeli, leopard bekas dibeli…miris

  14. bocor alus

  15. Gak ada gading yg tak retak.. Tp mnurut saya itu Masalah kecil.. Bs diatasi rheinmetal dgn cepat..

  16. Masih lebih tahan dan kuat marder dong bung.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)