Jul 282016
 

Banyuwangi – Puluhan alutsista militer Amerika Serikat dikirim ke pusat latihan tempur di Karangtekok, Situbondo, Rabu (27/7/2016). Kedatangan alat perang AS ini merupakan rangkaian persiapan latma Garuda Shield-10 bersama TNI di Situbondo.

Garudashield 2016

Garudashield 2016

Alutsista tersebut sebelumnya tiba di Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi, Jawa Timur Selasa (26/7/2016) malam. Perlengkapan tempur militer AS ini diangkut menggunakan kapal kargo ‘Ocean Glory’. Begitu kapal raksasa tiba, pengamanan pelabuhan langsung diperketat. Usai pemeriksaan manifest dan imigrasi, pembongkaran alat tempur langsung digelar hingga Rabu sore.

Garudashield 2016

Garudashield 2016

Pantauan di detikcom di lapangan, 22 kontainer yang diturunkan dari kapal. Seluruhnya berisi alat tempur. Diantaranya, beberapa kendaraan tempur lapis baja. Terlihat juga empat helikopter bertuliskan United States Militery. Sepintas, alat perang ini mirip jenis Apace. Usai diperiksa militer AS, seluruh peralatan itu langsung dinaikkan ke trailer.

Garudashield 2016

Garudashield 2016

Selama proses pengecekan peralatan tempur, militer AS terlihat esktra hati-hati mengawasi kondisi di pelabuhan. Tim dari Kostrad bersenjata laras panjang juga menjaga ketat areal pelabuhan di utara Pelabuhan ASDP Ketapang. Bahkan dibuat steril, hanya petugas khusus diperbolehkan masuk.

Garudashield 2016

Garudashield 2016

Kasi Lalu Lintas Laut Satuan Otoritas Pelabuhan Tanjungwangi, Subagio membenarkan kedatangan kapal tangker yang membawa alat tempur militer AS. Namun, pejabat ini tak merinci jenis alat tempur apa saja yang dibawa.

“Kami hanya berwenang memberikan izin berlabuh kapal dari AS ini. Untuk lain-lain, di luar wewenang kami,” ujarnya.

Garudashield 2016

Garudashield 2016

Kedatangan peralatan tempur militer AS ini sempat menarik perhatian warga di sekitar pelabuhan. Namun, mereka tak bisa mendekat. Latihan bersama militer AS dan TNI AD rencananya akan digelar hingga pertengahan Agustus mendatang. Ini merupakan latihan rutin setiap tahun.

Sumber : Detik.com & Defence.PK

https://web.facebook.com/JakartaGreater

  34 Responses to “Alutsista Militer AS Merapat ke Banyuwangi”

  1. Tinggalin satu…

  2. Hati hati ada kemungkinan AS ingin mengetahui kekuatan militer TNI kita,jadi tetap waspada dalam latihan gabungan ini

  3. apa jadinya misalnya ada sekenario busuk di belakang, latihan tempur bersama 3 matra sekaligus pas semua alutsista sudah di datangkan, 17 agustus mereka melakukan invansi :mrgreen: wah boleh jg nih di jadikan sekenario film bollywood

  4. Paling di tinggal semua..:.

  5. mungkin china lagi ngintip ..

  6. Ciye kota ku 😀

  7. tuh pralatan bakal ditinggalkan alias dihibahkan

  8. amerika harus hati2….jangan2 bautnya dicopotin orang sini…maklum disini banyak pedagang besi rosokan ha ha ha

  9. waow semua itu hanya untuk memburu cucak ijo banyuwangi..? ga tega aku.

  10. Diangkut dengan kapal tenker (kapal angkut minyak?). Kok gak pake kapal angkut militer? Jangan2 mo ditinggal disini…. ????

  11. lambene seng koment kbnyakan makan pisang.. Nyocot kbeh… Demi profesinalisme jngn ad pikiran busuk.. 🙁

  12. Wartawannya nggak paham alutsista.

    Dibilang mirip apache.

    Apache kan bersegi-segi dan bentuknya kaku.

    Lha helikopter ini bentuknya streamline tidak kaku.

    Helikopter yang datang ini adalah black hawk.

  13. Repoter Indo gak punyai kualitas UK juga ngak tau dimana

  14. kalo dilihat alussita black hawk helikopter dan M1126 Stryker ICV(kendaraan lapis baja pasukan infanteri)kalo kendaraan tidak salah.

    kirain latihan pasukan marinir usa, us army dengan angkatan darat(kostrad)

    diatas komen mengapa tni tidak latihan dengan amrik disana,nah jd masalah biaya siapa nanggung+ongkos tetek bengeknya,abis sudah itu tni bawah apa kesana???(anoa+heli bell sedangkan kebanyakan diamrik sudah pensiun,yg dimaksud helicopternya)dikirim helikopter hind ngk banyak kl jatuh latihan emang mau bayar itu amrik??paling penting buat amrik sekalian menawarkan tuh promosinya helikopter black hawk,lumayan untuk diakusisi 16-24 untuk mobud passusnya:)

    salam damai selalu met siang:)

  15. Latihan rutin tiap tahun.
    Amerika membawa misi perdamaian.
    Perdamaian mesti ditegakkan.
    LCS sedang memanas…
    Inget amaerika itu membawa misi Perdamaian….

  16. Monitor . . . .

  17. tahunan.
    rutin.
    kaya’ upacara benderj

  18. wish jgn salah bung, TNI kita skg jg latihan di amerika dgn mengirim kri dgn latihan memburu kapal selam.. tepatnya di hawai klu ga salah.. kapal selam changbogo jg ada di situ kok..

  19. latihan rutihan membosankan bikin cape doank sama negara arogan pengacau, pendukung teroris, pelanggar HAM kelas berat plus penjahat perang..dimana harga diri kita sebagai bangsa..?

  20. Warta bodrex
    Bukankah pesanan aks panther dari perancis kok yg bawa kapal usa

    Pesanan panther 4 sudah latihan ,2 msh di pt di sehubungan dgn tot ..sisa 5 akan di kirim thn 2017 ke pt di dulu , pesanan 2015

  21. Heli seahawk..

  22. semoga modus latihan aj datang bawa alutista pulang ditinggal ngarep.com dari pada repot2 bawa PP berat diongkos pulang pake garuda visa turis dari bali. Scenario terburuk mata2in indonesia persiapan kudeta.

  23. Waduuh latihan rutin tiap tahun, kok begitu ya, lama2 kita ikutan blok barat dong bung, kenapa kita gak sekali2 latgab dengan russia atau kuba aja ya bung…biar adil.

  24. Banyak sekali latihan di belahan selatan apa ini jawaban atas latihan china di lcs beberapa waktu lalu..??

  25. Mantablah….skalian latihan menggunakan alutsista usa, toh banyak alutsista usa yg kita pakai…hehehe

  26. Kasih latian sama hansip aja.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)