Feb 072017
 

MINSK – Belarusia berencana untuk membeli sejumlah jet tempur multiperan Sukhoi Su-30SM (Flanker C) tahun ini, kata Wakil Menteri Pertahanan Belarusia, Igor Lotenkov pada hari Sabtu. (Sputnik News)

Pada bulan November 2016, Panglima Angkatan Udara dan Pertahanan Udara Belarusia, Mayjen Oleg Dvigalyov menyatakan bahwa negara itu berencana membeli setidaknya satu skuadron jet tempur Su-30SM Rusia generasi baru pada tahun 2020.

“Pembelian pesawat Su-30SM direncanakan di tahun2017”, kata Lotenkov dalam wawancara dengan surat kabar Militer Belarusia.

Su-30SM, ditugaskan pada tahun 2013-2014, merupakan turunan dari jet berkursi ganda Su-27UB yang mampu memberikan serangan udara-ke-udara dan udara-ke-darat. Pesawat ini mampu dilengkapi dengan berbagai macam amunisi presisi-dipandu.

“Tahun lalu, lebih dari 250 jenis persenjataan dan peralatan militer baru telah dibeli untuk kebutuhan Angkatan Bersenjata Belarusia yang meliputi pesawat tempur latih Yakovlev Yak-130, helikopter transportasi dan tempur  Mi-8, sistem pemantauan radio, Multiple Launch Rocket System (MLRS) Polonaise, radar Protivnik GE, radar Vostok D, sistem rudal Tor-M2, Multiple Launch Rocket System (MLRS) Rosa-RB, Moskit P-270 dan sebagainya”, jelas Lotenkov.

Dia juga menambahkan termasuk pembelian sistem radio monitoring, mortir 2B23 NONA-M1 kaliber 120 mm, sistem pesawat nirawak dan modernisasi BTR-70MB1 yang direncanakan pada tahun 2017.

Wakil Menteri Pertahanan mencatat bahwa helikopter Mil Mi-24 dan Mil Mi-8, pesawat angkut Ilyushin Il-76 serta tank T-72 dan BMP-2 harus diperbaiki dan tank T-72BM1 akan menjalani modernisasi lebih lanjut.

Kerjasama juga diharapkan akan dilakukan dalam sektor pertahanan dan ekonomi, dalam rangka untuk mentransfer berbagai jenis peluncur roket ke chassis yang diproduksi oleh Belarusia.

JakartaGreater

Artikel Terkait :

  7 Responses to “Amankan Udara, Belarusia Beli Jet Tempur Su-30SM Tahun Ini”

  1. Sukhoi SU 30 tetap masih idaman..

  2. Pesawat SU30 versi terbaru tersedia tahun 2020 ? wouww….
    artinya pesawat lebih baik dari SU30 MKM/I kerena semi stealthkah?

    • Ini versi mirip sama dgn MKM/MKI .
      Sebelumnya belarusia masih belum punya versi ini.
      Mereka udah punya SU 27/30 versi mk .
      Rusky aja masih belum terima habis yg dibeli dari irkuts cop. 2019 baru lengkap 60 yg dibeli rusky.
      Rusky tertarik versi ini setelah mereka melihat versi MKM sukses dgn targeting pod yg dibeli Malaysia dari peranchis.
      Terus rusky membeli TOT targeting pod dari peranchis dan saat ini rusky telah merakit sendiri alatan tersebut dan dipasang utk sukhoi mereka .
      MKM dulu dibina hasil permintaan Malaysia dan berbagai alatannya dari negara nato udah sukses di intergrasi kan.
      Malah jadi ikutan buat rusky utk membelinya pada taun 2014.
      MKM Malaysia juga udah sukses ujicoba bom panduan laser paveway2 buatan Amerika yg turut digunakan f18 dan hawk Malaysia.
      Malah MKM juga dikabarkan bisa meluncurkan mica air to air yg digunakan rafale .
      Saat ini Malaysia udah punya service teknikal centre buat sukhoi mereka dan kedepan semua pengerjaan maintenance bisa dilakukan sendiri tanpa perlu dihantar ke luar negeri.
      Soal sparepart juga gak ada masalah karna MkM dibeli siap dulu komplit ama sparepart.
      Malaysia udah tau masalah yg bakalan terjadi jika membeli pespur rusky karna mereka udah merasa susah nya urusan soal mig29 dahulu.
      Ketangguhan MKM juga jadi sbb Malaysia gak perlu membeli MRCA secara cepat.
      Andai mau melengkapi rudal brahmos pun Malaysia bisa upgrade sendiri didalam negeri .
      Apa lagi MKM sama bersi ama MKI yg jadi contoh kalo Mau dilengkapi brahmos.
      Indonesia harus mencontohi Malaysia jika mau membeli pespur rusky.
      Yg penting avionicnya harus diganti standard nato agar mudah intergrasi dgn sistem pertahanan udara yg turut gunakan sistem nato.
      Hal yg bagus harus di ikuti .

  3. mantap mau beli 8 biji .eh 1 skwadron…ga pakai mikir.

  4. Ini negara sampe dunia kiamat pun tetap akan membela Rusia…sesuai dengan namanya…Belarusia. 😀

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)