Aug 012016
 

Sebuah laporan yang dirilis oleh Rand Corporation, Jumat (29/07/2016) menerangi empat skenario hipotetis untuk perang AS-China.

Menurut laporan itu, mencakup seluruh kerangka waktu 2015-2025, sebagai peningkatan kemampuan militer China, AS tidak bisa lagi memastikan perang akan berkembang seperti yang diharapkan, juga tidak bisa mencapai kemenangan telak setelah perang pecah dengan China. Semakin dekat ke 2025, AS akan mengalami lebih banyak kesulitan untuk mengalahkan China, tapi bukan berarti China akan berhasil.

Laporan tersebut menyatakan bahwa tidak peduli apapun jenis perangnya, Cina akan menderita kerugian lebih berat dari AS, tidak hanya militer, tetapi juga ekonomi dan politik.

Misalnya, jika AS menderita penurunan 5% sampai 10% PDB, namun Cina akan menderita 25% sampai 35% persen. Perang akan menyebabkan pertengkaran intensif para partisan di AS, tetapi China akan terganggu oleh kekacauan dan perpecahan etnis. Laporan ini juga percaya bahwa jika perang meletus pada tahun 2015, Amerika Serikat akan kehilangan pasukan permukaan laut dan udara, kapal induk, dan pangkalan udara regional secara signifikan, namun kerugian Cina akan jauh lebih besar.

Rand merupakan “think-tank” berpengaruh yang memiliki hubungan dekat dengan kalangan politik dan militer AS dan penelitiannya pada politik Cina dan militer menerima perhatian luas dari AS dan Barat. Jelas, lembaga-lembaga tertentu di China dan Amerika Serikat sedang mempelajari skenario terburuk dari konflik militer. Menjaga studi rahasia perbedaan besar dari publiknya. Laporan seperti itu, jika dipublikasikan, akan meracuni suasana dan cara kedua masyarakat melihat satu sama lain dan pasti menimbulkan pengaruh negatif.

Rilis sering laporan tersebut menunjukkan pola pikir ceroboh AS yang memprovokasi China tidak serius.

Kekuatan militer dan ekonomi China masih lemah dibandingkan dengan AS. Cina tahu jelas bahwa China mungkin akan menderita kerugian lebih dari AS apabila perang pecah, tapi pemikiran kita pada perang China-AS jauh lebih dari ini.

China tidak ingin perang, terutama perang dengan Amerika Serikat pada khususnya. Satu-satunya skenario perang China-AS yang mungkin adalah adalah bahwa AS menyudutkan China dengan provokasi yang tidak dapat diterima dan China harus melawan balik.

Kami akan sangat berhati-hati untuk perang, tetapi jika perang dipicu, kami akan memiliki tekad lebih besar dari AS untuk melawannya sampai akhir dan kami bisa menanggung kerugian lebih dari kemampuan AS.

Rand mengklaim bahwa konflik panjang bisa mengekspos resesi ekonomi China, turbulensi, dan bahkan perpecahan internal. Tapi menurut kami, AS akan menderita gangguan lebih cepat dari perang tersebut.

Dekatnya posisi AS hanya bisa mencegah serangan dengan kondisi daratan China tidak diserang. Sengketa di kepulauan Pasifik Barat tidak mungkin memicu terjadinya perang.

Risiko terbesar negara-negara seperti Jepang dan Filipina akan terlibat dalam perang datang dari aliansi mereka dengan Amerika Serikat, yang akan mengikat mereka sebagai kendaraan AS.

Laporan Rand menunjukkan betapa pentingnya bagi Cina untuk lebih meningkatkan kekuatan militernya. China harus terus membangun kemampuan penangkalan terhadap dekatnya posisi AS.

Sumber: Global Times

  35 Responses to “Amerika Serikat Akan Menderita Jika Perang Dengan China”

  1. asu akan tinggal digubug derita bersama carin kalau nekat, kata boboho

    😀

  2. Cina harusnya tidak arogan dengan mengklaim sebagian besar lcs. Harusnya bersyukur sdh memiliki wilayah china daratan yang begitu luas. Jika terjadi perang china akan jadi bulan2 an USA dan sekutunya bahkan bisa jadi seperti kambing guling.

  3. amerika masuk ICU china pecah jadi negara negara bagian dan terhapus dari peta dunia…

  4. yg satu rudalnya besar tapi lemes yang satu kecil dan lemes indonesia stroong

  5. Perange ki kpan ???….podo ra wani ne…

    Mngkin krn china tdk pny sumber daya alam yg d incar…
    Jd agak setengah hati USA mengincar china…alsasan yg mngkin hny unt menguasai ekonomi dunia yg d miliki china…

    Beda hal jk d timur tengah…USA CS akn segera menguasainy dng dalih appun..

    Modal perang tdk sedikit…hrs bs balik modal jg…he he he he

  6. Pecah dari dalam aja,suplai senjata ke pembrontak tibet dan muslim uighur…

  7. yang berani menentang china kok hanya amerika yah..

  8. biar pada perang semua..kita tinggal nonton saja…Bandit vs Perompak…kalo bisa Malon didaftarkan juga….dia suka Maleng..

  9. Percaya lah tak akan terjadi perang terbuka tapi perang ekonomi dan cyber sudah jalan beberapa tahun ini, insiden yang melibatkan China pasti akan diredam oleh banyak negara karena China adalah pasar ekonomi tunggal terbesar

  10. Sotoy ah.. yg bener itu cina byk di hayam wuruk kota….

  11. Amerika sudah biasa menderita ,, patriotik mereka dan mental usa sudah teruji
    Kalau cina adalah bangsa yg lemah
    Dan sudah seharusnya pbb nato dan dunia mengutuk klaim cina karna itu berbahaya untuk perdamaian dunia
    Kedepan negara besar akan semena dgn negara kecil
    Indonesia kali ini atas nama hukum dan perdamaian harus berperang melawan cina
    Saya sekarang setuju sama mbah bowo, indonesia harus gabung masuk blok barat NATO..dgn prinsip perdamaian
    Sebelum negara babar india rusia cina makin gila ,mungkin menghancurkan cina mengurangi beban bumi

    Bersama usa , nkri jaya

    • yg anda lihat itu orang2 keturunan saja yg jumlahnya sedikit di indo… coba anda lihat ke negara lain bagaimana orang chinese itu hidup & bs sukses.. apa itu yg disebut lemah..? yg lemah itu justru orang2 barat yg selalu mengandalkan support dr negara… anda bilang india,russia,china & negara2 paham komunis lainnya itu negara barbar… jd yg bukan negara barbar itu negara U.S & nato… lalu anda bilang bersama U.S nkri jaya… ha..ha.. anda itu benar2 sempit pemikirannya sperti katak dlam tempurung anda… malah bersama U.S nkri bakal acak2an.. kalo anda tdak percaya silahkan aja anda buktikan sendiri… penyesalan selalu datang belakangan & jngan smpai menyesal dikemudian hari cuma karena brain washing dr negara nato…

  12. Sudah, cepetan perang sono!

    Ane mau lihat siapa yg lbh jago, asu kah atau si panda?

  13. Gw mau liat brani gak si amiriki nge lawan chinak, kek dia brani ngelawan irak, afgan, dll.

  14. kita musti syukuran jika sesama cecunguk perang

  15. AYO TUNJUKAN TARING DAN CAKAR NAGAMU BRO JIMPING JANGAN SEKEDAR MERAUNG, HANGUSKAN AS AGAR ASIA TENTRAM TANPA GANGGUAN BARAT,, KAMI YAKIN CAKARMU MASIH TAJAM DAN SI BERUANG SIAP MEMBANTU DI BELAKANGMU….

    • Jika rusia terlibat di lcs ,, rusia akan hancur bung
      Dalam perang cina cuma menang di slogan
      Saya lebih senang cina hancur jd 1,6 milyar penduduk berkurang belum lagi etnis cina yg berada di usa dan eropa
      Bangsa cina tak pernah bisa klop dgn negara di dunia
      Jika perang pecah , indonesia harus ikut menghancurkan cina karena biadabnya bangsa cina dalam menindas org yg beragama di negaranya

      • eh bung jangan sok tahu yach jadi orang… siapa yang bilang di tiongkok itu ada penindasan beragama.. emangnya ente pernah pergi ke tiongkok blom..? tiongkok walaupum komunis itu punya agama & bebas beragama apapun.. gereja2 kristen & katolik disana besar2 & bagus2 semua.. kalo saya tanya kembali ke anda.. umpanya kalo indo dihancurkan
        sma aussie & malay.. anda terima ato tdak..?berarti pikiran anda itu picik & dengki lihat negara lain & penduduknya hebat2 & pd maju semua… siapa juga yg bilang kalo bangsa china itu tdak bs klop dengan bangsa lain..? makanya anda pergi ke negara lain bung.. biar mata anda lihat sendiri bagaimana orang2 china itu diterima & dihargai di negara lain… ingat bung ekonomi amerika itu dikuasain & di pegang oleh orang2 jewish & china… rata2 yg jd pedagang di amerika itu orang2 jewish & china…

  16. Ga bakalan ada perang!!,,

  17. Lebih baik jgn perang…di masa damai saja rakyat NKRI belum makmur seluruhnya,apalagi bila pecah perang besar,imbasnya pasti sanggup mengguncang Indonesia…apapun dalihnya,damai itu jauh lbh indah drpd perang

  18. kalau china dan amrik perang,wah bakalan byk pengangguran bertambah di indonesia,serta eksport yg menurun,bahan import melambung naik..bisa gawat ekonomi kita,tujuan eksport kita terbesar adalah amrik dan china.

  19. Kalau bisa sih dua duanya sama2 kalah aja… jika Indonesia berhasil menjauh dari perang, dan memanfaatkan kerugian AS dan Cina untuk meningkatkan industri dalam negri, mengembangkan SDA dan SDM dengan bijak, dan menguasai seluruh potensi pasar Indonesia, maka hegemoni pada zaman majapahit dan sriwijaya akan kembali pada kita, selanjutnya kita tinggal investasi di berbagai perusahaan besar dunia dan meningkatkan infrastruktur di daerah seluruh Indonesia.
    Saya sih pro-NKRI aja. biar sana negara lain pada ribut sendiri, kita ngurus aja urusan sendiri dan menguatkan militer kita, supaya nggak ada yang berani nyerang dengan resiko, secara kita kan nonblok, jadi yg nyerang ya rugi sendiri karena kita justru bergabung dgn musuh yg nyerang… hehe… sejujurnya, posisi kita yang non-blok benar2 strategis lho ^^
    NKRI JAYA
    #maafOOT
    #hanyaimpianseoranggenerasipenerusyangyakinbahwahaltadibisamenjadikenyataan

    • Jika ingin maju harus berani ambil resiko
      Jangan sembunyi karna non blok
      Non blok di pakai bung karno untuk meredam blok barat dan timur
      Tapi semasa orde baru negara2 nonblok sudah lemah ini terbukti lepasnya timur leste tanpa ada dukungan negara nonblok

      Nonblok ada corong poros kekuatan baru untuk mengimbangi blok lain
      Jadi jgn ente artikan nonblok itu tutup mata dgn keadaan dunia justru sebaliknya berperan aktif menciptakan damai
      Kalau cina tak bisa di nasehati jgn ganggu lcs ,, apa salah menggunakan militer
      Tni harus membangun kekuatan dan pertahanan dgn negara kawasan vietnam jepang ausit usa taiwan india dll untuk menjaga perdamaian di asia tenggara ..klu cina bikin rusuh ya harus di sikat

  20. Jempol 5 buat cina penguasa ekonomi, baik di desa maupun kota pulau negara dllll mantap china

  21. Amerika itu ngerti apa itu nuklir
    Dalam perang semua di hitung btermasuk menggunakan icbm dan rudal lainya

    Banyaknya base militer usa membuktikan kuatnya pertahanan mereka
    Ngak ada satu pun nuklir cina yg akan sampai di benua amerika
    Dan cina tak akan berani meluncurkan nuklir ke amerika itu sama dgn mengundang nuklir nato menghabisi 1,6 milyar penduduk cina

    • ohhh maaf america nuklirnya sdh di atas langit… juga laser weaponnya…
      base di darat sudah ketinggalan jaman….
      silahkan luncurkan misile nuklir…..tak bakalan sampai ke daratan…
      tian jin adalah pelajaran buat china…yg memainkan mata uang nya..

    • comment bung waduh nga masuk akal.. emangnya anda WN U.S..? lebih tahu anda dibanding sya yg sdah permanent jd WN U.S… ICBM U.S itu pd usang2 semua bung.. terakhir dibuat itu tahun 1985 smpai saat ini blom ada pembaruan & pembuatan ICBM lg.. bung waduh saya ini berkerja di US army yach.. sya juga orang keturunan.. tiongkok itu salah satu DK tetap PBB… U.S aja masih pikir2 head to head dngan tiongkok..

  22. Aksi tarik investasi barat di china akan semakin meningkat..saham saham bakal anjlok, market produk china akan anjlog drastis, cadangan emas china akan tergerogoti..PDB terjun bebas..domino efek ekonomi akan diderita chino..kembali ke jaman rezim mausetung yang kejam..

    Ekonomi yang sulit bukan tidak mungkin membuat china swmakin beringas..”kalo saya hancur negara sekitar plus amerika plus barat hancur”

    Begitulah ramalan sego jagung..boleh kan ??

    • justru salah bung… yg tarik investasi itu negara tiongkok bukannya negara barat… negara barat saat ini tdak punya uangnya… siap2 aja U.S collapse kalo ditarik hutang2nya sama tiongkok.. bisa
      1/2 negara U.S itu milik tiongkok karena saking bnyaknya hutang U.S ke tiongkok…

  23. semua akan menderita jika perang.

  24. Hubungane dengan alutsista apa JKG ?

 Leave a Reply