Mar 072017
 

Awak pemeliharaan dan tank AS dari Batalyon ke-1 Resimen Lapis Baja ke-66, telah mengupgrade tank tempur utama M1A2 Abrams SEP V2 dengan ARAT (Abrams Reactive Armour Tile) terbaru untuk meningkatkan kemampuan bertahan secara signifikan.

Kapten James England, Komandan Kompi B, Batalyon ke-1 Resimen Lapis Baja ke-66, berdiri di depan sebuah MBT M1A2 Abrams SEP V2 yang telah terinstal dengan ARAT terbaru. (© US MoD)

Kru, yang merupakan bagian dari Tim Tempur Brigade Lapis Baja ke-3, Divisi Infanteri ke-4, sebagai kekuatan rotasi ABCT awal dalam mendukung Atlantic Resolve, mulai menginstal sistem ARAT pada 28 Februari pada bagian lambung dan menara dari MBT M1A2 Abrams SEP V2.

Baja reaktif adalah pelindung kendaraan lapis baja yang bereaksi terhadap segala macam serangan untuk mengurangi kerusakan pada kendaraan yang dilindungi. Unsur pelindung ledakan reaktif terdiri dari lembaran atau lempengan berdaya ledak tinggi yang diapit oleh dua piring, biasanya terbuat dari logam, disebut juga elemen reaktif atau dinamis.

Saat menerima hantaman senjata maka akan memicu bahan peledak, dan mendorong secara paksa pelat logam untuk merusak penusuk. Pelindung jenis ini paling efektif dalam memberi perlindungan terhadap serangan yang secara khusus memiliki dorongan penembus energi kinetik.

“ARAT akan menambahkan lapisan perlindungan tambahan kepada tank dan awaknya”, kata Sertu Ryan Dilling, Bintara senior Kompi B, unit pertama yang memasang ARAT. “Mereka ditempatkan di kedua sisi lambung dan menara. ARAT mencegah penetrasi berbagai sistem senjata, seperti RPG (granat roket)”.

Awak pemeliharaan Batalyon ke-1 Resimen Lapis Baja ke-66 sedang memasang ARAT pada lambung MBT M1A2 SEP V2. (© US MoD)

Penambahan ARAT kepada tank M1A2 Abrams Batalyon ke-1 Resimen Lapis Baja ke-66 adalah hasil kerjasama denganTank Automotive and Armaments Command (TACOM), kata Mayor David Campbell, perwira operasional batalion.

Kapten James England, Komandan Kompi B, mengatakan bahwa ARAT menambah perlindungan dan tidak menghambat kecepatan tank.

“ARAT sepertinya adalah paket yang baik. Dalam lingkungan operasi kami saat ini, kita harus memiliki ARAT untuk menghadapi ancaman jarak dekat, kita harus mampu mempertahankan mobilitas”.

Army Recognition

Artikel Terkait :

  47 Responses to “Amerika Serikat Upgrade M1A2 Abrams dengan Pelindung Baru”

  1. Tanknya dipasangi susuk biar sakti

  2. Beratnya jd berapa ton tuh.?

  3. PERTAMAX SPEED RACING

  4. .
    Lawan Armata Russia masih aja tetap keox karna ini Upgred klo Armata Dari NOL di bangun ulang ,
    Dengan fitur n teknologi Yg wahhh

    Cukup Pertamini dulu saat ini ,
    Mungkin AKAN Pertamax Pada Saatnya Nanti Huhuhihuhu

  5. selamat siang ..

  6. lagi musim upgrade sekarang 😀

  7. T14 armata lahir nyaris tanpa tanding, sayangnya blm battle proven, tp jika head to head saat ini yakinlah armata tak kan mundur versus abrams…

    • hati-hati bung @edodol, AS gak bakal turunkan Abrams sebiji 😀 pasti main keroyokan dan sebelum itu tentu AS luncurin Tomahawknya dulu 😀 heheheh

      • Soal menembak rudal terlebih dahulu memang ini tupoksinya perang modern. Russia juga melakukan hal yg sama menambakan rudal kalibr ke suriah dari kapal / kaselnya.

      • Klo pake gerombolan ama tomahawk ya armata pilih mundur teratur aja, bkn krn nyerah atau mengalah tp kepututsan yg pintar…klo duel 1 tank versus gerombolan nti armata berubah nama menjadi airmata alias sedih krn kalah di keroyok…xixixix

  8. Ini lawannya Tiger tank2 gede

  9. SemuA itu tergantung kena tembak dro mana.kl km dri blkng gmn?

  10. Ternyata pake ARAT toh,tak kirain td pelindungnya pake SATRIA BAJA HITAM….Muehehehe

  11. lalu upgrade M1A2 sep v3 gimana? perlindungan aktif aps nya mana?

    • masih ada ARAT1, ARAT2, ARAT3 dan seterusnya bung 😀

      • tempelan2 itu apa bedanya dengan eranya rusky

        • secara teknis fungsi sih sepertinya “SAMA” cuma beda istilah aja… (lihat penjelasan rinci bung @B. Stepanus)

          Abrams Reactive Armour Tile (ARAT)
          Explosive Reactive Armour (ERA)

          tapi mana yang ORI dan mana yang KW ya?
          heheheh

  12. Tidak semua tank harus di beri perlindungan APS.
    tergantung scenario. Perang perkotaan yang belakangan sering di lakoni AS memfokuskan abram sebagai unit perisai dan bantuan tembakan. artinya abram harus selalu bergerak sangat dekat dengan unit infantry guna memudahkan infantry menetralisir ancaman dan mengamankan parameter. apa jadi nya kalau unit infantri yang sedang bergerak di dekat tank abram yang di beri perlindungan APS di tembak oleh RPG, sangat besar kemungkinan tubuh mereka akan menjadi seperti soto babat. karena APS melumpuhkan projektil yang datang mendekat dengan cara menembakkan bola-bola logam kecil untuk mengoyak,menabrak, menghancurkan projektil yang datang mendekat.
    mekanismenya begini, APS bereaksi terhadap tekanan projektil, sytem APS bekerja seperti radar. system mendeteksi adanya tekanan kuat yang mendekat ke tubuh tank lalu mengkalkulasinya. tiap-tiap APS mempunyai toleransi jarak aman sebelum mengenai kulit tank. Umumnya 3 M. itulah mengapa plat DU lebih sering di pakai dalam operasi perang kota mereka. karena lebih aman bagi pergerakan untuk infantry yang mengiringinya. lain cerita seperti pergerakan Tank leopard Turki yang di hantam rudal TOW ISIS . karena selain tidak di lengkapi oleh APS dan tidak di iringi unit mekanis (IFV) di lapangan terbuka. di mana tidak banyak bangunan yang merintangi kebebasan cable fiber rudal TOW saat akan menghantam leopard tersebut.
    itu saja,

    • emang gak boleh ada infantri dekat2 seperti penjelasan bung
      cuma aps utk m1a2 sep v3 kok belum muncul2 padahal proyeknya udah lama

      bukannya tank yg punya perlindungan aktif juga utk perang kota ya bung mengingat suksesnya israel dgn merkava ber aps trophy tolak bala hulu ledak tandem rpg-29 di gaza tahun 2014?

      sekedar info rpg 29 pernah menembus sisi kubah abram membunuh 2 kru di irak tahun 2007

      dan juga plat DU pada modul armor chobham abram bukannya sudah installan dari pabrik khusus abram amrik ya bung? ga bisa bongkar pasang seperti modul TUSK

      mohon pencerahan

    • horee..@B.Stepanus hadir lg, kapan bikin artikelx lagi. mau nanya bung..kl ada penambahan perlindungan APS kira2 beratx nambah berapa ton

    • selain APS, prajurit infanteri jg ndak bisa dkt2 tank yg pake mesin turbin, panasnya bisa bikin mereka mateng bung
      he…he….he…

      • Yah sambil ngikutin tank, mereka bawa daging yg sudah ditusuk garpu dan ditempelkan ke mesin turbin itu, biar matang dagingnya.

  13. kalo diliat kayak nya nambah lagi berat nya tuh si tank…

  14. Tank LeopardA2 & LeopardRI Indonesia pake reaktif armour jg gak ya? Bagaimana dgn APS pake jg gak?

  15. Mau pake pelindung sama gak pake di kencingi rame2 juga berkarat ni tank, 😛

  16. Penasaran nih sama Abrams M1A3, ada yg tau perkembangannya? Kira2 apa bisa ya sekuat T14 punya putin?

    • kalau saya nunggu perkembangan mungkin ada yg ngoprek leo 2 dgn modul kubah tanpa awak seperti challengernya jordan dgn kubah falcon atau seperti armata

  17. @anu
    1. Amerika punya banyak sistem APS
    tetapi yang paling umum di gunakan pada bradley,stryker,humvee, MRAV dan abram adalah ARTIS’S IRON CURTAIN SYSTEM.

    2.Plat DU bisa di bongkar pasang. karakteristek yang sama dengan ARAT yg baru di rilis ini. bedanya yang ini bukan menunggu projektil datang dan menghantamnya. seperti penjelasannya, Plat ARAT lebih mirip “lempengan plat yang bertugas menghantam projektil dengan jarak yang sangat dekat (mekanismenya adalah memicu pegas yang terhubung pada bagian dalam plat untuk menolak plat keluar menghantam projektil dengan jarak beberapa puluh CM)”
    3. Tetap pembahasan yang sama, tidak semua tank israel di lengkapi APS. ajang pembuktian trophy sebenarnya terjadi di dataran tinggi golan. serangan dadakan terhadap posisi tank yang berada di bawah gagal di antisipasi. rocket di tembakkan dari posisi yang lebih tinghi dan tersembunyi. mereka jadi bulan-bulanan konkurt dan berbagai ATGM buatan russia lainnya. beberapa markava rusak parah dan hancur serta komandan regunya tewas. meyadari sistem ini masih memerlukan awak tank untuk mengaktifkan Sistimnya mereka datang kembali dengan brigade lapis baja 401 markava 4 yang di lengkapi APS trofhy yang bersifat lebih reaktif tanpa memerlukan campur tangan awak tank.
    Sedangkan yang terjadi di gaza adalah pergerakan unit tank sebagai pemukul. artinya infantry tidak memikul tugas utama, semua di serahkan ke pada tank. jadi mereka bukan mengiringi tetapi mengikuti dari belakang sambil menetralkan sisa-sisa perlawan.

    4. Tank Abram irak adalah produk pabrik. minus berbagai technology penyesuaian seperti yang di miliki marinir amerika. tidak punya DU, sistem situational awarenees manual (priskop), dan banyak kekurangan lainnya. jadi wajar bila mudah di hancurkan. apalagi irak baru saja memakai tank ini, kekurangan dan kelebihannya belum sepenuhnya di fahami awak tank, belum lagi taktik yang mereka gunakan.
    membiarkan Tank berada sendirian di area terbuka tanpa adanya unit infantry atau mekanis mendampingi/convoy adalah tindakan bodoh yang dapat memancing musuh untuk melakukan tindakan hit and run yang dapat membahayakan tank dan awaknya.

    itu saja,

  18. http://artisllc.com/customers/

    USMC pengguna Tank abram tercatat sebagai pengguna IRON CURTAIN

  19. Kontakt End Prior Abrams Reactive Armour Tile = K E P A R A T

  20. ngekor pakai batu bata ala tank Ruskidi

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)