Aug 092016
 

ghurkas-nato-exercise

Kawan acapkali warjager mendengar tentang fakta bahwa Amerika Serikat menghabiskan lebih banyak anggaran pertahanan dibandingkan negara lain”. Bahkan,10 negara yang ada di bawahnya jika digabungkan, anggaran militer Amerika masih lebih tinggi. Demikian juga posisi anggaran militer NKRI bila dibandingkan dengan anggaran militer Cina, anggaran militer gabungan FPDA dan inggris, bahkan usa sekalipun. Cara berpikir dan semangat melawan ala Russia ini bisa dijadikan pelajaran berharga.

Besarnya anggaran militer Amerika yg lebih dari 600miliar $ kerap dijadikan dasar untuk menyebut militer Amerika Serikat secara otomatis juga menjadi terkuat di dunia. Negara ini akan menjadi pemenang jika berperang di manapun di planet ini. Mari kita berpikir benarkah demikian?

Menarik menyimak kritikan tajam seorang Dimitry Orlov yang lahir di Leningrad dan berimigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1970-an. Dia adalah penulis buku Reinventing Collapse, Hold Your Applause! and Absolutely Positive, dan memiliki blog terkenal www.ClubOrlov.com .

“Jika kita melihat bahwa pertahanan AS benar-benar menghabiskan uang banyak dan melihat kemampuan militer AS, gambaran yang muncul sepenuhnya berbeda,” katanya dalam tulisan yang ditayangkan Global Research minggu 20 Maret 2016.

Untuk menilai kekuatan militer, hanya berdasarkan dari pengeluaran militer, maka seperti bertaruh pada pacuan kuda dengan hanya melihat apa yang dimakan kuda itu. Tentu, kuda harus makan, tapi kuda yang memakan sepuluh kali lebih banyak dari semua kuda lain, bukankah mungkin tidak akan keluar sebagai pemenang karena ada sesuatu yang tidak beres dengan itu.

Kemudian yang juga harus dipertimbangkan, bahwa setiap dolar yang dihabiskan untuk militer Amerika Serikat, tidak sebanding dengan rubel atau yuan yang dihabiskan oleh Rusia dan China. Kususnya dalam bagaimana uang itu digunakan tentu sangat berbeda.

Juga, jangan kehilangan jejak kenyataan bahwa militer AS memiliki tujuan yang berbeda dibandingkan militer negara lain. Tujuan utama militer AS adalah untuk ofensif, bukan defensif. Amerika berusaha untuk membangun dominasi dan menundukkan seluruh planet. Sementara negara lain hanya mencoba untuk mempertahankan wilayah mereka, meski beberapa negara lain mencoba untuk menggagalkan ambisi militer Amerika Serikat dalam menundukkan seluruh planet ini.

Secara umum, jika tujuannya adalah itu, maka tidak peduli berapa uang yang terbuang tetap akan dilakukan untuk mencapainya. Lebih kusus, itu bisa diartikan akan jauh lebih murah untuk memecahkan sesuatu dari pada membuat sesuatu, dan militer AS, tidak peduli berapa pun banyak uang yang dihabiskan, masih dianggap murah.

Sebagai misal, biaya untuk membangun kapal induk Kelas Nimitz mencapai sekitar US$ 5 miliar, sementara rudal Kalibr Rusia yang dapat diluncurkan dari sebuah ‘kapal nelayan’ dari jarak 2500 km jauhnya dan menghancurkan kapal induk itu hanya seharga masing-masing US$1,2 juta. Dengan itung-itungan seperti ini, tentu Rusia bisa menghancurkan seluruh kapal induk tanpa melebihi anggaran pelatihan militer mereka selama satu tahun.

Hal yang tidak kalah penting adalah adanya kenyataan bahwa Amerika kerap menghabiskan uang mereka untuk sesuatu, yang tidak dalam upaya mencapai tujuan sebenarnya. Begitu banyak proyek militer yang berakhir menjadi limbah, proyek kesombongan dan teknologi mahal.

Mari kita lihat beberapa di antaranya:

*Amerika menghabiskan uang di ratusan pangkalan militer mereka di seluruh dunia. Apa tujuan mereka membangun begitu banyak pangkalan? Apa yang mereka capai dari kehadiran di seluruh dunia tersebut? bukankah tidak ada yang tahu. Dan ini semua sebagai bagian dari kegiatan militer Amerika Serikat untuk menilai dan menanggapi sesuatu yg mereka sebut “ancaman,” yang kebanyakan ada pada tataran teori saja. Kegiatan ini lebih didorong karena pikiran irasional yang sebagian hanya membuang-buang sumber daya.

*Amerika menghabiskan begitu banyak uang untuk kelompok tempur kapal induk yang begitu banyak. Tentu kelompok tempur kapal induk ini sangat berguna untuk melancarkan serangan terhadap negar-negara yang tidak berdaya. Tetapi sangat penting pula untuk menjaga kelompok tempur kapal induk ini ketika masuk zona perang yang melibatkan China, Rusia, Iran, atau mungkin negara lain yg punya AA/AD kuat. Negara-negara ini memiliki cara yang murah untuk menghancurkan sebuah kapal induk, semisal dengan: rudal balistik, rudal jelajah supersonik dan torpedo supersonik. Seluruh armada kapal induk adalah menjadi usang, dan membuang-buang uang.

*Amerika menghabiskan banyak uang untuk sistem tempur terpadu Angkatan Laut yang dikenal sebagai sistem Aegis, yang dianggap sebagai state-of-the-art dan telah diinstal pada sejumlah kapal penjelajah dan kapal perusak. Hanya, ada satu masalah; teknologi ini begitu sepele untuk dilawan. Rusia telah menunjukkan bagaimana sebuah pesawat tua Su-24 dengan sistem penanggulangan yang disebut sebagai Khibiny berhasil menindas sistem Aegis ketika beberapa waktu lalu terbang rendah di atas kapal Amerika.

*Pentagon menghabiskan begitu banyak uang pada program pembangunan yang akhirnya hanya menjadi bencana. Sebuah contoh adalah Ronald Reagan Strategic Defense Initiative, alias “Star Wars” yang tidak pernah menghasilkan sesuatu yang secara strategis berguna. Contoh lain yang baik adalah F-35 Joint Strike Fighter, yang biaya pengembangannya telah menghabiskan lebih dari satu triliun dolar. Pesawat ini seharusnya berguna untuk berbagai misi yang berbeda, tetapi ternyata justru tidak ada satu misi yang efektif yang bisa dilakukan F35.

Banyak contoh yang jika disebutkan akan begitu panjang. Tetapi contoh-contoh ini menunjukkan prinsip dasar bahwa menghabiskan uang banyak untuk hal-hal yang akhirnya tidak bekerja tidak akan membuat kekuatan militer AS menjadi kuat.

Berikutnya, mari kita lihat bagaimana cara Amerika menghabiskan uang pertahanan. Pentagon menghabiskan uang dengan membayar kontraktor militer, yang mereka adalah perusahaan-perusahaan yang jelas ingin mencari keuntungan. Kontraktor pertahanan tidak akan tertarik untuk menilai bagaimana penggunaan anggaran secara tepat tetapi lebih tertarik bagaimana mereka menghasilkan keuntungan bagi pemegang saham mereka.

Oleh karena itu, ada benarnya untuk menulis bahwa sepertiga dari semua belanja pertahanan telah menjadi keuntungan bagi perusahaan kontraktor2 pertahanan mereka artinya tidak terkait dengan militer.

Juga, perlu diingat bahwa banyak dari uang itu yang kemudian dicuri alias dikorupsi. Pentagon belum diaudit dalam beberapa dekade, dan belum ditemukan miliaran dolar yang menguap. Banyak pengeluaran yang berhubungan dengan pertahanan didaur ulang menggunakan berbagai skema, untuk kemudian menjadi sumbangan kampanye untuk anggota Kongres AS, yang balasan anggota konggres kemudian mendukung belanja pertahanan meningkat.

Ada juga skema, dimana kontraktor pertahanan membayar biaya konsultasi selangit kepada petugas pensiun, yang sebenarnya ini merupakan kompensasi yang ditangguhkan karena ketika pejabat itu masih aktif telah memberikan banyak proyek untuk kontraktor pertahanan sepanjang karier mereka, dan akhirnya dibayar setelah mereka pensiun. Banyak skema lain hingga kemudian semakin merongrong kekuatan militer Amerika untuk bisa mencapai pada tingkat yang diharapkan.

Parahnya lagi pengembangan kekuatan ahli juga kedodoran karena mungkin anggarannya justru sangat sedikit. Bisa dilihat generasi AS sekarang telah tertinggal di belakang dalam hal ilmu pengetahuan dan matematika dibanding negara lain. Ada beberapa universitas dan lembaga di AS yang sangat baik yang meluluskan spesialis teknis hebat, tetapi yang diluluskan sebagian besar justru orang asing. Di tingkat pascasarjana dalam ilmu dan rekayasa, warga AS adalah minoritas kecil.

Dan muncul praktik umum di Amerika untuk menyewa spesialis kelahiran asing. Tapi pertahanan khusus: memerlukan bakat asli, atau kesetiaan, dan semangat untuk melakukan pekerjaan yang unggul, tidak ada dalam generasi AS.

Dan itulah apa yang kita lihat: urutan panjang bencana militer sejati. AS telah terlibat dalam serangkaian panjang kampanye militer terhadap lawan sangat lemah, di mana AS telah membuktikan diri mampu menghancurkan, tetapi dengan efek kerusakan yang lebih mengejutkan seperti munculnya ISIS, negara gagal dan sebagainya.

Tujuan akhir dari semua misi militer adalah menghentikan permusuhan dan mencapai kondisi yang lebih baik. Jika tujuan ini tidak dapat dicapai, maka misi militer bisa dikatakan buruk, gagal atau bahkan tidak berguna. Apakah militer AS telah mampu melakukan ini di salah satu negara di mana ia melakukan intervensi militer-Afghanistan, Irak, Libya, Yaman, Suriah, Ukraina? Tidak, tentu tidak.

Beberapa orang mungkin menganggap kritik dan saran ini sebagai sikap tidak patriotik karena kita semua harus mendukung pasukan kita. Yakinlah, ini tidak ada hubungannya dengan pasukan kita. Mereka tidak bisa membuat keputusan tentang pengadaan, dan mereka tidak bisa memilih misi. Tetapi jika Anda ingin menjadi seorang patriot, maka Anda juga dapat melayani dan melindungi rakyat dan pasukan, khususnya (karena, jangan Anda lupa, mereka adalah manusia juga) dengan membawa mereka pulang ke ibu pertiwi dan memberi mereka pekerjaan sipil untuk melakukan sesuatu yang berguna, atau setidaknya sesuatu yang tidak berbahaya bagi dunia pada umumnya atau keuangan, lingkungan, kesehatan, reputasi atau keamanan negara,

“Demikian kata2, Dmitry Orlov di akhir tulisannya”.

Theyownitall

Artikel Terkait :

  117 Responses to “Anggaran Militer Terbesar # Militer Terkuat”

  1. Besar blm tentu kuat..

      • Bung Karno membangun militer Indonesia yang kuat karena memang sesuai kebutuhan bahwa Indonesia harus dilindungi militer yang – tidak hanya cukup kuat – tapi harus sangat kuat.
        Dan Presiden Pertama ingin menanamkan (terutama kepada presiden berikutnya) bahwa kekuatan militer Indonesia ya memang harus begitu kuatnya.
        Presiden berikutnya, mungkin, tidak sejalan dengan pemikiran beliau. Buktinya kemudian berbagai alutsista peninggalan jaman Bung Karno mulai dikandangkan terlalu cepat (jangan² karena adanya tekanan asing, dan tunduk saja). Dan alutsista tidak mendapatkan penggantian yang semestinya. Jika pun orientasi pembelian beralih ke produk Barat, mestinya yang dibeli adalah yang terbaik dalam jumlah yang memadai. Kenyataannya tidak. Pembelian hanya dalam jumlah sekedarnya, dan dari spek yang seadanya. Maka kemudian kekuatan alutsista merosot di jaman orba.
        Lambat-laun tertanam dlm benak orang² bahwa kebutuhan ‘ meliter kita memang hanya ‘segini. Hal itu karena puluhan tahun orang terbiasa dengar kabar TNI dibelikan ini, dibelikan itu, dalam jumlah (hanya) segini.
        Maka.. ketika sekarang hanya dengar rencana pembelian Su-35 sejumlah 8 ekor pun banyak yang senyum² senang. Padahal yang diperlukan 4 skuadron SU-35 dan 1 skuadron Su-34!

      • Untuk meningkatkan kemampuan maritim gue lebih suka pesawat amphibi anti kapal selam: stand by dimanapun, menyerang kemanapun, tak peduli jika harus mendarat ditengah laut sekalipun

    • mengagumkan analisa yg hebat

    • benar bung PKB, pesan moralnya adalah kita dan NKRI tidak perlu gemetar menghadapi “mereka”. Dengan lebih mengoptimalkan pikiran kita, akan selalu ada celah-celah untuk memukul center of grafity nya dalam mencapai kemenangan.

    • “besar belum tentu tahan lama”….betul..betul.betul..bung PKB..hihi

    • Mereka besar dari tanah Papua..
      Ironis sekali kan..

    • Betul,.munkin Ini ya yang di Sebut harta yang tidak “Barokah”.

  2. Kalo xg kecil?

  3. Carin memang boros

    • ahh engak juga bung….aku coba jawab ocehan si RUSU Dimitry Orlov..

      Kawan acapkali warjager mendengar tentang fakta bahwa Amerika Serikat menghabiskan lebih banyak anggaran pertahanan dibandingkan negara lain”. Bahkan,10 negara yang ada di bawahnya jika digabungkan, anggaran militer Amerika masih lebih tinggi. Demikian juga posisi anggaran militer NKRI bila dibandingkan dengan anggaran militer Cina, anggaran militer gabungan FPDA dan inggris, bahkan usa sekalipun. Cara berpikir dan semangat melawan ala Russia ini bisa dijadikan pelajaran berharga.

      Besarnya anggaran militer Amerika yg lebih dari 600miliar $ kerap dijadikan dasar untuk menyebut militer Amerika Serikat secara otomatis juga menjadi terkuat di dunia. Negara ini akan menjadi pemenang jika berperang di manapun di planet ini. Mari kita berpikir benarkah demikian?

      **WOOWWW MEMANG BENAR SEKALI…..

      Menarik menyimak kritikan tajam seorang Dimitry Orlov yang lahir di Leningrad dan berimigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1970-an. Dia adalah penulis buku Reinventing Collapse, Hold Your Applause! and Absolutely Positive, dan memiliki blog terkenal http://www.ClubOrlov.com .

      ** DIMITRY ORLOV..MENINGGALKAN KAMPUNG HALAMANNYA PINDAH KE USA…
      APAKAH KARENA BORONAN KOMUNIS,….ATAU INGIN KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK…?
      BLOCKNYA JUGA TIDAK TERKENAL TUH DI USA BAHKAN DI DUNIA…

      “Jika kita melihat bahwa pertahanan AS benar-benar menghabiskan uang banyak dan melihat kemampuan militer AS, gambaran yang muncul sepenuhnya berbeda,” katanya dalam tulisan yang ditayangkan Global Research minggu 20 Maret 2016.

      ** YAH BEDA LAH..UNI SOVYET BERUBAH JADI RUSIA,….TETAPI OTAK DAN HATI MASIH KOMUNIS,….HANYA TUKAR BAJU SAJA…
      SAM JUGA DENGAN CHINA YANG MENERAPKAN 2 SISTIM PEMERINTAHAN ..SEPERTI DI HONGKONG DAN MAKAU…
      JUGA KORUT YANG SI SET SEBAGAI ANAK NAKAL DARI RUSU DAN CHINA..
      BILA BENAR SUDAH BERUBAH …BUKTIKAN DENGAN MENGHANCURKAN LOGO RAKSASA BERGAMBAR “PALU DAN ARIT” DI RUSU,CHINA,KORUT..
      KALAU INDONESIA SIH SUDAH DILARANG..,

      Untuk menilai kekuatan militer, hanya berdasarkan dari pengeluaran militer, maka seperti bertaruh pada pacuan kuda dengan hanya melihat apa yang dimakan kuda itu. Tentu, kuda harus makan, tapi kuda yang memakan sepuluh kali lebih banyak dari semua kuda lain, bukankah mungkin tidak akan keluar sebagai pemenang karena ada sesuatu yang tidak beres dengan itu.

      ** WADUHH..OON BANGET SI DIMITRY…..MASA DI SAMAKAN DENGAN KUDA…ITU BENDA HIDUP…..DIMITRY…ALUT SISTA ITU BENDA MATI…! PESAWAT,TANK,MISILE…DLL
      LEBIH COCOK DI SAMAKAN DENGAN BENDA MATI JUGA DONK…MR DIMITRY….!!
      KUDA YG ANDA MAKSUD ITU AKU GANTI DENGAN MOBIL FORMULA 1,..ATW LAMBORGHINE…DEH….KARENA BBMNYA 10X LEBIH BANYAK DARI MOBIL (KUDA)YANG LAIN.
      DAN KUDA YANG LAIN SEPERTI KENDARAAN,BAJAJ,BEMO,MOSCOVIK,MICROLET, METROMINI…DLL
      DAN BILA BALAPAN SIAPA YANG AKAN MENANG..! PAKAI FAKTA …!!
      KECUALI TUHAN YANG MENTAKDIRKAN….OKAYYYY..

      Kemudian yang juga harus dipertimbangkan, bahwa setiap dolar yang dihabiskan untuk militer Amerika Serikat, tidak sebanding dengan rubel atau yuan yang dihabiskan oleh Rusia dan China. Kususnya dalam bagaimana uang itu digunakan tentu sangat berbeda.

      Juga, jangan kehilangan jejak kenyataan bahwa militer AS memiliki tujuan yang berbeda dibandingkan militer negara lain. Tujuan utama militer AS adalah untuk ofensif, bukan defensif. Amerika berusaha untuk membangun dominasi dan menundukkan seluruh planet. Sementara negara lain hanya mencoba untuk mempertahankan wilayah mereka, meski beberapa negara lain mencoba untuk menggagalkan ambisi militer Amerika Serikat dalam menundukkan seluruh planet ini.
      ** TUJUAN UTAMA USA ..ADALAH MENGHENTIKAN PAHAM KOMUNIS …!
      ITU RUSU,CHINA,KORUT,….
      NEGARA LAIN YAH ITU TADI BIANG KEROKNYA..PAHAM KOMUNIS…!
      NAH NEGARA YG MENCOBA MENGGAGALKAN AMBISI USA YAH…NEGARA 2 KOMUNIS..!
      MENUNDUKKAN SELURUH PLANET INI…?? LAH KAN SUDAH KAN,,..!!
      SEJAK UNI SOVYET RUNTUH…
      PENYEBABNYA PAHAM KOMUNIS MULAI DI HIDUPKAN LAGI..!

      Secara umum, jika tujuannya adalah itu, maka tidak peduli berapa uang yang terbuang tetap akan dilakukan untuk mencapainya. Lebih kusus, itu bisa diartikan akan jauh lebih murah untuk memecahkan sesuatu dari pada membuat sesuatu, dan militer AS, tidak peduli berapa pun banyak uang yang dihabiskan, masih dianggap murah.
      **BETUL SEKALI
      TRUS RUSU KENAPA “PEMBELI ALUT SISTA” DAN SEKUTU UTAMANYA DI DIAMKAN BERJUANG SENDIRIAN..??????
      APA YANG PENTING SENJATA LAKU..?
      INGAT TIMUR TENGAH…!!..(KECUALI SURIAH ITU PUN BARU 1 TAHUNAN LEBIH….DENGAN JANJI KRISIS SURIAH BISA SELESAI HANYA DALAM WAKTU 3 BULAN..!)…..OKE DAH YANG PENTING UANG MASUK …

      Sebagai misal, biaya untuk membangun kapal induk Kelas Nimitz mencapai sekitar US$ 5 miliar, sementara rudal Kalibr Rusia yang dapat diluncurkan dari sebuah ‘kapal nelayan’ dari jarak 2500 km jauhnya dan menghancurkan kapal induk itu hanya seharga masing-masing US$1,2 juta. Dengan itung-itungan seperti ini, tentu Rusia bisa menghancurkan seluruh kapal induk tanpa melebihi anggaran pelatihan militer mereka selama satu tahun.

      “WADUH OON BANGETT…..ITU KAPAL INDUK BILA MAU LEWAT MINIMAL 1000 KM HARUS BERSIH…..! KALAU KM NGAK NGAK NGERTI ..RING 1 ITU 300 KM. RING 2..ITU 500 KM..RING 3 ITU 1000 KM…RING 4..ITU 1000 KM +…URUSAN SATELIT…LAGIAN KAPAL INDUK TIDAK BERGERAK SENDIRIAN…ATAS,BAWAH,SAMPING KIRI KANAN,DEPAN.JUGA BELAKANG ITU SUDAH DI PAGAR….
      CUPU BANGETT…HA HA HA
      PARAH NIH..CUPUNYA..KAPAL NELAYAN BAWA RUDAL…..XIXIXI

      Hal yang tidak kalah penting adalah adanya kenyataan bahwa Amerika kerap menghabiskan uang mereka untuk sesuatu, yang tidak dalam upaya mencapai tujuan sebenarnya. Begitu banyak proyek militer yang berakhir menjadi limbah, proyek kesombongan dan teknologi mahal.
      NAH ITU BETUL..MEREKA SOMBONG,..TETAPI YANG ITU KEBANYAKAN WARGA USA KETURUNAN YAHUDI..!..LAH DI USA CS SENDIRI BANYAK YANG ANTI YAHUDI..

      Mari kita lihat beberapa di antaranya:

      *Amerika menghabiskan uang di ratusan pangkalan militer mereka di seluruh dunia. Apa tujuan mereka membangun begitu banyak pangkalan? Apa yang mereka capai dari kehadiran di seluruh dunia tersebut? bukankah tidak ada yang tahu. Dan ini semua sebagai bagian dari kegiatan militer Amerika Serikat untuk menilai dan menanggapi sesuatu yg mereka sebut “ancaman,” yang kebanyakan ada pada tataran teori saja. Kegiatan ini lebih didorong karena pikiran irasional yang sebagian hanya membuang-buang sumber daya.
      **YAH..ANCAMANNYA …DARI TRIO WEK WEK…RUSU,CHINA,KORUT..

      *Amerika menghabiskan begitu banyak uang untuk kelompok tempur kapal induk yang begitu banyak. Tentu kelompok tempur kapal induk ini sangat berguna untuk melancarkan serangan terhadap negar-negara yang tidak berdaya. Tetapi sangat penting pula untuk menjaga kelompok tempur kapal induk ini ketika masuk zona perang yang melibatkan China, Rusia, Iran, atau mungkin negara lain yg punya AA/AD kuat. Negara-negara ini memiliki cara yang murah untuk menghancurkan sebuah kapal induk, semisal dengan: rudal balistik, rudal jelajah supersonik dan torpedo supersonik. Seluruh armada kapal induk adalah menjadi usang, dan membuang-buang uang.
      **..OHH YAH..ANDA BAWA 2 IRAN..? YAH…DAN KAMU ADU IRAN DENGAN ARAB CS..RUSU KIRIM ALUT SISTA BANYAK KE IRAN.. DAN RUSU TAU IRAN ITU MAYORITAS MUSLIM SYIAH..MUSUHNYA SUNNY..
      BIAR ISLAM SAMA ISLAM PERANG….
      MUDAH MENGHANCURKAN KAPAL INDUK..?? HA HA HA BACA DI ATAS RING 1.2,3,4
      MABOK KARENA KEBANYAKAN MINUM VOTCA..

      *Amerika menghabiskan banyak uang untuk sistem tempur terpadu Angkatan Laut yang dikenal sebagai sistem Aegis, yang dianggap sebagai state-of-the-art dan telah diinstal pada sejumlah kapal penjelajah dan kapal perusak. Hanya, ada satu masalah; teknologi ini begitu sepele untuk dilawan. Rusia telah menunjukkan bagaimana sebuah pesawat tua Su-24 dengan sistem penanggulangan yang disebut sebagai Khibiny berhasil menindas sistem Aegis ketika beberapa waktu lalu terbang rendah di atas kapal Amerika.
      MAKANYA PUNYA INTERNET JANGAN DARI SATU SUMBER SAJA….
      ITU KAPAL SUDAH DARI JARAK JAUH SUDAH TAU DAN TERLIHAT ,DAN TAK BERSENJATA..!!!!!!SENGAJA DI BIARKAN UNTUK MENGHINDARI KONFLIK YANG LEBIH BESAR…OON

      *Pentagon menghabiskan begitu banyak uang pada program pembangunan yang akhirnya hanya menjadi bencana. Sebuah contoh adalah Ronald Reagan Strategic Defense Initiative, alias “Star Wars” yang tidak pernah menghasilkan sesuatu yang secara strategis berguna. Contoh lain yang baik adalah F-35 Joint Strike Fighter, yang biaya pengembangannya telah menghabiskan lebih dari satu triliun dolar. Pesawat ini seharusnya berguna untuk berbagai misi yang berbeda, tetapi ternyata justru tidak ada satu misi yang efektif yang bisa dilakukan F35.
      ** STAR WAR …ITU BERHASIL….!!! USA BISA MEMAKSA UNI SOVYET MEMASUKI PERJANJIAN START 1,2,3….BAHKAN SAMPAI UNI SOVYET RUNTUH.,,DAN BERGANTI MENJADI RUSU..!
      F 35 ITU BERHASIL..!!! MENGELABUI…LAWAN SAING PERUSAHAAN…
      DENGAN BILANG F 35..KALAH DGN F 16, ….ITU STRATEGI MARKETING..!
      HINGGA STOCK F 16 ,F 18,..DI GURUN BISA LAKU…!!
      MENGENAI CANADA…DI LAGI KESULITAN ANGGARAN…BAHKAN SEKARANG INI DENMARK,SINGAPURE..INGIN MEMBELI…..PADAHAL MEREKA PUNYA F 16 YG KATANYA BISA MENGALAHKAN F 35…..PESAWAT GAGAL KAH..?
      JUJUR F 35 ITU PESAWAT YG SANGAT BAGUS SEKALI…

      Banyak contoh yang jika disebutkan akan begitu panjang. Tetapi contoh-contoh ini menunjukkan prinsip dasar bahwa menghabiskan uang banyak untuk hal-hal yang akhirnya tidak bekerja tidak akan membuat kekuatan militer AS menjadi kuat.
      ** UANG ITU PRINSIP DASAR HIDUP…! PAHAM..!
      LAH KEKUATAN USA…MEMANG YAG PALING KUAT DI MUKA BUMI INI..!
      HA HA HA….

      Berikutnya, mari kita lihat bagaimana cara Amerika menghabiskan uang pertahanan. Pentagon menghabiskan uang dengan membayar kontraktor militer, yang mereka adalah perusahaan-perusahaan yang jelas ingin mencari keuntungan. Kontraktor pertahanan tidak akan tertarik untuk menilai bagaimana penggunaan anggaran secara tepat tetapi lebih tertarik bagaimana mereka menghasilkan keuntungan bagi pemegang saham mereka.

      Oleh karena itu, ada benarnya untuk menulis bahwa sepertiga dari semua belanja pertahanan telah menjadi keuntungan bagi perusahaan kontraktor2 pertahanan mereka artinya tidak terkait dengan militer.

      Juga, perlu diingat bahwa banyak dari uang itu yang kemudian dicuri alias dikorupsi. Pentagon belum diaudit dalam beberapa dekade, dan belum ditemukan miliaran dolar yang menguap. Banyak pengeluaran yang berhubungan dengan pertahanan didaur ulang menggunakan berbagai skema, untuk kemudian menjadi sumbangan kampanye untuk anggota Kongres AS, yang balasan anggota konggres kemudian mendukung belanja pertahanan meningkat.
      **..INI MAH KOMENTAR KOMUNIS TAMPA BUKTI…!
      HALLOOO..PALU ARIT DILARANG DI INDONESIA…
      HA HA HA
      Ada juga skema, dimana kontraktor pertahanan membayar biaya konsultasi selangit kepada petugas pensiun, yang sebenarnya ini merupakan kompensasi yang ditangguhkan karena ketika pejabat itu masih aktif telah memberikan banyak proyek untuk kontraktor pertahanan sepanjang karier mereka, dan akhirnya dibayar setelah mereka pensiun. Banyak skema lain hingga kemudian semakin merongrong kekuatan militer Amerika untuk bisa mencapai pada tingkat yang diharapkan.

      Parahnya lagi pengembangan kekuatan ahli juga kedodoran karena mungkin anggarannya justru sangat sedikit. Bisa dilihat generasi AS sekarang telah tertinggal di belakang dalam hal ilmu pengetahuan dan matematika dibanding negara lain. Ada beberapa universitas dan lembaga di AS yang sangat baik yang meluluskan spesialis teknis hebat, tetapi yang diluluskan sebagian besar justru orang asing. Di tingkat pascasarjana dalam ilmu dan rekayasa, warga AS adalah minoritas kecil.
      **HA HA HA…

      Dan muncul praktik umum di Amerika untuk menyewa spesialis kelahiran asing. Tapi pertahanan khusus: memerlukan bakat asli, atau kesetiaan, dan semangat untuk melakukan pekerjaan yang unggul, tidak ada dalam generasi AS.

      Dan itulah apa yang kita lihat: urutan panjang bencana militer sejati. AS telah terlibat dalam serangkaian panjang kampanye militer terhadap lawan sangat lemah, di mana AS telah membuktikan diri mampu menghancurkan, tetapi dengan efek kerusakan yang lebih mengejutkan seperti munculnya ISIS, negara gagal dan sebagainya.

      Tujuan akhir dari semua misi militer adalah menghentikan permusuhan dan mencapai kondisi yang lebih baik. Jika tujuan ini tidak dapat dicapai, maka misi militer bisa dikatakan buruk, gagal atau bahkan tidak berguna. Apakah militer AS telah mampu melakukan ini di salah satu negara di mana ia melakukan intervensi militer-Afghanistan, Irak, Libya, Yaman, Suriah, Ukraina? Tidak, tentu tidak.
      YANG BARU SAJA….UKRAINA NEGARA MERDEKA DAN SAHABAT RUSU…DI TUSUK DARI BELAKANG….DI SERANG SECARA MENDADAK….DENGAN ALASAN RAS…
      HAMMPIR SAMA DENGAN CHINA BILANG KE INDONESIA MENGENAI LCS…”WILAYAH TRADI SIONAL NELAYAN CHINA”…HA HA HA..MODUS

      Beberapa orang mungkin menganggap kritik dan saran ini sebagai sikap tidak patriotik karena kita semua harus mendukung pasukan kita. Yakinlah, ini tidak ada hubungannya dengan pasukan kita. Mereka tidak bisa membuat keputusan tentang pengadaan, dan mereka tidak bisa memilih misi. Tetapi jika Anda ingin menjadi seorang patriot, maka Anda juga dapat melayani dan melindungi rakyat dan pasukan, khususnya (karena, jangan Anda lupa, mereka adalah manusia juga) dengan membawa mereka pulang ke ibu pertiwi dan memberi mereka pekerjaan sipil untuk melakukan sesuatu yang berguna, atau setidaknya sesuatu yang tidak berbahaya bagi dunia pada umumnya atau keuangan, lingkungan, kesehatan, reputasi atau keamanan negara,

      “Demikian kata2, Dmitry Orlov di akhir tulisannya”.

      Theyownitall
      BUNG…..THEYO…MAAFF INTERNETNYA BUATAN RUSU YAH MEREKNYA APA SIH..??PANTAS NGAK NYAMBUNG BANGAETT
      HA HA HA
      PEACE

    • aku coba jawab ocehan si RUSU Dimitry Orlov..

      Kawan acapkali warjager mendengar tentang fakta bahwa Amerika Serikat menghabiskan lebih banyak anggaran pertahanan dibandingkan negara lain”. Bahkan,10 negara yang ada di bawahnya jika digabungkan, anggaran militer Amerika masih lebih tinggi. Demikian juga posisi anggaran militer NKRI bila dibandingkan dengan anggaran militer Cina, anggaran militer gabungan FPDA dan inggris, bahkan usa sekalipun. Cara berpikir dan semangat melawan ala Russia ini bisa dijadikan pelajaran berharga.

      Besarnya anggaran militer Amerika yg lebih dari 600miliar $ kerap dijadikan dasar untuk menyebut militer Amerika Serikat secara otomatis juga menjadi terkuat di dunia. Negara ini akan menjadi pemenang jika berperang di manapun di planet ini. Mari kita berpikir benarkah demikian?

      **WOOWWW MEMANG BENAR SEKALI…..

      Menarik menyimak kritikan tajam seorang Dimitry Orlov yang lahir di Leningrad dan berimigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1970-an. Dia adalah penulis buku Reinventing Collapse, Hold Your Applause! and Absolutely Positive, dan memiliki blog terkenal http://www.ClubOrlov.com .

      ** DIMITRY ORLOV..MENINGGALKAN KAMPUNG HALAMANNYA PINDAH KE USA…
      APAKAH KARENA BORONAN KOMUNIS,….ATAU INGIN KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK…?
      BLOCKNYA JUGA TIDAK TERKENAL TUH DI USA BAHKAN DI DUNIA…

      “Jika kita melihat bahwa pertahanan AS benar-benar menghabiskan uang banyak dan melihat kemampuan militer AS, gambaran yang muncul sepenuhnya berbeda,” katanya dalam tulisan yang ditayangkan Global Research minggu 20 Maret 2016.

      ** YAH BEDA LAH..UNI SOVYET BERUBAH JADI RUSIA,….TETAPI OTAK DAN HATI MASIH KOMUNIS,….HANYA TUKAR BAJU SAJA…
      SAM JUGA DENGAN CHINA YANG MENERAPKAN 2 SISTIM PEMERINTAHAN ..SEPERTI DI HONGKONG DAN MAKAU…
      JUGA KORUT YANG SI SET SEBAGAI ANAK NAKAL DARI RUSU DAN CHINA..
      BILA BENAR SUDAH BERUBAH …BUKTIKAN DENGAN MENGHANCURKAN LOGO RAKSASA BERGAMBAR “PALU DAN ARIT” DI RUSU,CHINA,KORUT..
      KALAU INDONESIA SIH SUDAH DILARANG..,

      Untuk menilai kekuatan militer, hanya berdasarkan dari pengeluaran militer, maka seperti bertaruh pada pacuan kuda dengan hanya melihat apa yang dimakan kuda itu. Tentu, kuda harus makan, tapi kuda yang memakan sepuluh kali lebih banyak dari semua kuda lain, bukankah mungkin tidak akan keluar sebagai pemenang karena ada sesuatu yang tidak beres dengan itu.

      ** WADUHH..OON BANGET SI DIMITRY…..MASA DI SAMAKAN DENGAN KUDA…ITU BENDA HIDUP…..DIMITRY…ALUT SISTA ITU BENDA MATI…! PESAWAT,TANK,MISILE…DLL
      LEBIH COCOK DI SAMAKAN DENGAN BENDA MATI JUGA DONK…MR DIMITRY….!!
      KUDA YG ANDA MAKSUD ITU AKU GANTI DENGAN MOBIL FORMULA 1,..ATW LAMBORGHINE…DEH….KARENA BBMNYA 10X LEBIH BANYAK DARI MOBIL (KUDA)YANG LAIN.
      DAN KUDA YANG LAIN SEPERTI KENDARAAN,BAJAJ,BEMO,MOSCOVIK,MICROLET, METROMINI…DLL
      DAN BILA BALAPAN SIAPA YANG AKAN MENANG..! PAKAI FAKTA …!!
      KECUALI TUHAN YANG MENTAKDIRKAN….OKAYYYY..

      • #Kemudian yang juga harus dipertimbangkan, bahwa setiap dolar yang dihabiskan untuk militer Amerika Serikat, tidak sebanding dengan rubel atau yuan yang dihabiskan oleh Rusia dan China. Kususnya dalam bagaimana uang itu digunakan tentu sangat berbeda.

        Juga, jangan kehilangan jejak kenyataan bahwa militer AS memiliki tujuan yang berbeda dibandingkan militer negara lain. Tujuan utama militer AS adalah untuk ofensif, bukan defensif. Amerika berusaha untuk membangun dominasi dan menundukkan seluruh planet. Sementara negara lain hanya mencoba untuk mempertahankan wilayah mereka, meski beberapa negara lain mencoba untuk menggagalkan ambisi militer Amerika Serikat dalam menundukkan seluruh planet ini.
        ** TUJUAN UTAMA USA ..ADALAH MENGHENTIKAN PAHAM KOMUNIS …!
        ITU RUSU,CHINA,KORUT,….
        NEGARA LAIN YAH ITU TADI BIANG KEROKNYA..PAHAM KOMUNIS…!
        NAH NEGARA YG MENCOBA MENGGAGALKAN AMBISI USA YAH…NEGARA 2 KOMUNIS..!
        MENUNDUKKAN SELURUH PLANET INI…?? LAH KAN SUDAH KAN,,..!!
        SEJAK UNI SOVYET RUNTUH…
        PENYEBABNYA PAHAM KOMUNIS MULAI DI HIDUPKAN LAGI..!

        Secara umum, jika tujuannya adalah itu, maka tidak peduli berapa uang yang terbuang tetap akan dilakukan untuk mencapainya. Lebih kusus, itu bisa diartikan akan jauh lebih murah untuk memecahkan sesuatu dari pada membuat sesuatu, dan militer AS, tidak peduli berapa pun banyak uang yang dihabiskan, masih dianggap murah.
        **BETUL SEKALI
        TRUS RUSU KENAPA “PEMBELI ALUT SISTA” DAN SEKUTU UTAMANYA DI DIAMKAN BERJUANG SENDIRIAN..??????
        APA YANG PENTING SENJATA LAKU..?
        INGAT TIMUR TENGAH…!!..(KECUALI SURIAH ITU PUN BARU 1 TAHUNAN LEBIH….DENGAN JANJI KRISIS SURIAH BISA SELESAI HANYA DALAM WAKTU 3 BULAN..!)…..OKE DAH YANG PENTING UANG MASUK …

        Sebagai misal, biaya untuk membangun kapal induk Kelas Nimitz mencapai sekitar US$ 5 miliar, sementara rudal Kalibr Rusia yang dapat diluncurkan dari sebuah ‘kapal nelayan’ dari jarak 2500 km jauhnya dan menghancurkan kapal induk itu hanya seharga masing-masing US$1,2 juta. Dengan itung-itungan seperti ini, tentu Rusia bisa menghancurkan seluruh kapal induk tanpa melebihi anggaran pelatihan militer mereka selama satu tahun.

        “WADUH…..ITU KAPAL INDUK BILA MAU LEWAT MINIMAL 1000 KM HARUS BERSIH…..! KALAU KM NGAK NGAK NGERTI ..RING 1 ITU 300 KM. RING 2..ITU 500 KM..RING 3 ITU 1000 KM…RING 4..ITU 1000 KM +…URUSAN SATELIT…LAGIAN KAPAL INDUK TIDAK BERGERAK SENDIRIAN…ATAS,BAWAH,SAMPING KIRI KANAN,DEPAN.JUGA BELAKANG ITU SUDAH DI PAGAR….
        HA HA HA
        PARAH NIH..LOGIKANYA .KAPAL NELAYAN BAWA RUDAL…..XIXIXI

        Hal yang tidak kalah penting adalah adanya kenyataan bahwa Amerika kerap menghabiskan uang mereka untuk sesuatu, yang tidak dalam upaya mencapai tujuan sebenarnya. Begitu banyak proyek militer yang berakhir menjadi limbah, proyek kesombongan dan teknologi mahal.
        NAH ITU BETUL..MEREKA SOMBONG,..TETAPI YANG ITU KEBANYAKAN WARGA USA KETURUNAN YAHUDI..!..LAH DI USA CS SENDIRI BANYAK YANG ANTI YAHUDI..

      • #Kemudian yang juga harus dipertimbangkan, bahwa setiap dolar yang dihabiskan untuk militer Amerika Serikat, tidak sebanding dengan rubel atau yuan yang dihabiskan oleh Rusia dan China. Kususnya dalam bagaimana uang itu digunakan tentu sangat berbeda.

        Juga, jangan kehilangan jejak kenyataan bahwa militer AS memiliki tujuan yang berbeda dibandingkan militer negara lain. Tujuan utama militer AS adalah untuk ofensif, bukan defensif. Amerika berusaha untuk membangun dominasi dan menundukkan seluruh planet. Sementara negara lain hanya mencoba untuk mempertahankan wilayah mereka, meski beberapa negara lain mencoba untuk menggagalkan ambisi militer Amerika Serikat dalam menundukkan seluruh planet ini.
        ** TUJUAN UTAMA USA ..ADALAH MENGHENTIKAN PAHAM KOMUNIS …!
        ITU RUSU,CHINA,KORUT,….
        NEGARA LAIN YAH ITU TADI BIANG KEROKNYA..PAHAM KOMUNIS…!
        NAH NEGARA YG MENCOBA MENGGAGALKAN AMBISI USA YAH…NEGARA 2 KOMUNIS..!
        MENUNDUKKAN SELURUH PLANET INI…?? LAH KAN SUDAH KAN,,..!!
        SEJAK UNI SOVYET RUNTUH…
        PENYEBABNYA PAHAM KOMUNIS MULAI DI HIDUPKAN LAGI..!

        Secara umum, jika tujuannya adalah itu, maka tidak peduli berapa uang yang terbuang tetap akan dilakukan untuk mencapainya. Lebih kusus, itu bisa diartikan akan jauh lebih murah untuk memecahkan sesuatu dari pada membuat sesuatu, dan militer AS, tidak peduli berapa pun banyak uang yang dihabiskan, masih dianggap murah.
        **BETUL SEKALI
        TRUS RUSU KENAPA “PEMBELI ALUT SISTA” DAN SEKUTU UTAMANYA DI DIAMKAN BERJUANG SENDIRIAN..??????
        APA YANG PENTING SENJATA LAKU..?
        INGAT TIMUR TENGAH…!!..(KECUALI SURIAH ITU PUN BARU 1 TAHUNAN LEBIH….DENGAN JANJI KRISIS SURIAH BISA SELESAI HANYA DALAM WAKTU 3 BULAN..!)…..OKE DAH YANG PENTING UANG MASUK …

        Sebagai misal, biaya untuk membangun kapal induk Kelas Nimitz mencapai sekitar US$ 5 miliar, sementara rudal Kalibr Rusia yang dapat diluncurkan dari sebuah ‘kapal nelayan’ dari jarak 2500 km jauhnya dan menghancurkan kapal induk itu hanya seharga masing-masing US$1,2 juta. Dengan itung-itungan seperti ini, tentu Rusia bisa menghancurkan seluruh kapal induk tanpa melebihi anggaran pelatihan militer mereka selama satu tahun.
        “WADUH…..ITU KAPAL INDUK BILA MAU LEWAT MINIMAL 1000 KM HARUS BERSIH…..! KALAU KM NGAK NGAK NGERTI ..RING 1 ITU 300 KM. RING 2..ITU 500 KM..RING 3 ITU 1000 KM…RING 4..ITU 1000 KM +…URUSAN SATELIT…LAGIAN KAPAL INDUK TIDAK BERGERAK SENDIRIAN…ATAS,BAWAH,SAMPING KIRI KANAN,DEPAN.JUGA BELAKANG ITU SUDAH DI PAGAR….
        HA HA HA
        PARAH NIH..LOGIKANYA .KAPAL NELAYAN BAWA RUDAL…..XIXIXI

        • Baru kali ane setuju sama bung carin,salah makan apa bung carin kok kagak kaya biasa ny?.

          • pisang bakar bang…di taruh susu,coklat dan keju…
            hhhmmm yummy

          • Hal yang tidak kalah penting adalah adanya kenyataan bahwa Amerika kerap menghabiskan uang mereka untuk sesuatu, yang tidak dalam upaya mencapai tujuan sebenarnya. Begitu banyak proyek militer yang berakhir menjadi limbah, proyek kesombongan dan teknologi mahal.
            **NAH ITU BETUL..MEREKA SOMBONG,..TETAPI YANG ITU KEBANYAKAN WARGA USA KETURUNAN YAHUDI..!..LAH DI USA CS SENDIRI BANYAK YANG ANTI YAHUDI..
            Mari kita lihat beberapa di antaranya:

            *Amerika menghabiskan uang di ratusan pangkalan militer mereka di seluruh dunia. Apa tujuan mereka membangun begitu banyak pangkalan? Apa yang mereka capai dari kehadiran di seluruh dunia tersebut? bukankah tidak ada yang tahu. Dan ini semua sebagai bagian dari kegiatan militer Amerika Serikat untuk menilai dan menanggapi sesuatu yg mereka sebut “ancaman,” yang kebanyakan ada pada tataran teori saja. Kegiatan ini lebih didorong karena pikiran irasional yang sebagian hanya membuang-buang sumber daya.
            **YAH..ANCAMANNYA …DARI TRIO WEK WEK…RUSU,CHINA,KORUT..

            *Amerika menghabiskan begitu banyak uang untuk kelompok tempur kapal induk yang begitu banyak. Tentu kelompok tempur kapal induk ini sangat berguna untuk melancarkan serangan terhadap negar-negara yang tidak berdaya. Tetapi sangat penting pula untuk menjaga kelompok tempur kapal induk ini ketika masuk zona perang yang melibatkan China, Rusia, Iran, atau mungkin negara lain yg punya AA/AD kuat. Negara-negara ini memiliki cara yang murah untuk menghancurkan sebuah kapal induk, semisal dengan: rudal balistik, rudal jelajah supersonik dan torpedo supersonik. Seluruh armada kapal induk adalah menjadi usang, dan membuang-buang uang.
            **..OHH YAH..ANDA BAWA 2 IRAN..? YAH…DAN KAMU ADU IRAN DENGAN ARAB CS..RUSU KIRIM ALUT SISTA BANYAK KE IRAN.. DAN RUSU TAU IRAN ITU MAYORITAS MUSLIM SYIAH..MUSUHNYA SUNNY..
            BIAR ISLAM SAMA ISLAM PERANG….
            MUDAH MENGHANCURKAN KAPAL INDUK..?? HA HA HA BACA DI ATAS RING 1.2,3,4

            *Amerika menghabiskan banyak uang untuk sistem tempur terpadu Angkatan Laut yang dikenal sebagai sistem Aegis, yang dianggap sebagai state-of-the-art dan telah diinstal pada sejumlah kapal penjelajah dan kapal perusak. Hanya, ada satu masalah; teknologi ini begitu sepele untuk dilawan. Rusia telah menunjukkan bagaimana sebuah pesawat tua Su-24 dengan sistem penanggulangan yang disebut sebagai Khibiny berhasil menindas sistem Aegis ketika beberapa waktu lalu terbang rendah di atas kapal Amerika.
            MAKANYA PUNYA INTERNET JANGAN DARI SATU SUMBER SAJA….
            ITU KAPAL SUDAH DARI JARAK JAUH SUDAH TAU DAN TERLIHAT ,DAN TAK BERSENJATA..!!!!!!SENGAJA DI BIARKAN UNTUK MENGHINDARI KONFLIK YANG LEBIH BESAR…

            *Pentagon menghabiskan begitu banyak uang pada program pembangunan yang akhirnya hanya menjadi bencana. Sebuah contoh adalah Ronald Reagan Strategic Defense Initiative, alias “Star Wars” yang tidak pernah menghasilkan sesuatu yang secara strategis berguna. Contoh lain yang baik adalah F-35 Joint Strike Fighter, yang biaya pengembangannya telah menghabiskan lebih dari satu triliun dolar. Pesawat ini seharusnya berguna untuk berbagai misi yang berbeda, tetapi ternyata justru tidak ada satu misi yang efektif yang bisa dilakukan F35.
            ** STAR WAR …ITU BERHASIL….!!! USA BISA MEMAKSA UNI SOVYET MEMASUKI PERJANJIAN START 1,2,3….BAHKAN SAMPAI UNI SOVYET RUNTUH.,,DAN BERGANTI MENJADI RUSU..!
            F 35 ITU BERHASIL..!!! MENGELABUI…LAWAN SAING PERUSAHAAN…
            DENGAN BILANG F 35..KALAH DGN F 16, ….ITU STRATEGI MARKETING..!
            HINGGA STOCK F 16 ,F 18,..DI GURUN BISA LAKU…!!
            MENGENAI CANADA…DI LAGI KESULITAN ANGGARAN…BAHKAN SEKARANG INI DENMARK,SINGAPURE..INGIN MEMBELI…..PADAHAL MEREKA PUNYA F 16 YG KATANYA BISA MENGALAHKAN F 35…..PESAWAT GAGAL KAH..?
            JUJUR F 35 ITU PESAWAT YG SANGAT BAGUS SEKALI…

        • numpang ;maksud nya rudal itu mudah d tembak kan dr mana saja ngono lek e bang Cariin,

        • *Pentagon menghabiskan begitu banyak uang pada program pembangunan yang akhirnya hanya menjadi bencana. Sebuah contoh adalah Ronald Reagan Strategic Defense Initiative, alias “Star Wars” yang tidak pernah menghasilkan sesuatu yang secara strategis berguna. Contoh lain yang baik adalah F-35 Joint Strike Fighter, yang biaya pengembangannya telah menghabiskan lebih dari satu triliun dolar. Pesawat ini seharusnya berguna untuk berbagai misi yang berbeda, tetapi ternyata justru tidak ada satu misi yang efektif yang bisa dilakukan F35.
          ** STAR WAR …ITU BERHASIL….!!! USA BISA MEMAKSA UNI SOVYET MEMASUKI PERJANJIAN START 1,2,3….BAHKAN SAMPAI UNI SOVYET RUNTUH.,,DAN BERGANTI MENJADI RUSU..!
          F 35 ITU BERHASIL..!!! MENGELABUI…LAWAN SAINGAN PERUSAHAAN…
          DENGAN BILANG F 35..KALAH DGN F 16, ….ITU STRATEGI MARKETING..!
          HINGGA STOCK F 16 ,F 18,..DI GURUN BISA LAKU…!!
          MENGENAI CANADA…DIA LAGI KESULITAN ANGGARAN…BAHKAN SEKARANG INI DENMARK,SINGAPURE..INGIN MEMBELI…..PADAHAL MEREKA PUNYA F 16 YG KATANYA BISA MENGALAHKAN F 35…..PESAWAT GAGAL KAH..?
          JUJUR F 35 ITU PESAWAT YG SANGAT BAGUS SEKALI…

        • Apasih carin ini lebay. Tinggal di salvo 100 torpedo dan 200 rudal, pasti jebol juga

      • Carin,

        Jaman dulu itu kuda juga dipakai perang. Dengan kata lain, waktu itu kuda adalah semacam alutsista juga.

        Kamu jangan bandingkan bajaj dengan lamborgini. Sebab itu sama saja dengan membandingkan kuda pacu dengan kambing.

        Lamborgini harus dibandingkan dengan Porsche atau Ferrari.

        Lebih boros mana Lamborgini, Ferrari atau Porsche…itu sama dengan bandingkan kuda pacu dengan kuda pacu ..kuda pacu yang makannya paling banyak itu yang paling boros.

        Dmitri sudah betul. US memang sangat boros dalam hal pengembangan senjata yang bahkan dibatalkan penggunaannya sebelum dipakai.

        F35 adalah pesawat tanggung. Stealthnya bagus di bawah dan depan tetapi tidak di belakang dan atas.

        Soal kapal induk memang dilindungi paling tidak 20 kapal termasuk kapal selam. Tetapi kapal induk ada waktu lemahnya juga. Yaitu saat dia sandar di dermaga. Saat itu kapal2 yang jaga juga sedang istirahat. Hanya sedikit yang jaga.

        Dengan luncurkan ratusan misil kapal2 tsb pasti tenggelam.

      • Komentar yg masuk akal 🙂

  4. absen saja salam untuk bung they

    salam damai selalu 🙂

  5. Amerika tentu mengeluarkandana yang lebih besar karna mereka selalu menciptakan begitu banyak prototipe melalui serangkaian trial and error untuk pertama kalinya dibandingkan negara-negara lain di dunia, ketika sudah jadi produk, negara-negara lain mulai melihat dan membuat hal yang serupa, dan simpel saja hanya amati tiru dan modifikasi. menciptakan monster yang serupa tapi tak sama, memiliki pembanding tentu lebih mudah untuk membuat sesuatu bukan?

    • benar, lebih akuratnya adalah mengamati celahnya dan membuat antidot yang efektif dan efisien akan lebih murah, dan utk menemukanya dituntut kecerdasan berpikir diluar pandangan umum. Ini penting untuk negara kita kedepanya, mengingat waktu yang mepet dengan kumpulan preman si paman.

  6. Militer Indonesia akan menjadi yg terkuat dan anggaran terbesar di asia tenggara

    • Selama Indonesia memiliki rakyat yang mencintai bangsa dan negaranya, negara besar manapun tidak akan berani dengan Indonesia, karena mereka harus memusnahkan seluruh rakyatnya dulu jika ingin menguasai tanahnya, dan hal ini tidak mungkin.
      Mau menggunakan Nuklir? Tidak semudah itu. Ada banyak variabel dan parameter jika hendak menggunakan senjata pemusnah massal. Seorang sekutupun bakalan berhati-hati jika temannya berlaku kejam di luar batas. Kawan bisa menjadi lawan. Kawan satu-satunya bagi seorang agresor adalah orang-orang yang berhasil ditundukkannya sampai titik nadir (tidak bisa melawan lagi). Itupun bukan “kawan” dalam arti sesungguhnya melainkan “jongos”
      Jika anda memiliki seorang sahabat yang ternyata adalah seorang pembunuh berantai, masihkah anda percaya pada sahabat anda itu? Masih santai jalan sama dia di jalan sepi? Bagaimana jika dia ternyata punya kecenderungan psikopat?

      • itu perumpamaan buat sonotan, sonora dan musang bung. Tentu kita tidak percaya.

      • Jepang dulu sebelum dinuklir sua warganya tunduk pada kekaisaran jepang? Ketika fatman, astronot, dll meledak bak jamur, japangpun kalap dan menandatangani perjanjian untuk menyerahkan semua asetnya termasuk negeri2 jajahannya, ini berlaku juga bagi Indonesia ketika sampai pada titik kalap tersebut.

  7. Bungg theeyoo….Gimana kabar…mantap!!..ulasannya…pada ditunggu ini bung theyo..salam sehat selalu..untuk Anda dan keluarga

  8. *Kita kecil tapi mematikan*

  9. Mantab..inilah yg disebut american idiot..haha..

  10. artikel ini kalo di singkat kesimpulanya militer ASU boros tp mandul

  11. Anggaran besar buat bancakan..hasil.y nol..buat menekan negara lemah.AS semakin tertinggal..kasian carin…xixi..

  12. Panjang yah, pusing bacanya

  13. Amerika ga pusing2 mengeluarkan banyak biaya bt negaranya walaupun cuma bt hura2 sj
    klo habis cetak uang lg yg banyak wong negara jualan kertas ko
    terkecuali negara2 di dunia ga pake USD baru amerika akan menjadi negara lemah gemulai
    dan militernya akan bangkrut

  14. Ane sdkt hrn dngn beberapa tulisan yg menganggap armada kapal induk dapat dihancrkn semudah menepuk lalat hanya bermodalkan rudal balistik ato terpedo,kita jarang melihat apa saja yg dimiliki sebuah armada kapal induk,dlm masa damai saja sebuah kapak induk dijaga 30-35 pesawat tempur,beberapa helicopter,1-2 destroyer,1-2 frigat,1 kapal perbekalan dan 1 kapal selam ini dalam masa damai blm dalam masa perang,untuk persenjataan ente bisa bayangin sendiri apa yg bisa masing2 bawa.sangat sulit untuk menghancurkan sebuah armada kapal induk.dan untuk teori konspirasi ane kagak tertarik sama sekali,untuk ane pribadi ane tdk mau menuduh seorang korupsi tanpa bukti.ane cuma heran sama penulis kok tahu dephan as banyak korupsi ny tp tdk mau melaporkan ato jangan2 cuma opini pribadi tanpa didukung data yg akurat.just imho

    • Kuncinya:
      1. Gunakan Rudal Hipersonik yang memiliki kemampuan sea-skimming dan range jauh diatas 1000 Km;
      2. Tembakkan secara salvo dari beberapa titik yang berbeda;
      3. Untuk menambah akurasi bisa menggunakan kontrol satelit;
      4. Kemampuan menjebol lambung kapal bisa lewat energi kinetis sebagai konpensasi jika daya ledak tidak mendukung, untuk itu diperlukan logam khusus untuk penetrasi.

      Coba baca informasi tentang Club K Russia missile system

    • untuk kelompok tempur kapal induk apakah benar-benar sudah tidak ada celah bung wardog?
      mengenai kebocoran, cerita seperti ini jamak di amerika.
      Mengenai kontraktor swasta, lembaga ini bukan dinas sosial. Profit sebesar-besarnya untuk pemegang saham adalah prioritas utama. Dan pernahkan ada warjag yang ikut tender kebutuhan umum militer? bila ada, pasti juga paham dan senyum-senyum saja. Toh, sebagian terbesar perwira kita adalah hasil didikan sistem barat. Mereka memang dikirim untuk belajar militer, tapi pasti bukan hanya itu yang dipelajari. Bila ada yang juga belajar disana, pasti juga senyum kecut dan berlalu.

      • @ theyownitall

        cuma nanya….apa bantuan rusu dari sejak indonesia merdeka hingga kini…?
        jawab yah bang..??

        • Saya juga mau tanya Carin :
          Bagaimana pendapatmu tentang Freeport ? Bagaimana pendapatmu tentang Timor Leste dan minyak di Celah Timor ? Bagaimana pendapatmu tentang digundulinya kemampuan udara dan angkatan laut RI ? Bagaimana pendapatmu tentang krismon 1998 ?

          Maksud saya di sini :
          US terlibat dalam setiap intrik di RI.

          Saya tidak bela Rusia lho. Namun cara Rusia lebih halus daripada cara USA.

          Uni Sovyet bantu untuk bangun stadion GELORA BUNG KARNO. Bangunan itu adalah karya Rusia.
          Roda2 kereta api kita sejak lama dipasok oleh Rusia. Dan jangan lupa, RI pernah jadi negara terkuat di bagian Selatan. Siapa yang memperkuat ? Yang jelas bukan USA.

          Apakah USA pernah membantu mengirim ratusan pespur ke RI dalam 1 dekade ? Nggak tuh.
          Apakah USA pernah kirim 12 kapal selam untuk bantu RI dalam 1 dekade ? Nggak tuh.
          Apakah USA pernah kirim 1 cruiser untuk bantu RI hadapi musuh ? Nggak tuh.

          Apakah USA sedang memompa minyak dari RI selama bertahun2 ? Ya.
          Apakah USA sedang mengeruk emas dan uranium dari Freeport ? Ya.
          Apakah USA yang pernah kirim beberapa lusin pespur pernah embargo RI ? Ya.

          Apakah US pernah bantu RI saat susah ? Ya saat tsunami Aceh dan Air Asia.

          Apakah Rusia pernah embargo RI ? Ya.

          USA dan Rusia sama2 punya sisi positif dan negatifnya. Namun pelajarannya kita jangan pernah menjunjung tinggi negara mana pun seolah2 lebih bagus dari yang lain.

          • GW SETUJU AMA LO bROOO

          • nah loh….bos gede turun nih…

            ..no 1…#Bagaimana pendapatmu tentang Freeport #

            apa kamu tau perjanjian sukarno dengan usa thn 60 an…
            yang membuat belanda kesal setengah mati sama usa…?

            no 2…bagaimana pendapatmu tentang Timor Leste dan minyak di Celah Timor ?
            apakah kamu tau perjanjian ford satu hari sebelum indonesia masuk tim tim…?
            apakah usa di ajak berunding pada mengenai celah timor..? masa berduaan saja uieeee..indonesia dan ausie…
            apakah kamu tau mayoritas penduduk indonesia bagian timur itu beragama apa..??
            dll deh

            no 3
            #Bagaimana pendapatmu tentang digundulinya kemampuan udara dan angkatan laut RI #
            ngak jelas oleh siapa…???
            kalau thn 60 han….itu uni sovyet menghianati perjanjian dengan indonesia ,dengan mengembargo spare part…semua alut sista…dengan alasan pemerintahannya ganti…ITU BELI LOH SENILAI 2 MILYARD $…itu harga dulu…kalikan dengan sekarang..
            kamu itu gimana sih bang…?

            jaman suharto..itu borong kapal perang ex jerman timur 30 an unit beserta ribuan roketnya…fregard dari belanda ..,kapal selam 2 unit,.korvet…dll,juga sky hawk dari istrael 40 an unit bang…, juga hawk 109/209 sebanyak 40 unit juga,itu termasuk pespur canggih pada saat itu bila dibandingkan sekarang setara dengan thypon…,juga f 16 a/b…itu thn 80 an sudah sangat canggih untuk kelas midium..
            gimana kamu bisa bilang digundulin…parah…kebanyakan ngitung…
            ha ha ha

            no 4…
            krismon 1998
            wah itu panjang ceritanya….
            pendek kata itu berkaitan dengan..
            timor timur,..indonesia mau beli f 16 tetapi di tolak..malahan si moko dpr bilang bisa beli dari lain tempat..maka di pesanlah su 27/30 mki..
            itu pesawat sangat canggih pada saat itu setara kita punya pakfa…
            nih dengar ..itu pesawat bila di taruh di kupang bisa menjangkau ausie,..,bila di taruh di riau..bisa mensapai seluruh asean….dll
            sedangkan sekutu inggris di asean belum ingin memiliki untuk pespur kelas berat
            nah…krismon itu karena BLBI yang pada kabur dan uangnya raib entah kemana…
            di tambah lagi kerusuhan dili….dan tuh si GEORGE SOROS…BIANG KEROKNYA dan di tambah lagi uang palsu tapi asli banyak beredar..katanya sih dari ausie…tempat indonesia cetak uang yg model plastik..tuh yg rp 100.000 an…..
            .ha ha ha
            dll panjang deh….kok nanya nya borongan..?

          • Bener banget itu bung…

          • #Uni Sovyet bantu untuk bangun stadion GELORA BUNG KARNO. Bangunan itu adalah karya Rusia.#
            MAKA USA PUN BERKATA…..SUDAH HANYA ITU SAJA KAH…?
            SEJAK JAMAN KEMERDEKAAN HINGGA KINI..??
            OUUU BAGAIMANA KITA TAMBAHKAN MONAS…,ATW GEDUNG SARINAH..??
            KM TAU APA NGAK ITU DIBANGUN..EMANGNYA ITU GRATISSSSSSSS..!
            HA HA HA

            #Roda2 kereta api kita sejak lama dipasok oleh Rusia. Dan jangan lupa, RI pernah jadi negara terkuat di bagian Selatan. Siapa yang memperkuat ? Yang jelas bukan USA.#
            OH YAHHHH..?? MASA ..? JADI SUDAH LAMA BELI DARI RUSIA..??
            JADI APA FUNGSI …I.N.K.A ….???
            KALAU YANG SEKARANG DI BANGUN RUSU DI KALIMANTAN ITU CUMA UNTUK MEMBANTU RUSU DARI KEHANCURAN EKONOMI…DAN ITU BAYAR….SEKALI LAGI BAYAR….BUKAN GRATIS….KAN INDONESIA BISA BIKIN REL..BAHAN BAKU BANYAK…DI KRAKATAU STEEL JUGA BISA..
            AGAR NETRAL…SAMA DENGAN INDONESIA BANTU BOING DARI KEBANGKRUTAN….HA HA HA
            NEGARA TERKUAT DI SELATAN…ITU BETUL…..KARENA INDONESIA BELANJA BESAR 2AN..2 MILYARD $ ITU THN 60 AN…KALIKAN DENGAN UANG SEKARANG..!
            SEKARANG JUGA BISA ….BESOK JUGA BISA,…AGAR INDONESIA MENJADI YANG TERKUAT DI SELATAN…YANG PENTING DUITNYA …!!!
            BELI 100 KS..BELI SU 35 1000 UNIT,.BELI 100 F 16…100 FREGARD..DLL
            TETAPI KHUSUS NUKLIR,F 22,B 1,B2,B3,…ITU DI LARANG…
            HA HA HA

            #Apakah USA pernah membantu mengirim ratusan pespur ke RI dalam 1 dekade ? Nggak tuh.#
            USA PUN BERKATA..
            APAKAH UANGNYA ADA..??
            DAN UNTUK DIGUNAKAN APA..?
            APA KEPERLUANNYA…?
            UNTUK KONFRONTASI DENGAN MALAYSIA ANAKNYA INGGRIS..?..NO WAYY…..
            SILAHKAN BAWA PULANG UANG ANDA..!

            HA HA HA

          • Ganyang beruk MALON

          • Apakah USA pernah kirim 12 kapal selam untuk bantu RI dalam 1 dekade ? Nggak tuh.
            # LAH NGAK DI BELI.. SIH……TUH SEPERTI C130 DI KASIH GRATIS TETAPI TUKAR DENGAN ALAN POP…HA HA HA
            BESOK JUGA LOE BISA BELI KS DARI JERMAN…JANGANKAN 12 UNIT..100 UNIT JUGA JERMAN OKE..!! ASAL ADA UANGNYA..TONG….,J

            Apakah USA pernah kirim 1 cruiser untuk bantu RI hadapi musuh ? Nggak tuh.
            EMANG PESANNYA SAMA SIAPA..???
            PARAH NIH…

            Apakah USA sedang memompa minyak dari RI selama bertahun2 ? Ya.
            ITU KERJA SAMA COY…BAGI HASIL..
            TUH SEKARANG DI NATUNA KERJA SAMANYA..KOMENTAR LOE APA..??
            KOK BUKAN RUSU GITU..?? HA HA HA
            Apakah USA sedang mengeruk emas dan uranium dari Freeport ? Ya.
            KATA SIAPA NGERUK EMAS…? ITU BAYAR…DAN GAJI PULUHAN RIBU PEGAWAI YANG BAYAR SIAPA GAJINYA…???!!! INDONESIA PADA SAAT ITU MUNGKIN SEKARANG JUGA BELUM BISA TEKNOLOGINYA,..COY….
            KAMU PIKIR HANYA FREEPORT SAJ AYAH YG BANYAK EMASNYA…TUH DI SUMATRA BARAT JAUH LEBIH BESAR DARI FREE PORT,..JUGA KALIMANTAN..,JAWA,BARAT,REJANG LEBONG BENGKULU..DLL..DLL
            SLOGAN ITULAH YANG BIKIN RAKYAT PAPUA MAU MERDEKA..! KARENA DIA PIKIR BILA MERDEKA AKAN KAYA RAYA…??..PARAHHH..

            Apakah USA yang pernah kirim beberapa lusin pespur pernah embargo RI ? Ya.
            PERNAH…DAN ITU ADA SEBABNYA….PANJANGGGGG DEH..,TIM TIM JG TERMASUK,

            Apakah US pernah bantu RI saat susah ? Ya saat tsunami Aceh dan Air Asia.
            OOWWW USA CS ITU NO 1 DULUAN..SINGAPURE,AUSIE,USA PAKAI KAPAL INDUK LOH…..,,RUSU HARI KEBERAPA YAH..?? ARAB JUGA NIH…HA HA HA

            Apakah Rusia pernah embargo RI ? Ya.
            ITU THN 60 AN..SUDAH BELI MIG KAPAL PERANG DI TINGGAL BEGITU SAJA…DENGAN ALASAN BEDA PIMPINAN INDONESIA..

            USA dan Rusia sama2 punya sisi positif dan negatifnya. Namun pelajarannya kita jangan pernah menjunjung tinggi negara mana pun seolah2 lebih bagus dari yang lain.
            ANDA SALAH…! YANG FAKTA SAJA DEH..ANDA BISA MAIN INTERNET BERKAT SIAPA..?? JUGA DOLAR MATA UANG DUNIA LOH…
            SETUJU ..SISI POSITIF DAN NEGATIF NYA…
            MAKANYA BERAT BAGI INDONESIA BILA BERMAIN DENGAN KIRI DAN KANAN..

            HA HA HA
            PEACE..

          • ekbis.sindonews.com/read/961702/39/awal-mula-freeport-keruk-emas-di-indonesia-1423384804

          • Yahudi rothschild zionis..
            m.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/kapitalis-amerika-komunis-rusia-dan-zionis-israel-berasal-dari-akar-yang-sama.htm

          • Upah untuk seluruh karyawan Freeport yang berkebangsaan Indonesia tidak sampai 1% dari keuntungan Freeport.
            Freeport bagi hasil ke Indonesia ? Hahahaha dari tahun 2003 – 2014 nggak bayar royalty tuh.

            http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/06/12/1135094/Bila.Sabar.Indonesia.Bisa.Ambil.Alih.100.Persen.Saham.Freeport

            Dia menambahkan, selama kontrak karya (KK) Freeport mulai 1967 dan diperbarui 1991, tidak banyak kontribusi yang ada dalam ekonomi Indonesia.

            Karena itu, pemerintah harus tegas menghentikan proses renegosiasi dan selanjutnya menghentikan kontrak tersebut pada 2021. Ada tiga alasan mengapa pemerintah perlu menghentikan kontrak.

            Pertama, Freeport telah menghina perundangan yang ada karena tidak mau membayar royalti 3,75 persen yang telah diberlakukan sejak 2003.

            Kedua, perusahaan ini gagal memenuhi kewajiban mengolah dan memurnikan mineral, dan hanya mampu memurnikan mineral sebanyak 40 persen dari total produksi. “Pembangunan smelter kewajiban mereka. Kelalaian terlambat membangun kok dikaitkan dengan perpanjangan kontrak,” ujar dia.

            Ketiga, soal investasi tambang bawah tanah senilai 15 miliar dollar AS hanyalah strategi Freeport agar tetap bertahan di Indonesia. Padahal, investasi yang dikeluarkan tidak secara langsung, tetapi bertahap dengan jumlah sekitar 1 miliar dollar AS per tahun.

            Soal Gas Natuna ?
            Exxon mobile dari tahun 1995 – 2005 Indonesia hanya terima nol persen alias nihil.
            Indonesia hanya terima pajak saja, bukan share hasil gas natuna.

            https://bisnis.tempo.co/read/news/2006/11/02/05686990/indonesia-exxonmobil-negosiasi-ulang-kontrak-natuna

            TEMPO Interaktif, Jakarta:emerintah Indonesia dan ExxonMobil Oil Indonesia melakukan negosiasi ulang kontrak pengembangan blok gas Natuna D Alpha.

            Tujuan negosiasi itu, menurut Kepala Badan Pengelola Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (BP Migas) Kardaya Warnika, agar syarat kontrak menjadi lebih baik untuk pemerintah dibandingkan kontrak lama yang ditandatangani pada 1995 lalu.

            Dia menjelaskan saat ini sudah sudah mulai pembicaraan untuk negosiasi kontrak baru tersebut. “Kami mau ada term kontrak lebih baik termasuk soal split (bagi hasil),” kata Kardaya di Jakarta kemarin.

            Dalam kontrak lama, bagi hasil yang diperoleh ExxonMobil 100 persen dan pemerintah nol persen. Pemerintah hanya mendapat bagian dari pajak yang disetor ExxonMobil.

            Kardaya membenarkan awalnya ada tiga opsi yang diajukan pemerintah soal keputusan akhir kontrak Natuna. Pemerintah berpendapat kontrak berakhir sejak 2005 dengan masa perpanjangan bersyarat selama 2 tahun sedangkan ExxonMobil bersikukuh berakhir pada 2009.

            Soal INKA ? INKA hanya bisa buat gerbong saja dan tidak buat roda. Roda masih impor sampai sekarang.

            http://finance.detik.com/read/2015/11/25/124936/3080148/1036/ri-baru-bisa-kuasai-40-komponen-kereta-api

            Roda diimpor dari Cina, Jepang dan Eropa (tidak disebut Eropa yang mana, Rusia adalah Eropa timur), sedang akhir tahun 1990an dan awal tahun 2000an saya pernah bantu urus shipment roda kereta dari St. Petersburg , Rusia.

        • Bicara nya carin belepotan..
          Rin dimana bumi dipijak di situ langit di junjung….
          Saya setuju komunis itu tidak bagus, sama sprt keturunanya org cina…
          Smp langit runtuh gk bakalan dukung keturunan cina…
          Kikuk kikuk….
          Jangan bikin konflik adu domba dgn motif agama,dan paham komunis… Saya juga gk suka sama yg namanya keturunan cina komunis….
          Hehehehe….

      • ebujug! mimpi apaan nih bung @Theyownitall turun gunung, salam bung

  15. carin…. mana carin….

  16. Yaaahhh…..setidaknya anggarannya besar….bs bebas menentukan pilihan alutsistanya….

    Yg pasti semua pasti iri dan kepingin dng anggaran militer sebesar itu…

    Semoga indonesia bs terbanyak d asean…

  17. Rindu banget 17 agustus sebentar lg…
    Negeri ini merdeka atas perjuang seluruh rakyat indonesia. Bukan atas dasar bantuan asing/ hadiah asing…
    350 tahun di jajah…. Berapa kuat perjuang kakek, engkong, kita dulu untk anak cucu nya, rela berkorban tumpah darah….

    Baca buku mengenai sejarah sekarang yang di besarkan berkat jepang di jatuhi bom atom…
    Maka indonesia merdeka….

  18. @aditya Ane cukup setuju dngn pendapat ente. Kalo ditanya negara paling kuat militer ny jujur ane kagak tahu karna banyak faktor yg mempengaruhi tp kalo ditanya militer mana yg paling siap tempur jawaban ny amerika.

  19. Ni baru artikel bagus,..to admin post artikel jangan pendek2, tengkyu

  20. iya bagi ane amerika offensive pasti tujuanya buat melindungi jalur ekonomi. keluar anggaran untuk riset teknologi hal yang wajar gagal atau berhasil. iya gagal jadi barang museum. berhasil -> bisa jadi alat perang. turunan riset teknologi militer juga banyak yang di jadikan komersil. dahulu internet juga hasil riset pertahanan amerika. gps juga hasil riset pertahanan amerika. awal mula bahan baku senjata nuklir di buat untuk jadi senjata. sekarang bisa di gunakan di bidang kedokteran, pertanian, dan sumber energi. tanpa perang dingin amerika, dan rusia kemajuan teknologi juga gk bakal berkembang sampai sekarang.
    hal yang memberatkan suatu anggaran pertahanan adalah biaya operasionalnya dan itu sudah jadi suatu hal yg lumrah. sama halnya buat anak keluar duit buat mengurus anak.

    imho..

  21. Ijin nyimak bung Theyownitall….. komennya ntar ajah… 🙂

    Salam Sejahtera…

  22. Anggaran militer asu yang besar sebagian besar untuk membiayai biaya operasional mereka sebagai polisi dunia. Hal ini tidak terlalu berpengaruh thd perekonomian mereka karena asu bisa mencetak uang sebanyak yang mereka mau tanpa mengurangi nilai mata uang mereka karena dollar mjd mata uang dunia shg permintaan akan dollar akan sangat banyak kecuali bila ada pesaing dollar. Anggaran militer asu juga sebagian besar digunakan untuk membiayai proyek2 militer di amerika sendiri shg akan menopang GDP mereka juga makanya GDP amerika sebagian besar di topang oleh industri militer mereka apalagi industri militer mereka juga banyak yang diekspor ke negara lain.

  23. Bacaan bagus sambil makan siang, Bagus nih bung Diego.
    Coba ah , beli buku2 analisisnya pak Dimitri.

    😀

  24. Execellen!!!,ya doler tinggal cetak,kita butuh T.O.T bikin uang dolar bisakah? Rahasia dari rahasia itu tdk ada kcuali bikin uang.# senjata ofensif lbih pasti mahal dari difensif# di sepak bola NETHERLAN tu total foot ball,nyerang terus tp ga pernah jd juara dunia,beda dgn ITALIA yg catenacio.brpa x nya itali juara dunia?

    • itu dia center of gravity dari seluruh kedigdayaan Amerika. US$ nya!
      Militer terbesar adalah perisainya, dan intel yang masif adalah tombaknya.

  25. satu lagi pengeluaran anggaran militer besar untuk riset teknologi adalah pemenang bagi negara itu karena dia yang memiliki kunci teknologinya. berbeda dengan negara yang mengeluarkan anggaran besar hanya untuk membeli dan membeli hal hasil jadi pecandu. habis perkara juga kalau suatu saat di embargo dan jadi macan ompong yang gk ada taringnya. soal senjata modern juga gk selalu hardware yang di tonjolkan tanpa software pun gk bakal berjalan itu senjata. sekarang riset teknologi yang lagi di kembangkan itu jet tempur tanpa awak, tank tanpa awak, robot, laser, dll.

    imho………….

  26. Menurut ane anggapan bahwa usa tinggal mencetak dolar se enak udele adalah keliru.usa juga menjaga rasio dolar di pasar tetap stabil kalo tdk mangapai susah2 the fed menaik-turunkan suku bunga seperti hal nya di indonesia yg di lakukan oleh BI.just imho

    • Betul bung tiap mata uang ($) yg dicetak harus diimbangi dgn jumlah simpanan emas sbg deposito (cadangan nya) utk menjaga likuiditas. Jadi ga bisa sembarangan asal cetak bisa inflasi nanti. Sorry imho

  27. Persenjataan yg efektif adalah ketika kita tau kemampuan terbaik yg diberikannya.. ketika kita bilang anggaran mliliter terbesar gak efektif dan buang2 duit juga salah, sepeti penemu yg mesti melakukan ribuan atau piluhan ribu kegagalan hanya untuk satu kali keberhasilan itu saya paham. Buktinya kita sekarang bisa menikmati hasil penemuan tsb. Sekarang penggunaannya yg menjadi perkara awal efektifkah??? Mngkn amiriki belum beruntung menemukan keberhasilannya ketika dia berhasil yg buat ni artikel pasti coli ditempat umum.. khikhiki..

  28. MANTABSS Tulisan yg sangat berisi…, jempol dah bwat penulis
    Makanya Korut setius hanya membangun rudal2 yg mengerikan Alutsistanya kuno2 semua tapi Rudal Balistik dan antar benuanya sangat mengerikan… cukup biaya in tidak semahal F22 fighter dah bisa ngancurin 1 kota.

    Alutsista yg mumpuni bukan berarti yg mahal tetapi yg tepat guna

  29. @joss gandoss ini misal jika usa akan melakukan serang ke negara yg mempunyai kompleks rudal strategis apa tdk dimasukan sebagai sasaran utama terlebih dahulu termasuk komplek nuklir , gudang senjata,bandara udara dll ingat usa memiliki beberapa bomber siluman jarak jauh dan perlu di ingat juga usa juga memiliki rudal strategis loh.dan untuk satelit ane kira akan dibunuh usa dengan drone x(ane lupa seri ny) apakah ente masih bersandar ke satelit jika satelit kita dibunuh/dibajak?ane kira tdk.just imho

    • Itulah pentingnya menjaga informasi tentang jenis, jumlah dan letak/posisi kekuatan militer. Lapangan udara mudah dideteksi dan pelabuhan mudah diketahui dari angkasa. Langkah pertama lawan tentunya memastikan dominasi udara sebelum melancarkan serangan konvensional, itulah sebabnya gue selalu menekankan pentingnya perkuatan arhanud dengan pertahanan udara maksimal ditunjang perkuatan armed (termasuk pertahanan pantai sekelas bastion) untuk menggerogoti jumlah lawan yang datang secara konvensional. Dengan kekuatan arhanud yang hebat, mustahil lawan bisa menerobos lewat jalur udara dan melakukan pelemahan dengan membom objek-objek strategis. Masalah satelit okelah jika untuk sekarang baru Rusia dan China yang coba mengembangkan rudal yang bisa merontokkan satelit, artinya jika lawan coba-coba ganggu satelit, Rusia/China juga bisa ganggu satelit lawan dan memaksa mereka melakukan perang “tradisional” dimana jelas Rusia dan China menang dari segi jumlah

      • Ada yang bilang Indonesia itu damai, siapa musuh kita? Emang bakalan perang? LCS? Semua berhati2 untuk bersikap di depan negara2, hanya yang gebleg kaya China yang nantang terang2 an, kita? Diplomasi number one? Terlalu bertele2 masalah pertahanan, tugas berat sebagai negara berkembang mengorbankan sisi pertahanan, hingga suatu saat sadar dan sadar ketika perang di hadapan, saya si gak Bolang harus akuisisi secepatnya, saya hanya bilang kuasai teknologinya, silakan infrastrukturnya latih dan kembangkan sdm nya, kita produksi sendiri!

  30. @andre ane kira yg paling ditakuti sekutu bukan nuklir korut ny tp senjata kimia/biologi korut,kalo untuk rudal balistik itu yg untuk sarana angkut saja.

  31. kita terkuat ngutang….tapi waktu bayar utang dengan cara meras rakyat lewat kenaikan harga,inflasi dll….maknyuskan???

  32. maaf,,maaf sebelumnya.menurut ku,analisa mr.orlov adalah keadaan yang di setting USA untuk dikonsumsi publik.keadaan sesungguhnya adalah dinamis dan hari esok biarkan tetap misteri,jangan sampai NKRI mau mengikuti keadaan yang sudah diketahui hasil akhirnya oleh MEREKA.salam

    • boleh jadi anda benar, namun bisa juga sebaliknya. Seandainya ada yang berpikir, betapa penuh dedikasi dan gigih nya para penyusup dari eropa timur. 🙂

  33. artikel yg berkualitas dan benar sesuai dengan kenyataan

  34. wkwkwwk..asu byk habiskan dana tuk perang dan jadi hansip dunia..wkwkw

  35. Dengan begini kita tau kalo amerika kurang efektif dalam menggunakan anggaran militer mereka, banyak gak manfaatnya dari pada manfaat.

    Dan sukanya mengobrak abrik negara yang tidak berdaya demi eksistensi mereka, alias ingin menguasai seluruh wilayah di jagad ini.

    Dan ketika mereka atau personil amerika terdesak, HAM lah yang jadi perisainya.

    • saya yakin, TNI dan pemerintah kita, telah memahami center of gravity si Amerika dan sekutunya maupun cina. Bisa kita lihat sikap mereka yang berubah belakangan ini.
      Dan, keadaan kita yang masih hidup damai di dalam NKRI kita.

  36. Waduh Dmitry orlov cuma nyebut iran antara negara militer kuat kenapa dia cuekkin ndon aja nih… sia2 aja ane menganggap negara indon sebagai super power seperti di koar koar rakyatnya.. ternyata dicuek ama dmitry orlov aja… apa dia ngak sadar ndon juara menembak dunia nih.. tantera ndon yang mewakili ndon di olimpik brazil aja udah nyapu 10 medali emas, apa dmitry belum lagi sadar kah kah kah

    • Manusia kalo dalam otak isinya cuman pisang ya seperti ini…..

      Sama sekali ga ada yang menghina…. eh dianya malah kek cacing kepanasan sendiri….
      C A C A T….

    • OTAK BERUK MALON GAK ADA YANG BENER, CACAT SEMUA OMONGANNYA AJA GAK JELAS BEGINI

      CEPAT SANA TANGKAP NELAYAN CINA GIH DASAR BERUK MALON BODOH KAH KAH KAH

  37. Hemm knapa yah kamu org malay? kami tidak mengganggu anda tapi anda mengusik kami? maksud lu apa? lu jual gw beli!!!

  38. HAHAHAHA ORG MALAY YG MALANG LO LIAT GA TUH INDONESIA URUTAN 21 DLM PEROLEHAN MEDALI DI OLIMPIADE SEDANGKAN KALIAN TUH MALAYSIA 0 ZERO MEDAL, EMPTY … EMOSI LIAT ORG DONGO KEK GINI

    • penting yaa medali itu?
      penting yaa olimpiade olimpik
      bodoh
      dunia udah tua masih mau bilang penting medali

      • DUNIA SUDAH TUA YANG MALON MASIH JADI MALING TERBESAR DUNIA ITU BAGAIMANA

        KALAU TIDAK PENTING MALON TIDAK USAH IKUT OLIMPIADE , IKUT SAJA LOMBA MAKAN PISANG TERBANYAK DUNIA KAH KAH KAH

        MALON NEGARA BODOH TOTAL

  39. nih buat jiran kita agar mulai melek matanya. nak jimat ato takde wang kah kah kah kah kah

    Pasar Ritel Malaysia Tumbang
    Selasa, 9 Agustus 2016 | 07:00 WIB

    KUALA LUMPUR, KOMPAS.com – Tertundanya pembukaan beberapa mal dan tumbuhnya e-commerce membuat pengalaman berbelanja di Malaysia mulai terlihat suram dari biasanya.

    Pemandangan terkait kondisi pusat perbelanjaan di Malaysia berada di persimpangan dengan mal-mal baru tertunda pembukaannya dan ditutupnya mal lain secara bersamaan.

    Hal ini menunjukkan kondisi dan situasi ritel Malaysia disebut-sebut seperti kembali ke krisis keuangan Asia pada akhir 1990-an.

    “Setelah 1998 banyak hal kembali cukup cepat tetapi untuk sekarang ini adalah yang paling sulit. Ada lebih banyak variabel, lebih banyak kompetisi dan isu-isu kelebihan pasokan. Jadi ini akan menjadi pekerjaan yang jauh lebih sulit,” jelas Direktur Savills Malaysia Allan Soo.

    Di sepanjang semenanjung, kombinasi mematikan antara konsumen yang berubah-ubah dan kelebihan pasokan ruang ritel merugikan operator mal.

    Meningkatnya minat belanja online juga nampaknya memberikan pengaruh cukup besar pada pasar ritel di Malaysia.

    Di Kuala Lumpur, Melati Mall, sebuah pusat belanja senilai 670 juta ringgit hasil patungan antara Sime Darmy Property Bhd dan CapitaLand Malls Asia akan menunda pembukannya yang dijadwalkan pada tahun ini menjadi kuartal II-2017 nanti.

    Sementara itu di Penang, Perda City Mall ditutup dalam waktu singkat dan hanya memberi waktu sehari bagi para penyewa untuk menutup tokonya. Mal ini hanya beroperasi selama 18 bulan.

    National Property Information Centre melaporkan kelebihan pasokan menghantui pasar ritel Malaysia. Sekitar 150,5 hektar ruang ritel sedang dikembangkan di seluruh Malaysia dan sebanyak 1.383 hektar saat ini sudah eksis.

    Akan tetapi, tingkat hunian rata-rata untuk mal di Kuala Lumpur dan Selangor ada di angka 82 persen dan 79 persen pada 2015. Angka ini turun bila dibandingkan tahun 2014 yang berhasil mencatatkan 83,2 persen dan 81,7 persen masing-masing.

    Bukan hanya itu, rata-rata sewa per bulan juga turun menjadi sekitar 133 ringgit atau Rp 433.000 per meter persegi per bulan dari sebelumnya 144 ringgit atau setara dengan Rp 469.000 per meter persegi per bulan.

    Selain itu meningkatnya e-commerce juga semakin memperburuk pasar ritel di Malaysia. Sebuah survei di sana baru-baru ini menunjukkan, setengah dari pembelanja Malaysia membeli sesuatu secara online setidaknya sebulan sekali dan hanya 7 persen responden yang tidak pernah berbelanja online.

    http://properti.kompas.com/read/2016/08/09/070000121/Pasar.Ritel.Malaysia.Tumbang.?utm_source=RD&utm_medium=box&utm_campaign=kpoprd

    • warga malaysia sekarang lebih suka duitnya diinfak ke masjid,pesantren guna untuk bangun sekolah agama
      duitnya banyak diguna untuk wakaf
      krna di malaysia rakyatnya udah tau bumi udah tua.
      mereka mencari harta akhirat buat bekal.

  40. Amerika itu licik siapa yang tahu media? Siapa? Segudang yang mereka sembunyikan, baru muncul ketika perang dengan lawan yang seimbang. Cost effective!

  41. bang Carin mbok ya yg simpel ajah, mang gak capek ngetik buanyak gituh, intinya yg didapat n diberikan asu ke Indonesia sebanding gak?, sebenernye kacau jg klo ada 2 Adi daya, tp klo sang Adi daya arogan gitu ya smua Negara jg ogah,,, pis lah

  42. Orang kaya ngeluarin duit gak terlalu mikir… yang penting keinginan tercapai, bagi yg duitnya cekak mungkin nganggap itu adalah hal yg boros atau berlebihan.

  43. AS SEBENARNYA KUAT PADA KELICIKANYA DENGAN MEMBANGUN AGEN CIA TERBUKTI MAMPU MEMECAH BELAH NEGARA BAHKAN SEBESAR SOVYET JADI RUSIA, TPI ITU DULU BEDA DENGAN SEKARANG, KINI GILIRAN AMUKAN SI BERUANG KANG PUTIN YG BAKAL NGOBOK OBOK NEGRI PAMAN SAM HINGGA ANCUR BERKEPING KEPING DENGAN CAKARNYA, LIHAT AKSINYA SUDAH TERLIHAT JELAS EROPA MULAI PECAH, ANGGOTA NATO SUDAH TIDAK SOLID, TERAHIR TINGGAL NUNGGU KANG PUTIN KLIK TOMBOL MERAH TROPOL… BOOOMMMMM… BERAHIR KEDIGJAYAAN AS…..

    • Apakah kami menentang ??
      Menurut kami… itu adalah keseimbangan.
      Jika Anda menggunakan situasi saat ini, mengaduk histeria untuk mengisi anggaran Anda sehingga mendapatkan keuntungan tambahan – itu adalah masalah Anda… Yang ingin saya katakan, hentikan mengintimidasi penduduk Anda… Kami ingin rekan-rekan barat kami berhenti pada beberapa titik dan memahami bahwa kami terbuka dan siap untuk dialog persuasi dan dialog miliiter, demikian pemimpin Rusia memperingatkan usa.

  44. gk ada yg kuat dan abadi di dunia ini..!!!
    begitu TUHAN murka!!.. jangankan kapal induk yg canggih sekalipun..
    kerajaan firaun sj binasa…
    INGAT.. INGAT.. INGAT..

  45. Anggaran militer terbesar#Militer terkuat..ya pastilah..tp belum tentu yg terhebat dan tak terkalahkan.!!!???..Buat RI sy rasa hanya cukup KEAJAIBAN.
    INDONESIA MERDEKA karena hasil dr keajaiban dan selamanya akan tetap berjalan pada keajaiban…Strategi terbaik yg susah terbaca dan dikalkulasi oleh lawan..Karena berjalan pada jalan yg samar..(Asal usul kejadian adalah kunci dr tercapainya semua tujuan).

    Edisi#Nglantur..hehehe
    Sekedar pingin coment pada artikel bung@theyow..salam

  46. males mau komen,, tp ane setuju dgn pendapat Dmitry Orlov Faktanya mamarika perang lawan vietnam kalah titik,..

  47. Ngaku negara paling kuat.
    Perang melawan Vietnam buktinya dia hengkang..