Feb 062017
 

Kapal induk USS Enterprise (CVN 65), telah dinonaktifkan melalui upacara yang diadakan di Hangar Bay. Upacara pada 3 Februari lalu tidak hanya menandai berakhirnya karir dari kapal tersebut selama hampir 55 tahun, juga sekaligus sebagai penonaktifan kapal induk bertenaga nuklir pertama. (Navy Recognition, 05/02/2017)

“Untuk semua yang diwakili USS Enterprise bagi bangsa ini, adalah orang-orang yang membawa kapal ini untuk hidup”, kata Beltz. “Jadi saat saya berdiri di atas kapal yang begitu kita sayangi, saya merasa waktu yang tepat untuk menggaris-bawahi kontribusi dari ribuan pelaut dan individu yang terus menjaga kapal ini tetap hidup dan membuat reputasinya. Kita adalah ‘The Big E'”.

USS Enterprise adalah kapal angkatan laut ke-8 dengan nama tersebut. Kapal induk itu dibangun oleh Newport News Shipbuilding Co dan diresmikan pada 24 September 1960 oleh Bertha Irene Franke, istri mantan Sekretaris Angkatan Laut William B. Franke. Kapal itu memasuki laut pada tahun 1961 dan telah berlayar lebih dari 1 juta mil laut menggunakan tenaga nuklir di seluruh karirnya selama lebih dari 50 tahun.

Laksamana Muda Bruce Lindsey, komandan Naval Air Force Atlantic, menggunakan pengalaman pribadinya selama di kapal induk USS Enterprise yang menekankan kemampuan beradaptasi yang tak tertandingi dan kemampuan kapal ini serta semua kapal induk bertenaga nuklir.

“Seseorang tidak dapat mempengaruhi peristiwa dunia jika Anda tidak di stasiun dan tinggal di stasiun, dengan kata lain akam menjadi penting, ketika saatnya tiba”, kata Lindsey. “Kapal induk bertenaga nuklir sangat tangguh dan tidak ada negara lain yang bisa menandingi kita dalam hal ini”.

“Atas pensiunnya kapal ini, kita tahu kenangan akan tetap hidup di luar sana dan para pelaut, pembuat kapal, para pendukung Enterprise yang menghubungkan kepada Enterprise berikutnya”, kata Beltz.

JakartaGreater

Artikel Terkait :

  12 Responses to “Angkatan Laut AS Nonaktifkan Kapal Induk Bertenaga Nuklir Pertama”

  1. Ini kapal induk sudah umur nenek nenek tetep ngeri aja. Tua keladi tapi dipaksa masuk panti jompo..

  2. login lg eyy..

  3. di loakin gak ya…???

  4. apa Indonesia mau dapat limpahan /hibah kapal induk ini?????

  5. Boleh dibeli ga?

  6. Memang utk urusan kapal induk amerika tdk tertandingi, tp utk urusan icbm nuklir rusia dan china rajanya….jadi siapa lbh dirugikan, kapal induk di nonaktifkan atau rudal icbm nuke?? Krn rudal icbm nuke ss 18 satan dan tsar bomba juga sdh dipensiunkan oleh rusia, bahkan tdk prnah diuji coba krn berdampak fatal thd atmosfer bumi!,,

  7. Dicopot nuklirnya…Bebas nuklir diganti diesel biasa yg penting jalan,Kalo dibeli Indonesia..Untuk ditempatkan dititik pertahanan lautan..Distandbykan saja disitu,gak usah kemana2..Bisa untuk pos pertahanan/pos pengawasan kelautan,..Untuk penyimpanan hasil laut dilautan..Banyakin lemari es nya..(bisa jadi TPR dilautan)..Edisi berkhayal…hahahaha…Kalo murah harganya…

  8. dipensiunin dong kan u-es-e udah move on ke katapel elektromagnet.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)