Mar 032017
 

Angkatan Laut Amerika Serikat memesan 7 unit pesawat tempur EA-18G Growler dan 5 unit jet tempur F/A-18E Super Hornet dari Boeing dalam kontrak senilai US $ 678.600.000.

Kesepakatan itu juga termasuk kit pernika (peperangan elektronika), kemungkinan adalah Next Generation Jammer (NGJ). Solusi NGJ buatan Raytheon dipilih oleh Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 2013 untuk menggantikan warisan siste ALQ-99 yang digunakan pada pesawat serang elektronik EA-18G Growler.


EA-18G Growlser dari Skadron Serangan Elektronik “Shadowhawks” (VAQ) 141

Tentang Super Hornet

Dalam pelayanan Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) sejak bulan Juni 2001, F/A-18E/F adalah pesawat temput multirole bermesin ganda. Selain AS, Super Hornet telah dibeli oleh Australia, yang membeli 24 unit pesawat tempur pada bulan Mei 2007 untuk Angkatan Udara Australia.

Pesawat tersebut juga telah dibeli oleh Kuwait baru-baru ini dalam penjualan militer asing potensial bernilai milyaran dollar, sementara Kanada berencana untuk membeli 18 unit interim pesawat F/A-18E/F yang bermaksud untuk menggantikan armada tempur.

Tentang Growler

Boeing EA-18G Growler adalah pesawat pernika (perang elektronika) berbasis kapal induk, merupakan versi khusus dari F/A-18F Super Hornet berkursi ganda. EA-18G menggantikan Northrop Grumman EA-6B Prowlers dalam pelayanan Angkatan Laut Amerika Serikat.

EA-18G mengintegrasikan kemampuan canggih serangan elektronik udara, dikembangkan dan diproduksi oleh Northrop Grumman. Dengan kemampuan serangan canggih, termasuk persenjataan mutakhir, sensor dan sistem komunikasi, yang terpasang pada pesawat F/A-18 Super Hornet.

Growler Blok 2 dilengkapi dengan radar multi-mode APG-79 dengan modus deteksi pasif dan penindasan radar aktif, radar penerima peringatan digital ALQ-218 (V) 2 dan penanggulangan dispenser ALE-47.

Boeing telah mengirimkan 100 unit pesawat tempur EA-18G Growler hingga bulan Mei 2014. RAAF memesan 12 unit pesawat tersebut pada bulan Juni 2014. Yang pertama telah disampaikan kepada RAAF pada bulan Ferbuary 2017.

Navy Recognition

Artikel Terkait :

  6 Responses to “Angkatan Laut AS Pesan “Super Hornet” dan “Growler” dari Boeing”

  1. Pertamax

  2. Wkwkkw pesawat santet modern..

  3. Bisa ngak ya ilmuwan kita membuat anti jamming dari growler buatan mamarika ini ya

  4. Saya penasaran dengan Boeing EA-18G Growler ini…
    tapi intinya akan sangat membantu mengurangi determinasi lawan
    F35 mengkoordinasikan informasi dan integrasi taktik strategi
    F18 super hornet sebagai eksekutor.

    team work… terintegrasi.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)