Jan 232017
 

Menurut Angkatan Laut Cina (PLA Navy), pada hari Minggu (22/01/2017) telah menugaskan kapal perusak (destroyer) Xining bernomor lambung 117 dan bergabung bersama Armada Laut Utara China. Kapal ini sekarang bermarkas di Qingdao Naval Base yang terletak di provinsi Shandong Utara, sebelah timur China. Destroyer Xining adalah kapal kelima dari Kunming-Class Tipe 052D.

Kapal pertama dari destroyer Tipe 052D (kelas Kunming), ditugaskan bulan Maret 2014 dengan nomor lambung 172. Kemudian destroyer Changsha bernomor lambung 173 bergabung dengan AL China pada bulan Agustus 2015. Destroyer Hefei bernomor lambung 174 bergabung dengan AL China pada bulan Desember 2015. Sedangkan unit keempat, Yinchuan bernomor lambung 175 ditugaskan pada bulan Juli tahun ini.

Navy Recognition melaporkan bahwa 3 unit destroyer Jenis 052D diluncurkan pada tahun 2015 dan tiga unit lagi diluncurkan pada tahun 2016.

Empat unit kapal pertama dari kelas ini bergabung dengan Armada Laut Selatan dan bermarkas di Yulin Naval Base yang terletak di Teluk Yalong, Pulau Hainan.

Destroyer Xining (117) Tipe 052D ditugaskan pada 22 Januari 2017 (Foto: Weibo)

Setidaknya 14 unit destroyer Tipe 052D diharapkan akan dibangun untuk AL China oleh dua galangan kapal, yaitu galangan kapal Jiangnan-Changxing dan Dalian Shipbuilding Industry Company.

Destroyer Kunming-Class Tipe 052D (Luyang III) adalah generasi terbaru dari kapal perusak dipandu rudal (DDG) dari Angkatan Laut Cina. Kapal ini didasarkan pada pendahulunya, yaitu DDG Tipe 052C dan kemungkinan memiliki lambung yang sama. Namun Tipe 052D menggabungkan banyak perbaikan dalam hal desain serta sensor dan persenjataan. China menganggap kapal perusak kelas baru ini setara dengan kapal perusak AEGIS buatan Amerika Serikat.

JakartaGreater

Bagikan Artikel:

  17 Responses to “Angkatan Laut China Menugaskan Destroyer Xining”

  1. nyaris pertamaxxxxx……..kalah sama bung ubed-x

  2. Parah, Si chinok niat bener pengen jadi Negara raksasa militer :D
    Kira2 impor beras chinok di tahun 2017 berapa juta ton yah? :D

  3. menunggu berita….
    “TNI AL menugaskan destoryer peter class dan iver class ke perbatasan tegal cirebon…hehehe”

    • belum bisa mencerna sebenarnya,,
      pembelian ini akan selalu dikaitkan dengan anoa..
      secara kualitas jelas pandur II.. karena sejatinya memang dirancang dari platform APC.

  4. Ayolah Pak Menhan,pesanlah kapal Destroyer untuk TNI AL,gaj usah banyak banyak.cukup 12 unit aja.

    • Untuk negara yg bersifat “bertahan” seperti RI, lebih baik perbanyak Kasel, karna kasel adalah senjata paling ampuh untuk menghancurkan kapal2 permukaan seperti Destroyer, apalagi jika pake kasel yg sangat silent seperti Kilo 636.
      Jika Destroyer dilawan dengan Destroyer sepertinya kurang efektif.

  5. Alarm bagi negara Asia terbesar di Pasifik utk segera menyiapkan Destroyer nya pula

  6. Sinyal bahaya buat Jepang dan Korea Selatan yang sudah memiliki destroyer lebih dulu.

 Leave a Reply