Feb 092017
 

“Kami tidak percaya bahwa kekuatan Angkatan Laut India dapat secara efektif menantang operasi reguler Angkatan Laut AS di Samudera Hindia, setidaknya sampai abad berikutnya”, menurut dokumen yang diterbitkan oleh Badan Intelijen AS (CIA). (Defence News)

Armada Angkatan Laut Amerika Serikat. (Foto: US Navy)

Namun, laporan tersebut menyebutkan bahwa “Indian akan dapat memantau pergerakan Angkatan Laut AS lebih baik dengan menggunakan jet tempur MiG-29 Fulcrum dan kapal selam bertenaga nuklir buatan Rusia, namun tidak akan segera mengembangkan kemampuan untuk membayangi penggelaran armada AS secara teratur.

Meskipun di dukung oleh klaim Mauritius untuk Diego Garcia, India masih belum menunjukkan kecenderungan untuk menantang kehadiran Angkatan Laut AS di sana kecuali dengan alasan diplomatik.

Dalam penilaian kami, Angkatan Laut India tidak cocok untuk melakukan operasi penyebaran reguler seperti yang dilakukan Angkatan Laut AS ataupun Angkatan Laut Perancis di Samudra Hindia dan akan sulit untuk menekan ataupun menantang gugus tugas Rusia atau Australia yang akan sering hadir.

Dalam perang India-Pakistan, kami percaya bahwa Indian akan mencoba untuk membatasi campur tangan asing melalui operasi Angkatan Laut yang agresif di wilayah yang berdekatan dengan pantai, termasuk melakukan blokade laut dari Karachi, untuk mencegah dan bahkan mencegat dukungan maritim untuk memberi bantuan ataupun pasokan kepada Pakistan, demikian isi dokumen tersebut.

Namun, “dalam penilaian kami”, lanjut isi dokumen itu, “Angkatan Laut India dapat mempertahankan perairan yang bersebelahan dengan negaranya dan menjaga kepentingan maritim terhadap ancaman dari negara-negara tetangga, tetapi tidak dapat melakukan operasi dengan proyeksi kekuatan kredibel yang sangat jauh ke wilayah Samudera Hindia”, tutup laporan dalam dokumen itu.

JakartaGreater

Artikel Terkait :

  8 Responses to “Angkatan Laut India Menantang Operasi AS di Samudera Hindia?”

  1. Ayo ayo Bollywood,bikin sinetron dong di Samudera Hindia,biar tambah rame dunia ini.hehehe

  2. Setuju ma analisanya .. Laaah india

    Itu jalan ma pembangunan ja masih timpang langit ma bumi .. antara pusat n daerah .. mau hadir reguler

    Kan mirip sini, yang penting bombastis, fantastis n erotis .. yg penting keren dulu, deploy nya sebulan sekali lah yg deket2 n ngecat sandar ja .. jarang kelaut

  3. Itu laut knp warnanya item buanget ya? Jgn2 ini yg dinamakan laut mati, krn udah ga ada darahnya dan jd kaku….xixixiii

  4. Sudah seminggu ini pespur F16 yang di lanud soewondo medan membuat telinga sakit,,tidak sprti biasa nya,,ada apa gerangan??????

    Maaf sdkit melenceng dari tofik 😀

  5. Itu di foto apa masih ada F 14 Tomcat nangkring? Bukannya tomcat seluruhnya sudah dipensiunkan? Ini foto lama kali y Min?

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)