Feb 052017
 


MOSKOW – Angkatan Laut Rusia akan menerima sekitar 30 unit pesawat anti kapal selam (ASW) Ilyushin Il-38N upgrade (NATO: Mei) dalam waktu dekat, kata Kepala Naval Aviation Rusia, Mayjend Igor Kozhin. (Navy Recognition, 05/02/2017)

“Pengembangan pesawat anti kapal selam (ASW) Ilyushin Il-38N berdasarkan pada desain pesawat Il-38 sebagai area yang menjanjikan”, kata Kozhin.

“Pesawat canggih ini dilengkapi dengan sistem Novella yang akan meningkatkan kemampuan pesawat dalam mencari kapal selam hingga empat kali lipat dan dapat menyelesaikan tugas pengintaian dan penetapan sasaran”, tambahnya.

“Ada rencana untuk meng-upgrade sekitar 30 unit pesawat Il-38 untuk Angkatan Laut Rusia dalam waktu dekat”, katanya.

Menurut dia, kru udara dan kru darat akan belajar untuk mengoperasikan dan servis pesawat Il-38N di Pusat Pelatihan dan Pekerjaan Tempur untuk personel penerbangan Naval Aviation Rusia di Yeysk, Rusia selatan.

Pesawat Il-38N upgrade dilengkapi dengan sistem pencari dan pelacak sasaran Novella yang dapat mendeteksi target udara pada jarak hingga 90 km dan target permukaan pada jarak hingga 320 km. Sistem ini dapat melacak hingga 32 target di permukaan dan di bawah laut secara bersamaan.

Pesawat ini juga dilengkapi dengan sonobuoys generasi baru dan pencitraan termal. Pesawat Il-38N juga dapat mengirimkan Sinyal Intelijen (SIGINT) dan ISR.

Pada bulan Desember 2016, batch pertama dari 7 unit Il-38N telah dikirim ke Angkatan Laut Rusia. Sebanyak 65 unit Il-38 telah diproduksi antara 1967 – 1972. Menurut sumber terbuka, ada sekitar 46 unit pesawat Il-38 yang masih bertugas di Rusia pada 2016.

Angkatan Laut India mengoperasikan varian lain dari Il-38 yang telah dimodernisasi dan disebut sebagai Il-38SD “Sea Dragon”. Sea Dragon adalah sebuat pesawat multi-misi yang terdiri dari lima subsistem. Peperangan anti-kapal selam (radio hidro-akustik dan MAD), SAR (sistem EO), intai darat dan laut (radar pemindai elektronik) serta pengukur dukungan elektronik. Dua dari lima pesawat pesanan telah dimodernisasi hingga saat ini.

JakartaGreater

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

Artikel Terkait :

  26 Responses to “Angkatan Laut Rusia Akan Terima 30 Unit Pesawat Ilyushin Il-38N Upgrade”

  1. yah bung diego,,
    usaha saya meramaikan artikel lama tapi asyik gak berhasil,,
    kayaknya pendaftaran di permudah saja…

    biarkan diskusinya liar saja…

  2. wah… india dan rusia nih emng bener-bener…

    • bung lingkar,, bisa jawab pertanyaan mbah bowo di artikel ini gak??
      http://jakartagreater.com/kawasan-blok-masela-rawan-diklaim-australia/
      saya kesulitan kalo jawab itu ha ha ha

      • Mbah bowo itu sebenarnya salah satu Tokoh penting Di jktgr, Beliau dapat membangun suasana diskusi dan juga bisa menghibur pembaca dengan tulisannya yg Anti-mainstream 😀

      • waduh… pertanyaan yang mana bung @Bhisma? 😀

        • jika malam ini kita diserang australia,,,
          bagaimana antisipasi kita selanjutnya… ha ha ha
          bung Jfs.. pendapatnya juga yaa..

          • Diserangnya pake apa dulu? Full power kah?
            Malam hari : Karna kita gk punya medium Dan long SAM, maka Markas2 militer kita akan dihancurkan dengan mudah lewat serangan udara, apalagi Australia punya bnyk pespur, sedangkan kita cuma mengandalkan sukhoi dan F16 yg jumlahnya sangat sedikit dan sudah tua.
            Dan masalah AL, Sepertinya AL kita juga bakalan Abruk dan hancur, karna Kapal2 kita sdh tua dan tdk dilengkapi dengan SAM dan SSM yg cukup mumpuni, sedangkan AL australi tentu lebih unggul karna memiliki blasan Fregat dan 6 kasel. Dan lagi mereka memiliki total 95 F18, anggaplah 70 akan fokus untuk berhadapan dengan F16 dan sukhoi kita, itu berarti masih ada 25 unit F18 yg dapat menghancurkan AL kita dari udara
            Dan darat, setau saya Australia tdk memiliki cukup kekuatan AD, dengan jumlah personel yg sedikit, jika mereka menurunkan pasukan Di RI pada saat awal invasi, itu sama saja mereka bunuh diri.
            Jadi rasanya untuk malam hari Australia akan fokus untuk menggunakan kekuatan AL Dan AU untuk merontokan Kekuatan AL dan AU kita, dan setelah selesai, pada siangnya mereka akan memborbardir kota2 Besar RI, dan… lalu Apa? Yup, selanjutnya Australia akan “bunuh diri” jika nekat Melakukan Invasi lewat darat dengan mengiri tentaranya ke daratan RI 😀
            Dan tulisan saya di atas bukanlah antisispasi, dan mungkin lebih mengarah pada “prediksi” yg akan terjadi jika Australia menyerang dan berperang dengan RI 1vs1 😀
            Dan itu cuma prediksi org awam sih 😀

          • pemerintah tentu telah memprediksi hal itu..untuk 5 thn kedepan dan bahkan bila dlm keadaan darurat….di serang negara tetangga..

          • @manda
            Lalu? Memprediksi dengan maksud?
            Ghoibyah : pemerintah pasti sdh memprediksi dan mengantisipasi semua itu dengan membeli bnyk alutsista ghoib
            Resmiyah : mengantisipasi bagaimana? Wong alutsista strategis macam SAM dan pespur saja tdk di beli oleh pemerintah dari dulu sampe sekarang 😀

          • klo menurut saya, pertanyaan itu lebih ditujukan kepara para pemimpin bangsa ini, yang mempertanyakan tentang kesungguhan dan kesiapan pengadaan alutsista yg benar-benar strategis untuk menangkas segala macam kemungkinan ancaman lawan bung @Bhisma, lebih kepada “makna tersiratnya”… 😀 klo jawaban saya ya jelas tetap tidur pulas… hahaha

          • gdp australia (sendiri) gak mampu menopang anggaran pertahanan utk perang asimetris di darat dlam jangka yg panjang seperti amerika di irak…bunuh diri namanya seperti yg di jelaskan bung jfs.
            perang tak bisa main pencet tombol dgn pengecualian bagi orang yg berotak dan berhati miring, perang biasanya datang diiringi dengan bau2an yg menyengat terlebih dulu…, itu pun tergantung kecepatan angin dan kemampuan kita mengendus bau2an tersebut lebih dulu dari jarak yg aman.

          • tks,,,
            kalo gini kan asik….
            bung anu saya mendapat clue jawaban dari pertanyaan mbah bowo di artikel lawas dari saudara….
            “bau”
            pertanyaan mbah bowo tentang “seandainya” terasa dipaksakan ha ha ha..
            kenyataan sebelum perang pasti ada bau… dan baunya bisa berpuluh puluh tahun sampai benar2 terjadi “seandainya”. contoh nyata korut korsel.

            kalo gini kan asyik diskusi… kalian luar biasa!!!

  3. Bung diego, angkat dong artikel tentang panglima Aus yg akan datang Ke RI untuk “sembah sujud” 😀 ato lebih tepatnya ya untuk ngejelasin tentang pelecehan pancasila 😀
    Dan harusnya RI ngomong kek cewek2 patah hati : “gk ada lg yg harus dijelasin, mulai sekarang loe gw end” wkwkwkwk

  4. Aduh, tadi keknya saya salah baca, jd gk ada tuh berita panglima aus akan ke RI waktu saya gugling, lagipula emang Aus punya panglima? 😀

    • ada jenderal bencong juga…maklumlah markas komando gerakan lgbt dan kaum liberal utk asia ada di melbourne dan sydney

  5. Panglima angkatan bersenjata Australia Angus Campbell dikabarkan akan bertemu Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Jenderal Gatot Nurmantyo di Jakarta, Rabu (8/2/2017).

    Media-media Australia melaporkan bahwa dalam pertemuan itu Campbell akan melaporkan hasil investigasi departemen pertahanan Australia tentang kasus penghinaan terhadap Indonesia.

    • Ternyata saya gk salah baca 😀 dan ternyata australia memang akan segera mengirim panglimanya ke RI
      Dan ternyata Autralia memang punya panglima 😀 hehehe wajar lah saya kan cuma org awam 😀

      • Ayo pak panglima, pak panglima harus ngomong ke angus kek gini : “loe mau ngejelasin apa? Semuanya tuh udah jelas, aku gk mau lgi dengerin penjelasan kamu, pokoknya mulai sekarang loe gw end” wkwkwkwk 😀

  6. Poseidon pnya kompetitor seimbang..

    Nimrod vs Novella

  7. rusia demen amat sama pesawat turbo prop.

  8. Klu punya kita CN-235 pesawat pengintainya pake teknologi mana?

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)