Dec 312016
 


Fregat pertama dari Proyek 22350 Admiral Gorshkov akan dikirim ke Angkatan Laut Rusia pada paruh pertama 2017, kata Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya Andrei Volozhinsky.

Seperti dilaporkan pada bulan November 2016 bahwa kapal Admiral Gorshkov telah menyelesaikan rangkaian ujicoba tetapi keputusan untuk bergabung dengan Angkatan Laut akan diambil setelah semua sistem diperiksa.

Admiral Gorshkov dibuat pada awal 2006 dan mulai mengapung pada musim gugur 2010. Kapal mulai menjalani rangkaian ujicoba pada bulan November 2014. Kapal kedua adalah Admiral Kasatonov yang mulai mengapung tahun 2014. Kapal ketiga adalah Admiral Golovko yang diharapkan untuk mulai mengapung pada tahun 2017.

Kapal ini dilengkapi dengan rudal jelajah, rudal anti kapal dan rudal pertahanan udara, yang dapat menyerang beberapa sasaran secara bersamaan.

Fregat memiliki panjang 130 m, lebar 16 m dan tinggi 16 m dengan bobot 4500 ton. Memiliki kemampuan operasional lebih dari 4.000 mil dan kecepatan maksimum 30 knot. Fregat dapat menampung sekitar 200 awak kapal.

Kapal ini dilengkapi dengan radar search air 3D Furke-4, radar pengendali tembakan Puma dan sonar suite with hull-mounted LF sonar dan sonar LF VDS. Fregat juga dilengkapi dengan sistem penargetan anti pesawat dan anti kapal Garpun-BAL.

Proyek 22350 Admiral Gorshkov akan dipersenjatai dengan meriam utama 130 mm, senjata pertahanan jarak dekat 30 mm (CIWS Palash), 8 rudal jelajah anti kapal SS-NX-26 Yakhont dan 8 rudal jelajah SS-N-27 Kalibr.

Sistem persenjataan lainnya, rudal anti kapal selam Medvedka-2 ASW, tabung torpedo 21 inchi dan 32 rudal pertahanan udara jarak menengah Poliment-Redut (sistem VLS).

Admiral Gorshkov juga akan dilengkapi dengan rudal BrahMos. BrahMos adalah rudal jelajah supersonik yang dikembangkan oleh BrahMos Aerospace, sebuah kolaborasi antara Rusia dan India. Admiral Gorshkov juga memiliki dek pendaratan dan hanggar untuk helikopter Ka-26/27

Artikel Terkait :

  17 Responses to “Angkatan Laut Rusia Akan Terima Admiral Gorshkov Pada Paruh Pertama 2017”

  1. Pertamina

  2. Wow..inilah pilihan warjag

  3. punya 12 kayaknya asik,,, xixixixi

  4. kapan r han dpt mmjadi rudal jelajah kaya onik. kalibr n bramos?

  5. sebenarnya ini kapal mau di kirim ke Indonesia xixixixi

  6. Wowww… Militer kita wajib beli nih. Dilihat dari senjatanya cukup bikin negara tetangga lari sambil kencing…

  7. Ni baru frigate pilihan Utama NKRI

  8. Ini kelas frigate tp senjatanya kelas destroyer,yang sangar pada ngumpul disana,ngeri ngeri sedap

  9. Ayo min bikin vote dan bikin petisi banner dukung admiral gorshkov sebagai real frigate mengisi kebutuhan TNI AL SALAM NKRI DI HATI

  10. Widihhh SAMnya pake Poliment Redut/BUK-M3 versi Marinenya.. Geblek..

    Canggih nih kapal..
    Mudah mudahan Design Sigma yg katanya maksimal bisa 130m bisa beneran di aplikasikan juga..

    Saya mendukung program Sigma.. Saya tidak latah harus beli ini itu.. Fokus satu diselesaika. Dulu, baru melangkah naik kelas.. Jangan Rakus

    • itu dia salah satu alasan kenapa nih kapal jd fregat “idaman” pilihan para pembaca JKGR thn 2016 yg lalu. Moga di tahun yg baru ini ada kabar baik mengenai fregat “idaman” Indonesia.

  11. Jangan borong.. Kagak moncer nih kapal, pembuatan lamaa, harga juga mahaal, belum sinkronisasi data link yg kebanyakan TNI pakai ngeropah.
    Segera borong iver huidfelth.. Murah pula, $1M bisa dapet 3 unit walau tanpa armament, radar, dan CMS. Yg penting ada dulu, gapapa kosongan juga.
    Hiduupp iverrrr

  12. Saya pesan satu kusus buat libutan si selat malaka