Sep 052016
 

Angkatan Udara AS dijadwalkan untuk membeli batch 250 unit Bom Diameter Kecil (SDB-II) GBU-53/B, bom presisi canggih berpemandu yang meluncur menuju target pada kecepatan tinggi melalui penggunaan teknologi peluncur modern.

Bom seberat 250 pound (110 kg) memungkinkan pesawat Angkatan Udara AS untuk membawa dalam jumlah banyak bom yang sangat akurat dengan empat bundel SDB untuk menggantikan bom tunggal seberat 2.000 pound (907kg) pada sejumlah pesawat tempur Amerika.

SDB-II memiliki sistem pencari tri-mode penggabungan radar, teknologi inframerah dan bimbingan laser yang bersama-sama untuk pertama kalinya dengan panduan GPS yang digunakan dalam bom berpemandu presisi sebelumnya.

“Tidak ada sistem senjata lain di dunia yang menggunakan pencari canggih tri-mode untuk manghancurkan target bergerak dan stasioner di medan tempur”, jelas Direktur Program Raytheon untuk SDB-II, Jim Sweetman. “Uji penerbangan terbaru dari SDB-II memverifikasi kesiapan sistem senjata tersebut. Program ini terus maju menuju tahap berikutnya yaitu pengujian kepercayaan pemerintah dan pengujian operasional”.

Bom presisi berpemandu telah mampu menembus jarak lebih dari 45 mil (72.5 km) bahkan mampu menghancurkan target bergerak yang melintas pada kecepatan hingga 50 mil/jam (80 km/jam) memungkinkan untuk menyerang sasaran penting tanpa perlu membahayakan keselamatan pilot atau mengakibatkan kerusakan yang tidak semestinya.

Versi asli dari sistem SBD-I, saat ini terintegrasi dalam F-15E dengan integrasi masa depan yang direncanakan untuk jet tempur F-16, F-22, F-35 serta seluruh bomber nuklir triad (B-1 Lancer, B-2 Spirit, dan B-52 Statofortress).

Sumber: Sputnik News

Artikel Terkait :

  9 Responses to “Angkatan Udara AS Akan Peroleh 250 Bom Diameter Kecil Generasi Ke-2”

  1. Blaaarrr

  2. kapan indonesia punya…?? secepatnya kali..GBU 53B
    GOD BLES U
    gak butuh uang

  3. Carin somplak stress (pertamax) kah.?

  4. Terbukti ukuran besar bukan segala galanya..

  5. canggih… kecil mematikan.. dgn 3 mode pencari sasaran..

  6. Borong…

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)