Dec 032016
 
Jepang terima jet tempur F-35 pertamanya di Luke Air Force Base (sumber : janes.com)

Jepang terima jet tempur F-35 pertamanya di Luke Air Force Base (sumber : janes.com)

Angkata Udara Jepang akhirnya menerima jet tempur F-35 Lockheed Martin, yang diserahkan pada 28 November. Serah terima tersebut dilaksanakan di Luke Air Force Base (AFB) Arizona. Jet tempur F-35 memang dibeli pemerintah Jepang untuk menggantikan McDonnell Douglas F-4J (phantom II) yang sudah beroperasi sejak tahun 1970-an.

Jepang telah berkomitmen untuk membeli 28 jet tempur F-35, proyek ini akan dilaksanakan secara bertahap hingga lima tahun ke depan. Nantinya pesawat-pesawat tersebut akan ditempatkan di pangkalan militer Misawa. Sebenarnya jika mengacu kepada kebutuhan, Jepang membutuhkan 42 jet tempur F-35.

Total biaya kesepakatan termasuk pembelian, pemeliharaan, dan perbaikan diperkirakan mencapai USD14 miliar, tetapi angka ini mungkin akan mengalami peningkatan. Dengan empat pesawat yang diproduksi di Fort Worth di Texas, sisanya 38 akan lisensi-dibangun oleh Mitsubishi Heavy Industries di Jepang.

Sumber : janes.com

  21 Responses to “Angkatan Udara Jepang Terima F-35 Pertamanya”

  1. Versi Mitsubishi ini yg layak ditunggu… Lebih Mutant ketimbang Israel

    • yg f1 6 Mitsubishi aja jadi super mahal apalagi ini yang standar aja Rp1trilyun lebih,. Jepang emang ngeri, sayangnya industri pertahanan Jepang dibawah perjanjian dgn USA akibat kalah perang (katanya)

  2. rempong mau komentar

  3. Warna kokpit F35 Jepang kok merah pink, agak kemayu begitu.
    F-4J Phantom II adalah pesawat jadul veteran perang Vietnam, ternyata Jepang adalah salah satu pengguna. Ane kira, hanya Iran pengguna F4 Phantom di Asia.

  4. Ribet komen ee.. kasian yang sudah sepuh-sepuh..

  5. Angkatan udara indonesia kapan menerima yg ada angka nya 35 ? Seperti sukoi su-35 gtu ..

  6. congrats

  7. tes

  8. Ntar kapan2 kita dpat hibah F22

  9. tes dulu

  10. 🙂

  11. baru bisa komen” saya juga bung tau kemaren..

  12. weih,, cina smakin ngotot nih percepat pengiriman su 35..

  13. Tiongkok biang kerusuhan di NKRi..narkoba,tenaga kerja ilegal,dan politikus2 busuk didukung cina..seharusnya NKRi buru buru beli ribuan jet tempur dan jutaan rudal…karena sewaktu2 triliunan tentara Cina,jutaan jet tempur cina dan jutaan kapal perang Cino bs saja menyerang NKRi secara mndadak..masa hrs dilawan sm piso dapur dan bambu runcing??

 Leave a Reply