Dec 272016
 

Helikopter Bell 412 EP TNI Angkatan Darat. (ist)


Kodam VI Mulawarman tengah bersiap mendapat helikopter baru, setelah salah satu helikopter TNI Angkatan Darat jatuh pada beberapa waktu lalu. Panglima Kodam VI Mulawarman, Mayjen TNI Johny L Tobing, mengatakan bahwa heli baru itu akan difungsikan sebagai pengangkut logistik di daerah perbatasan.

“Sudah ada surat perintah, saya tinggal menunggu. Jenis ME 17, lebih besar dia. Saya butuh heli, itu saja. Mau jenis apa, itu kembali pada pimpinan. Yang jelas perintahnya sudah ada,” kata Mayjen Johny seperti dilansir TribunKaltim pada Selasa (27/12).

Namun, Mayjen Johny belum dapat memastikan kapan heli tersebut bisa beroperasi di perbatasan Kalimantan Utara. “Selama ini sekali sebulan, ada 6 pos yang harus dilakukan (dorlog) lewat udara. Yang lain kita drop ke titik aju namanya, bisa pakai sampan dan jalan darat,” ujarnya.

Sebelumnya, Helikopter Bell 412 EP milik TNI Angkatan Darat ditemukan tercerai berai di kawasan Long Sulit, Kabupaten Malinau, pada Senin (28/11/2016). Dua orang awak helikopter dinyatakan selamat, sementara tiga lainnya meninggal dunia.

Sumber: Tribun Kaltim

Artikel Terkait :

  7 Responses to “Angkut Logistik di Daerah Perbatasan, Kodam VI Mulawarman Akan Dapat Helikopter”

  1. siip

  2. lengkapi Mi-17-V5 dan mi 35P dulu,,
    angkut logistik sekalian patroli diperbatasan Kalimantan
    perawatan mirip dan TNI AD sudah biasa mengoperasikannya.

  3. Heli ini kok mesin nya sering mati di udara… kakak nya yg 2 baling2 lebih badak/tahan

  4. Utk ngangkut logistik peluncur dan rudal ATGM mungkin….hehe
    Menurut keluarga yg brrtugas diperbatasan, biasanya logistik utk jadup dikirim sebulan sekali bahkan bisa 2 bln. Sehingga mereka mensiasati dng berternak dan bahkan nanam sayur. Benar2 terkondisi utk bertahan hidup. Ini yg buat mereka terbiasa dng kondisi yv serba terbatas. Beda dng serdadu negara jaguh sebelah yg kalo gak dikirim nasi lemak sehari sdh pada loyo.

  5. Utk ngangkut logistik peluncur dan rudal ATGM mungkin….hehe
    Menurut keluarga yg brrtugas diperbatasan, biasanya logistik utk jadup dikirim sebulan sekali bahkan bisa 2 bln. Sehingga mereka mensiasati dng berternak dan bahkan nanam sayur. Benar2 terkondisi utk bertahan hidup. Ini yg buat mereka terbiasa dng kondisi yg serba terbatas. Beda dng serdadu negara jaguh sebelah yg kalo gak dikirim nasi lemak sehari sdh pada loyo.

  6. heli UH-60 BlackHawk( sudah punya thailand dan malaysia pakai ini) dan SH-60 Seahawk(aussie,thailand,singapore) kapan datangnya bro.

    black hawk datang KAPAN ya,YG bell ini ditaruh diperbatasan,baru2 perlu lah(alussita heli angkut bukan alussita sangat mematikan dan menakutkan,cm sangat penting untuk logistik dan operasi didarat)

    salam damai selalu

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)