Jan 052017
 

Jumlah penduduk dunia saat mengalami krisis energi pada tahun 2043 mencapai sekitar 12,3 miliar, yang berarti hampir 4 (empat) kali lipat populasi ideal penduduk bumi, dimana 9,8 miliar orang berada di luar ekuator. Hanya 2,5 miliar penduduk yang tinggal di garis ekuator.

Jakarta – Bangsa Indonesia diuntungkan sebagai negara agraris yang berada di garis ekuator, karena memiliki potensi melimpah dan didukung dengan kondisi geografis baik dibidang pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan lain-lain.

Hal ini disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dihadapan 1.800 peserta Rapat Kerja Nasional Pembangunan Pertanian Tahun 2017, yang mengangkat tema “Bangun Lahan Tidur Untuk Meningkatkan Ekspor Dengan Pembangunan Infrastruktur Pertanian”, bertempat di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (5/1/2017).

“Sebagai negara agraris, Pemerintah Indonesia memiliki cita-cita menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada tahun 2045, dan untuk mencapainya maka Indonesia harus segera menciptakan swasembada pangan, demi ketahanan nasional dibidang pangan” kata Panglima TNI.

Menurut Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, setiap hari kurang lebih 41 ribu anak meninggal dunia dan dalam setahun sekitar 15 juta anak meninggal dunia akibat kelaparan, kemiskinan dan gizi buruk. “Hal ini menunjukkan bahwa, saat ini kondisi dunia sangat kritis terhadap ketersediaan pangan,” ucapnya.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan bahwa, ledakan jumlah penduduk yang meningkat tajam dan pada tahun 2017 diprediksi jumlah penduduk dunia akan mencapai angka delapan miliar. Sedangkan menurut para peneliti, populasi ideal penduduk dunia sekitar 3-4 miliar untuk dapat hidup dengan layak, namun realitasnya saat ini jumlah penduduk dunia sudah overload.

“Bila populasi penduduk tersebut tidak bisa diimbangi dengan ketersediaan pangan, maka akan memicu krisis dan inilah ancaman yang akan dihadapi penduduk dunia. Ancaman krisis pangan dan energi mampu memicu berbagai potensi konflik baru antar negara di masa mendatang,” kata Panglima TNI.

Panglima TNI menguraikan bahwa, jumlah penduduk dunia saat mengalami krisis energi pada tahun 2043 mencapai sekitar 12,3 miliar jiwa, yang berarti hampir 4 (empat) kali lipat populasi ideal penduduk bumi, dimana 9,8 miliar berada diluar ekuator dan hanya 2,5 miliar penduduk yang tinggal di garis ekuator.

“Kedepan konflik di dunia akan mengalami perubahan, hal tersebut dipicu oleh energi fosil akan habis pada 2043 dan hanya bisa digantikan dengan energi alternatif (energi hayati) yang bisa hidup sepanjang tahun dan hal itu hanya ada di wilayah ekuator yaitu Amerika Latin, Afrika Tengah dan Asia Tenggara, termasuk di dalamnya Indonesia,” jelas Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal & Transmigrasi Indonesia RI Eko Putro Sandjojo, Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita, Kasad Jenderal TNI Mulyono, Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, Aspers Panglima TNI Marsda TNI Bambang Samoedro, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Wiyarto, S.Sos., Pangdam Jaya Mayjen TNI Teddy Lhaksmana dan Kapuspen TNI Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos.

Puspen TNI

Artikel Terkait :

  22 Responses to “Antisipasi Krisis Energi Tahun 2043”

  1. Ga usah mikir kejauhan pak, mikir besok kerja, dapt uang utk anak istri dan segalanya berkecukupan, mau beli sandang dan pangan cukup, jgn terlalu banyak wacana yg waktunya msh beberap dekade lg, yg penting skr gmn rakyat bs nyaman, tenang, damai dan sejahtera…krisisnya th 2043 tp semua harga2 naik, cabai jd 200 rb, stnk bpkb dan segala tetek bengek yg berkaitan dgn pajak semuanya naik….jadi skr tugas kita masing2, adalah 9ererat persatuan bangsa, jgn ada saling caci maki, hidup rukun dan damai…itu saja kok??..,,, jgn kebanyakan wacan dan janji2 9alsu yg bikin rakyat tambah sengsara jika tdk terealisasi…sdh cukup semua, jgn ada lg wacana panjang lebar, rakyat minta bukti, bukti dan bukti….titik!!,,perkuat alutsista militer, rakyat tenang dan nyaman jika militer kita kuat…

    • setubuh….
      eh…. setuju…
      2043 msh hidup ga yah??
      bayangan perang nuklir dan potensi perang di tiap wilayah yg punya senjata nuklir msh banyak…
      korsel+AS vs korut
      china vs AS+jepang+ sebagian asean
      india vs pakistan
      RUSIA vs eropa plus AS
      blm lagi timur tengah.. iran vs arab
      israel vs iran , hisbulah dll..

      klo perang nuklir terjadi kemungkinan bertahan hidup sampe 2043 apa msh bisa???

    • Beda jauh yang komen ma yang dikomenin,,,,,,,,,,,,,, sorry mas bro……

  2. Krisis energi ?

    Yang merasa susah pada hal tsb adalah raja minyak sebab minyaknya habis.

    Sudah saatnya RI beralih ke sumber energi sbb :

    1. Surya
    2. Angin
    3. Air dan arus laut
    4. Panas bumi
    5. Petir (banyak tersedia tetapi nggak ada yg berani memanfaatkan)
    6. Sampah
    7. Sisa isi perut manusia (banyak tersedia tetapi orang RI banyak yg nggak suka).

    Khusus untuk yg ke-7 sudah ada percobaan di Inggris.

    • Hmmm…tidak cuma diinggris

      Sebuah peternakan babi dirusia mengolah kotoran babi menjadi sumber listrik yang bisa menerangi kota kecil tempat peternakan itu berada

      • Jauh-jauh bangat ke luar negri
        D indonesia juga sudah ada tepatnya di bolowerti kediri,..
        Tipikal org indonesia hanya melihat keluar gak pernah kedalam
        Hehe pisss

    • maksimalkan yg sudah bisa dan ada di Indonesia..
      1,2,4,6,7

    • kurang satu bung = NUKLIR. Energi yg menurut sya paling relevan digunakan utk saat ini selama teknologi SDAT dalam pengembanga agar lbh efisien

      • Boro2 nuklir, rakyat kita msh primitif, mau manfaat tp ga akibat jika trjadi hal2 yg tdk diinginkan, namanya kebijakan ya pst mengandung resiko lah….padahal negara kita kaya uranium, ya itu aja diberdayakan, susah amat, jgn pikirkan org2 yg primitif yg ga tau apa manfaatnya nuklir secara bijak, utk masa depan indonesia nanti nya, kita hrs pake energi nuklir…drpd cucu dan cicit kita kegelapan pada puluhan thn lg…:( 🙁 🙁

      • kebijakan Indonesia yg memilih tidak menggunakan energi nuklir penghambatnya.

        Peraturan Presiden Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional (KEN) Pasal 11 Ayat (3) disebutkan sebagai “pilihan terakhir”.

        Pilihan tersebut termasuk dalam rencana penyusunan peta jalan (road map) tentang nuklir dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN).

        Ada dua pernyataan dari DEN terkait nuklir yaitu
        1. hasil pertemuan di Bogor, yaitu menyusun road map PLTN sebagai pilihan terakhir kebijakan ekonomi nasional.
        2. hasil pertemuan di Banda Aceh yaitu, penyusunan road map pengembangan PLTN diberlakukan jika target energi baru-terbarukan sebesar 23 persen tidak tercapai pada tahun 2025

        potensi uranium di Kalimantan 60rb Ton, kira2 jadi berapa bom atom ya?? xixixixi
        Kalimantan 2 PLTN.. total 20.000 MW. sekitar 40 T rupiah.
        sumbawa 1 PLTN 10.000 MW sekitar 20 T rupiah..
        Papua 2 PLTN.. total 20.000 MW sekitar 42 T rupiah.
        terang benderang oiiii…
        detail perencanaan sudah dari tahun 1997..
        pembebasan tanah dan desa sekitar belum.
        3 tahun tahap kontruksi dan evaluasi.

        ini masuk ranah kebijakan politik, karena ketika jadi bencana.. beban politiknya akan sangat berat..

        nunggu 2025 saja kalo gitu… ahhh

  3. Sedia payung udara sebelum hujan bom…

  4. SETUJU BROOW… CARI MAKAN AJA SUSAH…

    TERPAKSA JUAL MOTOR KESAYANGAN KARENA JUALAN SEPI…

    APALAGI STNK MO NAIK AHHH PUSING…

    • @bung ontakiut masih bisa jual motor ane mau jual anak kambing aja susah nggk laku2

      • Ontakiut
        Cari makan susah?situ kalah sama ayam
        Pola pikir n sifat malas anda terlihat.
        Jika ada usaha botol plastik bekas pun bisa menghasilkan uang
        Ini indonesia,.
        Modal bw gitar nyayi gak jelas juga dpt uang
        Mangkal di putaran jln bisa dpt uang
        Modal pluit ngetem di minimarket priiiiit dpt uang,..haha
        Selagi anda hidup di indonesia anda gak akan susah cri makan n uang selagi berusaha.kah kah kah
        Mana ada duit n dtg sendiri
        Buzzer

      • Mau di jual brp bung anak kambingnya.? Saya perlu yg warna hitang bung, utk saya jadikan kambing hitam.

  5. Cari solusi dulu soal hutang negara yang makin meroket+pajak naik.
    Kenaikan STNK
    Kenaikan TDL
    Kenaikan BBM
    Di susul dampak kenaikan barang-barang lain

    Untuk tahun ini bagaimana caranya bisa stabil dulu. Usaha jalan lancar, gak gulung tikar. Baru sambil jalan mikir i masa depan.

  6. Tes

  7. TIDAK SALAH PEMERINTAH MENCABUT SUBSIDI LISTRIK, DAN KENAIKAN HARGA BBM SUPAYA TEPAT SASARAN,& ANTISIPASI KRISIS ENERGI…

  8. nice comment mbah..kalau untuk kelaparan sih nggak mbah,masih banyak pilihan pangan rakyat selain sego

  9. padahal rezeki dijamin oleh Allah, kalo harga mahal ya maha pasti kerjaan kartel

  10. Pak Menhan Tenang saja China dan India penyumbang populasi Terbesar di dunia sudah mencanangkan kolonisasi ke planet Mars,begitu juga AS,Rusia dan beberapa negara lainya yang punya misi kolonisasi Mars.
    Opsi lainya yang dijalankan kelompok Howkis adalah Menciftakan perang terbatas,atau mungkin juga penyebaran virus berbahaya untuk mengurangi populasi,juga memperkenalkan gaya Hidup LGBT,untuk memperlambat laju Regenerasi manusia.
    Opsi lainya adalah Budaya gila kerja dan tuntutan hidup yang semakin Tinggi agar pemudanya enggan nikah imbasnya angka kelahiran semakin kecil,Singapura,Korsel,Jepang,Jerman sedang merasakan itu.
    Jadi kemungkinanan populasi Manusia akan tertekan,apalagi China mau mengaktipkan kembali UU kebijakan satu anaknya,agar tak terjadi Boom baby.