Jul 292016
 

Setelah beberapa kesalahan teknis, masalah kinerja, anggaran pertempuran dan penundaan, “Petarung Kecil” yang “bisa” menurut Pentagon mungkin pada akhirnya dianggap siap tempur.

Sementara beberapa mitra internasional dalam program F-35 Joint Strike Fighter telah mengancam untuk mundur, membengkaknya biaya dan masalah kinerja, Amerika Serikat telah bertahan dengan pesawat udara mereka, dan Angkatan Udara AS akhirnya “mungkin” siap untuk mendeklarasikan 12 unit F-35A pertama akan siap tempur.

“Kita telah mencapai semua tonggak sejarah”, kata Letnan Kolonel Steven Anderson, wakil komandan Pemeliharaan Grup 388, menurut Defense News. “Kami telah menyerahkan semua data ke ACC (Air Combat Command), sebagai pertimbangan Jenderal (Herbert) Carlisle dalam membuat pengumuman itu”.

Markas Angkatan Udara Hill, yang akan menjadi rumah skuadron, telah mengajukan dokumen resmi setelah melalui checklist yang luas untuk memastikan kemampuan F-35.

Pesawat Tempur F-35B Marinir Amerika (lockheedmartin.com)

Pesawat Tempur F-35B Marinir Amerika (lockheedmartin.com)

Sementara pangkalan udara tersebut memiliki 15 unit F-35, namun hanya 12 unit yang telah menerima modifikasi yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan kesiapan tempur. Ini termasuk proteksi petir dan sistem perbaikan bahan bakar yang memadai.

Pada bulan Maret, tes menunjukkan bahwa pesawat mengalami kesalahan perangkat lunak yang mempengaruhi sistem dan kinerja radar penerbangan pesawat. Sejumlah 12 unit F-35 telah menerima patch yang memperbaiki isu-isu sebelumnya, menurut tes yang dilakukan dengan skuadron terpisah di Markas Aungkatan Udata Mountain Home di Idaho.

“Kami telah mengerahkan perangkat lunak yang ada saat ini dan bekerja,” kata Carlisle, menurut Defense News. “(F-35) Marinir telah diberikan (patch) itu dalam konfigurasi saat ini”.

Masih belum seperti yang diinginkan tapi mendekati

Markas Angkatan Udara Hill juga menitik-beratkan pada pelatihan penerbangan para pilot, sesuai kebutuhan dalam checklist. Sekarang memiliki pilot lebih dari cukup sesuai yang telah disyaratkan dalam jumlah yang diperlukan menjalani pelatihan singkat melalui analisis dan diagnosa yang intensif untuk F-35 ini.

“Sampai saat ini, kami memiliki 21 pilot siap tempur berdasarkan jumlah pelatihan singkat yang mereka lakukan selama 30 hari terakhir,” kata Letnan Kolonel George Watkins, komandan skuadron.

Pesawat Tempur F-35C untuk kapal induk (lockheedmartin.com)

Pesawat Tempur F-35C untuk kapal induk (lockheedmartin.com)

Program F-35 senilai US $ 1 trilyun telah mengalami puluhan kemunduran diseluruh produksinya. Selain tes kinerja penerbangan yang menunjukkan pesawat tempur generasi kelima adalah untuk mengungguli pesawat yang lebih tua, F-35 juga mengalami kesalahan teknis yang bisa menempatkan kehidupan pilot berisiko, termasuk kursi ejeksi rusak.

Bahkan jika varian F-35A disetujui untuk bertempur pekan depan, program varian lain mungkin masih butuh lebih lama lagi. Pesawat F-35B Korps Marinir Amerika Serikat memiliki kemampuan terbang dan mendarat secara vertikal (STOVL – Short Take-Off/Vertical Landing) baru memasuki tahap tes awal bulan ini.

  13 Responses to “Apakah Skuadron F-35 Pertama Bakal Siap Tempur?”

  1. Waw biaya pengembangannya luar biasa gede… Tp hasilnya knp banyak yg komplain ya??

  2. Program F-35 senilai US $ 1 trilyun YANG SIA SIA telah mengalami puluhan kemunduran diseluruh produksinya

    mending SU-35

  3. PESAWAT FIBER GLASS K ω K ω K ω K ω K ω K ω K ω

  4. pesawat yg luar biasa..

  5. F35Pesawat mainan hahahaha bukan pesawat tempur…

  6. F35 seperti yak 141 freestyle yg gagal di sovyet…..tinggal dikasih radar dan instrumen baru. Plekkkk….missionnya bukan dogfighting murni…..tapi multirole…konsepnya seperti us navy dan us marine yg butuh multirole. Tapi jika urusan dogfighting F35 harus menghadapi yaitu Mesin panassssss dan daya dorong yg kurang….coba aja bentuknya gak karuan…baru kali ini paman Sam mencipta pesawat sangat burukkkkkkk (menurutku)…..akan jenuh dan bosan dengan F35. Hilanglah kejayaan USA di udara…F4,F 14,F 15, F 16…..harapannya ciptakan F 24 / F 25 / F 26 terbaruuuuu.

  7. Pesawat rongsok yg dibuat oleh para pemulung 😀

  8. pesawat bagus ahh,,bagus an idenya,tapi pesawat aslinya belum bagus,cenderung gak jelas,,,idenya adalah pespur yg juga memiliki kemampuan helikopter,,pt DI balik aza tuh idenya mamarika,,kita bikin helikopter yang memiliki kemampuan jet tempur terutama jangkauan radar dan jangkauan rudalnya anggap saja psu terbang atau artileri terbang,ibaratnya baru terbang d riau tapi jangkauan radarnya dah bisa jangkau malaysia,,bisa kan

  9. Di atas teknologi masih ada teknologi

 Leave a Reply