Jan 112017
 

Aparat gabungan yang terdiri dari satuan polisi pamong praja Kabupaten Situbondo beserta aparat TNI melakukan razia dan pendataan tenaga kerja asing yang ada di sejumlah pabrik besar di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, selasa (10/01/2017).

Razia ini digelar akibat membanjirnya tenaga kerja asing dari China yang masuk secara ilegal di indonesia. Razia petugas gabungan yang terdiri dari anggota satpol pp Kabupaten Situbondo dan beberapa anggota Intel Kodim 0822 dan anggota Intel Polsek Panarukan digelar sebagai langkah antisipasi terhadap membanjirnya tenaga kerja asing ilegal yang masuk ke indonesia.

Razia kali ini difokuskan pada tenaga kerja asing (TKA) ilegal yang dikabarkan dipekerjakan di sebuah pabrik pengeringan dan pengolahan rumput laut yang ada di wilayah kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo.

Seluruh ruang bagian pabrik mulai dari ruang produksi hingga kamar mandi serta gudang tak luput dari pemeriksaan petugas.

Tepat di salah satu gedung di pabrik ini petugas mendapati salah satu warga negara asing asal tiongkok yang tengah asik bekerja memotong besi untuk kontruksi bangunan. Petugas selanjutnya memeriksa identitas warga negara asing yang telah fasih bahasa indonesia ini.

Razia selanjutnnya di lakukan di dalam kantor perusahaan  PT H, di tempat ini petugas memeriksa setiap ruangan dan mendapati salah satu WNA yang sengaja bersembunyi di dalam kamar mandi.

Dari hasil pemeriksaan petugas, kedua warga negara asing ini telah bekerja lebih dari satu tahun, sedangkan dokumen yang mereka miliki masa aktifnya telah berakhir dan diakui masih dalam pengurusan perpanjangan.

Artikel Terkait :

  47 Responses to “Aparat Gabungan Situbondo, Gencar merazia Tenaga Kerja Asing Ilegal”

  1. mata sipit lageh

    • Berkat kewaspadaan masyarakat dan gencarnya pemberitaan di media massa……pemerintah tanggap….itu BAGUS…

      Jangan malah bilang hoax hoex cuihhhhh….

      • Ada jutaan warga china mau masuk nkri..waspada..komunis china sedang mengincar Indonesia didukung para penghianat bangsa..Waspadalah!!

        • Pantesan ekonomi NKRI semerawut akibat ulah wong cino..
          Yg biasany eksport nelayan setempat eehhh malah d kuasai wong chino..
          Akhire wong chino sing makmur..
          Rakyate dewe dhadi budake..

  2. BAGUS SIKAT KLO DIBIARKAN……BAHAYA BAGI SDM DAN SDA KITA

    • hemmmmm , kan maximal 21 ribu TKA -nya CHN , gampang kok didata , manalagi tuduhan illegal
      wah ….. g bener itu ……………….

      Tanya : yang bener gimana bang ,
      jawab : yang bener tuh overstay ……
      Tanya: owww beda yah bang
      Jawab: beda tuh noohh baca yang bener Overstay sama illegal

  3. jangan di razia lah….kasihan……mereka kan sedang ada ”silent operation”…mereka mau cari ktp dki…buat nyoblos….itu aja kok

  4. 21.000 orang kata kumendan dikurangi yang sudah dideportasi 600 orang sisa 20.400 orang. Nanti di deportasi berapa orang lagi ? Tolong Bung Tukang Ngitung, Phd dibantu reportnya. Tks

  5. di PLTU anyer bnyk tenaga kerja china tuh.. sapa tau bnyk yg ilegal… dlu waktu di PLTU kabupaten barru, sulsel bnyk TKA china ilegal.. dan bnyk yg sembunyi saat pihak departemen imigran dtg..

  6. kasihan mereka … mereka adalah Turis Asing pembawa devisa … sebahagian devisa untuk beli Su-35 …

    tidak ada itu TKA illegal, itu semua hoax medsos … hati-hati sekarang banyak berita hoax …

  7. Wah TNi sudah masuk berarti sudah genting donk. Mantap TNI memang terbaik

  8. Bukan saja sebagian sista kw 10 yg impor dari si mapit ( mata sipit ) , tapi juga presiden terhormat sarkowi impor buruh kasar dari naga buntung MAPIT , sungguh terrrrlaaalu

  9. razia terus pak
    dan yg sabar media2 asing tengah menebar fitnah disinformasi

  10. @me
    JANGAN TERLALU MELEBIH2 KAN BUNG,ALUTSISTA DR CAYNAI HANYA SEBAGIAN YG BR DI IMPOR OLEH PEMERINTAH SEKARANG BANYAKAN PAS PAKDE CIKEAS INGET C 705 DN C 802 BUNG HANUD QW 3 KPN BUNG,SEMUA PEMERINTAH PUNYA KELEBIHAN MASING2 TP JGN YG NGAK TERBUKTI DILIMPAHKN KE PEMERINTAH YG LAIN.
    HATI2 UU ITE DN KAMPANYE ANTI HOAXX!!!
    KAMPANYE TURN BACK HOAXXXX!!!!!

  11. Kawan2nya si ubed (a/ The Kho Seng) agen cyber nya China di jkgr.

  12. legal gak legalnya TKA tergantung siapa yg berkuasa..

  13. kata bu mega sih katanya legal…coba tanya sana

  14. Usir semua orang china …!

  15. Coba lihat foto identitas Cai Liandui.

    E-KITAS expired date masih 2 Oktober 2017 berarti belum kadaluwarsa.

    Tetapi passportnya terbit tanggal 11 Desember 2009 dan masa berlakunya 5 tahun berarti sampai 10 Desember 2014, artinya passport sudah kadaluwarsa.

    Cai Liandui masih berhak tinggal di RI sampai 2 Oktober 2017 pukul 2400.

    Yang harus ia lakukan adalah memperbaharui passpornya di Kedubes RRC di Jakarta.

  16. btw skarang banyak yg komen gk sesuai…..ini forum militer apa forum imigrasi yh wkwkwkkwkw min..min..

    puasa jkgr dulu ah..

  17. Membanjirnya TKA ilegal asal cinak, itu kan hanya turis, ……… wk wk wk …….. !!!

  18. setiap perusahaan yang menggunakan tka ilegal harus didenda, minimal sebesar tiket pesawat tka ilegal tsb, klo perlu berlipat ganda !

  19. Mau tanya nih, klo ada mahasiswa Indonesia yang kuliah di Jepang, Korea, China, Jerman, Mesir, atau dinegara lain, lalu mereka sekalian bekerja disana, apakah mereka termasuk TKA ilegal???

    • Ya. Ilegal. Visa mereka untuk pendidikan dan bukan bekerja.

      • Tapi bukankah banyak dari mereka yang kuliah diluar sana sambil nyambi kerja, bahkan hingga perusahaan IT juga 😀 wah… untunglah negara dimana mereka kuliah dan bekerja pola pikirnya tidak seperti disini yang masih lebih memikirkan urusan perut kebawah 😀

  20. Kerja bagus pak songot POL PP…

  21. USir – Usir – uSir the TKA dari Indonesia.

  22. Tes

  23. salah satu mentri skr yg membidanggi hasil perkebunan contoh kecil karet, sawit ketika di wawancara beliau menjawab saya akan usahankan untuk mengambil alih yg selama ini penjualan keluar negri di peganang olang olang tsb. saya akan kembalikan kepada pribumi. muda2han pak mentri tidak di lengser pelan pelan skr lumayan jg hasil nya maksih pak mentri rakyat di belakang mu. hapus cukong cukong laknattullah itu cita cita pak mentri

  24. gak perlu link kan utk membuktikan ini semua, jgn bandingkan pahlawan devisa kita dgn pelancong ilegal dr chino. TKI kita diperlukan, dan negara sahabat yg meminta. lah.. klo chino bwt apa disini ??? wong pekerja kuli kita aja masih bnyk yg nganggur !! hanya mereka yg cerdas yg bisa menilai situasi.. ttp waspada !

  25. jangan sampai kita jadi budak di negeri kita sendiri

  26. wah nama-namanya udah pada asing nih di saya, udah lama gak buka jkgr..

  27. usir semua pekerja ilegal

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)