Jan 052017
 

Dok. Aung San Suu Kyi (AP Photo/ Evan Vucci)

Jakarta – Pemimpin ‘de facto’ Myanmar Aung San Suu Kyi direncanakan mengunjungi Indonesia pada akhir Januari 2017, sebagai kunjungan perkenalan sejak negara tersebut memiliki pemerintahan baru, pada Maret 2016.

“Ini akan menjadi kunjungan perkenalan karena sejak pemerintah baru terbentuk tahun lalu, pemimpin kami belum pernah mengunjungi Indonesia,” ujar Duta Besar Myanmar untuk Indonesia U Aung Htoo, di sela Peringatan 69 Tahun Kemerdekaan Myanmar, di Jakarta, 4/1/2016.

Kunjungan Konselor Aung San Suu Kyi ke Tanah Air selain untuk berdialog dengan pemimpin Indonesia, juga untuk berterima kasih atas bantuan dan dukungan terhadap rakyat Myanmar.

Pada 29 Desember 2016, Presiden Joko Widodo melepas 10 kontainer bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk masyarakat Rakhine, Myanmar yang terdiri atas mi instan, makanan, dan susu bayi, serta pakaian.

Selain itu, Pemerintah Myanmar berharap melalui kunjungan Suu Kyi hubungan kedua negara semakin erat khususnya dalam kerja sama ekonomi.

Aung Htoo dalam pidatonya menyebutkan bahwa investasi Indonesia ke Myanmar masih sangat terbatas dan nilai perdagangan kedua negara kurang dari 500 juta dolar AS.

Meskipun sejauh ini telah terjalin kerja sama yang baik antara perusahaan asal Indonesia, Lippo Group, dan mitranya di Myanmar yakni Pan Hlaing Group dalam pembangunan rumah sakit, Pemerintah Myanmar ingin lebih mendorong peningkatan investasi dan kerja sama perdagangan antarkedua negara.

Myanmar menyambut baik minat investasi dari beberapa BUMN Indonesia, seperti PT Pertamina (Persero), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk untuk mengembangkan bisnis di negara tersebut.

“Pertamina sedang menjajaki rencana pembukaan SPBU, sementara Telkom ingin mengajukan izin usaha di Myanmar,” kata Aung Htoo pula.

Antara

Artikel Terkait :

  36 Responses to “Aung San Suu Kyi Kunjungi Indonesia Januari 2017”

  1. partamax,,,,,kh,kh

    • Nyai Aungan Asu harus banyak belajar dari Indonesia yang Bhineka Tunggal Eka

    • Mengapa Indonesian berdiri disamping miyanmar karena Indonesia tau apa yang di alami Myanmar saat ini seperti Indonesia dulu ketika peristiwa maluku dan Poso. TNI di sooting me dan di blowup di Yotube seakan2 TNI menyakiti rakyat padahal upya TNI menghajar para profokator2 tapi oleh media barat selalu di pelintir…Pertamax. Bantu Myanmar dari cengkraman kosnpirasi Negara bule-bule muka pucat itu

      • Iya juga seh….. ya udah sepakat deh…

      • Bener juga…. Lagian Myanmar udah mulai nunjukin sikap positif dengan dengan menerima jalan diplomasi indonesia dan menangkap serta memproses tentaranya yg melakukan kekerasan disana. Lihat media di eropa n us udah mulai kehilangan kredibilitas di negaranya sendiri, lah disini malah menjadikannya narasumber berita luar negeri buat masyarakat Indonesia

      • cuma marinir yg bisa meredam setiap konflik horizontal di masyarakat..hidup marinir…

  2. orang biadab, keterlaluan aja klo sampe pemeeintah RI menerima kunjungan si aung ini.

    • jgn suudzon bung..
      indonesia jg pernah di cap biadap oleh orang luar kasus ham timor aceh dan lain2.. apa anda jg ingin kunjungan anda ke luar negeri di lempari kotoran..?? kalau anda ingin di hormati orang lain hormati diri anda dulu.. jadilah warga yg cerdas dan berguna bagi bangsa nusa dan agama.. sikap anda yg spt itu sikap siapa yg anda teladani.. orang tua guru apa siapa..?? pandai2 lah bercermin dr pada pandai menilai orang lain..

  3. kayaknya bakal di demo…
    welcome to the junggle!!!

    • yg ngedemo berarti justru memperburuk citra agama

      demo boleh tp bukan cacian terhadap pemerintah miyanmar, tp di ganti dengan suport ke pemerintah miyyanmar contoh bawa sepanduk yg isinya “kami percaya miyanmar bersikap bijak menyelsaikan konflik disana” dll

      perlu di apresiasi keberanian pemimpin miyanmar berani datang kunjungan utk berdialog dan berterimakasih ke Indonesia yg mayoritas seagama dengan suku rohingya.

    • Wajib disambut dengan demo besar2an, ……. lempari dgn telor busuk dan tinja !!!

  4. Tes

  5. Aung San Suu Kyi Pemimpin tak berguna cuma diam saja ada genosida terhadap etnis minoritas Rohingya di negaranya. Datang ke jakarta cuma mau dapat uang dari investor.

  6. Cabut sebagai penyandang hadiah nobel bidang HAM dan Kemanusiaan..ga pantas dia nerimanya..ujung2nya pejuang HAM yg hanya jadi boneka militer Myanmar..

  7. mungkin ingin sering jln keluardgn masalah d negara.y kita liat krn cuma RI yg menggunkn soft solusi tdk menghujat(sprti malon..dll menghujat tanpa memberikn solusi)..

    • Sepakat sama bung Aweawe + bung Gara2 Pakde

      Yg jelas niat baik harus disampaikan dgn cara2 yg baik, siapa tau Myanmar jadi luluh kebijakannya terhadap etnis Rohingya…. Indonesia sudah memulainya.

      Kalo malon mah niat awal memang ga bener….. ane jadi ngebayangin kalo Myanmar sampe marah terus gigit pant*tnya Najib…..bisa krowak tu pant*t !!….

      hiiiii… sereeeeeemm…. 😆

  8. Pendekatan nya diajak dan dirangkul…. Kasih kesempatan dulu ya

  9. Kalau jokowi Dan pemerintah an nya mau menerima Orang ini….tentunya sudah kelewatan batas….
    Pasti akan semakin Tidak populer Dan tambah dibenci Umat Islam NKRI….

    • bung juman sudah baca balasan saya belum ttg tabloid al manhaj ?
      jangan hanya membaca berita hanya dari satu sumber langsung dikira benar adanya
      pelajari juga sejarah, spektrum politik dan sosial negara yg dimaksud
      kita juga mengalami hal yg sama dgn myanmar soal papua dan masa lalu ttgg komunis dan masa2 transisi
      ke demokrasi di komunitas internasional

    • tunjukkan kalo kita adalah bangsa pemaaf,bermartabat,berprikemanusiaan,bijaksana dan bukan negara barbar. justru pemikiran mu juman yg sempit dan tidak mencerminkan sebuah kedewasaan dlm bernegara dan beragama

    • Didalam Islam Tamu itu Raja…..kita harus memperlakukan seorang tamu dgn baik, hormat dan bermartabat.

  10. Umat Islam Indonesia ngerti upaya “perdamaian dan diplomasi” harus dijalankan dulu buat ngajarin negara terdampak konflik SARA arti penting Bhineka Tunggal Ika. umat Islam jgn mudah terprovokasi…. Ini jalan yg benar, tunjukkan Islam cinta damai dan ini juga untuk kedamaian muslim rohingya yg masih di Myanmar untuk dterima disana.

  11. selamat datang bu
    jangan lupa bawa2 bukti dan penjelasan ttg pembantaian rohingiya yg diberitakan media2 asing
    kami umat islam Indonesia meminta penjelasan langsung dari ibu dan administrasi pemerintahan ibu bukan dari media2 atau lsm asing,

  12. queen of genoside

  13. Para pembenci agama mayoritas disini pasti akan senang menerima kedatangan ni Mak lampir..aung dianggap pahlawan

    • Lihat sesuatu jgn buruk melulu suuzdon namanya, belajar jadi good khalifah…kan udah ada contohnya tinggal di amalkan, bisa jadi Indonesia lagi training Aung San bagaimana mengatur masyarakat minoritas hidup berdampingan dengan mayoritas dan bagaimana masyarakat mayoritas menghargai minoritas di Indonesia.
      adu domba aja haram hukumnya, apa lagi ngadu manusia….

      • Nah ini komen yg keren dari bung Jiwa NKRI….

        Belajar dari Sultan Saladin yg mengirimkan tabib untuk mengobati musuhnya yg sedang sakit.

        Belajar dari Raden Said yg dulunya rampok, begal, kecu….. berkat keluhuran budi Sunan Bonang, akhirnya Raden Said jadi wali sembilan dan berganti nama Sunan Kalijaga.

        Angkat jempol buat bung Jiwa NKRI

  14. Siap siap ajah didemo..

  15. Oh ini pemimpin pembantai ribuan muslim…Seorang muslim sejati pasti merasa sedih ..

  16. Oh ini pemimpin pembantai ribuan muslim…Seorang muslim sejati pasti merasa sedih ..

  17. Disaat Muslim dibantai habis habisan dia kemana saja..Jgn sampai dia kesini hanya bikin sakit umat Islam saja..

  18. Asal dia harus dikekang sama Pak Jokowi, biar bsa menuntaskan kasus di negaranya, semua manusia sama.. Yeaa.. Pertamina eksplore jga daerah Myanmar,spa tau nemu ladang trus diolah.. Xixixixi.. ,%

  19. , saya juga sakitmah sakit, tapi kan ajaran islam itu luhur, waktu saya belajar agama dikampung, diajarkan, bagaimana nabi ketika melewati suatunkampung selalu diludahi, tetapi nabi tidak membalasnya, bagaimana paman nabi abu lahabrilakunya terhadap nabi, tapi nabi beraikap selalu bijak, ingat bung dalam ajaran islam yang agung itu, banyakkkk sekali ajaran, tuntunan, etika, solusi hidup, baik untuk dunia dan akhirat, termasuk didalamnya ada ilmu politik islam, ekonomi islam, pergaulan secara islam, dan masih banyak lagi, mungkin saja indonesia sedang menjalankan itu?, igat bung, indonesia itu negara yang di tuakan atau negara senior di asean!, negara battle proven, dalam menangani masal masalah yang timbul, termasuk masalah asean vs china, kita coba cari solusi dari sisi lain!!, mudah mudahan alloh membukakan hati dan pikiran-nya, toh proses ini juga untuk membantu kaum mislim di myanmar jangka panjangnya, hayooooo kita doakan mudah mudahan ada solusinya, untuk lebaikan kita bersama, dan muslim di rohinya,

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)