Dec 212016
 


ADELAIDE – Australia menandatangani kesepakatan senilai US $ 50 miliar dengan Perancis untuk 12 kapal selam canggih yang akan dibangun oleh DCNS Perancis, pada hari Selasa (20/12/2016), di tengah-tengah kontroversi tahun ini seputar kebocoran dokumen yang berkaitan dengan kapal selam Scorpene India. Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull dan Menteri Pertahanan Prancis Jean-Yves Le Drian menandatangani perjanjian antar-pemerintah (IGA) di Adelaide, di mana mereka secara resmi membuka kantor pusat DCNS Australia yang akan merancang dan membangun Shortfin Barracuda.

“Kesepakatan antar-pemerintah adalah dasar terakhir bagi pondasi yang dibutuhkan untuk memastikan Australia mampu mengembangkan kemampuan berdaulat kapal selam mutakhir “, kata Turnbull kepada wartawan.

Turnbull mengatakan kesepakatan itu menjadi dasar proyek dengan modal terbesar dalam sejarah Australia. “Keamanan tidak pasti di seluruh dunia dan itulah sebabnya kami kembali melengkapi angkatan laut dan pasukan pertahanan kami untuk memastikan kita memiliki kemampuan menjaga Australia yang aman di saat yang lebih menantang dari apa yang kita miliki dan dikenal selama bertahun-tahun”, kata Turnbull.

“Masa depan kita, jaminan kita, keamanan kita sebagai dunia pertama… ekonomi tergantung pada teknologi, inovasi, keterampilan yang berasal dari investasi seperti ini”, katanya. Sebagai bagian dari proyek senilai US $ 50 miliar, DCNS Perancis akan merancang kapal selam baru dan mereka akan dibangun di Adelaide, Australia.

Le Drian, menggambarkan penandatanganan sebagai “peristiwa bersejarah”, ia mengatakan kesepakatan itu “merupakan blok bangunan penting dalam memperdalam hubungan bilateral kita, terutama … antara kedua angkatan laut kami”. Kontrak baru antara Australia dan Perancis menjabarkan kerangka hukum di mana Australia dan Perancis akan bermitra pada program kapal selam masa depan selama beberapa dekade mendatang.

Artikel Terkait :

  50 Responses to “Australia Beli 12 Kapal Selam Senilai US $ 50 Milyar Dari Perancis”

  1. Wuidih… buat apaan tuh

  2. jepang kena php neh…

  3. Wah… 😮
    Ausie merapat ke Prancis dan Indonesia merapat ke Swedia.
    Jadi makin seru…

  4. aushit mulai lapar gara gara kita mau bangun cangbogo rasa lokal.

  5. Selatan menggelora…

  6. gilaw yaw … satu biji harganya lebih dari 4 milyar dollar namanya kapal selem tepok jidat neh … lebih baik beli kasel diesel @500jt dollar, bisa dapet 100 biji

  7. Wah… sukses juga si paris yakinin australia meski diterpa masalah atas bocornya data scorpen india 😀

  8. Tetangga yang suka pobia, mengejar ketertinggalan teknologi kasel

    • @hen : Menurut saya, Ausie bukannya pobia ketertinggalan teknologi KS, melainkan Ausie menjadi paranoid karena KS Indonesia akan bertambah dari jenis Changbogo.
      Belum lagi berita seputar rencana pembelian KS Improved Kilo (636.3) dari Rusky dan yang terbaru adalah Indonesia tengah menjajaki rencana pembelian KS dari Swdia (Saab).
      Ausie juga menjadi was-was karena komentarnya yang menentang sepak terjang China di LCS.

      Inilah resiko menjadi paranoid dan suka mencampuri kisruh di LCS.

      • Kita ini paling pinter buat rencana, misalnya hasil musrenbang hanya jadi daftar keinginan minim realisasi. Jadi tebak saja ingin ini ingin itu hanyalah daftar keinginan, cita-cita atau mimpi. Ya lumayanlah untuk hiburan dalam menghadapi masalah hidup yg ruwet. Idealnya penrencanaan disusun atas dasar masalah yg dihadapi kalau dalam pertahanan ya atas dasar identifikasi ancaman pada NKRI. Jadi bukan untuk gagah-gagahan atau skedar dpt fee.

  9. Kantong tebal tetangga sebelah selatan. Tertarik lalu menjajaki punya duit langsung deal.

  10. Negara parno..PT. PAL mau buat tempat pembuatan KS CBG Improved Aushit ikut2an bikin KS..kita mau beli SU 35 rengek2 ASU nempatin F22 Raptor di Darwin..hadeuuh alasan krn LCS..

  11. Bnyk duit juga ustralia duite sopo tuh….itu br kapal selamnya blm pswt tempurnya..50milyar Dollar kl dibeliin su 35 dapat brapa tuh..

  12. australia sih gak heran….horang kayahhhhhhh……kalau dibeliin killo rusia udah dapat 150 biji kapal selam…vietnam 2 milyar dolar dapat 6 biji……kalau 50 milyar dapat 150 biji killo terbaru…..wowwww…..kalau kita????dapat gambar kalender killo aja hi hi

  13. Negara yg care terhadap rakyatnya selalu menyediakan alutsista yg lengkap dan modern buat tentaranya sementara negara lain di kepulauan justru menyuruh rakyatnya selalu bersemangat, semangat dan semangat buat perang gerilya suatu saat

  14. Skr harusnya malu blg indonesia kaya raya, negara lain ingin kuasai indonesia, apanya yg mau dikuasai, bukti nyata kekayaan australia lbh banyak dr kita, ga usah cuap2 lg bahwa kita kaya, beli ketengan 8 unit su35 aja mpe nungu 5 taon….trlalu banyak janji, tp bukti nihil, mulai skr jgn mengharap apa2 dr pemrintahan yg skr, krn mrk fokus ke infrastruktur aja, klo perang ya biar i frastruktur td yg hadepin, klo rakyat disuruh ogah amat hadepin dongfeng china ama f35 australia…mana bs menang kaleeee??? Walau perang gerilya sekalipun mana bs menang lwan dongfeng…????mimpi aja lbh enak drpd ngarep su35 rongsok dan jelek…

  15. yang mahal pada perancangan..

  16. Memperkuat untuk menekan yg lemah…tp kita wajib memperkuat juga..supaya tidak ada yg berani menekan kita..kita swharusnya punya satu alutsista andalan..walaupun cuman rudal kalibre..untuk APA??..untuk daya saing dalam pertempuran sesungguhnya..mereka akan berfikir 2x-10x..karena..mereka akan untuk merontokan barusan depan kita tidak Gampang…apalagi INI bisa dikirim ke pintu belakang secara cepat..nah disitu mereka berfikir ulang…kalo ada yg ngomong untuk kstabilan kawasan pada saat INI..saya anggap bullshitt..soalnya pada menguatkan diri negara2 tetangga kita…saya takutnya seperti yg diomongkan pak gatot panglima TNI kita..sudah banyak aktor politik yg ditunggangi asing..Dan dia selalu berusaha mengahalang2i Dari dalam…coba lihat sekarang pembelian sukhoi aja dihalang2i..hanya pak SBY..yg langsung beli 12 unit..karena lolos…yg jadi tumbal…3 mekanik Russia yg terbunuh..lihat teman2 NATO berusaha menawarkan berbagai pespur canggih dengan iming TOT..intinya APA..supaya UANG JATAH UTK BELI SUKHOI DIBELIKAN PESPUR LAEN..jadi gak kebeli sukhoinya..MEMISKINKAN..PEMBELIAN FREGAT,PEMBELIAN KASEL,semua nya seperti ITU..belom lagi ekonomi kita dihajar INI..ingat bu Sri mulyani jaman SBY ..disitu kita juga pas beli sukhoi..dia bisa menekan secara moneter..semua PEMBELIAN dikita yg bersifat strategies..pasti dijegal..INI belom dikita menginginkan S300/S400…saya yakin ekonomi diserang kita(supaya miskin),aktor politik bayaran dikerahkan,isu2 perusal tatanan negara dihembuskan,..bemper2 politik gadungan diaktifkan..untuk APA??…biar kosentrasi kita pecah TIDAK JADI BELI…sekarang alesan kita PEMBELIAN sukhoi adalah TOT Dan Harga tidak masuk…ya sudah beli banyak sekalian kenapa..alesan kita biar Murah harganya TOT juga didapat..alesan yg disebarkan kedalam Negri utk kemandirian..boleh…tapi tahu diri juga dong…lihat China yg BISA BUAT PESAWAT TEMPUR AJA TETAP BELI..lha dikita???…DIkita proyek pespur baru mau jalan..jangan pongah lah..wajib menyadari..antara kekuatan keaman Dan teknologi sailing beriringan..mereka bisa menciptakan sesuatu karna negara nya Aman tanpa tekanan,biar Aman Dan tanpa tekanan harus kuat..supaya tidak ada yg menekan…sekali lagi saya sampaikan jadi lah PATRIOT,CERDAS danBERIMAN..SALAH SATU CIRI ORANG BERIMAN TIDAK MAU DITEKAN SELAMA DIA DIJALUR YANG BENAR…semoga Negri Indonesia tetap berjaya sampai akhir jaman…aamiin..

  17. wadduuuhhhh…yg di buka beli 12 unit, kalo yg ghoib nya berapa tuh wkwkwkwkwk…

  18. kok gak ada ya steatmen dr ostrali yang biasa kita denger dimari : untuk STABILITAS KAWASAN, maka pemebelian alutsista strategis tidk boleh dipublikasikan..mereka santai aj ngumumin beli 12 Kasel xixixixxii..

  19. Pengadaan Alutsista disesuaikan dengan Kebutuhan (bukan keinginan), Strategi,Postur Anggaran dll… Jangan Panas Dingin dan terjebak dalam Perlombaan Senjata… Sejatinya KemHan dan Pihak terkait pasti sudah berhitung… Kalkulasinya yah tetap jalankan Renstra sambil menunggu Anggaran Ideal dan menjaga situasi kawasan tetap Cool dan Stabil…Lebih hemat Cost dan Efektif khan..

  20. Indonesia anggaran 8,2 M dollar aja masih 0,87 % dari GDP apalagi kalo 3,5% GDP. Bisa 35 M dollar.

  21. Sudah saatnya kapal selam ghoib kita menampakan diri ………… xi xi xi !!!

  22. Do you think Australia purchase those 12 subs merely by fear to Indonesia. YOU DEAD WRONG! Australia never consider Indonesia as a real threat, but CHINESE is the real ones. Indonesia just too slow to begin with, always make a plan with no decision. You can keep squabbling here but good luck with that.

  23. so a joint operation to purge chinese mainlanders when?

  24. 12 ks seharga USD 50 milyar…xixixi

    Dihajar ranjau laut dan torpedo hancur juga tuh.

    USD 4 milyar per unit lenyap dalam sekejap.

    Jadi bagaimana ? Masih ngeri sama 12 ks mahal ini ?

    Tak usah lah ya..

    • Saya si No….

    • Mau per unitnya harga 1 juta US$ atau per unitnya 100 milyar US$ jika di hantam torpedo dan ranjau laut minimalnya akan ada kerusakan dan maksimalnya hancur.

      Jika Ausie membuat KS dengan budged perunitnya 4 milyar US$ sudah pasti akan ada teknologi teruptudate yang di instalnya.

  25. Tenang saja….jika Asutrlia punya kapal selam, kita punya helikopter pemburu kapal selam buatan PT. DI, AS565 Panther, teknology dalam proses pengembangan….Asutralia masuk lewat mana? Laut Jawa selatan….banyak karang dan arus dalam yang kuat….pasti mikir….lewat NTT…sudah pasti ketahuan….lewat laut Aru…apalagi…cuman bahayanya….jika ini kapal selam di lengkapi rudal kendali….wahhh bisa menghantam KRI kita…Saatnya Helikopter pemburu segera di selesaikan programnnya.

  26. Tes

  27. @fajr :Memburu kapal selam bukan lah perkara mudah.., banyak elemen yang dibutuhkan untuk memburu 1 kasel..
    Apalgi produj DCNS.., yang dikhawatirkan changbogo kita klo berpapasan dengan kasel DCNS nih bisa berkutik gak..??
    Ausie mulai membahayakan kedaulatan NKRI.., frigate nya diperbanyak pak gatot.., ancaman selatan indonesia sudah luar biasa, dari raptor hingga kapal selam ausie..

  28. Halah si sanusi beli 10 kapal selam aja wajager udah bersiul. Palagi kalo sanusi beli 20..

    Padahal kalo mau gertak sanusi itu cukup pamerin bambu runcing campur saos merah aja udah cukup.

    Tau kan maknanya/simbol dari bambu saos? ?
    Kalo ga tau suruh pak bis kopaja telolet dulu.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)