Aug 012016
 

Media pemerintah China menyatakan “Australia sebagai target yang ideal bagi China untuk diperingatkan dan diserang” jika terus berkelana di wilayah sengketa Laut China Selatan sebagai penghinaan terhadap negara itu.

Global Times, yang dikenal sebagai nasionalis garis keras mengeluarkan editorial mengecam Canberra pada hari Sabtu (30/07/2016), di sebuah opini berjudul “Kucing Kertas Australia Akan Mendapat Pelajaran”, karena mendukung putusan pengadilan arbitrase internasional 12 Juli lalu di Den Haag melawan klaim sejarah Beijing pada Laut China Selatan.

Beijing mengecam keputusan dan telah menolak untuk mematuhi temuan pengadilan ini dengan alasan bahwa pengadilan tidak memiliki yurisdiksi diperlukan karena China tidak pernah diajukan ke arbitrase bilateral – posisi yang didukung oleh para sarjana hukum yang memiliki pendapat bahwa permintaan Filipina secara sepihak mengangkat ke pengadilan unilateral atas masalah itu tidak mengikat.

Australia, bergabung dengan Amerika Serikat dan Jepang, segera meminta Beijing untuk bertindak sesuai dengan putusan pengadilan itu sebagai tanggung jawab China di bawah hukum internasional meskipun fakta bahwa Canberra, Washington, dan Tokyo bukan bagian dalam sengketa wilayah.

Nasionalis China belum ambil bagian atas tekanan untuk melepaskan kontrol atas perairan Laut China Selatan yang berharga dan pulau-pulaunya, di mana sekitar US $5.3 trilyun atau 30% dari perdagangan maritim dunia melewatinya dan disana terdapat deposit minyak bawah laut terbesar didunia – kehilangannya akan mewakili kemunduran besar bagi ambisi Beijing.

Global Times memukul balik dengan menyebut Australia sebagai “negara dengan sejarah memalukan” sebagai “sebuah penjara lepas pantai pertama Inggris” dan telah “didirikan melalui cara-cara tak beradab, dalam proses yang penuh dengan air mata dari penduduk asli.”

Editorial ini juga mengecam posisi vokal Australia yang bertentangan dengan Beijing pada sengketa Laut China Selatan sebagai upaya terang-terangan untuk menjilat pada Amerika Serikat dengan mengatakan bahwa Canberra “bermaksud untuk menekan China agar mendapatkan tawar-menawar untuk kepentingan ekonomi.”

“China harus membalas dendam dan biar (Australia) tahu kalau itu salah,” kata editorial. “Kekuatan Australia tak berarti apa-apa dibandingkan dengan keamanan China. Jika Australia melangkah ke perairan Laut China Selatan, itu akan menjadi target ideal bagi China untuk memperingatkan dan menyerang”.

Editorial ditutup dengan akhir yang memalukan bahwa “Australia bahkan bukanlah macan kertas, melainkan hanya seekor kucing kertas belaka”.

Euan Graham, direktur Program Keamanan Internasional di Lowy Institute di Sydney mengatakan editorial tersebut “hinaan yang memalukan, hanya retorika mengancam dengan beberapa takik” dan ia berharap bahwa “itu akan menyadarkan beberapa orang di Australia untuk sisi gelap dari chauvinisme China”.

Menurut analis keamanan, bagaimanapun tidak percaya bahwa komentar tersebut akan naik ke tingkat yang membutuhkan respon oleh pemerintah Australia meskipun agresif tak terbantahkan.

“Ini tidak pantas mendapatkan tanggapan resmi dari Australia, meskipun pada hari-hari yang akan datang beberapa pesan dari sekutu AS memastikan mungkin akan disambut di sini”, katanya.

Sumber: Global Times

Artikel Terkait :

  69 Responses to “Australia Cuma Kucing Kertas di Laut China Selatan”

  1. Kalo maloon apa dong :mrgreen:

  2. wah,,,,,

    • Benar bung @CyberX..
      Komentar anda sangat cerdas & kemampuan anda sangat luar biasa dalam menganalisa konflik..
      Sy sependapat dgn anda bung..
      Jika australia msh ngotot, suatu saat jika meletus perang bkn hal yg mustahil china nekat menembakkan ICBM rudal donfeng-41 mereka kedaratan australia.

      • Ya kalo cuma mengandalkan icbm amerika, prancis itali juga punya. Walaupun dicover rusia juga gak ada sangkut pautnya sama LCS jadi yars sarmat topol rubezh cuma jadi gertakan aja. Beda halnya jika amerika dan nato menyerang china mereka mendasarkan putusan arbitase kalo china menginginkan perang ya akan diladeni amerika dan nato, nanti kita cuma bisa lihat lewat CNN saja

  3. jangan pake google translate dong, bikin malu aja.

    harusnya semua negara maju bersama menekan cina, dalam hal ini memang cina tamaknya luar biasa

  4. China sombongnya minta ampun dah, dikeroyok baru tau rasa dia

  5. kucing pokemon bg china sebagai alat permainan hahahaaaa

  6. Australia tempat yg sangat ideal utk transmigrasi besar2an Cina daratan utk menampung mbludag nya penduduk Cina pada masa yg akan datang krn kependudukan bangsa kulit putih disana legalitasnya sangat rentan utk digugat ..

  7. Ahhh media… Ada bumbu bumbu nya juga…
    Klo mo tembak2an… Ga usah pake ancam2 doang… Kbanyakan ngomong…

  8. Gak pa pa, toh ostrali juga brengsek, kok ….

  9. Sebenarnya mereka semua kucing.. entah ostrali entah cina. suka ngambil ikan asin di meja. Pura pura jinak tau tau ikan se baskom habis.

  10. Dua2 nya brengsex hahaha…. jadi nih diadu c802 lawan harpoon… kpn?

  11. D tunggu edisi berikutnya….

    Kl ad yg salah pencet rudal baru mulai perang…

  12. Setahu saya australia itu kangguru,
    Knp bisa jadi kucing?… Meong…

  13. WAIT AND SEE.. TIDAK ADA JALAN TERBAIK BAGI AUSSIE SELAIN BERSEKUTU DENGAN INDONESIA…

  14. Masalah lcs indonesia msh menunggu tapi saya yakin posisi indonesia tidak bisa netral jika cina makin sok jago di kawasan damai asia tenggara
    Jika cina menyerang satu negara asehan itu ancaman bagi indonesia ..cina sudah berani mengacau di kawasan dan bertentangan dgn konstitusi Ri yg menginginkan perdamaian ..
    Australia jangan gentar ..ente bujuk saja asu mau kasih tot dan alat perang
    Untuk indonesia dan dukungan wilayah Kedaulatan NKRI ..dgn begitu tni dan rakyat Ri bisa fokus menggusur. Rakyat Cina dari daratan cina , mungkin bikin pulau Untuk di jadikan rusun nawa ..biar cina tahu gimana susahnya kalau hidup di gusur ..
    Hidup australia, ayo mari hancurkan cina

  15. emang parah ni :

    Global Times memukul balik dengan menyebut Australia sebagai “negara dengan sejarah memalukan” sebagai “sebuah penjara lepas pantai pertama Inggris” dan telah “didirikan melalui cara-cara tak beradab, dalam proses yang penuh dengan air mata dari penduduk asli.”

    Apa jadinya penduduk asli disana stelah membaca berita ini.

  16. ada ada aja..australia di bilang kucing…meong meongan dunk!

    padahal aus terkenal dgn kang gurunya..

    meong meong..embeeeeeeee…

  17. Australia kucing kertas mengaku macan…ya di bully habis sama china…xixixixixixixixixi….kalau masih amatiran dan belum punya nuke ya…jangan berlagak jadi polisi dunia. itu tidak tahu diri namanya.

  18. GARUDA INDONESIA ,,,,,,, KEREEN

  19. Wakakakakak!

    Turn bull! apa jawaban loe?
    Macan kertas aja bukan, kucing?
    Kucing kertas lagi. Penghinaan nih Bull. Wakakakakak!

  20. Kalo CHINA sampai serang AUSTRALIA, ngelewatin kita dulu tuh.
    Kenapa yang tetangga dekat macam JEPANG gak berani mereka koar2 mau nyerang ya ?
    Padahal dalam jangkauan ICBM mereka. Tanya KENAPA ?

  21. wahhh. apes nih bule kesasar…. kebanyakan tingkah sih! jaya nkri

  22. si tamak vs si rakus wkwkwkwk

  23. Indonesia HARUS SEGERA memperkuat diri dengan Alutsista gahar secepatnya. Dukung program belanegara. Dan tendang saja pantat Imparsial, HAM, dsb itu, kalau mereka menghalang-halangi kita dengan agenda Baratnya. Karena bahaya nyata sudah di pintu kita.

  24. Kucing budug x

  25. Nah lo si kangguru kena kepret ama chino sipit hahaha…kira”siapa lagi yg akan kena kepret ama chino sipit…..

  26. Berarti Australia itu teman saya kalau gitu.. Hhi”
    Ok Ausie..!!

    Saya kambing, salam meong.

  27. Adu domba aja, licik dikit gak apa” 😀

  28. australi pernah melukai bangsa indonesia,bahkan berulangkali tanpa rasa bersalah…kali ini saya setuju buat cina….Ganyang ASU&AUS….saya ridloooo

  29. INI SANGAT MENGUNTUNGKAN INDONESIA, JIKA USA DISERANG CINA,, LOH USA KAN EMANG MUSUH BEBUYUTAN INDONESIA YG SEBENARNYA, SIP LANJUT KANG JIMPING.. HAJAR SI KANGURU BUSUK DENGAN CAKARAN NAGA DAN SEMBURAN DONFENG,, HHAAA

  30. China..sikat aja kalau melintas di LCS …..

  31. Numpang nanya om, yg jual pulsa sebelah mana ya, … perang blom dah pd ribet xixiiii wait n see …

  32. paling tidak australia mainannya sangar…masih bisa memperjang permainan perang…..fregat mereka truly fregat gak kayak disini

  33. Ternyata seluruh dunia sdh kl ausi sonotan itu keturunan bandit, maling, rampok, penipu, pencopet, penyamun, perampok, perompak, pokoknya bromocorah deh.

    Orang2 aborigin yg lugu dan polos akhirnya di musnahkan demi menguasai negara dan kekayaannya.

    Kini demi menghilangkan citra buruk sang genosida, si bangsat itu mengusik nkri dgn menyokong penuh teroris Papua.

    Setahu ane ga ada tuh negeri kucing yg hebat, apa lagi cuma kucing kertas. Wakakakakak!

    • :)..:)..:)..

    • Anehnya disana salah koar koar teriak soal HAM… belum ngaca rupanya mereka
      Australia itu PENJAJAH yang tidak mau meninggalkan wilayah jajahannya… lha wong orang asli sana suku aborigin og…
      Mungkin asyik juga jikalau sekali-kali kita singgung soal Aborigin sewaktu mereka mulai mangap soal ham… hehehe
      Toh papua sudah dipimpin oleh OAP (gubernur&wakil)… memang ada sejarah nya Australia dipimpin suku aslinya?
      Fakta ini benar-benar membuat tertawa

  34. dah adu jotos aja 2..2nya sama2 ga bener biar aja diadu kita lihat apa bisa dongfeng nyandar di australia n f35 n hornet australia bisa jatuhin kacang telur di daratan cina..

    kita nantikan aja klanjutan cerita nya??

  35. testing……

  36. Belum ada urusan sama Indonesia. .. sambil menunggu ayo kita tancap gas memproduksi alutsista gahar buatan anak bangsa… biar jadi suprise buat Negara yang berani petantang-petenteng di negeri tercinta kita ini… hehe…
    JAYALAH INDONESIA-KU

  37. Bayangkan Australia yg baru sekedar mendukung keputusa Arbitrase aja China udah kayak gitu ngamuknya…

    Nah skrg Indonesia udah sampai nembakin nelayannya….China relatif kalem

    Masih butuh bukti kalo China takut dengan Bangsa kita??

  38. Smoga gak ada rudal yg nyasar ke negara kita

  39. Yang bisa memh

  40. Yang bisa membunuh Naga Api Penguasa Laut Utara adalah Naga Air Penguasa Laut Selatan…! Dongeng itu adalah cerita turun temurun dr leluhur kita..! Bangsa Penakluk yg sebenarnya ialah Bangsa Nusantara ini…! Jk China trus memperlihatkan arogansinya dan berani sedikit menyentuh kedaulatan NKRI, maka cerita turun temurun tsbt akan kembali terulang.

    • ahh masak bung arfandy…..adatuh nagaberuk penguasa semenanjung yang caplok sipadan ligitan dan geser geser patok….ostrali si nagakucing kertas penguasa benua selatan kenapa cerita tentang nagaair kok nggak keluar…..

  41. Masih ada sun gho kong…
    jangankan asutralia…
    neraka ja di obrak abrik

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)