Jun 162015
 
Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop.  (AAP Image/Mal Fairclough)

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop.
(AAP Image/Mal Fairclough)

Perth – Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop, melemparkan “bola panas” tentang dugaan keras bahwa Pemerintah Canberra membayar para penyelundup pengungsi agar berbalik kembali ke Indonesia dengan menyalahkan Pemerintah Jakarta yang dinilai kurang keras soal perbatasan negara.

Serangan diplomatik yang dilancarkan Bishop ini dilansir harian “The Australian”, Senin (15/6), tepat di tengah ketegangan publik Australia yang mendesak Perdana Menteri Tony Abbott bercerita jujur tentang strategi yang sejatinya dilakukan Australia menolak perahu-perahu pengungsi.

Dugaan Australia membayar 5.000 dolar kepada masing-masing enam penyelundup pengungsi agar membalikkan arah perahu dari Australia ke Indonesia telah membuat pemerintahan Abbott “kebakaran jenggot”, dan jajak pendapat popularitas Abbott sudah dikalahkan pemimpin partai oposisi yaitu Bill Shorten.

“Cara terbaik untuk Indonesia menyelesaikan masalah terkait kebijakan perbatasan Australia adalah dengan menegakkan hukum di perbatasan Indonesia,” ujar Bishop. “Operasi perbatasan ini penting karena kapal-kapal Indonesia dengan awak kapal orang Indonesia, meninggalkan Indonesia dengan niatan melintasi perbatasan kami, dan difasilitasi oleh sindikat perdagangan manusia,” tambahnya seperti dikutip dari koran “The Australian”.

Hingga saat ini, PM Abbott tidak membantah tuduhan bahwa Australia membayar penyelundup manusia untuk berputar kembali ke Indonesia, dan batal menuju Australia.

Juru bicara partai oposisi untuk urusan imigrasi, Richard Marles, yakin bahwa keengganan Abbott menjawab klaim ini membuka lebar indikasi bahwa pemerintah memang memakai uang pajak rakyat untuk membayar para penyelundup manusia.

Pemimpin Partai Buruh–partai oposisi– Bill Shorten juga menyebutkan bahwa pemerintah harus memberikan jawaban yang jelas terkait dengan tudingan ini. “Penyelundup manusia pantasnya ditempatkan di penjara, bukan dibayar dengan uang pajak rakyat Australia,” katanya kepada jurnalis di Melbourne.

Republika.co.id

Artikel Terkait :

  35 Responses to “Australia Salahkan Indonesia Soal Perahu Pengungsi”

  1. Absen dulu

    • Negara aneh,sudah salah gak ngaku malah cari kambing hitam dengan melempar ke negara lain.

      • ga ada kapok2 nya ni cari masalah terus,indonesia harus tegas ga malu kah di injak2 trus

        • Lebih parah ya disana partai pemerintah dan oposisi, terang”an saling menyalahkan buat pencitraan, alhamdulilah dinegeriku ini, antara pemenang pemilu dan yang belum menang sudah bisa saling berdamai dan membangun bangsa ini secara gotong royong, salut buat pak jokowi sama pak prabowo, tinggal bakri ni, yang belum insaf

        • mereka sudah punya f-35 kita bisa apa …………..

        • Kita punya semangat …. Nationalisme Dan ….bambu runcing …..
          kita ikut apa kata pak RR….

    • wahh… bisa bisnis baru nih.., mulai besok aku mau bawa kawan2 untuk berpura2 jadi pengungsi ke aus biar meraka sogok kami pake dollar… lalu kami berbagi dollar… hahahaha.. nikmatnya pemerintahan si abot… bot..

    • Nih bule nyasar maunya apa?
      Belum pernah keselek yakhont…
      Abottak…abottak…

  2. Dobroi utra

    Kak jyela?

    • MENLU Retno hrus bertindak Tegas dalam merespon MENLU aushit.
      Mereka (aushit) harus diberi Tamparan keras terkait Kasus Pengungsi ini.

  3. gapapa mereka jg meniru pemerintah kita jg, sering menyalahkan orang lain

    • salam bung kampret.

      sblm’a apakah pernah terjadi penyuapan…??

      Kebijakan suap kapal imigran oleh Ausy terhitung rahasia negara yg tdk boleh dibocorkan.

  4. Tarik dubes indonesia juga… πŸ˜€

    Klw sy…malah sy biarkan manusia perahu k australia.klw dsuruh balik…baru…tni al….datang n menghadang.dengan dalih…saat dikejar… prcari suaka lari dan sdh memasuki wilayah australia… πŸ˜€

  5. menganggap negara lain adalah negara korup, faktanya aussie negara tukang sogok (KKN).

  6. Welaahdalaah..klo mau nyuap jgn cmn para penyelundupnya..ntar mslhnya penyelundup tsb jg hrs nyuap..
    Tp gk tau nyuap siapa..

    Klo saya tau pun gk saya tulis..ntar takutnya gantian tubuh saya diselundupin..

  7. australia negeri para bromocorah

    • Dulunya mmg bromocorah bung beng…tapi liat sekarang negeri mereka makmur..kebalikannya dgn kita yg konon katanya keturunan dari bangsa yg berbudi luhur tapi liatlah korupsi, maling, kemiskinan, aneka macam kriminal ada semua.

  8. Harus segera di putuskan indonesia Teman atau Musuh….!!!! Hei hewan Bishop….!!!

  9. ..di beberapa media lain, julie bishop berkata,”..daripada ribut soal sogok,mendingan indonesia jaga perbatasan lautnya dengan baik!”.. Apa artinya???,Artinya adalah, Kita selalu Lengah,.. Mata kita sibuk melihat ke utara.. Perkarangan lain tak ketat dijaga! Utk cuma manusia perahu/pengungsi!!, bagaimana bila yg terdampar adalah kumpulan perompak,bandit, ataupun pengindap penyakit yang berbahaya yang masuk ke indonesia krn diusir australia… Mana Alusista penjaga, cuma disimpan doank?.. Utk apa?? Efek Deterence apa??? Mari introspeksi diri wahai Indonesia…… Itu baru Australia, bagaimana bila negara tetangga lain berbuat hal yg sama terhadap indonesia?…. Kita sering mengAgung-kan hebatnya Tentara kita tapi anda lihat Faktanya!!… Jaga rumah sndiri aja tdk bisa!!..

    • Saya setuju sekali dgn pendapat anda bung supir taksi…kita patroli cuma anget2 tai ayam, ga di utara ga di selatan kalo ada kejadian baru grudukan kesana…kebijakan pemerintah kita tdk terstruktur dan sistematis seperti mereka

  10. Bisa jadi pekerjaan buat pengaman wilayah nih, buka pintu buat pengungsi yg mw ke australia, kalau disuap ambil dolarnya lalu suruh lagi balik ke sana haha berapa banyak dolar yg kita dapat kalau pengungsinya banyak lama” bisa kolaps tu negara

  11. kemarin pas main ke pantai parangtritis bisa lihat dari kejauhan ada kapal perang ada 6 lagi baris menuju ke timur keren bener dari jauh aja kelihatan gede” pastinya kapalnya yang gede donk bukan kapal KCR

  12. Adu tembak aja kalah mau macem2 … blm tau senjata gaib ya…!!! Batu akik kalo dilempar ke ausiit bs meledak…gak usah make senjata tentara ausit dah kocar kacir

  13. Pak Abbot berani lempar “BOLA PANAS” sebab dia tau A1…. ehm hoaks hoaks hoaks

  14. Begitulah kelakuan dan sifat2 Australia yang notabene sbg negara pembela HAM internasional yang hanya sbg dasar pembenaran diri untuk menekan negara lain demi kepentingannya. Tetapi dengan penolakan negaranya terhadap pengungsi ( manusia perahu ) membuktikan rendahnya kadar dan nilai HAM Australia terhadap nyawa manusia yang terombang ambing dilautan lepas demi pengungsian ke tempat aman. Australia seakan mampu menyelamatkan nilai2 kehidupan para pengungsi hanya dengan beberapa uang, yang mungkin tidak bisa menggantikan nyawa pengungsi baik di negara asal amupun di tengah lautan. Sbg negara yang notabene sbg pembela HAM harusnya memberi malu pada Australia yang selalu kumandangkan nilai2 HAM dan kemanusian pada internasional. Jadi sangatlah jelas nilai2 HAM Australia hanya sebatas kepentingan dan keuntungan yang didapatnya dalam pembelaan HAM pada dunia. Jadi standar Nilai HAM Australia patut diragukan dunia. Hanya lembaga internasional PBB dengan sub strukturnya yakni UNHCR, Dewan Hak Asasi Manusia yang punya peran mengkritisi dan memberi hukuman dan sanksi buat Australia secara adil, benar, dan tanpa berpihakan. Indonesia harus laporkan Australia atas pengusiran pengungsi ke PBB karena secara nyata melanggar Hak hidup manusia dan HAM untuk hidup mengungsi dari segala bahaya yang mengintai para pengungsi baik dari negara asal maupun bahaya di lautan lepas.

  15. Ayoooo para penyelundup manusia.. kita pergi ke Australi berame2, mumpung mereka lagi seneng bagi2 dollarrrr , tamcapppppp mang!!!

  16. Wkkkakk. . … patroli rutin aja kagak mampu …. apalagi perang. …

  17. sogok lagi pengungsi surh balik lagi ke australia haha yang diutungkan para pengungsi bakal jadi obyekan para pengungsi nih hahahah

  18. Lowongan kerja ini biar dpt dolar

  19. Australia berusaha Mengelak dan Melepas Tanggung Jawab sebagai Negara Penanda tangan Konvesi Pengungsi 1951

    http://jakartagreater.com/australia-merasa-tersindir-soal-rohingya/

  20. Niat pengungsi kan maunya di australia, yudah dorong aja lgi, tinggal bilang kami tdk menerima pengungsi hasil sogokan dri tetangga yang seharusnya diaustralia….habis perkara.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)