Oct 152016
 

TUTUPNYA TOLONG DIBUKA DULU DONG, Lalu … SEEEERRRRBBUUUUUUUUUU !!!!!

image001

Apa jadinya jika sebuah tutup dibuka ?
Bukan tutup yang ada di gambar atas lho, pembaca mikirnya kok udah macam-macam sih.
Mungkin jika anda membuka sebuah kado hati anda bertanya-tanya “Apa ya isinya ?”
Namun apa yang akan Tukang Ngitung, PhD., kemukakan sekarang ini akan membuat jantung anda berdegup kencang, rasanya seperti Dag Dig Dug Seeerrrrrrrrr.
Lho kok dag dig dug seeerrrrr ?
Sebagai awal, janganlah ditonton video musik berikut ini yang akan membuat anda berdegup dengan keras …. kalau ditonton ya saya nggak tanggung jika anda terkena serangan jantung.

Tuh khan, sudah saya bilang jangan ditonton masih ditonton pula ?
Jantungnya jadi berdegup sangat kencang khan ?
Yang belum terkena serangan jantung silakan lanjutkan bacanya.
Berawal dari gambar yang saya temukan di defence pk :
Ada 3 kapal, yang bersandar paling dekat dermaga adalah KRI John Lie 358.

image002

Setahu Tukang Ngitung, PhD., kapal yang dibeli dari Brunei ini bersenjatakan VLS Mica 16 unit, sebagaimana terdapat di kapal yang tengah (KRI Usman Harun).
Namun mengapa KRI John Lie 358 ini tutupnya lain dari yang sebelahnya ?

image003

Ada apakah gerangan yang terjadi ? Tutup apakah itu ?
Rasa penasaran menggerakkan dan memacu Tukang Ngitung, PhD., untuk mencari tahu namun apa daya Tukang Ngitung, PhD., orang sipil yang tak tahu menahu tentang persenjataan. Adakah alternatif lain yang tersirat di gambar ini ?
Sekarang coba lihat gambar yang diperbesar ini.

image004

Clue yang ada di gambar di atas ini adalah :
meriam Oto Melara 76 mm yang lebih besar ukurannya dari 4 tutup di belakangnya.
Orang yang berdiri di atas dermaga ( Nggak tahu siapa namanya dan saya nggak mau tahu).
Lambung kapal yang dicat putih.
Lantai dek berpagar pipa besi.
Lantai meriam oto melara yang lebih tinggi dari lantai dek berpagar besi.
Lantai keempat tutup yang lebih tinggi sedikt dari lantai meriam Oto Melara.
Mari kita kupas satu per satu clue ini.

image005

Lho, lho, lho, warjager ngapain buka pintu kamar mandi hayo ?
Disuruh kupas clue kok malah buka pintu kamar mandi, kasihan tuh Min Hee jadi kaget dan malu tuh.
Kalau mata jadi bintitan baru tahu rasa lho nanti…xixixixi
Sekarang clue pertama :
Meriam Oto Melara 76 mm dasar berbentuk hampir bulat.
Dapat gambar desain ukuran dari google

image006

Di sebelah kanan panjang diameter adalah 3070 mm alias 3,07 meter.
Jadi ukuran diameter tutup 4 unit di belakang meriam ini pasti masing-masing lebih kecil dari 3 meter.
Sekarang kita lihat clue kedua :
Orang yang berdiri di atas dermaga

image007

Jika tinggi rata-rata orang Indonesia adalah 160-165 cm. Ambillah 160 cm sebagai tinggi orang itu.
Tinggi lambung kapal yang dicat putih jika diukur dari lantai dermaga sampai ke bawah pagar pipa besi :
Kira-kira tinggi lambungnya adalah 3 (tiga) kali tinggi orang di dermaga itu.
Jadi perkiraan tinggi lambung kapal yang dicat putih adalah 3 x 160 cm = 480 cm = 4,8 meter.
Tinggi lantai meriam Oto Melara 76 mm ternyata lebih tinggi dari lantai dek yang ada pagar pipa besinya. Mungkin selisih tingginya sekitar 1 meter.
Jadi 4,8 meter + 1 meter = 5,8 meter.
Lalu dari lantai oto melara ada naik sedikit setinggi lutut orang itu, jadi kira-kira tinggi lututnya 50 cm atau 0,5 meter.
Jadi 5,8 meter + 0,5 meter = 6,3 meter.
Catat : total tinggi dari tinggi lambung + tinggi lantai meriam + tinggi lantai tutup = 6,3 meter.
Jika 4 unit tutup itu adalah tutup tabung peluncur rudal, maka rudal yang ditaruh di situ panjangnya pasti kurang dari 6,3 meter.
Lalu diameter tutupnya besar maka apakah rudalnya juga besar, atau apakah satu tutup bisa untuk beberapa rudal ?
Silakan lihat gambar-gambar berikut, gambar-gambar ini diambil dari salah satu destroyer negara lain :
Yang ini bukan gambar telur asin ya :

image008

Yang berikut ini juga bukan gambar alpukat busuk :

image009

Yang berikut ini adalah gambar untuk memahami yang gambar yang ada bulat-bulat di atas

image010

Pada gambar di atas, ke-empat lingkaran putih semuanya berdiameter 2,0 meter atau 200 cm. Ini berarti panjang jari-jari lingkaran putih ini adalah diameter dibagi 2 yaitu 200 cm / 2 = 100 cm.
Pada gambar yang sebelah kanan bawah, diameter lingkaran kecil yang berwarna kuning kecoklatan adalah 0,66 meter, artinya jari-jari lingkaran ini adalah diameter dibagi 2 yaitu 0,66 / 2 = 0,33 meter atau 33 cm.

Sekarang jika kita lihat di gambar lingkaran putih sebelah kanan bawah, di situ ada 7 (tujuh) buah lingkaran kuning kecoklatan, pertanyaannya adalah berapa kira-kira luas bagian lingkaran putih yang masih berwarna putih ?
Untuk menjawabnya kita akan bagi luas lingkaran putih dengan jumlah luas lingkaran kuning kecoklatan dapat berapa banyak seharusnya selain 7 lingkaran itu ?
100 x 100 x Pi = n x 33 x 33 x Pi.
Karena Pi di kiri sama dengan Pi di kanan maka Pi bisa dicoret sehingga menjadi :
100 x 100 = N x 33 x 33
10.000 = N x 1.089
N x 1.089 = 10.000
N = 10.000 / 1.089 = 9,18 dibulatkan 9 lingkaran kuning kecoklatan.
Karena sudah ada 7 buah lingkaran kuning kecoklatan maka sisa bagian putihnya sebesar 9 – 7 = 2 buah lingkaran kuning kecoklatan.

Lalu coba cek gambar berikut ini :
http://www.navy.mil/navydata/fact_display.asp?cid=2200&tid=1300&ct=2

image011

Dan bandingkan dengan :

image012

Length: 18 feet 3 inches (5.56 meters); with booster: 20 feet 6 inches (6.25 meters).
Jadi yang cocok (mendekati) dengan hasil perhitungan di atas ( panjangnya kurang dari 6,3 meter) adalah rudal Tomahawk.
Diameter: 20.4 inches (51.81 cm) atau dibulatkan 52 cm, sehingga jari-jarinya 52 cm / 2 = 26 cm.
Jika 26 cm adalah jari-jari lingkaran kuning kecoklatan atau saya sebut sebagai R coklat saja.
Nilai Pi seperti perhitungan di atas saya coret atau hilangkan sebab di kanan dan di kiri ada nilai Pi-nya.
R putih x R putih x Pi = 9 buah x R coklat x R coklat x Pi
R putih x R putih = 9 x 26 x 26 = 6084
R putih = akar pangkat dua dari 6084 = 78 cm.
Jadi diameter tutup rudal tadi jika isinya Tomahawk bisa jadi selebar 2 x 78 cm = 156 cm.
Sekarang kita lihat lagi gambar ini :

image004

Tadi disebutkan bahwa ukuran tinggi orang ini sekitar 160-165 cm, lalu bandingkan dengan 4 tutup yang besar itu. Diameter tutup-tutup ini pun kira-kira sepanjang tinggi orang ini atau kurang dari itu.
Bagaimana jika tutup ini punya diameter selebar 165 cm ? Apakah yang bisa masuk di situ ?
165 cm dibagi 2 = 82.5
82.5 x 82.5 = 6806.25
6806.25 / 9 = 756.25 = R coklat x R coklat
R coklat = akar pangkat 2 dari 756,25 = 27,5 cm.
Diameter = 2 x R coklat = 2 x 27,5 cm = 55 cm.
55 cm = 550 mm.
Apakah yang diproyeksikan sebagai rudal balistik Indonesia ada yang punya diameter 550 milimeter ?
Masih ingat gambar ini ?

image013

Roket RX 550 Lapan Kerjasama dengan Ukraina

RX-550 adalah roket berdiameter 550 mm dengan panjang 6 meter dan merupakan penyempurnaan dari roket sebelumnya yakni RX-420. Roket berbahan bakar hydroxyl toluen poly butadiene (HPTB) ini dapat mencapai ketinggian 150 km dan daya jangkau di atas 200 km.

Tuh diameter cocok 550 mm atau 55 cm dan panjang pun cocok 6 meter (panjang tomahawk antara 5.56 meter dan 6.25 meter). Perkiraan panjang launchernya saja 6,3 meter.
1 tutup = 7 rudal balistik.
4 tutup = 4 x 7 = 28 unit rudal balistik.

KESIMPULAN & PERTANYAAN :
Foto 4 unit tutup peluncur rudal ini mungkin sengaja dirilis untuk membuat gentar mereka yang usil.
Apakah tomahawk diakuisisi Indonesia ?
Apakah RX-550 akan jadi tomahawk versi Indonesia ?
Jadi bagaimana kita tahu apa yang ada di balik tutup itu ?
Makanya, tutupnya tolong dibuka dulu dong ….

Namun ada waktunya manakala JKGR diserbu oleh unit pasukan khusus. Jika unit pasukan khusus ini menyerbu tidak diperlukan rudal manapun. Yang diperlukan adalah pembagian tugas. Nah para pembaca (warjager) dan para admin kebagian tugas mengeroyok komandannya yang hanya satu. Sedangkan saya Tukang Ngitung, PhD. akan membereskan seluruh 50 orang anak buahnya. Bukankah tugas anda sangat ringan ?
Mari kita intai pasukan ini :

Lalu … SEEEERRRRBBUUUUUUUUUU !!!!!

Xixixixi

Dari Tukang Ngitung, PhD.

Artikel Terkait :

  211 Responses to “Ayo Mari Kita Berhitung Seri 25”

  1. Ini baru namanya HOAX yang paling bermutu….

    Selamat bung PHD, sempet-sempetnya aja menelisik gambar John Lie dan kapal sekelasnya…

  2. cewek berkutang cancut

  3. masuk akal, masuk akal bung PHD salut atas kejelian dan pengamatan anda, tapi bagi yg pesemistis akanlah baru akan percaya jika ada rilis resmi dari Pak. menhan. salam yesss bung PHD.

    • Yess juga bung plongo

      • bung TN, Phd, saya jadi teringat dengan pernyataan petinggi TNI (kalau ndak salah komandan gugus tempur laut Koarmabar) waktu rame dengan tiongkok di Natuna. Beliau bilang, buat nindak yang usil ga perlu capek ke tengah laut karena kita sudah punya alutsista yang memiliki jangkauan 400km. apakah pernyataan beliau ini ada hubungannya dengan gambar di artikel sampean??
        Kalau iya, kita patut bangga dong eheheh.
        Salut dengan kejelian dan analisis anda bung, terima kasih artikelnya

  4. Haduh, gambarnyaa.. bikin rudal mau mabur.. wkwkwk

  5. Bagaimana dengan spec Calibre bung??? bukannya juga hampir mirip dengan Tomahawk?? silox juga harusnya kurang lebih sama kan??? wah kalau beneran diantara rudal itu yang dipilih….seterooonggg….

  6. Mana sih org berdirinya dicari cari g keliatan??

  7. ke depan berharap menggunakan produk indonesia yg nggak kalah dg korea http://www.insight-zone.com/?m=1

  8. Orang yg di dermaga ganteng ya

  9. luar biasa mbak @ TN phd..
    anda layak dapat ****

    menurut kakek saya yg no.6 ( kerja sebagai staff ahli menhan bidang pengadaan alutsista stratergis whatever)
    rudal tsb dipastikan rx 550 tapi jangkauannya bukan 200km ttp berkisar 400km( diperlukan heli untuk bvrnya terintegrasi dgn satelit bank ternama)

    begitulah bunyi info dr kakek saya no.6…
    hihihihihi….

    • Kakek yg no 7 kasih info apa bung.?…he he he

    • Bung @8debuk, jgn” kakek anda adalah KAKEK SEGALA TAU, brarti anda wirosableng dong?…. Atau si rajapenidur? Atau dewa ketawa?????

    • Mbak ?

      Wah nick 8 dewa mabuk ini adalah juga nick tukang bohong.

      Udah dari dulu dibilangin jangan panggil mbak sebab saya ini playboy nomor 1.

      payah bener nih …

    • @8 dewa mabuk : Maksud bung dewa adalah Bank BRI?
      Jika yang di maksudnya adalah satelit Bank BRI mungkin kakek anda mabuk janda…
      Karena satelit Bank BRI belum di luncurkan…
      Btw sepengetahuan saya Bank BRI menggunakan satelitnya hanya untuk interkoneksi Bank BRI yang di sebabkan karena Bank BRI terkendala dengan sistem jaringan serat optik di pelosok daerah terpencil.
      Akan tetapi satelit Bank BRI bisa juga di fungsikan untuk second opinion untuk memback up satelit militer kita.
      Ada satu hal yang menarik di sini adalah, dari seluruh BANK yang ada di dunia ini hanya BANK BRI yang menggunakan satelit, setidaknya Bank BRI adalah Bank yang pertama memakai jasa satelit untuk interkoneksi jaringan di dalam Bank BRI (katanya…, akan tertapi fungsinya mungkin lebih dari sekedar itu)

      Who knows…

      Salam…

      • Sudah operasional kayaknya om.

        • @ibenk : Anda benar bung…

          Setelah sempat ditunda pada Sabtu kemarin, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk akhirnya meluncurkan satelit mereka ke orbit pada Minggu dini hari, 19 Juni sekitar pukul 04:39 WIB atau Sabtu, 18 Juni waktu Kourou French Guyana, Amerika Selatan.

          Satelit yang diberi nama BRIsat itu dibawa ke orbit dengan menggunakan roket peluncur Ariane 5 dari Bandar Antariksa Guyana di Kourou. 

        • Tinggal kembali kepada setiap individunya masing-masing untuk menyikapi komentar bung kakeknya bung 8 dewa mabuk ini dan cucu ini…

  10. jadi penasaran. kira-kira yang di install tombaknya tomy atau raden 550 ya?

  11. Kalo boleh ngarep pak, korpet sigma yang paling ujung juga dipasang rudal surface to air lah biar gak ompong..:D

  12. Hehehe….saya suka analisis bung PHD, even mungkin hoax…tapi tetap menggunakan dan mengajak kita berlogika sebagai dasar berargumen, kalau kita jeli banyak ilmu yg bisa kita tarik dari setiap ulasannya….mantap !!

  13. Hemm, menarik ulasan bung PHD,..mengapa bukan yakhont bung.? Kan lebih realistis, sudah pernah digunakan dan masih akan ada telaah selanjutnya. Salam tabik bung PHD.

  14. KD SAMUDERA MALON APA KABARNYA YA?? ENJIN SUDAH DIPASANG BELUM HIHIHIHIHIHHI

  15. wouw ach,mantep lo gt TNI AL…?

  16. gua konsen ama si mandarin itu..

  17. Mudah2an tidak mengorbankan kemampuan SAM yang telah dimiliki kri jhon lie, semoga bahkan menambah daya getar kapal tsb, salam

    • KRI John lie ke mana-mana selalu didampingi rekan sejawatnya KRI Usman Harun atau KRI Bung Tomo bergantian.

  18. Jgn lupa bung bu mdntri bilang gak bisa simpan kapal selam karna ada reklamasi…. apa kah di tempat reklamasi trdpat pangkalan kapal selam…. salam

  19. itukan snjta yg dpkai wkt slonong boy si naga dgn jangkauan 600km di titi red natuna
    ssssssssssssssssssssst…………

  20. mengingat ruang lambung kapal dapat digunakan hingga ke dasar / draft-nya,

    http://www.simplonpc.co.uk/LNWSSCo/Guide-07-St_Seiriol_Stern.jpg

    maka bung tomo class dapat memuat launcher yakhont jika di-install pada dek vls,

    http://3.bp.blogspot.com/-T97mjsBM82I/VDXZyWdk6BI/AAAAAAABRac/qaat71exIhg/s1600/800px-Mount.longdon.battle.svg.png

    jika diskalakan, panjang bung tomo class 90m, maka tinggi dari dasar draft hingga dek vls > 9m

  21. Kalo menurut ane itu tutupnya buat efisien aja, jadi sekali ditutup buat 2×2=4 vls versi lama buat sea wolf. Mungkin mau diganti dengan vls baru buat gotong mica

    • Dari segi kegunaan.menurut ane,bung@SL…mubazir.kalo tutupnya dijadikan satu.kegunaannya untuk apa???cup tutup silox gede.ane yakin ntuch rudal yg bersemayam didalam pasti gede & panjang.tapi jenisnya rudal dri blok mana??? masih misterius.kalo kita melihat & mau lebih teliti lgi.draft dari KRI jhon lie ini -+ 8 meteran.di bagian atas tempat kubah canon,lantainya kan bertingkat.jadi ada penambahan ketinggian -+ 2 meteran.jadi menurut ane total tinggi draft kapal + tinggi kompartemen di bawah kubah canon 10 meter.lebih dari cukup untuk memuat sebuah cruise missile.tapi dari jenis apa??????

      • Sory ane tambahkan lagi.double bottom untuk tangki ballast rata2 tinggi -+ 80 – 90 cm.space draft masih ada kelebihan sekitar 9 meter.dan biasanya tinggi badan kapal sesudah area coverdamn berbanding lurus sampai kamar mesin.menurut pengetahuan ane.

  22. judulnya kayak pk,kimcil kelas bawah..nggak bermutu babar blas

    • Baru lihat judul dan gambar depan sudah kena serangan jantung ya ?

      • mosok 1 rudal bung TK PHd untuk ngerudal 50 pasukan penyusup ada nggak kehabisan propelant xixisxixixi…alias bahan bakar cairnya habis….lagian jenis rudalnya bung TK PHd adalah rudal anti rudal alias hanya bekerja untuk rudalnya komandan pasukan penyusup…..kwkwkkwkkw

    • Rrbtz, sanggah dgn data pula biar lebih siip..

  23. Mazak ziii

  24. Hehehe…baru ngeh…tutup kuah nya berbeda…
    Tomahawk….sepaket ama apache ya blanja nya….

  25. hampir percaya mengingat waktu panglima kita mengirim hanya 3 kapal perang ke perbatasan australi, tp anehnya pihak australi merespon sangat berlebihan dgn memanggil semua kaprang yg di miliki di luar negri. jd sangat masuk akal bahwa hanya 3 kaprang TNI membuat austral sangat ktakutan. jd segahar itukah kapal perang kita..?!

  26. @ibenk badak nyasar di pc saya

  27. Alamak ngilerrrrr,,, ouy putih teunik

  28. Emang yg dimensinya seperti itu cuma tom hawk…saja ??

    Terus pertanyaannya apakah ada sistem reload untuk vls artinya tembak langsung isi automatic atau manual ??

  29. Saya berharap isinya kalibr. Wakakaka…

  30. Tak kusangka bung TN suka dangdutan kolea….hmmm..

  31. Klo saya lebih yakin itu diisi kalibr/yahkont deh…
    KRI Ahmad Yani clss pernah di Oprek gotong Yakhont knp yg lbh mudah ga bisa…hehehe..
    Buyan class aja bisa dicantelin kalibr, klo NR class lbh bisa pstiny…hihi

  32. Kalau rudal RX 550 rasanya masih jauh bung PHD..soalnya masih bermasalah di Nozle yg sering retak/pecah saat uji statis..karnanya kita belajar ke Ukraina..sedangkan untuk misil guidenya kita TOT ke China basis rudal C705 itupun perkembangannya meragukan terlebih kasus delay 5 menit yg kemaren rame..sedangkan untuk rudal Tomahawk kita bukan sekutu dekat ASU..apa mungkin rudal Yakhont yg di instal..? Seperti KRI OWA..terlebih KRI OWA krn sudah tua akan pensiun..dan harus ada penggantinya..

    • kalau soal nozel retak itu kabar tahun berapa bung naufal? apakah setelah keretakan itu diketahui apa ya pihak lapan diam saja? negara kita sangat santun dan tidak suka pamer kalau saya rasa dan juga menghindari usa yg pastinya sangat tidak suka kalau bangsa kita melangkah jauh dalam kemandirian makanya banyak alutsita yg tiba2 hilang kabar dan tidak diketahui kelanjutanya.

    • infomasi bagus kang… makasih tambah wawasan.

  33. Ehh ada lapisan semacam isolator keramik di dinding dalam vls…??

  34. sory pertamax saya amankan!!!

  35. Masih ada yg ingat kta salah satu jendral tni klo indonesia punya rudal 400+++ km?

  36. Selalu cewe ” utk iklan TN Phd
    Ckckckck da brp lama ga ..*&%#*#…..wkwkwkwkwk

  37. Tidak mungkin ketiga kapal tersebut memiliki spek ya sama…. contohnya apabila anda membeli 2 baju yang sama tentu anda akan memilih salah satu baju yang lebih bagus dan berbeda gambarnya agar tidk bosan memakai bajunya..TNI AL pasti meminta salah satu kapal diisi rudal yang lebih dahsat..wkwkwkwk

  38. Indon tak boleh hidup Tampa bra wanita he.he.he

  39. Terima kasih bung Diego…

  40. ini pernyataan laksamana Armabar
    “Untuk melakukan penindakan juga tidak perlu sampai berada di anjungan kapal negara lain atau ke tengah laut, karena alutsista yang dimiliki TNI AL selama ini sudah bisa menjangkau bahkan hingga jarak 400 kilometer,” tuturnya.

    Namun, sang laksamana tidak mau membongkar semua alat kelengkapan alutsista dan jumlah personil yang menjalankan operasi di wilayah itu karena bersifat rahasia dan merupakan strategi pertahanan yang dimiliki Indonesia.

    “Sejauh ini tidak perlu ada yang dirisaukan oleh publik terkait pengamanan di Natuna. Saya menjamin tak akan ada ancaman serius yang bisa merebut Natuna dari Indonesia,”

  41. rudal tomathawk kali bung tukang ngitung ha..ha…ha…

  42. kalo soal missile no komen hehheheehe,tapi soal cewek south korea hemmm sangat seksi+hot nah itu perlu diakusisi luar dan dalam ixixixixixix

    absen aja salam damai selalu:)

  43. kapal paling kanan malah ga ada vlsnya.

  44. Setelah liat foto cewek2 tsb hanya satu kesimpulan saya.. Ternyata istri saya sdh mulai tua..

  45. @patihpragota. Berita penundaan pembelian alutsista itu cuma kamuflase. Biar tetangga sebelah tidak ribut. Tak ada yang ditunda, pembelian alutsista strategis masih tetap on the track. Nih berita terbaru : “Komisi I DPR dan Menteri Keuangan Sri Mulyani sepakat mengupayakan penambahan anggaran pertahanan untuk Kementerian Pertahanan (Kemhan) atau TNI pada APBN 2017.

    Upaya penambahan anggaran ini untuk merespon komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin meningkatkan anggaran pertahanan sebesar 1,5% dari produk domestik bruto (PDB) atau sekitar Rp 250 triliun.

    Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais menilai, jika benar terjadi penambahan, minimal anggaran pertahanan sebesar Rp 120 triliun yang merupakan angka terbesar sepanjang sejarah. Dia mengapresiasi Menkeu karena ada komitmen mencari jalan untuk menambah anggaran pertahanan di tengah situasi ekonomi yang kurang kondusif.

    ”Tadi disepakati Bu Menteri (Sri Mulyani) secara umum untuk mencari jalan,” ujar Hanafi usai raker dengan Menkeu, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Gedung DPR, Jakarta, 133/10/2016. Menurut Hanafi, pembahasan anggaran pertahanan pada APBN 2017 memang belum diputuskan. Namun, komitmen yang ditunjukkan Menteri Keuangan diakui sangat positif. Hanafi menjelaskan, pemenuhan 1,5% dari PDB untuk anggaran pertahanan paling lambat terealisasi pada 2019. Itu untuk memenuhi Minimum Essential Force (MEF) tahun 2014-2019.” (Sumber : http://www.koran-sindo.com dan http://www.jakartagreater.com)

    • @ucit markucit
      Oya? Baguslah kalo memang nggak ada penundaan pembelian. Itu yang kita harapkan.
      Tapi tentang “Biar tetangga sebelah tidak ribut” inilah yang saya kurang sreg. Apakah Singapor dkk kalau akan belanja alutsista, mereka juga berpikir “supaya Indonesia tidak ribut” ?
      Nyatanya Singapor dan Australalatrilili kalo belanja ya belanja saja.
      Yang biasanya berpikiran “Biar tetangga sebelah tidak ribut” adalah USA ketika ada yang beli senjata buatan mereka. USA tidak mengijinkan kita beli F-16 yang terbaik karena dia nggak mau tetangga kita (sekutu USA) jadi ribut. Misalpun kita beli F-16 Viper maka layak dicurigai itu si elang akan di-down-grade.
      Salam bung.

      • Calo menyebabkan pola pembelian alutsista kita tidak pernah lengkap karena dananya selalu dikebiri. Singkatnya seperti itu bung,…kalau mau dibahas lebih jauh gak ada habisnya. Menyalahkan Amerika dan negara disekitar kita pada akhirnya kita akan kelihatan aneh.

        Jokowi menyadari itu, mau merubah pola itu pasti sulit tapi tidak ada jalan lain. Hanya perlu waktu ibarat penyakit kronis mau disembuhkan susah, jadinya ya tunggu punahnya aja sedikit demi sedikit sambil menjaga agar tidak menulari yang lain.

      • kita berusaha untuk santun bung, biarkan mereka sok2 an karena mereka cuman pion yg nurut kemauan tuan2 mereka.

    • Bung patih@ bu Sri dapat kawat rahasia dari pentagon ww3 akan segera di mulai. Maka di tambah lah anggaran nya.. hahaha

  46. rudal kali mburi
    rudal yag oon
    rudal mrica
    ruda tomathawk

  47. Kata siapa ditunda ? Sudah on the track lho…khan ada pinjaman luar negeri usd 7 milyar lebih sebagaimana diberitakan harian kontan

    • O begitu,
      Hutang tak masalah, tentunya sudah ada hitung-hitungannya berapa besaran yang aman.
      Yang penting hutangnya jangan sampai melemahkan bargaining Indonesia terhadap si pemberi pinjaman. Dan anda nggak perlu bikin artikel “Ayo Mari Kita berHUTANG” he he hee…

  48. Nice…nice…. Nice…. (Sambil menepukkan kedua tangan)… Nice….
    Itu kan cuma pendingin buat perbekalan… Isinya ikan tongkol, ikan cuee, ikan sapu2 buat dibikin siomay… Wkwkwkwkwk

  49. data lama tercatat bahwa KRI JOL dipersenjatai oleh SAM VLS 16 dan MBDA Excoxet BLOK II Apakah sudah brubah menjadi …… ( RAHASIA)…Atau di install C802 versi VLS. hanya tuhan dan TNI AL yang tahu

    • wah bung PK , jawaban anda mengingatkan saya tentang Saksi ahli suatu kasus

      “apapun hasilnya barang bukti itu dibawa pulang , Hanya dia dan tuhan yang tahu ”

      tangan mak lampir , katanya

      hmmm… boleh juga

  50. Saya berharap perbanyak tutup tutup macam kayak gini biar ga dilalerin

  51. Kalo tebakan ane … itu buat RBS varian bongsor
    mungkin versi laut ke laut & laut ke darat
    mungkin lho yaaa …

  52. setau ane kapal nahkoda ragam class ada rasa type 26 gcs inggris.

  53. Tukang ngitung# ralat bung,RX 550 jangkauannya sejauh 400 km bukan 200 km bung

  54. Cuma skedar kover biasa aja lh ini, terlalu berlebihan klo kita menganggap itu tomahawk ato RX 550,. Dengan tinggi rudal tomahawk 6 meteran tentunya sgt memakan tempat ugk hull penetration,. Klo pun iya, apa radar AWS 9 mempunyai jangkauan sejauh itu??

  55. bung tamo class msh pake seawolf blm di tukar ke mica..dan gambar kri john lee vls nya tertutup itu cuma lilitan tali kapal yg di jemur..sdh di postkan di forum militer kaskus ini gambar loh…gitu aja mau penasaran ngomong tomahawk….wkwkwkwkwkwkkkwkkwkwkwkwkwk

    • Gambar tali kapal digulung pun tidak seperti ini tuh. Saya sering lihat tali kapal digulung tetapi tidak berbentuk seperti ini.

      Bung tidak pernah lihat gambar kri john lie ini di komputer ya ?

      Jika dilihat di komputer dan diperbesar, ini bukanlah tali kapal.

      Coba search saja di youtube wawancara Desi Anwar dengan KSAL Pak Ade Supandi di situ berulangkali terlihat gambar tutup tabung vls kri john lie ini dan itu bukanlah tali kapal melainkan benar2 tutup tabung yang besar dan jumlahnya 4 unit.

      • Sori bukan yang acara itu tetapi acara satu indonesia bersama ksal.

        John lie di desi anwar beda dengan john lie di Satu indonesia.

        Nggak tahu kenapa beda.

        Xixixixi

        • bung@tukang itung..ternyata uda liat juga yg di youtube..ya ksal dengan desi anwar.. dan satu lagi ksal dengan tv swasta satu nya. cuma yg jd back groudnya adalah ks 402 dan LHD ,, klo yg dengan desi anwar adalah KRI JON LIE. di situ pun KSAL bilang/// maaf tidak semua bagian kapal bisa di liput..karena RAHASIA..

        • bung@tukang itung di acara youtube itu liat donk berarti lontong polos di tepi pantai masih kinyis kinyis mulus dengan pohon kelapa yg byk.. karena pasti nya itu bkn cang bogo ..karena secara geografis dikorea selatan hampir jarang pohon kelapa.. dan acara itu di shoot tahun 2013..

      • Ga usah ditanggapi terlalu serius bung….. tu beruk kepala dah mule keluar asap… 😆

  56. Uji rudal ngak ada yg sukses..
    Gmana Mau bikin efek gentar kawasan..?
    Ini gambar kok topodong pun ngak ada yg Mau gentar..
    Karna udah tau pasti melesat..
    Yang bisa cuman nyetir pak jokowit aja..
    Hahahaha..

  57. Karena menurut bung ngitung perginya selalu didampingi…berarti isinya harus dijaga..alias butuh kapal Laen utk menjaga…

  58. maaf.. ada tambahan info dari kakek saya no.6 ttg RX king.. eh.. 550..

    katanya roket ini sudah rampung awal 2013
    dengan bahan bakar tetap seperti uji coba awal 2011( hydroxyl toluen polybutadine ditambah metana )
    agar nosel dapat bertahan pada suhu 3000 derajat C. ketebalan nosel ( struktur material ) dgn bantuan ahli metalurgi indonesia yg dipanggil pulang dr negri antah berantah plus jago2 krakatau steel.. maka ketebalan nosel dapat dicapai sampai 7mm tanpa retak atau pecah selama 18 detik waktu burnin’

    dengan mengapdosi “high speed flyin test bed”( dibantu ukraina ) rampung uji statis dan sistem pengendali rudal ( multi gain IMU, komunikasi data, akselerasi, rate, gyro)
    dapat membawa sampai 350kg peledak konvesional..
    solid roket booster ( jadi lebih cepat dan stabil )

    begitulah sedikit info yg bisa saya tambahkan dr kakek saya no.6
    hihihihihi…..

    • Kakek bung dewa sudah confm RX Seriess 5 ini dengan A1?
      Datanya memak cocok…
      Akan tetapi jika RX Seriess 5 kan masih berupa roket dan belum dimasukan katagori misil (peluru kendali berpandu)

      Mohon pencerahannya…

    • mantap… Anda SUUUPER SEKALI….. 😀

    • @8 dewa mabok

      Mas simbahe sampeyan sing nomer 6 rak bar dislameti….kok jeh iso kojah?

  59. Ini dia nih yg bikin kangen sambil nyruput siang bolong..xixixixi…ulasan2 yg cerdas,kreatif dan inovatif membuat kopiku terasa nikmat..xixixixixi…salute bung@TN Phd..salam satu jiwa,satu bangsa,satu tumpah darah,satu bahasa..BHINEKA TUNGGAL IKA..Jayalah NKRI..

  60. lacm aka tomahawk ? mimpi kali ye !!!! xixixixixi oz saja merengek-rengek belum dikasih kok. kalau dikasih juga nunggu kompor mau meledug dulu baru dikasih. estimasi vls itu kemungkinan dari syvlver/aster series atau camm series. kalibre ? ntar dulu kali ye, nunggu kalau sudah ada frigate hasil desain murni anak2 pribumi.

  61. Bukannya saya tidak percaya, tapi setelah saya zoom maksimal dibawah “tutup tabung” 4 unit tsb masih terlihat tutup tabung seawolf. Ah mungkin mata saya yg bermasalah yosssssh

  62. Mantap bung Tukang ngitung, selalu bikin saya kagum barbarannya

    Analisianya mantap

  63. sbnrnya g usah ribet2 merinci ini itu…. Cukup perhatikan baik2 lingkaran putih dibwah tali yg berjumlah 4 itu, coba hitung lingkarnnya…. ada 8, sblahnya jg pasti 8. kan sama aja dgn kapal dsblahnya 16 VLC Mica. Anehnya dmna? Kcuali lingkaran kecil2 itu jadi 4 libgkaran besar baru bisa curiga

  64. Kemungkinan besar 4 kubah itu isinya rudal

  65. Wuiiih mhantap, …….. ( itu yang lagi berendam ). ……….. xi xi xi !!!

  66. Weker weker mumet

  67. INDONESIA DARURAT KAPAL PERANG TYPE DESTROYER!!

  68. Hmmm…. Pelan tapi pasti.. Jika itu kri buatan inggris dan bisa dimodif dan dinstall versi lokal dan mungkin sementara bisa pake rudal import sambil bertahap pake rudal versi lokal..dan akan sulit diprediksi kemampuannya.. Atau mungkin kemaren juga sdh diujicoba di armatim..tapi. Entahlah semoga memang benar adanya

  69. @wangsa kencana..

    setelah saya tanyakan kpd beliau
    kata kakek saya no.6 ( staff ahli menhan bidang alutsista strategis whatever)…

    rx 550 bisa diambil comparing cluenya dengan rudal petir..
    tp lebih canggih karena sudah terpasang terporm dgn triangulasi methode terintegrasi satelit gps navigasi..
    complete with 6 dof sensor
    juga pid controller..

    singkat cerita “teknologi CRUISER” (UKRAINA)

    semoga kakek saya g lg mabuk ngasih taunya..
    hihihihihi….

    • @8 dewa mabuk…kalau dilihat bentuk RX 550 itu kan benar2 mesin roket asli….
      sedangkan cruise missile itu rata2 kan pakai mesin tubo jet, turbo fan, scram jet dan ramjet.

      RX550 itu untuk rudal jelajah atau rudal balistik sih?

  70. entah itu betul apa gk, tpi yg pasti saya tersenyum membaca catatan bung PHD.

  71. Bung TN, PhD…kenapa dibabar bung? ini pasti “haok”?..tapi kabar burungnya KRI ****** class sedang trial pasang radar buatan anak negeri, jadi klo radar meed in anak negeri tidak menutup kemungkinan rudalnya juga meed in anak negeri…………..”Di Lautan Kita Jaya”

  72. Bung Admin.. coba ulas dong radar buatan lokal..

  73. tes

  74. apapun itu semoga isinya cetar membahana…..

  75. jadi nggak konsen sebab tutup tabungnya sama”putih begitu jg isinya sama”bulet he..he..he….

  76. kenapa tidak yakhont ya bung PHD

    • Yakhont ?

      Terlalu panjang bung kelihatannya si Yakhont ini sebab panjangnya 8 – 9 meter.

      Draft dari lunas sampai load line ( dicat merah dan di bawah dermaga sehingga tidak terlihat di foto) kelihatannya cuma 4 meteran bung.

      Sehingga jika 9 – 6 = 3 meter harus mengorbankan ruang dek bawah yang biasanya digunakan untuk ballast water.

      Dan itu nggak mungkin cukup sebab jika ke lunas kapal paling bawah khan harus ada lengkungan yang makin ke bawah makin menyempit…sehingga paling hanya cukup untuk 2 tutup tabung saja.

      Jika Yakhont sisa panjang yang 3 meter mungkin harus mengorbankan ruangan dek yang lebih atas lagi misal mengorbankan hangar seperti pada KRI OWA.

      • @tukang ngitung, phd

        Kalo sudah paham begitu kenapa harus dibahas, dibikin artikel pula nakmas….bikin pusing orang saja?

        Hmmm….sebenarnya ini rahasia yang tidak bisa kanjeng ceritakan sembarangan.

        Itu mulut lubangnya ditutupi kain mori putih, nakmas tau kenapa?

        Pak Kasal yang merintahkan kanjeng utk menggandakan rudal mica yang tersimpan dibalik kain putih itu….supaya ketika keesokan harinya kain putih itu dibuka, rudalnya sudah berlipat ganda.

        Ya…ya…ya…kanjeng paham pemikiran beliau…untuk jaga2 kalo kita terkena embargo senjata lagi…

  77. Menurut ane.itu isiannya bukan tomahawk cruise missile ataupun rudal yakhont. kalau seandainya tomahawk..apa iya???genk NATO/FPDA aja bukan.kalo seandainya yakhont…apa iya???.CMS,radar kompatibel dengan rudal rusia.????…berapa duit lagi yg keluar untuk merubah secara keseluruhan manajemen tempur dari KRI jhon lie.imo

  78. Tes

  79. KOmandan NAik Kapal

    Natuna Aman lah klo gitu

  80. Mantap hitungannya bung tukang ngitung.phd. Walaupun hanya sekedar khayalan di atas kertas+kalkulator (mari berhitung 1 S/d 25) semoga bisa jadi kenyataan sesungguhnya buat TNI. Krn jumlah hitungannya memang layak banget utk kepentingan pertahanan negara.
    Dan biarlah yg ghoib/abu2 tetap jadi rahasia TNI bukan utk umum.

  81. absen, nyimak

  82. Hehehehe… Ada pesen apa dari jangkar 1 bung Phd…?hihihihihi…
    Setelah kemaren cendol705 “ndak optimal” maka ada pesan yg hrs keluar..
    Yg dipinggir kapal sopo yo..?panas2 ngitungin tinggi meteran lambung..xixixixixi..

  83. yang saya heran ngomongin tabung, tp kok cuma 2 saya liat, yang 8 sama 16 yang mana.

  84. Penasaran

  85. Isinya ruda apa yaaa?? maju terus TNI

  86. bukan, itu pelampung, rudalnya mbda, ampe donlod dari yutub nih, kembalikan quotaku

    • @gino

      Hahahaha….seharusnya nakmas berkonsultasi dulu dg kanjeng sebelum menggunakan kuota internet….soal gampang itumah

  87. Wuihhh ngeri ngeri sedap,NKRI gituu lhoo hahah dlm senyap Indonesia memukul balik

  88. Itu tumpukan tali Kapal yang diputer numpuknya bung, terlalu tinggi menghayalnya hahaha

    • Soal tumpukan tali saya tidak tahu…yang saya lihat kok 4 unit mirip tutup tabung ya ?

      Apa lagi yang di acara Satu Indonesia mirip banget dengan tutup tabung tuh..

  89. Sepi amat gak ada yg comment

  90. Mungkin sekali itu adalah rx 550,,sebab pemberitaan rx 550 sangat tertutup setelah setelah mendapat suntikan ilmu dari para insinyur rudal ukraina,,sebagai gantinya indonesia di minta untuk mengakuisisi btr 4 sebanyk 50 unit,,dan sudah dtang 5 unit,,,mohon di koreksi…

  91. Yang paling mungkin adalah rx 550,,sebab pemberitaan tentang rx 550 sangat senyap pasca pendapat sentuhan dari para ahli rudal ukraina,,sebagai komitmennya indonesia di minta mengakuisi btr 4 sebanyak 50 ekor,,dan sudah datang 5 ekor…”mohon di koreksi”..

  92. wow pensaran nih.

  93. https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Indonesian_corvette_KRI_John_Lie_(358)_at_sea_in_August_2015.JPG

    Bung @Tukang Ngitung, PhD.
    Kalo pake gambar yang ini bisa diterawang jeroannya nggak ya.
    Heheheh…

  94. yak oon..yang bikin meriang tetangga usil

  95. KRI Jhonlie blm di upgrade. Msh memakai vls mica 14 tube. Gambar di atas itu hanya 4 tumpukan tali yg susun melingkar di atas 14 tube sam mica.
    What ever.. ttg artikel kontroversi gambar diatas. Walaupun cenderung hoak tp cukup memancing komen yg cukup bermutu . DanSaya ttp optimis di laut kita jaya. Jales veva jaya mane.

    Salam..

  96. Tukang Ngitung menurut inf terpercaya dari temen saya di Mabes AL itu isinya VLS Mica yg satu silo isi 4 rudal VL Mica. Jadi total 16 rudal VL Mica. Bocorannya lagi Kilo Fix diantar 2017 tapi jumlahnya dia ga mau kasih tau. sekian info dari Mabes AL.

    • belom bung kopassus..karena link tersebut cocoknya buat kapal yg ada di tengah(yg buletan putihnya ada 16/ VLS mica) sedangkan yg bersadar paling dekat dermaga masih misteri (yg buletan putihnya ada 4) semoga itu bukan bakpau raksaksa

      • sy rasa sudah sangat jelas paling ujung itu KRI john lie dengan nomor lambung 358 yang ditutupi gumpalan tali pada VLSnya, sama dengan site visit org vietnam disitus tersebut mengunjungi KRI 358 John lie. Yang ditengah itu KRI Usman Harun 359.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)