Jan 052017
 

Gambar apa ini ?

Mungkin warjager bertanya-tanya tentang gambar ini.

Namun sebagai gambaran permulaan coba lihat foto berikut ini.

Waduh kok malah foto Frida Gustavsson ya, seorang model asal Swedia, maksudnya kita akan coba lihat peta negeri Swedia dan bandingkan dengan peta negeri kita.

Daerah Swedia (Sweden) ada di kiri atas agak ke tengah.

Peta daerah Indonesia ada di kanan bawah..

Coba saya perbesar dan bandingkan gambar peta Swedia ini …

Lho suruh lihat peta Swedia kok malah matanya meleng ngelihatin gadis Swedia sih ?

Tuh peta Swedia dilihat ….

Dan bandingin dengan gambar peta Indonesia.

Sesudah dibandingkan, saya mau cerita tentang Swedia terlebih dahulu.

Berapa luas negara Swedia ?

https://en.wikipedia.org/wiki/Sweden

Saya besarkan gambar yang di sebelah kanan.

Tuh bandel ya ? Bukannya baca artikel malah ngelihatin gadis Swedia lagi.

Luas daratan 450.295 km2

Coba diumpamakan daerah Swedia adalah lingkaran :

Kita akan lihat berapa kira-kira panjang keliling perbatasan Swedia.

Panjang keliling perbatasan Swedia terdiri dari :

  1. Panjang perbatasan daratan.
  2. Panjang pantai.

Supaya mudah silakan lihat berapa panjang perbatasan darat (shared border) dan panjang pantai (Coast Line) Swedia

http://www.globalfirepower.com/country-military-strength-detail.asp?country_id=sweden

Panjang keliling wilayah Swedia :

Coastline + Shared Border = 3218 km + 2211 km = 5429 km.

Jadi keliling Swedia adalah 5429 km.

Mengapa repot-repot menghitung keliling Swedia ?

Gripen C/D adalah pesawat tempur Swedia sebelum digantikan Gripen NG.

Coba lihat spesifikasi berapa combat rangenya :

Combat radius Gripen C/D adalah 800 km.

Jika 5429 km itu adalah panjang batas keliling Swedia dan Gripen C/D punya jarak tempur 800 km di sepanjang perbatasan, maka dibutuhkan 5429 / 800 = 6,78skuadron.

Jika 1 skuadron biasa (tidak besar dan tidak kecil) adalah terdiri dari 4 patroli + 4 siaga + 4 perawatan + 2 cadangan = 4 + 4 + 4 + 2 = 14 unit, maka Swedia setidaknya butuh 14 x 6,78 = 94,92 dibulatkan 95 unit Gripen C/D.

Catat Swedia butuh setidaknya 95 unit Gripen C/D.

Kita lihat dulu berapa pesawat tempur Gripen C/D yang dipunyai Swedia saat ini :

Hitungan saya 95 unit.

Tertulis :

JAS 39 C  74 (unit)

JAS 39 D  24 (unit)

74 + 24 = 98 unit

Hanya selisih 98 – 95 = 3 unit saja.

 

Bagaimana dengan Indonesia ?

Di Wiki,Indonesia punya luas daratan 1,9 juta km2. Namun berbeda dengan Swedia, Indonesia adalah negara kepulauan dengan wilayah laut yang sangat luas dan punya ZEE juga, sehingga yang dihitung bukan lagi luas daratan saja.

Berapa luas Indonesia ? Sudah dihitung di :

http://jakartagreater.com/ayo-mari-kita-berhitung-seri-20/

Berbeda dengan Swedia, yang bisa dikatakan hanya punya 1 lingkaran pertahanan, RI punya beberapa lapis pertahanan. Mengapa ?

Coba lihat di :

http://www.tni.mil.id/files/tridek.pdf

1) Menghancurkan Musuh di Wilayahnya.

Kekuatan  TNI   sebagai   andalan   utama   untuk mendapatkan  kemenangan  awal  dengan  menghancurkan   sasaran   terpilih   atau   potensi   kemampuan  perang  musuh  sebelum  musuh  bergerak menyerang Indonesia.

2) Menghancurkan  Musuh  sebelum  masuk ZEEI.

Kekuatan tempur sebagai andalan utama untuk  merebut  inisiatif  dalam  pertempuran  dan mencapai  kemenangan  sebelum  musuh  masuk ZEEI.

3) Menghancurkan Musuh saat masuk ZEEI.

Kekuatan  tempur  sebagai  andalan  utama  untuk merebut  inisiatif  dalam  pertempuran  dan  men-

capai kemenangan saat musuh masuk ZEEI.

4) Menghancurkan  Musuh  di  wilayah  NKRI.

Kekuatan   TNI   merupakan    andalan   terakhir apabila  kekuatan  tempur  depan  dapat  ditembus

musuh,  seluruh  kekuatan  dikerahkan  sebagai upaya  terakhir,  sesuai  dengan  tekad  dan  niat

bangsa Indonesia untuk pantang menyerah.

Untuk menyederhanakannya  coba lihat ilustrasi berikut.

Ada daerah di luar lingkaran, ada lingkaran besar di paling luar, ada lingkaran tengah, dan ada lingkaran paling dalam.

Daerah yang ditunjuk oleh point 1  dan 2 adalah daerah di luar lingkaran yang paling besar.

Lingkaran yang paling luar (lingkaran yang paling besar) adalah batas RI di ZEE dan batas kontinennya. Lingkaran paling luar membutuhkan banyak skuadron tempur yang bertugas untuk melaksanakan pre-emptive strike (point 1 dan 2). Dibutuhkan pesawat-pesawat dengan daya jangkau yang sangat jauh. Heavy Fighter, pesawat medium multirole dengan CFT sangat dibutuhkan di sini, pesawat dengan kemampuan BVR.

Lingkaran tengah adalah daerah yang ditunjuk oleh point 3. Tugasnya untuk menghancurkan musuh yang sudah berada di dalam ZEE Indonesia. Jumlah skuadron yang dibutuhkan adalah 2/3 dari jumlah skuadron di lingkaran paling luar. Dibutuhkan pesawat medium multirole dengan kemampuan BVR.

Lingkaran paling dalam adalah daerah yang ditunjuk oleh point 4. Menghancurkan musuh yang sudah berada di dalam wilayah kedaulatan RI mulai dari 12 mil laut dari bibir pantai terluar. Jumlah skuadron yang dibutuhkan adalah 1/3 dari jumlah skuadron yang dibutuhkan oleh lingkaran luar. Di sini dibutuhkan pesawat-pesawat dengan kemampuan serang darat dan permukaan.

Sebab Indonesia tak punya Gripen maka yang jadi tolok ukur adalah F16.

Pesawat F16 combat range nya adalah 550 km.

Berapa jumlah pesawat yang dibutuhkan di lingkaran paling luar ?

8.237.792 / 3.14 = 2.623.500 km2

Jari-jari = akar pangkat 2 dari 2.623.500 km2 = 1.619,72 km

Keliling lingkaran luar 1.619,72 km x 2 x 3,14 = 1.619,72  x 6,28 = 10.171,84 km.

Jadi keliling lingkaran dibagi combat range F16 :

10.171,84 / 550 = 18,49 dibulatkan 18skuadron.

Berapa jumlah pesawat yang dibutuhkan di lingkaran tengah ?

Jika jari-jari lingkaran luar 1619,72 km –550 km = 1069,72 km.

Keliling lingkaran tengah 1069,72 km x 2 x 3,14 = 6717,84 km.

Jadi keliling lingkaran dibagi combat range F16 :

6717.84 / 550 = 12,21  dibulatkan 12 skuadron.

Berapa jumlah pesawat yang dibutuhkan di lingkaran paling dalam ?

Jika jari-jari lingkaran tengah 1069,72 km – 550 km = 519,72 km.

Keliling lingkaran paling dalam 519,72 x 2 x 3,14 = 3263,84 km.

Jadi keliling lingkaran dibagi combat range F16 :

3263,84 / 550 = 5,93 dibulatkan 6 skuadron.

Berapa jumlah skuadron yang dibutuhkan secara maksimal untuk melaksanakan tugas di point 1 s/d 4 ?

18 + 12 + 6 = 36 skuadron.

Komposisi skuadron paling sedikit adalah 14 unit per skuadron atau sedikit di atas itu.

Komposisi:  1 unit bertugas, 1 unit siaga, 1 unit pemeliharaan, 0.5 unit sebagai cadangan

Komposisi 1 skuadron : 4 unit bertugas, 4 unit siaga, 4 unit pemeliharaan, 2 unit cadangan.

Komposisi 1 skuadron = 4 + 4 + 4 + 2 = 14 unit per skuadron.

Jadi skuadron yang umumnya dipakai di RI adalah 14 unit.

36 x 14 = 504 unit

Jadi jumlah pespurnya nanti kemungkinan sampai 504 unit.

Untuk di lingkaran paling dalam ada 6 skuadron dengan kemampuan serang darat dan permukaan.

6 skuadron itu akan terdiri dari  1 skuadron Super Tucano dan 4 skuadron FA-50 dan 1 skuadron TA-50 (atau lebih dikenal sebagai T50i golden eagle).

Untuk lingkaran tengah akan diisi pesawat tempur medium multirole.

12 skuadron itu kemungkinan terdiri dari F16 C/D 3 skuadron dan Gripen 3 skuadron dan IFX  6 skuadron.

Khusus untuk lingkaran terluar, jika titik tolaknya adalah 550 km dari titik terluar ZEE dan jika jarak ZEE adalah 200 mil laut ( 200 nautical mile = 200 x 1,85 km = 370 km) maka pesawat tempur tersebut harus punya combat radius minimal sejauh 550 km + 370 km = 920 km.

Untuk itu pada  18 skuadron di lingkaran terluar akan diisi pesawat tempur heavy dan atau medium multirole dengan CFT.

Meski sudah diberi CFT ada kemungkinan bahan bakarnya tetap kurang maka jika ada 18 skuadron tempur paling luar dilengkapi 1 unit MRTT (pesawat tanker)  untuk tiap skuadron maka dibutuhkan paling tidak 18 skuadron x 1 unit MRTT = 18 unit MRTT.

Coba lihat apa yang dikatakan oleh bung Sayaret di http://jakartagreater.com/mengapa-indonesia-membutuhkan-sukhoi-su-35/

B-Multirole Tanker Transport (MRTT) Aircraft – A330 (AIRBUS D&S – FRANCE) : (24 units)

Dibutuhkan 18 unit tetapi akan disediakan 24 unit. Lebih dari cukup.

18 skuadron itu kemungkinan terdiri dari F16 blok 702 skuadron dan Sukhoi 10 skuadron dan Rafale 3 skuadron dan EF Typhoon 3 skuadron atau pespur double engine mana pun yang bisa bertempur di combat radius lebih dari 1000 km.

Sebagai cadangan jika ada merek yang bermasalah dalam pengadaannya maka mungkin akan diganti dengan :  tambahan Gripen NG 4 atau 5 skuadron.

Kapan ini akan tercapai ?

Tahun 2034.

Wah ngimpiiiii !!!!

Ya udah bangunin dong, Wake Me Up !

Wake Me Up by Avicii

Dari : Tukang Ngitung, PhD.

Artikel Terkait :

  132 Responses to “Ayo Mari Kita Berhitung ! Seri 28 : Wake Me Up in Circles”

  1. besok bang….:)

  2. mmmm mudahnya gini saja.
    2 skadron SU35 sebagai pemenuhan awal,,
    pesawat gripen Ng menyusul
    pesawat f16 viper sebagai penyeimbang pembelian (secara geopolitik).

    • budget dan dananya belum ada bang…:)

    • Coment itu yg singkat z, Swedia satu-satunya negara menjual pesawat tempur tanpa varian ekspor bahkan bersedia dgn persyaratan TOT bandingkan Rusia dan amerika menjual pesawat tempur dgn varian ekspor artinya pesawat yg dijual keluar negri versi downgrade dgn kemampuan yg dikurangi dari kemampuan pesawat itu sendiri seperti yg digunakan militer mereka, sy bkn sales atau fans gripen tapu kali sy amati gripen lebih layak buat indonesia apalagi jika di dukung TOT untuk nendukung program pespur kita, saya sendiri ragu dgn kfx/ifx walau nnti berhasil besar kemungkinan varian ifx versi downgrade dri kfx dgn adanya tot dri pembelian gripen kita bs menutup kekurangan dri ifx.

  3. Kontan nyut nyutan ni pala.. ampuuun dah bung PHD

  4. Waktu yg cukup lama buat ngewujutin apa yg di bilang bung pHd . Sukur” mentri keuangan dan anggota DPR sejalan dengan keinginan mentri pertahanan dan TNI ..
    Amini saja dan tetap optimis ..

    • apakah nantinya dapat dari dana kenaikan stnk….?

      • Hahhaha…nanti kamu si smesh lho rin…ahhah

      • Apa STNK mau naik ?

        • Biaya adms..malah naek..3x lipat..ama pembuatan BPKB..coba ja dihitung..koment panjang gak bisa ane…dibatasi..

        • Kira2 berapa persen naiknya ya ?

          • Oh jika dibagi 365 hari, masih murah itu biaya per harinya.

          • Bung Tukang Ngitung, tolong itungin juga berapa dana yang terkumpul dari kenaikan STNK, BPKB dan listrik 900. STNK dan BPKB naik 3x lipat xixixixi..

          • Lha khan memang udah berapa tahun nggak naik, kalo sekarang naik ya wajar toh.

            Makanya kalo nggak mau BPKB naik ya jangan beli kendaraan… Pakai sepeda ontel saja.

            Dulu jaman tahun 1970an itu sepeda ontel pun dipajakin lho suruh bayar peneng sepeda.

            Gaji pegawai Samsat dan PLN khan juga harus naik tiap tahun, makanya STNK, BPKB, listrik 900watt juga naik…

          • Berikut daftar kenaikan tarif PNBP di kepolisian:
            1.Penerbitan STNK baru dan perpanjangan untuk motor atau roda tiga dari sebelumnya Rp 50 ribu menjadi Rp 100 ribu. Sedangkan biaya penerbitan STNK roda empat atau lebih, baru dan perpanjangan dari semula Rp 75 ribu menjadi 200 ribu.
            2.Pengesahan STNK roda dua atau roda tiga dari gratis menjadi Rp 25 ribu. Sedangkan untuk pengesahan STNK roda empat atau lebih sebesar Rp 50 ribu.
            3.Penerbitan STCK untuk roda dua atau roda tiga tidak mengalami perubahan, yakni Rp 25 ribu. Sedangkan penerbitan STCK kendaraan roda empat atau lebih dari semula Rp 25 ribu menjadi Rp 50 ribu.
            4.Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) untuk roda dua atau roda tiga tidak mengalami perubahan, yakni sebesar Rp 25 ribu. Sedangkan biaya penerbitan TNKB untuk kendaraan roda empat atau lebih mengalami kenaikan dari semula Rp 25 ribu menjadi Rp 50 ribu.
            5.Penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) baru maupun penggantian untuk kendaraan roda dua atau tiga naik dari Rp 80 ribu menjadi Rp 225 ribu. Sementara penerbitan BPKB baru/penggantian untuk kendaraan roda empat atau lebih dari semula Rp 100 ribu menjadi Rp 375 ribu.
            6.Penerbitan surat mutasi ke luar daerah, untuk kendaraan roda dua atau tiga, dari Rp 75 ribu menjadi Rp 150 ribu. Sementara per bulan surat mutasi untuk kendaraan roda empat atau lebih dari semula Rp 75 ribu menjadi Rp 250 ribu.
            7.Penerbitan STNK Lintas Batas Negara untuk roda dua atau tiba baik baru maupun penggantian, yang semula tidak dikenakan tarif menjadi Rp 100 ribu. Sedangkan untuk kendaraan roda empat atau lebih menjadi Rp 200 ribu.
            8.Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) Lintas Batas Negara untuk roda dua atau lebih Rp 100 ribu, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau lebih Rp 200 ribu.

          • Dari aktual 1.2 t saat ini ditrgetkan menjadi 1.7 t. Dengan peraturan 95% dikembalikan sebagai pembelian asset intregasi pengurusan admin stnk n bpkb seluruh indonesia

      • Bisa aja @CARIN kan pemerintah lagi giat” nya menyuarakan pajak,baik itu dari tak amnesti,kenaikan pajak kendaraan bermotor,BPKB,STNK,SIM,BBM,listri. Selaian dana nya di pake buat modal pembangunan infrastruktur di daerah,untuk mempercepat program poros maritim dan tol laut,juga untuk mengejar program MEF. Mudah”an aja uang dari pajak sebagian di pake untuk memoderenisasi alusista tni ..

    • Amin… Amin.. .si Amin mana ya ?

  5. Perkiraan saya bener gado gado di ulek lagi hehe SALAM NKRI.

  6. betul ..yg penting rudal…:)

  7. Wajib hukumnya.. Negara besar masa pertahananya minim & mandul, dgn cara apapun harus terpenuhi alutsista tsb..jgn bilang duite sopo.?? Kalo ga mau Indonesia hancur berkeping- keping..jgn pernah bilang tetangga ga bakal berani / rese ..bullshitlah…2034 terlalu lama menurut gue..suhu politik dunia ga menjamin bisa adem sampai 2034..Indonesia dah pasti keseret dlm perang global dlm perebutan SDA..malah indonesia lebih tepatnya, SASARAN TEMBAK negara” rakus SDA…WASPADALAH…WASPADALAH…!!!!! ujung”nya Rakyat juga yg harus mempertahankan negara ini nantinya,apabila musuh dah masuk menyerang kenegeri ini dgn peralatan perang seadanya..Miriiis..!!!

  8. Beli su35 delapan biji aja kagak sanggup kok, (bentuk dolar) ditukar sma biji bijian, karet dll. Itu sih jelas bukan beli tp pertukaran. Harusnya sejak lama membangun kerjasama yg kuat diberbagai bisang, jika invesnya banyak disini maka mereka berpikir tehnologi pertahanan

    • Nggak ditukar tetapi imbal beli.

      Imbal beli itu artinya bayarnya ya tetap pakai uang, bukan barter.

      • Pagi bung PHD, sruput dulu kopine.
        Menurut bung phd paktor apa penyebab sulitnya rusia membeli hasil bumi dari kita, apkah karna jarak atau kualitas? Pencerahan..

        • Syarat yang susah diterima Rusia itu adalah syarat TOT.

          Kalau syarat imbal beli, Rusia mau terima.

          Imbal beli berarti Rusia harus juga impor dari RI.

          barang2 yg diimpor dari RI bukan hanya hasil bumi tetapi bisa juga produk olahan dari hasil bumi yaitu : baju, sepatu dll.

      • Ditukar mah kaya sinetron putri..putri yang Ditukar….hehe

  9. Awas you tube wayang sedot kuota internet…

  10. gambar ke 2,4,9 itu mantan istri dan yang terakhir itu istri simpanan…xixixixi

  11. Lah saya khan cuma ngitung aja, mau percaya atau nggak ya up to you lah.

  12. IFX paling banyak 80 unit bung jatahnya. Itu pun jika lancar baru tahun 2026 produksinya.

  13. Yang dibutuhkan untuk menghancurkan lawan sebelum ZEE bukan pesawat tempur berkemampuan BVR tetapi rudal berkemampuan bvr yg dipandu pesawat berkemampuan AEW&C.

  14. Ckckck ngitung lagi,,,,,,, TN PhD hebat, saingan sama admin jkgr,,,,,,

  15. Ngga pernah masuk sekolah militer tapi merasa paling militer ya begini…. Udah gitu pede banget lagi

    • Ya sudah situ aja yg nulis hitungannya daripada ngritik nggak jelas.

      Coba saya tes :
      Dalam menghadapi bencana alam di berbagai tempat, berapa kebutuhan RI untuk helikopter angkut (heavy transport helicopter) supaya bisa mengirimkan bantuan alat berat dengan cepat, berikut perkiraan harga heli angkut itu tahun ini.

      Silakan hitung dan jawab.

    • @ defcon3 ayo bung dibabar hitungannya, sekalian ama yg goib2 (yg katanya dah dibayar lunasss)…xixixi…. saya nga mau mencela bung TN ah, karena nga bisa ngitung, takut dibilang kaum pencela.

  16. Tulisan bgs itungan mantap cewek caem

    itung itungan sangat bgs utk keinginan bukan kebutuhan mskpn sampai th 2035.
    jika kondisi keuangan bgs dan tlah terpenuhinya dana pengembangan dan pengadaan perudalan secra mandiri maka itungan pespur diatas menurut saya akan menjadi kebutuhan minimum.
    Kita harus mengikuti pemimpin yg skrg bkn yg dulu yaitu kebutuhan bkn keinginan.
    selepas dari barat siatuasi jadi terbalik kita yg menjadi ancaman bagi fpda slma kita stabil pd track yg benar.
    Ancaman permanennya adlh dari negara besar.
    Kita boleh terlambat penguasaan teknologi pespur tp kita tidak boleh terlambat sedetikpun dlm penguasaan teknologi perudalan..
    Buat latihan dan ngejajar pesawt baling aja kita ngosngosan biayai sukoi..blm bbm kaprang.
    Anggaran ideal menurut saya utk perawatan dan operasional alusista itu 0,00090% dari anggaran militer..itu baru sehat.
    Anggaran pengadaan alusista dr sd lm negri minimal 85% impor mak 15% itu baru anggaran militer yg sehat.

    Kessel liat kemajuan peroketan blm perudalan lo.

    Harusnya ujicobanya seminggu sekali ini malah setahun sekali mgkn yg lain dighoibkan kale

    Kapan ya bisa baca artikelnya om colibri

  17. Bung TN kenapa tidak dijabarkan itu spesifikasi cewek Swedish?

  18. Percaya dan semoga tercapai lebih cepat…

    Hati2 saja bila pada saat tertentu alutsista menjadi obsolete perlu ada road map peremajaan di atas road map pengadaan

  19. Harus punya kapal Induk. Amin.

  20. Terima kasih bung Diego.

  21. Bung tn PHD tolong hitungkan juga kebutuhan rudal jarak jauh berbasis darat untuk setiap wilayah kita, karena rudal basis darat tidak kalah pentingnya seperti pesawat tempur dan kapal perang

  22. Pemerintah wajib meningkatkan kemampuan dlm membuat rudl jelajah, sebab selain biaya lebih murah, ke amanan negara lebih meningkat, di banding kita mengejar jumlah pesawat tempur

  23. Untuk bung colibri tolong dibuatkan artikel tentang negeri sebelah

  24. Itungan modwl range begini…anda bisa sekalian menghitung jumlah kapal yang dibutuhkan..misal PKR 105=1,KCR=2..nah bisa ketemu jumlah minimnya…pendukung pelindung darat (AD)..utk melindungi dermaga dan lanud,…ketemu lagi,kalau mau extrem..anda bisa menghitung rudal pelindung pantai,dan AD utk melindungi rudal tersebut…nah ketemu lagi jumlahnya minimnya,…nah ini yg ditinggu2…anda bisa menghitung rudal pertahanan udara..dan AD/AU utk melindunginya…nah jumlahnya ketemu lagi..dari model range seperti ini..bung tukang ngitung dapat menghitung,dan membandingkan 1 produk ke produk laennya,yg nanti akan ketemu yg mana yg paling efisien dan mematikan…tidak perlu beli banyak…tp kerjanya bisa maximal,..kalo udah ngomong ke TOT,untuk menguatkan diri,biar tidak dilecehkan,biar kuat daya tawarnya,rakyat bisa damai..saya rasa dikesampingkan dulu,TOT wajib,tapi ya tahu diri juga dong..kecuali situ sering belanja banyak….pasti dimall manapun anda akan dapat member discount..satu lagi…jangan terlalu membebani rakyat kecil..mereka harus kalian jaga…INGAT GAK ADA KATA BESAR KALO GAK ADA KATA KECIL…YG BESAR PUNYA KEKUASAAN/KEKUATAN..YANG KECIL PUNYA DOA UTK SENJATANYA..jangan salah…itu sama2 MEMATIKAN…..jika kalian melihat dari sisi KEIMANAN…SELAMAT PAGI,SELAMAT BERAKTIFITAS…SEMOGA HARI INI KITA SEMUA DIBERI BANYAK KEMUDAHAN DAN BANYAK KEBERUNTUNGAN…AAMIIN!!!..

  25. 10 sk berarti 140 unit sukoi series sedangkn tniau baru punya 16, 140 – 16 = 124 berarti pengadaan sukoi 35 sekitar 124unit, wao fantastis makanya ……..oh makanya? kwkwkwkwkwkwk

  26. Model range kayak gini..kamu bisa ngitung rudal petahanan pantai dan rudal ant pesawat,nah disitu anda bisa membandingkan produk yg 1dg yg laennya,nah nanti akan ketemu jumlah minim,mana yg paling efisien,dan kira2 anggaran yg keluar…xiixixix…selamat berhitung…selamat pagi..selamat beraktifitas..semoga hari ini kita semua yg disini diberi banyak kemudahah dan banyak keberuntungan…aamiin!!

  27. Gak bisa koment…

  28. ikut seneng atas pilihan foto artist bung TN
    xixixixixixi …

  29. Dia ga bisa ngitung maakkanya ngiri sama bung TN

  30. yuk bayar pajak kendaran bermotor dulu muayan buat bantu bantu beli pespur target sampai 504 unit.

    Indonesia itu kaya = iya
    Rakyat sejahtera = belum
    sadar bayar pajak= tidak (ketua bpk aja punya perusahan di panama papers miris pake nama tingkok lagi)
    politikus serakah = iya

    jd apakah mungkin th 2030 bisa mencapai target 504 (mungkin saja tercapai kalo di total keseluruhan ) dari pesawat yg masa pakainya tidak layak dan sudah jd penghuni museum dirgantara kalo dihitung jg xixixixi. maaf pesimis

    kenapa swedia bisa beli pesawat 98 unit
    rakyatnya makmur jd rajin bayar pajak
    kaya sda Kayu, tenaga air dan bijih besi
    politikusnya jujur

    • Jujur.

      Jujur itu setahu saya sejenis makanan lho.

      Ada jujur kacang ijo, jujur ketan item, jujur sumsum dan lain-lain.

    • Di negara2 eropa pajak yang harus di bayar oleh perorangan hingga 40% – 50% dari pendapatannya, sedang pajak yang dibebankan pada perusahaan hingga 70%
      Tetapi negaranya fair. . bukan hanya pendidikan dan fasilitas umum aja yg ditanggung negaranya bahkan orang menganggurpun di bayar oleh negaara sebagai konsekwensi negara tidak mampu memberikan pekerjaan. .
      Coba indonesia pajak dinaikan 2% aja . . mungkin semua impian bung tukang ngitung dan bung colibri pasti akan kesampaian semua
      Ayoo bung, tukang ngitung buat simulasi pendapatan negara bila pajak naik 2%. . biar yang nyinyir2 pada blangkeman semua. .

      • Baru dinaikan pajak kendaraan dan BPKB serta listrik 900 watt saja si orang2 itu teriak2, n
        hina2 pemerintah, apalagi pajak naik 2%, kayak apa blingsatannya mereka.

        • Mereka itu rakyat menengah Dan nanggung…kalo rakyat besar yg jumlahnya sedikit mah ga berasa…ini Negara Indonesia..jangan samain sama negara lain…Europa sdh jatuh..zaman jokowi bagus infrastructure di Bangun..tapi hukum..nol..bahkan minus..jaman menengah zaman sby..hukum lumayan,ekonomi lumayan..kalo pemerintah mau uang ya jualan atau Kerja..yg ngandelin pajak itu cuma pemerintah malas..jokowi bagus tapi pembisiknya yg hadeuh..

  31. Salut buat bung Tukang Ngitung, PhD. buat analisa nya, tapi jangan lupa bung, itukan estimasi dengan single epicentre, untung nya skuadron TNI AU dibagi ke dalam beberapa pangkalan y klo g salah buat meng-cover-nya, mungkin bisa jadi tambahan pertimbangan buat analisis nya bung…. Salam NKRI

  32. Spek cewek Swédia ga cocok buat cowok Indonésia, ke gedean!

    • @pocong imut

      Punya mereka kegedean apa punyamu keimutan…

      Kalo punyae temenmu @pocong stres, gampang stres….cape. deh

    • Hwuahah. .
      @ pocong imut… Kena dech loe sama tante mirna. . kalo kaki ukuran kecil janganlah dimasukin ke sepatu ukuran 40. . . ntar sepatunya lagi yang disalahin
      Salam kenal yaa pocong imut. . ..damai selalu

  33. NI CEWEK SARAP KALI YA? 2 JAM MUKA ANE DI PANTENGIN

    EMANGNYA EKE COWOK APAAN….

    tapi emang bener sistem pertahanan kita hampir sama dgn swedia
    waktu perang dingin coba liat
    Om kriget kom, avsnitt 6, “Det totala försvaret”[If war came, episode 6 “The total defense] https://www.youtube.com/watch?v=9PIzFKynEZI&feature=share

  34. kirain belajar peta dunia bung itung phd eheheheheh

    saya cm kesengsem ama cewek nya saja bung

    kalo politik dinamis dan ekom dunia tidak resesi,itu BISA,tapi melihat kondisi geopolitik dan ekom gombalisasi kapan BALON MELETUS SIAPAPUN TIDAK BISA MENDUGA 2,5 dan 7tahun kedepan

    salam absen saja dan DAMAI SELALU:)

  35. Duitnya dari Kanjeng dimas

  36. 2034 keburu aki aki dong

  37. 2034 kelamaan..Keburu orang2 Tiongkok menguasai NKRi..Menikam dari dalam karena secara bertahap jutaan orang China hijrah ke NKRI. Air ,tanah,sawah,gunung,hutan,laut dikuasai cina komunis…Jangan sampai !!!

  38. 2034 kelamaan..Keburu orang2 Tiongkok menguasai NKRi..Menikam dari dalam karena secara bertahap jutaan orang China hijrah ke NKRI. Air ,tanah,sawah,gunung,hutan,laut dikuasai cina komunis…Jangan sampai !!!!

  39. Mantab Perkiraan dan Perhitungan nya Bung TN…, Semoga kita semua Panjang Umur, Sehat” dan bisa menyaksikan Perkembangan dan Kemajuan Alutsista Indonesia.
    Amin….

  40. Ini seperti pelajaran akuntansi, ngitung thok gak onok duwite….

  41. bahas JP morgan chase & Co donk

    bung Theyownitall kemana yh..apa di culik sama anak buahnya rotchriitz 😀

  42. Comment yang udah nongol khoq pada ilang semua yaa. .

  43. Pemikiran, kosa kata dan cara menjawab bung tn, yakin deh jika bung tn ini BKN org ssembarangan…pst org trpelajjar, Smart dan pintar bergaul…salam bung tn

  44. Gripen gak akan pernah di beli Indonesia …knapa ? Karena sekelas dgn IFX. Kalau kita beli Gripen NG kapan dapatnya ? Dan batch 1 IFX kapan dapatnya ? beda tipis….antara 2030 – 2035. bahkan IFX bisa lebih cepat bila prototipe sudah jadi th 2021. Semua Tot yg di tawarkan Swedia pd Gripen sudah diberikan Korea lewat KFX. Makanya yang akqn kita tambah itu FA 50..

  45. FA-50 pasti memang akan dibeli menggantikan Hawk.

    Tetapi apa memang bung yakin Gripen NG nggak akan dibeli ?

    IFX paling cepat baru bisa diproduksi tahun 2026 lho bung.

    Sementara ada kebutuhan penambahan skuadron work horse sebanyak 48 unit atau 3-4 skuadron yang harus sudah datang semua di tahun 2024.

    Sementara Brazil mulai produksi Gripen NG di negaranya pada tahun 2019 hasil belajar dari Swedia.

    Sehingga jika RI jadi beli Gripen NG maka line produksi baru dibuka tahun 2019/2020 dan dapat diterima RI secara bertahap mulai 2021 sampai 2024.

    Gripen NG akan bersaing dengan F16V untuk berebut order yg 48 unit ini. Tender ini akan dibuka sekitar tahun 2018/2019.

    Mulai 2025 akan ada penambahan sekitar 20 – 24 unit
    Pespur sehingga tiap 5 tahun penambahannya sekitar 96 – 100 unit per tahun.

    2026 IFX mulai diproduksi 2026, jika kecepatan produksi maksimum 24 unit maka ke-50 unit batch 1 IFX akan jadi semua di 2029.

    F16V bisa jadi menang tender di 2019 sebab mereka bisa tawarkan TOT pembangunan unit maupun pembuatan spare part Hercules dan Chinook di sini.
    Namun jika pemerintah bisa menawar juga TOT AMRAAM 120 C7 kesempatan F16V akan lebih besar lagi untuk menang.

    Jika pun Gripen kalah dari F16V di tender tahun 2019 maka masih ada kesempatan untuk dapat porsi untuk menambah skuadron RI sekitar 36 – 48 unit pada 2025-2029.

    Jika IFX gagal maka Gripen akan dapat kesempatan produksi sekitar 64 unit lagi sehingga total ada 100 unit gripen di 2030.

  46. Su-35 pesawat tempur air superiority
    PAK FA pesawat tempur stealth strategis
    utk patroli sekelas gripen NG, karena faktor TOT dan kemandirian. sebenarnya saya lebih cenderung ke f16 viper untuk kelas pesawat tempur ringan 1 mesin. tapipesawat tempur stealth strategis pilihan F16 akan menambah ketergantungan kepada US yg begitu suka usil dg RI. pemilihan gripen NG karena terbaru, TOT, dan bisa produksi di Indonesia. walau masih banyak komponen di suplay dari USA dan inggris.

    IFX pesawat tempur multirole dan masa depan bagi pengembangan kemandirian. nantinya variannya didapat pesawat tempur air superiority, pesawat tempur stealth strategis, pesawat patroli, bomber.

  47. Pasang rudal antar benua hulu ledak pemusnah massal ditempat yg goib. bila musuh bisa masuk diring 2 atau 3 segera di launching rudalnya ke negara-negara agresor tsb (jangan lupa mereka juga menempatkan senjata mematikan diruang angkasa sono) ini yg hrs menjadi perhatian. Maka dengan begitu negara agresornya jg ngikut ludes sama sama amsiyong sekalian kalau ditechnic percaturan namanya remis hehe

  48. maaf bung tuan phd sebelumnya saya mau bertanya, mohon berkenan, kira2 penghasilan/pendapatan tuan perbulan/perhari/permenit berapa yah kira2? maaf loh sebelumnya kalo pertanyaan saya ini terlalu tolol atau terlalu sensitif/bersifat pribadi, soalny saya liat tuan phd enteng banget bilang seolah2 wajar dengan kenaikan pajak yang udah bertahun2 ga naik? best regards wassalam/GBU

  49. Contoh korea utara dong, baru uji coba rudal jelajah antar benua, sudah bikin heboh dunia, beli pespur boleh2 saja tp lebih efisien klu kita fokus dengan pengembangan atau beli jadi rudal, efek deterennya lebih kerasa, apalagi dengan wilayah negara yg luas butuh senjata yg klu ditaro di jakarta tp bisa nembak pesawat musih di papua, pakai logika lah cara berpikir kita

  50. Nda belebihan kok, Indonesia mampu…
    dan militer kita nda suka banyak pamer mainannya…
    dan analisisnya masuk akan, tiap tahun pendapatan negara terus meningkat terutama dari sektor perpajakan… dilihat dari prog TA (tax amnesty) bisa sih menyumbang dikit buat beli pespur sama mainan lainnya dong… 😀
    fake??? no, its real, just waiting… 🙂