Dec 112016
 

Jet Tempur MiG-29 Angkatan Udara Bangladesh


Menteri Kehakiman Bangladesh Anisul Huq memberitahu Parlemen Bangladesh bahwa pemerintah akan menambah 8 unit pesawat tempur multi-peran untuk Angkatan Udara Bangladesh.

Sebagaimana diberitakan oleh situs berita lokal Daily News, Menteri Kehakiman Anisul Huq mencatat bahwa akuisisi tersebut – selain pengadaan 6 unit helikopter Mi-171Sh, 2 unit helikopter SAR, 1 set sistem rudal permukaan-ke-udara jarak menengah, serta 1 unit pesawat UAV – akan dilakukan pada tahun fiskal 2016-2017.

Anisul Huq juga menyatakan bahwa pengadaan kontrak untuk 2 unit helikopter latih, sistem pertahanan udara jarak pendek, radar pengawasan udara jarak jauh, dan 11 unit PT-6 latih dasar telah ditandatangani pada tahun fiskal 2015-2016.

Untuk jangka panjang, Pemerintah Bangladesh akan mendapatkan tambahan pesawat tempur multi-peran, 1 unit helikopter angkut medium baru, dan sistem radar mobile.

Tampaknya Pemerintah Bangladesh telah mengalokasikan anggaran 2016-2017 untuk menyelesaikan program modernisasi yang banyak ditunggu-tunggu untuk angkatan bersenjata, terutama Angkatan Udara Bangladesh, yang membutuhkan pesawat tempur multi-peran serta perangkat tambahan untuk sistem pertahanan udara terpadu.

Pada akhir November 2016, Direktorat Jenderal Pembelian Pertahanan (DGDP) Bangladesh merilis tender resmi atas 2 unit helikopter anti-kapal selam untuk Bangladesh Navy.

Pada bulan Juni 2016, Pemerintah Bangladesh mengumumkan bahwa mereka telah meningkatkan anggaran pertahanan untuk 2016-2017 sebesar US $ 2,8 milyar – yaitu meningkat 7% dari tahun fiskal 2015-2016 (IHS Jane). Pada saat itu, Tribune Dhaka menambahkan bahwa pemerintah akan mencari pilihan pembiayaan dari China dan Rusia untuk bergerak maju dengan tiket besar akuisisi senjata.

Sumber: Quwa

Bagikan Artikel:

  12 Responses to “Bangladesh Berencana Menambah 8 Pesawat Tempur Multi-Peran Baru”

  1. Siji kannn

  2. Haha ko kaya NKRi..belinya cuma 8biji..maklum Banglades kan negara termiskin…berarti kl nkri beli 8 su 35 trmsk kismin jg..makanya jangan malu MALUIN beli 8biji .negara sekelas NKRi pantasnya beli 8skadron

    • Yg bilang kita beli cuma 8 biji siapa.? Ada sumbernya.?

    • OMA jangan menanggapi apa yg di
      Baca dimedia2 diterimanya segitu aja. Itu hanya sekedar meredam para tetangga negara yg ada disekitar kita paham. Karena sebenarnya kita sudah beli sebanyak 8 skwadron pesawat SU-35 tersebut + full persenjataan bersamaan dengan copy cetak birunya. Sehubungan dengan perjanjian rahasia antara Rusia & Indonesia untuk segalanya. Artinya
      Suatu saat kita beli pesawat dlm jumlh yg besar bisa dibikin beberapa biji, agar perasaan pemerintaan Negara tetangga tidak
      Panik dan gelisah.

  3. Dua kan

  4. selamat pagi gan.

  5. Test

  6. Wah….Bangladesh beli ke rusia juga?
    Masak Indonesia sebagai sales rusia sejati dikawasan ga dpt bonus????

  7. Pesawat angkut mediumnya beli CN235 aja,ayo PT DI segera promosikan CN235 ke bangladesh

  8. langkah nyata yang patut ditiru oleh indonesia…majukan tni…bravo indonesia

  9. gua heran dgn negeriku indonesia?????kenapa beli alutsista kok pada gak enak sama orang laen..trus kenapa kalau beli alutsista kok semuanya gak ada efek deterjennya..seharusnya semua di fikirkan alutsista jangka panjng dan jangka pendeknya..seharusnya cangbogo dpt pembuatan kapal selam tapi juga beli kilo untuk jangka pendek..rudal china jangka panjang tapi kita jg bth rudal rusia untuk efek deterjennya..ifk harga mati tapi su 35 harus segera dtg untuk antisipasi lcs dan fpda

 Leave a Reply