Mar 142017
 

Angkatan Laut Bangladesh telah menugaskan kapal selam untuk pertama kalinya, 2 (dua) unit kapal selam diesel-listrik (SSK) Tipe 035G (kelas Ming) yang diperbaharui dari China.

Kapal selam yang masing-masing telah diberi nama BNS Nabajatra dan BNS Joyjatra, telah resmi ditugaskan pada tanggal 12 Maret dalam sebuah upacara yang dipimpin oleh Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina, di pangkalan angkatan laut BNS Issa Khan di Chittagong, Bangladesh.

“Melalui induksi 2 (dua) kapal selam ini, kemampuan Angkatan Laut Bangladesh untuk menjaga keamanan dan kedaulatan wilayah laut yang baru dibentuk oleh negara akan meningkat secara signifikan”, kata Menterian Pertahanan Bangladesh dalam sebuah pernyataan pada saat upacara penugasan.

Pada tahun 2013 yang lalu, Angkatan Laut Bangladesh membeli 2 (dua) unit kapal selam diesel listrik Tipe 035G (kelas Ming) dari China seharga US $ 203.000.000.

Kedua kapal selam diesel listrik tersebut sebelumnya berada dalam pelayanan dengan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA Navy) dengan nomor lambung 356 dan 357.

Spesifikasi Umum:

  • Jenis: Kapal Selam Serang
  • Bobot: 2,110 ton
  • Panjang: 76 m
  • Lebar: 7,6 m
  • Propulsion: mesin diesel Type E390ZC-1 5.200 tenaga kuda
  • Kecepatan: 18 knot (33 km/jam)
  • Kedalaman: 300 m
  • Awak: 57 orang
  • Persenjataan: torpedo 533 mm

IHS Jane

Artikel Terkait :

  23 Responses to “Bangladesh Tugaskan 2 Kapal Selam Tipe 035 dari China”

  1. Kok murah banget ya kaselnya

  2. Kok mau ya buang duit buat beli barang rongsokan?

  3. Total biaya pembelian Changbogo itu USD 1 milyar. kalo dipake buat beli kasek kelas Ming dapet 10. Manteb. Secara yg dari China itu bukan kasel tua, itu baru dan memang harganya segitu cuma gak bisa nembakin rudal.

    • Ini kapal sekelas sama whiskey jadi gk perlu di beli walaupun dapet 10 tapi spek rendah mending beli changbogo walau cuma dapet 3 unit tapi spek boleh di adu

  4. bangladesh lepas dari pakistan lantaran bantuan india namun sekarang malah bangladesh berkubu ke china walhasil india kelabakan dikelilingi sekutu2 china

  5. Emang changbogo bisa nembakan rudal yaa??

  6. bangladesh ajah punya 2 kasel..
    sama dong ama indonesia…punya nya 2 biji…akan ada nambah 3 lagi….
    wkwkwk….bangladesh aja setengah nya sumatra punya 2 kasel…
    tapi bangladesh ga punya submarine training centre kaya indonesia
    sungguh terlaluuuuuuu…wkwkwk…

    • Gk usah sama bangladesh sama tetangga upil aja kita kalah mereka 4 kita 2

      • Itukan ktnya 2, apa iya sebegitu luasnya laut kita yg jg 2 aki2 lg kan gak mungkin. Jlh pasti Kasel kita saya yakin gak bakal dibuka!

  7. Kasian Indonesia..Negara kaya Tp alutsistanya sebanding dengan negara lemah macam Bangladesh,Myanmar,..Ini siapa yg salah..Rakyat atau pejabat yg berwenang..?? Nasib..Nasib…Yg dibanggakan rakyat kecil cuman punya negara kuat…Kalau yg dibanggakan sebagian pejabat harta kekayaan dan rekening bank..Oh tobat gusti

    • Bung Sutedi. Myanmar sama banglades soal alutsista kalah sama indonesia bahkan kebanyakan alutsita myanmar&bangladesh itu lebih tua dari indonesia. Positive thingking

  8. JANGAN BERKECIL HATI..INDONESIA TETAP NEGARA PAliNG KUAT SE ASTENG

  9. Hahaha
    Bank ruskye=Boleh kecil burung asal jng kecil hati ya bung..! Tetap semangat untuk Indonesia Raya.

    Ngomong2 burung siapa ya yg kecil?

  10. No way to Chinesse Made! Sudah tepat RI-Korsel kerjasama militer salah satunya ChangBogo sebagai dasar untuk pembuatan Kasel Made in Indonesia dimasa depan!

  11. Gpp…mereka punya 2..3..4.. biji kalsel…gak masalah….yang penting kita punya ..GHOIB….hahaha….nunggu kabar bung PS….

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)