Dec 202016
 

Uang Baru Rupiah (AUTODM ON – #ETL
@ERPETLS)

Pontianak – Bertepatan dengan hari Bela Negara, Presiden Republik Indonesia meresmikan pengeluaran dan pengedaran 11 pecahan uang rupiah Tahun Emisi (TE) 2016 dan diikuti juga oleh Perwakilan Bank Indonesia di seluruh Indonesia termasuk di Kalbar.

“Dengan telah diresmikan, menandai bahwa sebelas pecahan uang tersebut mulai berlaku, dikeluarkan dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Kepala KPw Bank Indonesia Kalbar, Dwi Suslamanto di Pontianak, Senin, 19/12/2016.

Dwi menjelaskan untuk peredaran di tahun ini masih sedikit karena masih bertahap. Namun di tahun 2017 mendatang baru peredaranya lebih maksimal.

“Untuk pecahan baru ini tentu soal keamanannya lebih baik dari sebelumnya sehingga akan sulit dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” katanya.

Dwi merincikan kesebelas uang Rupiah TE 2016 terdiri dari tujuh pecahan uang rupiah kertas dan dan empat pecahan uang rupiah logam. Uang rupiah kertas terdiri dari pecahan Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000 dan Rp1.000.

“Sementara itu, untuk uang rupiah logam terdiri dari pecahan Rp1.000, Rp500, Rp200 dan Rp100,” kata dia.

Dikatakan Dwi, sejalan dengan semangat bela negara, uang rupiah TE 2016 menampilkan dua belas gambar pahlawan nasional sebagai gambar utama di bagian depan uang Rupiah. Pencantuman gambar pahlawan tersebut merupakan bentuk penghargaan atas jasa yang telah diberikan bagi negara Indonesia.

“Selain itu, semangat kepahlawanan dan nilai-nilai patriotisme para pahlawan nasional diharapkan dapat menjadi teladan, khususnya bagi generasi muda Indonesia,” kata dia.

Ia menambahkan untuk lebih memperkenalkan keragaman seni, budaya, dan kekayaan alam Indonesia, uang rupiah kertas menampilkan pula gambar tari nusantara dan pemandangan alam dari berbagai daerah di Indonesia.

“Keragaman dan keunikan alam dan budaya yang ditampilkan dalam uang Rupiah diharapkan dapat semakin membangkitkan kecintaan terhadap tanah air Indonesia. Rupiah merupakan salah satu simbol kedaulatan negara yang wajib dihormati dan dibanggakan oleh seluruh warga negara Indonesia,” terangnya.

Artikel Terkait :

  66 Responses to “Bank Indonesia Keluarkan 11 Pecahan Uang Baru”

  1. Ngantuk bro..

  2. Warnanya kaya jajanan pasar

  3. Bentuknya seperti uang monopoli

  4. laahh kok kayak duit china sih

  5. Tahap-tahap redenominasi telah dimulai kayaknya.. desainnya dibuat untuk digit sedikit. Nanti Rp.1000 akan jadi Rp.1 , 10000 akan jadi 10, 20000 akan jadi 20, dst.

  6. Nunggu pahlawan Proklamasi-nya tiap tanggal 1 tiap bulan, setelah itu pahlawan kemerdekaan direnggut ma sewa kos, bayar pulsa, gas, dan klo akhir bulan seperti ini tinggal pahlawan perjuangan kemerdekaan……. hiks….hiks

  7. Mirip Yuan…

  8. Dari duit lama sampe duit baru..tetep saja su 35 gak Dateng Dateng..

  9. menurut saya.. design kurang unik..warna kurang tegas..sepertinya ukurannya lebih kecil…bener mirip uang monopoly….dan juga mirip uang negara lain…. harusnya dilombakan…biar lebih cinta produk indonesia..secara keseluruhan.. yg penting uangnya laku…awas ketukar dengan mata uang negara lain

    • Betul, payah nih mirip uang chino dan euro, apaan? Seharusnya kita punya uang anti-mainstreams, 100.000 warnanya Pink, 50.000 warnanya campuran biru dan merah(kek optimus). 20.000 warnanya hijau tua(tua banget) 10.000 warnanya campuran Hijau dan merah, 5.000 warnanya campuran ungu dan kuning, kalo 1.000 warnanya kuning dan merah.

  10. Minta dong

  11. Duit lama duit baru gk ada bedanya.. Megang yah cmn segitu segitu ajaahh. Cmn numpang lewat di dompet paling lama seminggu..

  12. Uang baru kita mirip uang yuan china, ada apakah gerangan?

  13. seperti euro 🙂

  14. min siapa aja pahlawan yg ada di duit itu???

    btw australia lagi kah yg cetak uangnya
    ???

    harusnya ada pecahan 500.000 biar nabung di celengan ayam gak cepet penuh 😀

  15. mirip design yuan….apakah kita sekarang ada dipropinsi china???

  16. warna apa pun yg penting bernilai

  17. Pahlawan2 yg di gambar uang sepertiny asingalias kepahlawananny tidak terkenal karna gerakanny tidakbanyak menyentuh akar rumpuf

    • @bedor

      Mungkin ente lebih mengenal Pahlawan bangsa lain sehingga tidak mengenal perjuangan bangsa sendiri !!!

      Banyak yang telah mendapat gelar Pahlawan…bahkan sampai mengorbankan jiwanya tapi tidak dikenal oleh generasi mudanya

    • @bedor

      Pahlawan memang tidak ingin dikenal…tapi seharusnya kita-kita inilah yang mengenal para Pahlawan kita.

      • Mungkin beliau taunya pahlawan asing kek ironman, thor, spideyman, captem amerika, flash, batman, robin, wolverine, Submarine, ray palmer, green arrow, hawkeye, black canary, supermen, hulk, green lantern, martian manhunter, wonder woman, aquaman, antman, deadpool, plastic man, mr fantastic, torch man, the things, hawkman hawkgirl ,zantanna , phantom strange, Deadshot, harley queen, dll 😀

    • SD nya dimana bung?ampe ga kenal an Ama rumput?Ama j*mbut kenal?Salam yak…wkwkwk

  18. Yg terpenting adalah nilai tukar rupiah menguat, …. bukan sekedar bagus design nya !!!

  19. Dalam sambutannya Presiden mengatakan masyarakat harus benar-benar mencintai terhadap mata uang Indonesia ini. Seperti menyimpan tabungan dengan menggunakan rupiah.

    “Untuk terus mencintai rupiah dengan cara-cara yang nyata, menyimpan tabungan kita dalam bentuk rupiah,” ujar Presiden Jokowi di Gedug Bank Indonesia (BI), Jakarta, Senin (15/12).

    Menurut Jokowi, masyarakat juga harus menghargai mata uang rupiah. Pasalnya mata uang tersebut tidak akan tergantikan sampai kapan pun.

    “Kalau kita cinta rupiah maka kita tidak membuat gosip-gosip aneh tentang rupiah karena menghina rupiah sama saja dengan menghina Indonesia.ingat rupiah tidak akan diganti dan tidak akan tergantikan,” tambahnya.

    Kemudian, masalah pengamanan mantan Gubernur DKI Jakarta itu memerintahkan agar pemerintah harus memperkuat pengamanan rupiah. Hal itu dilakukan untuk mencegah peredaran uang palsu.

    “Pengamanan pada rupiah harus terus diperkuat, dan negara jangan kalah sama para pemalsu rupiah,” katanya.

    Uang baru tersebut dilengkapi dengan unsur pengamanan yang lebih kuat untuk menanggulangi peredaran uang palsu. Antara lain melalui penguatan unsur pengaman antara lain dilakukan melalui color shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature, tactile effect, dan rectoverso.

    Dari sisi color shifting, apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda, akan terjadi perubahan warna secara kontras. Dari sisi rainbow feature, apabila dilihat dari sudut pandang tertentu akan muncul gambar tersembunyi multi warna berupa angka nominal.

    Dari sisi latent image, apabila dilihat dari sudut tertentu akan muncul gambar tersembunyi berupa teks BI pada bagian depan dan angka nominal pada bagian belakang. Dari sisi ultra violet feature (level 2), dilakukan penguatan desain UV feature yang memendar menjadi dua warna di bawah sinar UV. Dari sisi rectoverso, apabila diterawang akan terbentuk gambar saling isi berupa logo BI.

    Tak hanya itu, desain uang tahun emisi 2016 dilakukan dengan penyempurnaan fitur kode tuna netra (blind code) dengan melakukan perubahan desain pada bentuk kode tuna netra berupa efek rabaan (tactile effect) untuk membantu membedakan antar pecahan dengan lebih mudah.

    Fitur itu diketahui untuk mempermudah identifikasi dan meningkatkan aksesibilitas uang rupiah bagi penyandang tuna netra. Sesuai dengan amanat UU Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pengesahan Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas.

    Perubahan lain pada uang rupiah Tahun Emisi 2016, antara lain penyesuaian penggunaan gambar pahlawan sesuai Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Logam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

    Pemilihan gambar pahlawan dilakukan melalui proses focus group discussion (FGD) dengan sejarawan, akademisi, instansi terkait (Kemenkeu, Kemensos), dan pemda. Pemilihan gambar pahlawan memperhatikan prioritas provinsi yang belum terakomodasi dalam uang rupiah; pahlawan yang berjuang di lingkup nasional, mempunyai dampak besar, dan nilai patriotisme; serta memiliki ketokohan seperti nama pahlawan sudah digunakan sebagai nama fasilitas umum.

    • “Kalau kita cinta rupiah maka kita tidak membuat gosip-gosip aneh tentang rupiah karena menghina rupiah sama saja dengan menghina Indonesia.ingat rupiah tidak akan diganti dan tidak akan tergantikan,” tambahnya.

      Heheeh test mental ya pak presiden….masih tidak cangkem nya pada kek knalpot….hahaahahaa …..hajar terus pak presiden….biarin pd kepoooo

  20. mereka kan masih pakai benggol makanya ga cinta rupiah yg dalam kebijakan jokowi ga boleh lagi pakai non rupiah

  21. 1.Pahlawan Nasional Prof.Dr.Ir. Herman Johanes sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp 100.

    Jasanya di dalam perang kemerdekaan membuat Herman Johannes dianugerahi Bintang Gerilya pada tahun 1958 oleh Pemerintah RI. Almarhum Herman Johannes mendapat anugerah gelar Pahlawan Nasional dari Presiden Yudhoyono dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 2009.[3][4]wikipedia

    2. Pahlawan Nasional Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp 500.

    Simatupang pernah ditunjuk oleh Presiden Soekarno sebagai Kepala Staf Angkatan Perang Republik Indonesia (KASAP) setelah Panglima Besar Jenderal Soedirman wafat pada tahun 1950.
    Pada tanggal 8 November 2013, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada TB Simatupang.[4]

    terimakasih pak SBY

  22. Iya ya..sekarang apa apa dari China..uang mirip china Yuan,kereta cepat dari China,narkoba bertubi tubi diselundupkan dari China,jutaan orang China masuk secara ilegal ke NKRi..lagi lagi China..10 tahun lagi diprediksi China bisa menguasai seutuhnya wilayah NKRi..ada apa dengan sekarang ???? Knapa NKRi diobokobok sama Cina yg komunis..apakah ini imbal balik dari investasi China yg membanjiri NKRi.???

  23. selamat Indonesia,, punya uang dengan gambar baru…
    selamat pada team perancang dan pengambil keputusan…
    aku Indonesia,, aku cinta Rupiah.

  24. apa ada hubungan dengan proyek petrokimia gersik II yg banyak pekerja ilegal china????

  25. bangga lg kalo nilai rupiah diatas ringgit malaysia. adu gengsi. kan orang indonesia gengsian kalo soal malaysia diatas RI.. jd Rp10000,- yg dijadiin Rp1,- biar ringgit nongkrong dbwah kita. klo gak gini scr mental kita sdh kalah bersaing dg jiran pdhal perang blum dimulai.. untuk apa uang banyak jika tak bernilai, cm bikin penuh dompet.

    • silahkan pindah ke malaysia saja gak usah cari makan di indonesia lagi kalo gak bangga gitu ,,gak mau pake rupiah juga gak papah ,,,sekalian aja pindah ke amerika yang mata uangnya lebih tinggi jadi tolak ukur dunia

      bagi ane mata uang bukanlah segala galanya yang penting inovasi indonesia banyak berguna bagi seluruh umat dunia cotnohny saja iran

  26. spesies dengkul pasti pada iri kenapa tidak gambar bib bib, dan juga panasbung kenapa bukan gambar wouwo 😀

  27. koq percetakan nya gak diumumkan ? peruri kah ?

  28. bnyak yg bilang persis uang monopoli dari china.. xixi.. ya Klo diliat ya emng prsis.. ya harusnya Bsok 10th ke depan uangnya harus diganti ,pilih warna yg menandakan kreatifitas anak muda bangsa,harus melibatkan para tkoh2.

  29. Cie,cie baru saja dikeluarkan sudah dibilang mirip Duit nya China makanya kalo mo cari2 bahan yg banyak, krn Warna di dalam Rupiah yg baru sudah banyak yg digunakan oleh banyak mata uang negara lain gak hanya China saja, masak apa2 China liat saja Duit Euro, Lira Turki, Won Korea Selatan hampir semua design dan warna serupa entar kalo Hijau dikatakan mirip Dolar lagi…susah kalo belum apa2 sudah berprasangka buruk dulu

  30. Yg mirip uwang cina di bagian manaa?? Klo mslh warna..yg namanya warna kan universal. Semua negara tau warna primer warna turunan dan semua negara bebas bikin warna mata uwangnya.

    Klo pingin gk sama warna dgn pny negara lain yah di blok warna hitam sj tuh mata uwang..

    Terus, semua pahlawan jg dr Indonesia gitu kok..

    Klo pingin lebih beda lagii bikin uwang yg pecahannya blm prnh ada.. Misal biasanya bikin seribuan yah skrg bikin yg seribu seratus atau seribu duaratus dst dst.. Gitu pasti orisinil..

    • Naahhh marahin aj bung@Pkb….wkwwkkwkkwkk

      Simple bung…yg brisik bilang mirip china tu uang….bw kmari dah tu uang…buat gueeee….hahahahhaah

  31. Cakepan yang dulu

  32. Pada tanggal 19 Desember 2016, RI (bukan NKRI) mengedarkan uang baru.
    Rakyat harus tahu ilmu moneter bahwa uang dicetak itu ada 2 alasan :
    1. Untuk MENGGANTI/MEMPERBAHARUI yang lama karena RUSAK, HILANG atau DIPALSUKAN/DIGANDAKAN;
    2. Untuk MENAMBAH quota/jumlah uang beredar karena DEFISIT NERACA/DEVISA.
    Uang yang diedarkan Pemerintah RI hari ini tersebut di atas adalah dalam Kategori Nomor 1, yaitu untuk MENGGANTI (GANTI BAJU) bukan MENAMBAH (QUOTA/JUMLAH MASIH TETAP), seperti yang juga telah dilakukan negara2 lain.
    Untuk menambah quota uang beredar tidak mudah, perlu KOLATERAL.
    Indikasinya mudah, kalau uang baru tersebut setelah diedarkan menyebabkan nilai Rupiah terhadap Dollar tetap seperti sekarang dan malah cenderung terus melemah (terdeprisiasi), maka kebijakan moneter yang dilakukan BI ini masuk Kategori Nomor 1 dan tidak menyelesaikan masalah, bahkan memperbesar defisit neraca/devisa (perekonomian RI tambah turun).

    Begitu juga kebijakan pengurangan subsidi yg diterapkan Pemerintah pada Th.2014 sdh.sekarang tidak efektif dalam menyelesaikan masalah perekonomian bangsa kita karena hanya pengalihan pemanfaatan uang yang ada, dari yang tadinya semisal untuk beli ikan diganti untuk beli kerupuk sehingga lebih banyak masyarakat yang makan, tapi makan kerupuk….! Deregulasi2 yang telah diluncurkan juga tidak terbukti menarik investor2 dari luar karena bagaimana mereka akan invest di negara kita sementara negara mereka juga sedang mengalami defisit neraca/devisa, Bahkan banyak yang lebih parah dari negara kita…….! Kasihan dan menyedihkan sekali…….!

    The Collateral House (TCH) tidak bermaksud mengoreksi ataupun mengkritisi apa yang telah, sedang dan akan dilakukan Pemerintah Negara manapun, termasuk Pemerintah RI, apalagi menjastifikasi dan mengintervensi, TIDAK….! TCH hadir diharapkan dapat membantu dunia dalam penyehatan moneter dunia melalui penyampaian materi terapan Peranan Penting Pemanfaatan Global Collateral Account (GCA) 103.357.777 sebagai Sumber Kolateral dalam Penyelesaian Krisis Moneter Global dengan tetap menghormati (bukan mengikuti) tatanan Sistem dan Mekanisme Moneter Internasional yang berjalan. Jadi, Pemanfaatan GCA bukan dimaksudkan mengganti, tetapi menata ulang (reorder) system moneter national maupun internasional yg ada untuk menuju Tatanan Dunia Baru (New World Order) yang lebih baik sesuai dengan motto Garudha Putih Group (Perusahaan2 Kolateral milik GCA Owner yg telah dan terus didirikan di seluruh negara di dunia ini) : “We are not the best, but good partners”.

    Dari : The Collateral House

    https://plus.google.com/u/2/114598302178371586646

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)