Dec 212016
 

Uang Baru Rupiah (AUTODM ON – #ETL
@ERPETLS)

Jakarta – Bank Indonesia mengklarifikasi bahwa tidak ada intensi atau maksud pembuatan uang rupiah baru dimiripkan dengan uang kertas Yuan Cina seperti tudingan yang beredar di media sosial.

Deputi Direktur Departemen Pengendalian Uang BI, Yudi Harymukti di Jakarta, Rabu, 21/12/2016 mengatakan desain dan pembuatan 11 pecahan uang baru termasuk uang kertas Rp100 ribu, sesuai dengan standar desain uang yang dimiliki bank sentral.

“Ini sudah sesuai dengan standar di bank sentral, dan masing-masing bank sentral juga memiliki skema dan standar itu,” ujar Yudi.

Pernyataan ini menganggapi banyaknya informasi yang beredar di media sosial tentang kesamaan warna pada pecahan uang kertas rupiah Rp100 ribu dengan uang kertas 100 Yuan Cina.

Yudi menjelaskan elemen warna merupakan unsur pembeda dari masing-masing pecahan uang rupiah baru.

Penggunaan elemen warna karena berdasarkan survei BI, 90 persen dari jumlah responden masyarakat membedakan masing-masing pecahan uang dari warnanya.

Maka itu, ujar dia, setiap pecahan uang baru memiliki warna yang berbeda dan kontras satu sama lain.

Oleh karena itu pula, kata Yudi, wajar jika ada kemiripan atau kesamaan warna dari pecahan uang rupiah dengan uang negara lain.

“Sangat wajar apabila terdapat ada persepsi antara satu negara mirip dengan negara lain. Karena pada dasarnya warna di dunia ya segitu-segitu juga,” katanya.

“Bahkan jika mau dibanding-bandingkan, sebenarnya rupiah baru ini lebih mirip Euro dibanding Yuan, tapi memang tidak ada niat untuk memiripkan,” ujar Yudi..

Yudi mengakui setelah penerbitan uang baru pada Senin (19/12) kemarin, memang banyak informasi tendensius yang beredar di masyarakat. Selain warna, isu keliru tersebut juga menyangkut pembuatan dan pencetakan uang rupiah.

Dia menegaskan seluruh uang rupiah dicetak di dalam negeri oleh Badan Usaha Milik Negara sesuai amanat Undang-Undang. Dalam hal ini, BUMN tersebut adalah Perum Peruri.

Artikel Terkait :

  35 Responses to “Bank Indonesia Klarifikasi Tudingan Rupiah Baru Mirip Yuan”

  1. Emang knp kalo mirip Yuan.? Yg penting tdk sama dng Yuan. Apalagi disamakan dng Don Yuan.

  2. Sudah untung ga sama dengan uang monopoli…

    • Memang dicetak secara resmi di PT Peruri …Tapi di subcontract kan di PT pura …kudus ..punya siapa? Swasta …China..
      Warna nya menarik …Seperti uang China …
      Seharusnya pemerintah NKRI ini lebih baik terus terang …kalau mereka semakin cenderung Ke RRC Dan punya hutang Dan terikat kerjasama dengan China ..
      Tidak usah Bohong terus setiap hari… untuk apa?
      Yang mendengar nya ini bosan Dan resah.

      • prestasi pembangunan mulai terwujud di pelosok2, di perbatasan, di papua, kapal2 pembangkit listrik di kirim ke daerah2 terpencil, para CACING BUSUK udah kehabisan bahan fitnah, udah sangat meng-ada2 !

        ..”Pencetakan uang rupiah tahun emisi 2016 tersebut 100% di Peruri,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara, kepada detikFinance, Selasa (20/12/2016)…

        dari segi komposisi gak ada miripnya sama sekali,
        http://www2m.biglobe.ne.jp/~ZenTech/money/banknote/p02_china/yuan_100_f.jpg

  3. Gitu aja di tanggepin, kyk ga ada kerjaan yg lbh penting aja…trpaksa aku klason aja omteloletom….xixixiix

  4. Mo mirip yuan, yen, euro, dollar, rupee, bahkan rubel skalipun, ane kagak peduli. Yg pnting duit ane bejibun

  5. terlanjur paranoid dengan china apa apa di hubungkan dengan china

    OM TELOLET OM

  6. saneh setiap kebijakan ko..ya keluar isu negatip melulu..kurangkerjaan pasukan nasbung…

  7. biasa lah,udah di bahas juga di artikelnya seword.com,,,,,biasa bersumbu pendek mudah meledak,selalu melihat sesuatu dari satu sisi sudut pandang

  8. yups, kupas tuntas persamaan uang baru biar lebih jelas, monggo sekedar nambah pengetahuan…
    https://seword.com/ekonomi/uang-rupiah-baru-mirip-yuan-china/

  9. lebih mirip UERO koq drpd YUAN, ada2 saja… banyak sentimen china
    pikiran mundur..dur..dur..
    ntar lg ada kpalanya yg berasap bibawah komen ane!
    buahaaaaa……..

  10. China adalah mimpi buruk buat NKRi..makanya sering dikaitkan kaitkan sm China..kerana saking paranoid China berkuasa di NKRi..rakyat NKRi sdh bosan dijajah bangsa asing..jd wajar saja paranoid..

  11. kan memang sudah umum tampilan mata uang dengan gambar pahlawan……kalo itu di jadikan alasan bagi haters apakah perlu foto mata uangya diganti gambar tokoh2 legenda goib dan horor dari seluruh daerah kita…biar ga jadi alasan sentimen..

    • @kalem

      Iya bung…kemarin ada yang bilang tokoh pahlawan yang fotonya diabadikan pd mata uang rupiah, perjuangannya tidak menyentuh akar rumput.

      Payah tuh orang kalo gak kenal Pak Idam Chalid, atau dokter Ciptomangunkusumo….mungkin orang itu harus “dirawat” dulu di rscm biar tau jasa2 beliau

    • kepahlawanan itu mewakili ke nasionalan kepada asal usul pahlawan itu sendiri. saya bukan orang papua tp saya bangga salah satu pahlawan nasional putra daerah papua di jadikan tokoh di rupiah. itu menunjukkan bahwa papua tetap Indonesia papua bagian Indonesia.

  12. ini baru uangnya …..tar lama2 orangnya semua juga mirip sama orang yang pegang mata uang yuam.
    .
    hehehe….hati2 waspada…

  13. Yg koment rata2 parah semua. Hiks hiks..

  14. secara umum… saya senang..mata uang RI diperbaharui.. untuk Warna kurang tegas dan jelas…seperti uang terdahulu..terkesan mau hemat tintakah…. sudah bagus ukuran pas di dompet… dikhawatirkan akan cepat pudar..dan ini yang diharapkan biar cepat ganti dan produksi yang baru….ya sudahlah.. mungkin ini yang terbaik untuk negaraku

  15. yaitulah bung patih pragota.mereka yang sudah dipenuhi kebencian di hati dan kepala menjadi susah untuk berpikir jernih.akhirnya nalar pun kalah

    langsung mudah percaya dengan berita hoax,lagian dari pihak BI jg telah memberikan penjelasan ttg uang baru ini,jg masalah lambang palu arit
    dlm rupiah

  16. Yang penting rupiah ndak di ganti sama Yuan….bisa di pakai untuk transaksi dan bisa di pakai untuk beli pohon goreng…

  17. Aku Cinta Rupiah…yg gak suka uang baru, berikan kesaya saja saya siap menerima uang anda….

  18. bagusan uang jaman mbh harto desain nya ok punya….

  19. Yg penting bisa dibuat belanja ke mall. Design hrs tetap update utk menghindari pemalsuan. Yg penting lg gajian bulan depan sdh pake duit design baru.

    Ayo….kerja…kerja…kerja…jng nyinyir aja digedein seharian nongkrong trus disini. Apalagi kerjanya suka comel banding2kan. Gara2 jd pengangguran menahun makanya pikiran kotor mulut nyinyir spt ibu2.

    Kapan ya Rupiah di Redomino…ehh .. Remunisasi…ehhh Reunisasi….ahhh pokoknya pemotongan nilai rupiah gitulah.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)