Oct 242014
 
image

Prabowo Subianto dalam Sertijab Danjen Kopassus (all photos: Rengga Sancaya / Detik.com)

Jakarta – Prabowo Subianto tampil gagah dengan baret merah Kopassus. Mantan Danjen Kopassus ini hadir dalam cara serah terima jabatan Danjen Kopassus dari Mayjen TNI Agus Sutomo ke Mayjen TNI Doni Monardo. Prabowo memang dekat dan lekat dengan Kopassus. Nama dia moncer di kesatuan elite TNI AD ini.

Pada Jumat (24/10/2014) pagi, Prabowo kembali hadir di Cijantung, Mako Kopassus. Biasanya, Prabowo memang rutin datang ke acara yang digelar Kopassus.

Berbaret merah dengan jas hitam, dasi merah, dan kacamata hitam Prabowo duduk di baris depan tamu undangan. Sejumlah purnawirawan juga memberi salam hormat ala militer kepada Prabowo yang segera dibalasnya. Tampak pula Wakil Ketua DPR dari Gerindra, Fadli Zon.

image

Diajak Foto bersama hingga Selfie
Saat akan menyaksikan atraksi terjun payung, Prabowo dan para tamu undangan yang tadinya berada di bawah tenda, maju ke depan. Mantan Danjen Kopassus ini pun sempat memuji atraksi tersebut. “Luar biasa, luar biasa,” kata Prabowo kepada Agus Sutomo.

Gaya Prabowo yang santai ternyata mengundang para tamu untuk mendekat. Mereka pun mengajak pria berusia 63 tahun itu untuk berfoto bersama.

Prabowo yang masih memakai kaca mata hitam ini tampak ramah saat melayani tawaran selfie dari para tamu. Belasan orang berebut untuk selfie bersama Prabowo, namun tetap tertib.

Mulai dari tamu undangan dari Korea Selatan, ibu-ibu, sampai wartawan berpose di samping mantan suami Titiek Soeharto itu. Prabowo pun tersenyum dan jepret!

image

Prabowo Subianto dalam Sertijab Danjen Kopassus (all photos: Rengga Sancaya / Detik.com)

Diarak Prajurit
Di akhir acara, para anggota Kopassus berfoto bersama KSAD Jenderal Gatot Nurmantyo, Doni Monardo, Agus Sutomo, dan sejumlah para jenderal purnawiran yang diundang hadir. Di antaranya Pramono Edhie Prabowo, Endriartono Sutarto, Muchdi PR dan Subagyo HS. Termasuk Prabowo Subianto yang saat masih aktif di TNI juga pernah menjabat sebagai Danjen Kopassus.

Setelah berfoto bersama, Prabowo diarak dengan cara dipanggul oleh para prajurit Kopassus. Selain Prabowo, KSAD Jenderal Gatot Nurmantyo, Mayjen TNI Agus Sutomo, dan Danjen Kopassus yang baru, Mayjen TNI Doni Monardo, pun juga ikut diarak bersama-sama. Keempatnya diarak oleh para prajurit sambil menyanyikan mars Kopassus. Banyak juga prajurit berebutan bersalaman dengan Prabowo.

“Pak Prabowo memang diundang sebagai Danjen Kopassus, bukan mantan Danjen, maka saya sebut para Danjen Kopassus. Tapi ada yang nggak datang juga, ada yang sakit,” kata Gatot di lokasi acara. (Detik.com).

Bagikan Artikel:

  108 Responses to “Baret Merah Tak Pernah Lekang”

  1. Non subsidi

  2. Dengan ini saya menyataken Reaper Hunter Pertamax non subsidi murni

  3. 1…mantapp…komando mas prabowo

  4. ijin nyimak para sesepuh warjag

    salam NKRI

  5. Hai juga

  6. big five

  7. Gagah,.. Sy msh percaya insting gus dur bahwa beliau kelak akan jadi ri 1,.. Semoga lima tahun kedepan selalu di berikan kesehatan, aminnnn

  8. Gagah…

  9. Absen..big ten…!!! Tetap gagah.!!

    …..NKRI HARGA MATI….

  10. The Real President Indonesia !!!!

  11. jiwaa korsaanya gak pernah luntuur…

  12. mbleset 2 stops under

  13. Good General…

  14. jiwa korsa tak pernah luntur mati-matian demi tegakknya merah putih…smoga pak prabowo bisa bersinergi dengan pak jokowi untuk membangun negeri. Hidup NKRI

    • turut LIKE bung @tiarap…..koment spt ini sangat menyejukkan walaupun pas pilpres kmrn sy nggak milih JKW-JK tp sekarang beluai adalah presiden kita….hrs kita dukung dg kerja keras, kerja cerdas dan kerja waras di semua sektor dan kita kritisi yg tidak sesuai dg keinginan rakyat….trimakasih komennt bung @tiarap & salam kenal

  15. Jenderal yang dicintai prajurit…

  16. Begitu cinta prajurit Kopassus ke beliau..semoga beliau di beri kesempatan untuk memimpin negeri ini. NKRI harga mati.!!!!

  17. speechless…imajinasi saya jika beliau yang jadi presiden RI 2014-2019

  18. tuh panser diberi nama jokowi atau diberi nama oleh jokowi? adehhh

  19. Jakarta -PT Pindad (Persero) akan meluncurkan 2 panser Anoa varian terbaru pada awal November 2014 di acara Indo Defence 2014 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Rencananya panser varian terbaru tersebut akan diberi nama oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    “Nanti rencananya yang kasih namanya Pak Jokowi,” kata Kepala Humas PT Pindad, Sena Maulana kepada detikFinance Jumat (24/10/2014).

    Varian panser generasi terbaru yang diluncurkan adalah tipe canon 90mm dan amphibi. Untuk panser canon memakai persenjataan buatan Belgia sedangkan untuk paser amphibi menggandeng perusahaan asal Italia.

    Harga per unit panser tipe canon rencananya dipatok Rp 25 miliar hingga Rp 30 miliar per unit, sedangkan varian amphibi dijual lebih murah.

    Dari gambar yang diperoleh detikFinance, panser varian canon yang dirancang dan dibuat oleh Pindad di Bandung Jawa Barat secara desain mirip dengan panser Tarantula buatan Korea Selatan (Korsel).

  20. Masih tetap gagah,
    Mudah2an beliau mau memberikan masukan2 ke pak,jokowi demi indonesia tercinta, meski pun beliau rival pak,jokowi, tp demi indonesia mudah2an beliau bersedia,,,,

    Tetap semangat,,,,

    • seharusnya..posisi menteri pertahanan di tawarkan kpd prabowo,sbg bentuk pengakuan bhw prabowo mmg layak memegang kendali pertahanan

    • Rival kan waktu kampanye kemarin. Saya percaya pak Prabowo tetap pada ucapan beliau: akan mendukung pak Jokowi selama masih setia pada Pancasila dan UUD 1945. Kalau jadi menteri tanggung, karena patuh pada Presiden. Sebaiknya pak Jokowi menjadikan pak Prabowo sebagai semacam penasihat militer. Bisa membuat Indonesia semakin disegani… semoga…
      (harapan penjual jamu keliling)…

    • Sepengetahuan saya kemarin siang ada pertemuan antara Prabowo dengan tim Jokowi yang di prakarsai oleh Luhut, adapun yg hadir dari tim Jokowi ; Luhut BP, Akbar Faisal, Rini S. Semoga pertemuan yg terjadi di grand hyat ini untuk kemaslahatan semua rakyat bukan segelintir rakyat…

  21. Kalau yg beri nama jokowi ya nga papa, tp klu diksih namanya jokowi ya bahaya, hehe nanti klu kena bom trus hanncur gmana..? Nga enak beritanya nanti di judul beritanya ” jokowi'(panser) hancur kena bom” kn nga enak bacanya tho…

  22. absenn :mrgreen:

  23. Tidak bisa di pungkiri nama besar pak prabowo begitu melekat di di hati korps baret merah,..
    Sepak terjangnya di medan operasi membuat dia begitu di kagumi dan di cintai oleh prajurit komando,termasuk prajurit2 muda kopassus….
    Berani benar berhasil
    Komando

  24. the next presiden RI

  25. Salut sama pak prabowo.

  26. Tetap tegar dan move on dengan jiwa korsa korp baret merah yang tidak pernah luntur, itulah jenderal Prabowo Subianto, seorang jenderal yang dicintai prajurit dan rakyat !!!

  27. Kalo saya sih salutnya sama jokowi……ayo kamu bisaaa…. pimpin nkri sampai 10 tahun kedepan

  28. prabowo seolah sudah menyatu dgn nama besar kopassus…dan kopassus seolah olah cm mengenal satu nama pemimpinnya,prabowo

  29. Bravo Kopasus “NKRI HARGA MATI”

  30. Iloveee youuu pak bowoo kau adalah inspirasi hidupkuuu… 😀

  31. Lawan kata,

    Keras >< Malam

    Tapi,

    Nama org tdk bs dibikin lawan kata,

    (Bpk) Prabowo dan (Bpk) Jokowi tdk bs dibikin sbg lawan kata.
    Apalagi keduanya memang tdk prnh berlawanan.
    Keduanya pernah bersaing.., tp tdk pernah berlawanan.
    Dan persainganpun sdh diakhiri dgn pelukan, salaman dan saling memuji.

    Bpk Jokowi hebat..
    Bpk Prabowo hebat

    Tapi.,
    Yg Kuasa sdh menentukan bhw keduanya hrs mengabdi pd negara dgn caranya sendiri2, dan cara mereka mengabdi sama2 dimuliakan-Nya..

  32. ijin nyimak

  33. Yang ini form comentnya lebih mudah. Kalau menurut saya kharisma itu tidak bisa dimiliki semua orang. Setiap orang pun kharismanya berbeda – beda. Pak Prabowo memiliki kharisma yang berbeda dari pak Jokowi maupun pak SBY. Bagi pendukung masing – masing tokoh pastinya merasakan kelebihannya tersendiri. Dari artikel di atas dapat kita lihat salah satu kharisma yang dimiliki pak Prabowo :mrgreen:

  34. Buat danjen yg kebetulan tidak bisa hadir karna sakit, semoga lekas sembuh, Aamiin

  35. ijin nyimak ndan

  36. Pemilu sudah usai kawan!
    Dibaca dari atas sampai bawah kok eneg.
    kok seakan2 JKGR seperti lapak amatir yang lain.
    Dimana JKGR yang seperti dulu,opininya lebih menarik ketimbang artikelnya.
    Mbok yah diskusi secara sehat dan membangun gitu loh!
    Jujur aja selama ini JKGR telah mencetak dari anak2 muda yang dari plonga plongo hingga bisa mengenal arti militer.
    Tapi sekarang kok seperti kicauan anak2 Balita aja
    Ayo kawan diskusi secara sehat!
    Biarpun para sesepuh jarang nongol tapi justru disitulah tantangan kita sebagai Militer Fans Boys untuk lebih berkreatif dan berargument secara cerdas.
    Semoga JKGR tetap number one.
    -( Cerdas-kreatif-membangun-berbagi ilmu)-

  37. bung diego pinter :)
    jadinya kita bisa profiling id-id yang belum bisa reda :)

  38. Kenapa baret merah tak pernah lekang di dalam diri pak prabowo…karna beliau menghabiskan sebagian besar karir militernya di kopassus…beliau sangat di segani dan sosok patriot sejati…itu sudah di buktikan di semua palagan pertempuran yg pernah ia laksanakan dan selalu menjalankan tugasnya dengan gemilang…beliau jg peduli terhadap para prajurit2nya,sampai2 dia harus melepaskan karir militernya yg gemilang karna tindakan prajurit2nya…dia jg sosok negarawan yg ikhlas dalam menerima semua keputusan…
    Ini bukan untuk mengadu domba antar pendukung ato mw mw mbahas politik…tp berdasarkan pandangan pribadi saya dan jg kesaksian langsung paman saya yg pernah bertugas mengawalnya saat di kopassus dulu…semoga beliau di beri kesehatan dan bisa membantu pak jokowi menjalankan pemerintahan dan tetap berkontribusi untuk negri ini dengan posisinya sebagai penyeimbang…

  39. bapak prabowo adalah pilihan, idola dan panutan saya untuk berbangsa dan bernegara ! hidup bapak 08 !!

    • Angka 8 dalam kepercayaan chinese merupakan angka yg sangat baik terutama dalam urusan rezeki, karena angka 8 satu2 nya angka yg tidak terputus ini yg diharapkan etnis tionghoa agar rezeki nya terus datang tanpa terputus.

      Sementara untuk Prabowo, ada yg mengatakan teory angka 8 dimana merupakan angka kesukaannya adalah berdasarkan 8 Jenderal yg sangat berdedikasi tinggi terhadap tanah air Indonesia raya. Siapakah 8 Jenderal tersebut ? (1) Jend Sudirman (2) Jend Urip Sumoharjo (3) Jend A Yani (4) Jend AH Nasution (5) Jend Suharto (6) Jend M yusuf (7) Jend LB Moerdani (8) Jend Prabowo.

      Lalu bila saat ini Presiden ke 7 telah terpilih yg ternyata bukan beliau, apakah Presiden berikutnya yg merupakan Presiden ke 8 RI apakah beliau?? Waullahualam…

      • wah salam kenal bung rafly, seingat saya 08 itu nama panggilan bapak prabowo di radio komunikasi, saya tau dari twitter bpk prabowo sendiri, salam hormat saya buat seluruh warjag …

  40. rafly@klo blh saya tambahkan 8 “pat” itu menanjak naik dan 9 “kiu” itu sukses selalu dan bertahan/sempurna..89 pat-kiu ada lagi 168 i liuk pat/i liuk fa’ selalu menjadi ukuran sebuah keberuntungan

    • Bung frans lumayan paham numerology chinese juga ya, betul bung angka 9 adalah angka kesempurnaan karen nilainya yg paling tinggi. Delapan 8 ; Pengorbanan, Kerja Keras dan Kekuasaan, Infinite ; tidak ada awal tidak ada akhir, terus menerus. Sembilan 9 – tingkat tertinggi perubahan. Sangat menarik untuk dicatat bahwa kata-kata dengan jumlah serupa nomor delapan dan keberuntungan “baat dan faat”. Nilai delapan juga dikaitkan dengan agama Buddha – Lotus bunga dengan delapan kelopak.

  41. BARET Kopassus sebelumnya tidak berwarna merah (ada yang tau warnanya apa sebelum merah ) memakai Baret yang berwarna Merah sejak organisasi ini diambil alih oleh TNI AD.,

    Mengenai warna baret ini perlu kita ketahui bahwa seluruh pasukan khusus di dunia menggunakan warna hijau, sedangkan pasukan “airborne /lintas udara” nya berwarna merah.
    Tetapi di Indonesia terbalik, justru pasukan khususnya yang menggunakan baret warna merah

    Makanya Pasukan yang baru terbentuk yaitu pasukan Ranger sebagai pasukan Komando Lintas Udara (PARA) memakai baret merah

    Sedangkan Kopaska TNI AL ganti baret dari biru tua menjadi warna Merah mulai 30 April 2007.

    Pasukan ini pernah diciutkan dari 6 ribu personil dan tinggal sekitar 3000an personil saat reorganisasi ABRI pada thn 1986 dan dimekarkan lagi menjadi 6 ribuan prajurit saat Pak PS menjabat dan Kopassus mempertimbangkan AGHT (Ancaman, Gangguan, Hamabatan dan Tantangan) kedepan yang makin besar.

    Pak PS terkenal sebagai Dan Kopassus ,,disaat kepimpinan beliau karena banyak berperan dalam pengembangan pasukan khusus ini ,banyak prestasi dan kiprah yang tercatat dalam sejarah, Jadi wajar bila beliau melegenda.,

    Imho

    • Hatur Nuhun Infonya Bung Satrio..

      Apakah penukaran baret dari hijau ke merah ini dulunya bagian strategi atau ada sejarahnya bung Satrio?

      Salam hangat untuk anda dan keluarga di rmh dari sy di Bandung bung :cool:

    • kalo kagak salah jamanya pak Idjon Djanbi, biru kemerahan karena habis dicelup ama teh.
      mohon koreksinya bung satrio jika salah.

    • Pak satrio tolong di bikinin artikel tentang satuan ini dong…walaupun sadah banyak cerita tentang kopassus,tp sebagian masih jd misteri

      • apanya yg misteri bung Ncank @ ,,klu cara membunuh emg senyap , merebut dan menguasai medan emang jagonya..

        klu kopassus ma itukan dari rpkad ,,klu masalah baret merah ma biar aku yg jawab ma ,,, itu baret merah yg dipilih setelah kemauan dan usulan jenderal A yani …

        kata beliau itu melambangkan keberaniaan , kebanggaan , kekuatan

        ……….

    • Bung Zero
      Kelihatannya kaena faktor Sejarah

      BungNcank
      Saya sudah banyak cerita tentang kopassus disini ,coba cari artikel yang berkaitan dengan kopassus disini,

    • Warna baretnya dulu coklat bung satrio waktu masih di bawah TT III/SLW Siliwangi

  42. Keren !

  43. The Legendary General..

    Old soldiers never die they just fade away

  44. ada 2 saja masih suriken 3 aja udah di cap legend …..

    para askar lebay..cuap2 asal bunyi…,pencitraaan terus sampai hoax..hoaxx!!

 Leave a Reply