Jun 012012
 

Mayor Agus Harimurti Yudhoyono

Brigif Linud 17 Kostrad mendapatkan penghormatan, menjadi pasukan AD pertama yang menggunakan Battle Dress Uniform (BDU) terbaru. Warna hijau dari Pakaian Dinas Lapangan (PDL) ini lebih menyatu dengan alam, sehingga memaksimalkan kamuflase pasukan. Motif bercak lorengnya pun lebih halus karena menggunakan pixel/ digital effect. Code dress dan atribut diperbaiki penampilannya mendekati model US Army.

PDL yang baru ini terlihat lebih trendy dan modis. Jika pasukan Indonesia berbaris atau defile memang tidak terlihat ada yang aneh dengan mereka. Namun jika pasukan TNI digabungkan dengan pasukan negara lain, terutama pasukan negara maju, maka loreng/PDL pasukan TNI terlihat sedikit “jadul”, alias jaman dulu.

Rasa gagah dan nyaman dengan pakaian dinas diharapkan akan menambah percaya diri pasukan dalam menjalankan setiap kegiatan/ operasi mereka.

Brigif 17 Kostrad ?
Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, mengapa Brigif Linud 17 Kostrad yang pertama mendapat BDU baru ?. Keputusan ini bisa saja random. Akan tetapi jika dilihat dari jenjang militer, Kostrad merupakan unsur pasukan lapangan yang paling besar di TNI. Panglima Kostrad dipimpin oleh Jenderal bintang tiga. Sementara Kopassus dan Kodam dipimpin oleh Jenderal berbintang dua.

Kalau pilihannya jatuh ke Kostrad, lalu pasukan mana yang lebih dulu menggunakannya ?. Tentu pasukan yang senior. Dan mereka adalah Linud Kostrad, yang sudah malang melintang di medan pertempuran.

Brigif Linud 17 terdiri dari tiga bataliyon: Yonif Linud 305/Tengkorak (Karawang, Jabar), Yonif Linud 328/Dirgahayu (Cilodong, Kab.Bogor), dan Yonif Linud 330/Tri Dharma (Cicalengka, Kab Bandung). Markas Brigif 17 terletak di Cijantung (Jakarta Timur), satu komplek dengan Mako Kopassus, Yonkav 1 Badak Ceta Cakti/Kostrad, dan Yonkav 7 Panser Khusus/Kodam Jaya.

Brigif Linud 17 Kostrad, telah mencetak jenderal-jenderal ternama, antara lain: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Endriartono Sutarto dan Jenderal (Purn) Feisal Tandjung, Mantan KASAD Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu, Letjen (Purn) Djamari Chaniago, Letjen (Purn) Suaidi Marasabesi, Letjen Purn Prabowo Subianto, Letjen (Purn) Agus Wijoyo, Letjen (Purn) Fachrul Razie, Letjen (Purn), Djadja Suparman, Irjenad Mayjen Geerhan Lentara dan banyak lagi.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghabiskan sebagian karir militernya di Brigif Linud 17/Kostrad diawali dengan menjabat sebagai Danton Pan Yonif Linud 330/Kostrad pada 1974-1976. SBY kemudian dipercaya menduduki kursi Danton Pan Yonif Linud 305/Kostrad tahun 1976-1977, Danton MO 81 Yonif Linud 320, Pasi Ops Mabrigif Linud 17/Kostrad, dan Danki Pan Yonif Linud 330/Kostrad.

Karir puncak Yudhoyono di Brigif Linud 17 adalah pada 1993-1994 saat ia menjabat sebagai Komandan Brigif Linud 17/Kostrad dengan pangkat Kolonel Infanteri.
Selain BDU/ PDL, kelengkapan pasukan juga disempurnakan seperti: ransel tempur, sepatu, decker pelindung lutut, sarung tangan, sarung senjata, perlengkapan minum, komunikasi dan lain sebagainya.

Brigif Linud 17 Kostrad

Brigif Linud 17 Kostrad

Diharapkan BDU dan perbaikan kelengkapan Linud 17 Kostrad ini, segera merata kepada satuan satuan lain. Untuk mengemat biaya, pergantian perlengkapan ini diharapkan dilakukan saat jatuh tempo pemberian seragam dan kelengkapan baru pasukan.

Yang belum diketahui adalah, apakah Battle Dress Uniform (BDU) terbaru ini akan digunakan oleh seluruh pasukan TNI atau per-angkatan. Sebagian tentara asing telah mengubah PDL mereka berdasarkan Angkatan: Darat, Laut dan Udara.(Jkgr).

  72 Responses to “Seragam Baru TNI”

  1. mantappppppp!!!!!!!!!!

  2. kok mirip dorsus kopaska TNI AL sih?

  3. komando pasukan katak TNI AL sudah lama pakai. apa gak ada warna lain?

  4. iya tuh kok bisa bikin sama dengan punya KOPASKA TNI AL?

    • MASALAH ITU SAMA ATO TIDAKNYA……INI UDA DI ATUR SM ATASAN DI CORP MASING MASING SODARA……TENANG AE……YANG PENTING KESEJAHTERAAN KITA LANCAR….

  5. beda dul. kopaska agak coklat dari jauh kayak warna katak hutan persis. nie kayak loreng pinus. cuma agak muda.

  6. Mirip loreng RAIDER………

  7. BRAVO DARMA PUTRA

  8. mantap sebagai pasukan linud q bangga bertempur kalau baju loreng diganti seperti itu DO THE BEST KOSTRAD SALAM BL-3/TBS

  9. WAHAI PRAJURIT KOSTRAD TEGAKKAN LAH NKRI HARGA MATI PEGANG TEGUH SAPTA MARGA DAN SUMPAH PRAJURIT BERSAMA TUHAN KITA MENYERBU DARI LANGIT

    • Hahahaha Mas Mas mangnya cuma kostrad yah yang bisa perang mangnya satuan lain kagak bisa perang, Koramil pun bisa berperang, kalo cuma Kostarad yang bisa perang, sono perang sendiri biar satuan lain Korve ajaa
      Sama aja mas cuma kesempatan aja yang beda
      We Love TNI Now n Forever

  10. UNTUK HENRY XXX MEMANG ITU BEDA DGN LORENG AL

  11. Bagusss, harusnya dari dulu sperti itu, ada perubahan baik dari segi pakaian dan perlengkapan militer khususnya, sehingga motifasi dan etos kerja itu teruss tumbuh dengan sendirinya pada setiap insan prajurit dari sabang sampai merauke,,,

    Saran : kalau bisa diterbitkan lagi untuk Pakaian Dinas Lapangan Harian ( PDLH ), seperti jaman Presiden Gusdur, untuk pemakaian pada saat Dinas Jaga Kesatriaan/Piket.

  12. Lain sm kopaska..diloreng kopaska ada gmbr kodok digital..kalau ini ada gmbr para digitalnya..

  13. Mau Kopaska mau apapun…itu…yang penting Tentra…..hahahaha, majulah tertra Indonesia…..,

  14. kostrad gorontalo berminat memakai seragam PDL
    baru TNI,,mohon di dukung,,,

    • Semoga lekas terealisasi!

      • ane di yon bekang 2 kostrad uda pakek kawanku…….insya allah segera di salurkan ke tempat sana moga kostrad smakin jaya dengan adanya uniform baru…….jaya terus kostrad ku……..

  15. pernah liat baju tentranya korsel ?? ya mirip ini!!

  16. Kapan Loreng AU dibikin kernen jg nih??? :(

  17. kok ribut masalah loreng rekk…sing penting gajian n tunjangan lancar…

  18. yang penting kemampuanya ditingkatkan bukan bajunya

  19. Kok ribut masalah Doreng, yg mau beliin se- indonesia sapa?…beli alutsista tempur pesawat, tank, kapal aja diubek-ubek…anggaran minim kok ini malah ribut uniform…rumah dinas aja masih kurang banyak prajurit yg ngontrak sendiri lg. Sing penting PERSATUAN KESATUAN TNI UNTUK NKRI HARGA MATI.

  20. Mirip pun nggak papa… siapa tahu perubahan motif ini dapat meningkatkan moral tempur & juang prajurit TNI kebanggaan kita semua. Memang sepintas mirip dengan punya teman-teman di Kopaska, namun detilnya berbeda kok. :)

    Lautan terjaga daratan sentosa negara sejahtera!

  21. SALUT….BUAT MABES TNI…..KONCO2 JANGAN DEBATKAN MASALAH WARNA LORENGX ….TAPI INGAT INI SUATU BERTANDA BAHWA TENTARA KITA MULAI ADA PERUBAHAN MULAI DARI ALUSTITA AD,AL DAN AU SAMPAI PADA SERAGAMX SEBAGAI TANDA KEHORMATAN DAN KEBANGGAAN BANGSA DAN NEGARA ASAL JANGAN TIRU NEGARA LAIN SEPERTI MALAYSIA NEGARA COPY…….AKU BANGGA JADI ANAK OPRENG WALAUPUN BAPAKKU UDA PENSIAN SEBAGAI PRAJURIT YANG SETIA PADA NEGARA DAN BANGSA…….BRAVO BENTENG TERAKIR NEGARA….

  22. kl kopasus aja blm dpt apalagi kodam ni…,serentak aja kenapa sama sama tni kok

  23. Yang penting ALUTSISTA TNI dari AD,AU dan AL Modern semua/canggih.. :)

  24. MIRIP LORENG PEMUDA PANCASIAL

  25. BARET HIJAU SUDAH GK JADI KEBANGGAAN LAGI DAH GK AD YANG BILANG WOW……….MASA KORAMIL PAKE BARET HIJAU,…GK YG LAIN GITU ……………..MISALNYA KUNING,JANGAN DI SAMAKAN DENGAN ORG PASUKAN DONG,..SY JADI MALU PAKE BARET HIJAU YG DULUNYA BANGGA,,…ENTAR DI SANGKA DINES DI KORAMIL

    • loh gaya mu seperti yg ngalami di satpur dirimu aja, saya dari di den 81 aja tdk mengungkapkan kata yg kau ucapkan,gaya doang.

  26. kerenn seragam barunya. . .:)
    aq pengen mengenakannya di kemudian hari nanti…:)

    salam anak bangsa

    • OKE DEK………RAIH CITA CITAMU SMOGA KAMU BISA MENGGANTIKAN KAMI SMUA…….KAMU TUNAS BANGSA YG MEMPUNYAI CITA CITA MULIA LANJUTKAN DAN KEJAR SMUA ANGAN ANGAN MU…..DAN ABDIKAN JIWAMU UNTUK NKRI

  27. setujuh, bnget klu seragam PDL, di ganti

  28. MACAM U.S ARMY PUN ADA.

  29. pdl lama yg oke coi,biasanya yg baru hanya panas2 tai ayam kox setelah panasnya dingin hilang lagi jadi pdl korfe coi,sekarang yg penting hati dan jiwa merah putih itu loreng kita TNI

  30. ala bro2….kita pangkat kecil kayak gini ndak kena marah aja dah syukur

  31. Linud wajarlah tampil beda …….kan bukan tentara iklan…cui.. cui korve aj pake baret

  32. Jangan pandang enteng Kodimlah disana juga ngumpulnya ex Satuan Elite bossss
    Yang punya wilayah, adik” yg di Satpur kan nebeng wilayah qwqwqwqwqw

  33. TENANG SMUA SAUDARAKU AD,AU,AL KITA SMUA TNI MASALAH UNIFORM BARU ITU KEBANGGAAN MASING MASING KORP MARI KITA JUNJUNG PERSATUAN DAN KESATUAN UNTUK SATU TUJUAN NKRI HARGA MATI…………

  34. klian tu jgan iri,,,.,.
    mw dganti kyak pa kek tu bkan urusan klian tu urusan atasan yg penting klian tu bersyukur ja dah bsa mkan yg brikan oleh negara,.,.,.

  35. ALL>> yang penting Tentara Nasional Indonesia

  36. Dikodim maupun dikoramil tmpt kmpulnya para tentara elit coy.mlh ku skrg dikoramil,n prl km tau Sdh 12 th ku pkai baret pskn elitenya TNI-AD. Jd jgn sok lah,dg senior”km yg dikodim n koramil. Krn ini prntah coy mka km pke baret lg.

  37. Apapun seragamnya dan warnanya tapi tetap 1,
    Janji Seorang Prajurit selalu kita pegang Dan Tak akan kita ingkari SEMANGAT selalu

  38. Setahu saya seragam “loreng” bertujuan sebagai alat kamuflase di medan tempur agar sulit terdeteksi atau tidak cepat terdeteksi musuh, bukan sekedar gagah-gagahan. Seharusnya pemilihan corak maupun warna harus disesuaikan dengan kondisi alam / lingkungan daerah pertempuran. Contohnya perang di hutan biasanya didominasi warna hijau, cokelat dan sedikit hitam dengan corak dedaunan, perang di gurun atau daerah bebatuan dengan rumput kering didominasi warna cokelat muda dan khaki dengan corak kerikil atau rumput kering, perang kota didominasi warna abu-abu muda dan abu-abu gelap dengan corak persegi, perang salju didominasi warna putih, dan sebagainya. Warna dan corak tertentu digunakan untuk medan pertempuran tertentu. Mudah-mudahan tujuan kamuflase sebagai salah satu unsur pertahanan tidak dikalahkan dengan sekedar keinginan meniru negara lain atau gagah-gagahan yang belum tentu cocok dipakai di medan pertempuran. Akan sangat lucu kalo kita perang di hutan memakai seragam untuk perang di salju, pasti mudah jadi sasaran tembak. Saya pribadi sangat berharap TNI mempunyai departemen khusus yang bekerja untuk mempelajari, mengembangkan dan membuat pola, corak dan warna untuk tiap kondisi geografis, vegetative ataupun untuk perang kota (urban warfare) di Indonesia. Dan lebih berharap lagi agar TNI menyesuaikan seragam tempur masing-masing kesatuan ataupun regu sesuai dengan misi-nya dan sesuai kondisi daerah pertempuran. Bravo TNI !

  39. sergam apaun kita yg pnting kita satuan yg di perintah,, keputusan negara itu untuk kebaikan kita bersama, tugas kita adalah untuk menjaga NKRI harga MATI brooow,,,,

  40. seragam TNI yg baru kok mirip seragam tentara filipina ya ?

  41. Tenang saudara ku kita sesama TNI punya kebanggaan masing masing jangan ribut ribut biarkan pimpinan kita yg memutuskan tugas kita lakukan yg terbaik dan tetap semangat” macan macan NKRI

  42. Mudah mudahan ga loreng nya aja yg baru tapi gajih dan kesejahteraan juga baru dan setara dgn tentara negara negara luar yg maju ” tetap semangat NKRI HARGA MATI ” MACANNNNN

  43. semoga saja tentara semakin baik kedepannya…dan semakin sejahtera…..semoga gaji dan remon naik…dan semoga remunsasi 13 nya uda cair dan remon bulan agustusnya juga uda cair……

  44. “Prajurit prasojo tur irit” makin tahun peraturan mangkin berat jangankan mau jadi TNI mau naik pangkat saja harus berjuang mati matian ” jangan harap naik pangkat kalau pisik anda lemah “intinya terus bina pisik biar keras otot ototmu jaya didarat laut dan udara 3 matra harus dikuasai 1 orang prajurit kalau mau naik pangkat” Tetap semangat dan terus berlatih” MACAN””””””””””””” DHIRA DHARMA

  45. Klu perang pake loreng yg dulu aja… loreng mmg bnr tuk kamuflase tp loreng yg sdh skrg dbikin cuma tuk pakai upacara khusus.. blm tentu dpakai prang..

  46. Apa pun ceritanya,,,itu semua bagus dan paten,,,,tapi yang paling paten dari yang paten dan yang paling bagus dari yang bagus adalah PDL yang sudah ada dari tahun 1945 hingga sekarang yang sedang dipakai,,,kenapa,,,PDL yang sudah ada ini sudah di setingg oleh Brigjen A.E,Manihuruk untuk menyesuaikan dengan Cuaca, Medan, yang di hadapkan dengan Medan tempur wilayah Indonesia 90 % Hutan Tropis,,,,,kembali kita ke masa pendidikan pada saat siaga Fajar dan siaga Senja,,,apa yang kita temui kawan kita sendiri nampak seperti pohon,,,nah kalau kita gunakan dengan PDL yang sekarang,,,pada saat siaga Fajar dan Senja,,bentuk wujud kita sebagai prajurit masih kelihatan,,,,(Menyamar dan Menyamar,,,Berlatih,,,,dan Berlatih,,,,

  47. Klo menurut ku,, udahlah, jangan di ganti,, loreng TNI kita yg lama udah oke banget,, malah hampir sempurna menurutku,,salah satu loreng terbaik di dunia meenurutku,,keliatan banget geram,sangar prajurit berwibawa,, coraknya klop banget ,, klo mo jujur nih loreng yang baru tuh klo di liat kayak tentara biasa aza, unzur ke geramannya dah ilang total,,,salam anak bangsa,,

  48. bersatu setiap prajurit jangan mempermasalahkan seragam..ke ahlian yg kita bina di masing2 comando

  49. oke bro terserah sampean aj mau coment ap aj buat seragam BDU seng penting ojo ribut podo ngabdi negoro…tetep kompak ..
    saran saya baju Pdl yg skrg dibuat mirip baju STM …terusan..baju sama celana gabung…mirip baju montir….supaya saat digunakan di hutan aman dari gangguan lintah…ular / hewan merayap…saat ini saya di papua…posnya ditengah hutan banyak lintah…banyak yg hinggap di badan..melewati celah baju pdl…keuntungan lain lebih cepat memakainya drpd yg ada sekrg….klu baju terusan…tinggal tarik resleting aman….enak dibawa gerak juga…gak khawatir ad hewan masuk melalui pinggang…soale saat gerak dihutan pasti bawaan banyak…ada box munisi ad botol air..kebanyakan disangkutkan di ikat pinggang..otomatis celana melorot…celah pinggang terbuka…fungsi baju pdl itu kamuflase…yg pasti biar aman…tapi aman juga buat badan prajurit..

  50. semua perubahan yg diadakan oleh pimpinan itu positif…demi keamanan prajurit..mohon dipikirkan sedikit saran dari prajurit ini…wahai pimpinanku yg bijaksana..kami saran berdasarkan pengalaman kami saat bertugas…daerah yg banyak lintahnya..banyak ular berbisa…kalau mikir negara kami belum sanggup.cuma sedikit saran yg bisa kami haturkan..MANUNTUNG BERGETAR.

  51. untuk semua prajurit bangga dengan satuannya masih 2 apalagi kostrad -kopasus-kodam-al-au
    3 matra adalah kebanggan bangsa indonesia,
    semua harapan prajurit yang penting remon di naikan dan gaji juga naik biar prajurit bermoril tinggi
    dengan harapan dapat mengurangi pelanggran di satuan.
    loyalitas seorang pimpinan kepada anggota merupakan terwujutnya keberhasilan itu nyata
    berkat doa semua anggota,sekali lagi perhatikan kesejatraan prajurit kita jendralllllllll.

    wasalam

  52. kasihan yg gk punya baju kusus kebanggaan..xi..xi..xii

 Leave a Reply

(wajib isi)

(wajib isi)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons