Sep 242016
 

MOSKOW – Russian Aircraft Corporation MiG saat ini sedang mengadakan pembicaraan dengan beberapa pembeli potensial jet tempur MiG-35, ujar juru bicara perusahaan pada hari Jumat, 23 September 2016.

Pada saat ini, jet tempur MiG-29 sedang digunakan di 29 negara di seluruh dunia. Dari 29 negara tersebut, sebagian negara tertarik dengan jet tempur MiG-35 dan sebagian lagi tidak, hal ini disebabkan karena kebanyakan dari MiG-29 dikirimkan ke luar negeri di era 80-an, dan pesawat ini sekarang mulai ditinggalkan.

Banyak dari pesawat-pesawat itu memerlukan penggantian bukan saja modernisasi, dimana kami juga siap menawarkan modernisasi maupun penggantian. Sekarang kita sedang berhadapan dengan sejumlah pelanggan potensial untuk jet tempur MiG-35, kata Anastasia Kravchenko.

rusia-mig-35-varian-export

Jet tempur MiG-35 untuk varian ekspor (Russian Aircraft Corporation)

Dia menambahkan bahwa penggantian jet tempur MiG-29 dengan jet tempur MiG-35 adalah sebuah langkah hemat biaya, karena secara signifikan akan mengurangi biaya pemeliharaan.

Jet tempur Mikoyan MiG-35 (Fulcrum-F) Rusia merupakan pengembangan lebih lanjut dari MiG-29M/MiG-29M2 dan MiG-29K/MiG-29KUB. Batch pertama dari versi ujicoba diharapkan akan ditransfer ke Kementerian Pertahanan Rusia pada akhir tahun 2016.

Jet tempur MiG-35 akan menjadi pesawat Rusia pertama yang dilengkapi dengan radar AESA. Antena radar Zhuk-MA terdiri dari 160 modul, masing-masing dilengkapi 4 modul untuk menerima-dan-mengirimkan sinyal. Hal ini diyakini mampu menawarkan radius 160 km (85 nm) untuk mendeteksi sasaran udara dan 300 km (160 nm) untuk sasaran kapal permukaan.

Dengan didukung oleh dua mesin RD-33MKB yang dapat dilengkapi dengan nozel-putar KliVT dan sistem kendali dorong vektor (TVC). Kombinasi TVC dan sensor peringatan rudal canggih memberikan MiG-35 keunggulan selama pertempuran. Mesin RD-33 memberikan dorongan yang lebih tinggi dari rata-rata yaitu 9.000 kgf.

rusia-mig-35-exportPesawat tempur ini dilengkapi senjata berpemandu termasuk rudal anti-kapal Kh-31A dengan pencari radar aktif, rudal anti-radar Kh-31P, rudal Kh-29TE dan bom TV berpemandu KAB-500KR. Apabila dilengkapi dengan pod penargetan optik/laser eksternal, pesawat tempur dapat menggunakan rudal udara-ke-permukaan Kh-29L dan bom dipandu laser KAB-500L.

Elettronica perusahaan yang berbasis di Italia telah menandatangani perjanjian dengan Mikoyan pada tahun 2007 untuk menggabungkan sistem jammer ELT/568 (V) 2 pada MiG-35. Jammer ini menjadikan pertahanan diri dari radar pengendali artileri anti-pesawat.

MiG-35 bisa menanjak pada tingkat 330 m/s. Kecepatan maksimumnya adalah adalah 2.400 km/jam. Jangkauan normal dan feri dari pesawat masing-masing adalah 2.000 km dan 3.100 km. Layanan ketinggian adalah 17.500 m. Berat pesawat sekitar 11 ton dan berat lepas landas maksimum adalah 29,7 ton.

Penambahan tangki bahan bakar memungkinkan jet tempur MiG-35 memiliki kapasitas bahan bakar internal diatas 950 ltr. Kapasitas tangki bahan bakar eksternal dapat meningkatkan kapasitas hingga 2.000 ltr. Jangkauan feri dengan tiga tangki bahan bakar eksternal juga telah meningkat dari 3.100 km menjadi 5.400 km.

 

Sumber: Sputnik News & Airforce Technology

Artikel Terkait :

  40 Responses to “Beberapa Negara Sedang Negosiasi Pembelian MiG-35”

  1. Pertamax

    • Jangan2…negara pembeli potential itu adalah Italy….
      Tidak bisa dibayangkan heboh nya kalau yang beli itu Italy & Germany …

  2. Saya Bli Bli Bli

    • @astronot

      Semua yang berbau 35 tidak dipilih….biar tidak ada yang ngiri, baik su-35/mig-35/f-35

      #vote jas-39: angka mujur !!!

  3. alternativ kalau su35 terasa terlalu mahal…ini medium class fighter kayaknya

  4. WOowww….
    Sayang sekali kalau Indonesia nggak beli…

  5. waduh comentku ora metu metu iki….pie to kakang admin…?

  6. nu tadi coment abdi ka mana nya,hadeuh giliran nu pandeuri langsung aya,padahal coment ngucapkeun wilujeung enjing warjag…hadeuh

  7. Selamat pagi semua, selamat ber’aktifitas dan slalu dalam Rohmat serta lindunganNya..

  8. Mari kita bngkitkn kmbli skuadron mig auri jamn dlu,lgi dgn mbeli mig35,,,,

  9. Selamat pagi Oom dan tante…

  10. Wajib borong buat kuantitas..

  11. jangan coba2 bilang “borong” hskhakhakhakhahak.

  12. Dengan warna cat seperti gambar 1&2….. Aura nya tampak seperti “western” fighter jet….

  13. Borong 1 skuadron mig-35, 1 skuadron su-35, 1 skuadron gripen E plus TOT

    • Gripen emang ngasih TOT juga cuma ngomong sebagai “penjual”
      Yakin mau ngasih blueprint ? Lagian buat apa juga. Gripen juga banyak komponen US. Gripen mau ngasih apa ?

  14. Mig bagus perfect tdk ada salahnya ikutan belii..

  15. INDONESIA RAYA NUNGGU BEKAS PAKAI AJA CARI YANG MURAH MERIAH….!!!!!

  16. Indonesia saat ini lagi stuck di budget 😀 gak bisa apa-apa deh

  17. Indonesia, saya kira tidak terlalu tertarik untuk pesawat ini…. untuk medium fighter lebih baik ke barat…
    Supaya seimbang
    Medium barat
    Heavy timur

  18. Jangkauan terjauh 5400 km dg 3 tanki eksternal … cocok buat patroli jarak jauh tanpa perlu refuelling neh.

  19. Biar bagaimanapun untuk burung besi Rusia antara MIG dengan Sukhoi ada perbedaan kelas…
    Jika MIG lebih mengambil peran light – medium class maka Sukhoi berperan sebagai heavy class…
    Setidaknya itulah yang terlontar dari bagian pertahanan Rusia melakukan investasi lebih untuk riset Sukhoi family…
    Untuk saya pribadi kepada petinggi militer Indonesia (TNI AU) tidak ada masalah ingin pakai produk Timur atau Barat, hanya saja mohon di ingat bahwa jika terjadi peperangan di masa yang akan datang bukan hanya bermodalkan nyali pilot, akan tetapi juga harus di dukung dengan sistem management elektonika terbaik mulai dari sistem avionik, rudal anti jaming dan lainnya…
    Dan satu yang harus di catat adalah saya tidak setuju jika TNI AU mengakusisi F35 Series made in USA yang di karenakan terlalu riskan untuk haraga barang, amunisi, perawatan, permasalahan, TOT dan sebagainya…
    Terkecuali F22 that’s ok with me…

  20. Entah kenapa Respek sekali dengan MIG 35 kecil, gesit pastinya Lincah… mungkin TNI kita yang dulunya pengguna MIG Family akan rindu menaikinya… membayangi betapa superiornya waktu dlu Indonesia sebgai pengguna MIG family.

  21. terus milik meley bagaimana?

  22. bagus ni brg …..buat ngigel di negara tetangga yg songong….

  23. Biar mamarika gak ngambek,tni au utk kelas medium tetap pake f16 termasuk versi viper. Krn yg heavy sdh dirongkrongi sukhoi dari rusia,yg versi light/ringan udah diisi T50 korea dan coin diisi tucano brazil.

  24. Khabar termutakhir: Negeri Endon akan beli figther Ching Kuo (for low level country mode) made in Taiwan sebahnyak 8 unit untok mengganti drpde Squad. F-5 Tiger. Pilihan brilian, bravo Endon….

    Cian de loo, Ndon….KERE…KERE…

  25. @The Malay Man : Tidak masalah apapun itu pesawatnya, yang terpenting adalah Indonesia sudah jauh meninggalkan Malaysia dan terbukti dengan peringkat militer negara Indonesia di bandingkan Maysia di seluruh dunia.
    Lain kali yang mengaku lebih kaya buktikanlah dengan kenyataan berdasarkan fakta dari pada banyak cakap tetapi O besar.
    Jika ingin berbagi pengetahuan saya silahkan berdiskusi, jika merasa tersinggung jawablah dengan fakta dan bahasa yang santun…
    Wassalam…

  26. Barang russia sparepart susah. Kurang tahu kalau Mikoyan, tapi kalau sukoi presale-nya jelek

  27. bagus ini mig 35 dgn aesa ..dobel
    engine..dll..di banding f16 refurbish.. klo bs f16 yg sisa 10 di cancel.. uang nya buat beli mig 35 aesa radar. mantap

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)