Oct 312015
 

F-16C of Egypt 19 March 2014

Setelah menerima empat kapal perang pesisir Ambassador class dari AS, korvet rudal Molniya class dari Rusia, Fregat canggih FREMM dan memastikan pembelian kapal operator halikopter Mistral dan pesawat tempur Rafale dari Perancis, kini Mesir kembali menerima empat pesawat tempur F16 dari Amerika.

Pesawat F-16 blok 52 yang diterima Mesir memiliki kemampuan supremasi uadara, pengintaian dan serangan darat. Paket pengiriman tersebut termasuk dukungan teknis dan pelatihan pilot pesawat.

Pengiriman pesawat tempur tersebut merupakan “langkah maju” kerjasama AS-Mesir untuk memerangi “terorisme” dan menstabilkan gejolak di kawasan itu.

Amerika dan Mesir memiliki program kerjasama militer Modern Military Supplies, terutama untuk meningkatkan kemampuan tempur Angkatan Bersenjata Mesir.

Pada tanggal 25 Oktober, Military Tanks Factory 200 juga dibuka kembali setelah tiga tahun ditutup oleh Amerika Serikat.

Military Tanks Factory 200 adalah pabrik perakitan tank M-1A1 terbesar diluar Amerika yang didirikan di Mesir. Pada April 1987, pejabat AS dan Mesir sepakat untuk mengizinkan perakitan dan produksi tank M-1A1 menggunakan kredit Foreign Military Sales (FMS) dari AS.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Mesir akan merakit lebih dari 500 tank M-1A1 selama periode 10 tahun, dan pada akhirnya akan dibangun total hingga 1.500 tank.

Thecairopost

Artikel Terkait :

  21 Responses to “Belanja Mewah Alutsista Mesir (3)”

  1. Siip tenant

  2. aduh mami bikin iri aja ini negara

  3. 4 kaprang pesisir ambassador class,dan 4 pesawat F16 semua dari US…Tambahan kekuatan lg buat mesir.

  4. indonesia belanja apa dr as

  5. keren jg warna f-16nya

  6. cuma Apache bung yang bikin seger

  7. Test,,,

  8. Belanja itu berarti beli barang, beli itu berarti pakai duit, bisa duit sendiri, duit temen, atau duit tetangga

  9. Hmm,… satu lagi bukti standar ganda USA,…

    Tni dianggap melanggar ham di Aceh dan Timor TImur trus di embargo,…
    Lha,.. di Mesir tentara melakukan kudeta berdarah dianggap gak melanggar ham,… trus di kasih kaprang,…

    piye to iki,… sing gendeng sopo yah,…

  10. Kereenn…background pespur F-16 nya.sepertinya pespur Sukhoi TNI kalau backgroundnya candi borobudur/prambanan juga kereeenn…..

  11. di Mesir gak ada yang di ghoib kan, kalau di indonesia malah di ghoib kan katanya sih…. wkwkwkwkwk

  12. Utk Mesir mereka sebenernya ngga ada uang, tapi banyak dibantu negara GCC, krn :
    1. Mesir negara mayoritas Islam terbesar di Middle East
    2. Mesir selalu membantu GCC countries dalam urusan pertahanan/perang (mereka sedang di Yaman skrg). FYI, banyak orang Mesir yang menjadi tentara di GCC countries (termasuk Pakistan).
    3. Banyak investasi GCC countries di Mesir (telco, infrastruktur, etc)

    Hal diatas sempat berhenti sewaktu M. Mursi jadi presiden sana, tp setelah Al Sisi naik, masuk lagi.

  13. Hehehhehehe… Conflict of interest… Mesir memainkan 2 kaki..sbg negara nonblok spt Indonesia.. Dan 2 negara adidaya berusaha merebut pengaruh di mesir… Kenapa mesir..? Krn mesir bagi as adalah tembok perlindungan bagi “golden boy” nya sdgkan bagi rusia mesir adl negara bebas dan bukan sekutu as dan bisa menjadi bemper bagi suriah sekutu rusia di timteng.. Dan saat ini mesir lebih condong ke as krn kepemimpinan al sisi memerlukan dukungan international setelah kudeta berdarahnya yg jelase melawan demokrasi yg digaungkan as dan sekutunya.. Dan itu mnghindarkan al sisi sbg penjahat demokrasi dan menhindari pengkucilan mesir dari pergaulan international… Salam sehat warjag..

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)