Sep 172016
 

Apa yang dibutuhkan untuk dapat menguasai teknik membidik dan menghancurkan musuh dari jarak jauh menggunakan senapan sniper?

 

1. Kopral Craig Harrison mampu membunuh dari jarak 1,53 mil (2.462 m)

Kopral Craig Harrison, seorang tentara yang bertugas di Angkatan Darat Inggris telah memberikan dukungan sniper dalam baku tembak antara pasukan Inggris dengan gerilyawan Afghanistan.

Menjelang akhir pertempuran selama tiga jam di November 2009, Harrison melihat tim senapan mesin musuh telah mendesak pasukan Inggris. Dia memusatkan pandangan pada sasaran yang berjarak lebih dari 1,5 mil (2.462 m) jauhnya.

Setiap tembakan membutuhkan waktu 6 detik untuk mengenai sasaran. Dia menembak sebanyak lima kali. Dua tembakan meleset, tapi tembakan ketiga merobek perut penembak musuh, tembakan keempat mengenai asisten penembak, dan tembakan terakhir menghancurkan senapan mesin.

 

2. Kopral Rob Furlong mampu membunuh dari jarak 1,5 mil (2.414 m)

Selama Operasi Anaconda, perburuan berdarah militan Afghanistan di Lembah Shahikot pada Maret 2002, Kopral Rob Furlong dari Angkatan Darat Kanada sedang mengawasi sekelompok tentara AS dan melihat tim senjata otomatis pemberontak mendaki punggung bukit 1,5 mil (2.414 m) jauhnya.

Dua tembakan pertamanya meleset dan nyaris mengenai, namun pada tembakan ketiga peluru berhasil mengenai dan menembus tulang punggung penembak musuh dan meninggalkan musuh pendarahan di tanah.

Tembakan tersebut sedikit lebih jauh dari rekannya sesama tentara Kanada, yaitu Kopral Kepala Arron Perry.

 

3. Kopral Kepala Arron Perry mampu membunuh dari jarak 1,43 mil (2.301 m)

Tentara Kanada, Kopral Kepala Arron Perry juga mendukung pasukan AS dalam Operasi Anaconda.

Ketika itu Perry melihat seorang pengamat artileri musuh dari jarak 1,43 mil (2.301 m) jauhnya.

Perry lalu membidik si pengamat dan membunuhnya. Perry memegang rekor sebagai sniper pembunuh terjauh dunia selama beberapa hari sebelum Kopral Furlong mengalahkan rekor itu.

 

4. Sersan Carlos Hathcock mampu membunuh dari jarak 2.500 yard (2.286 m)

us-carlos-hathcock-m2-cal-50-mmSersan Carlos Hathcock adalah salah satu nama yang paling dihormati di Korps Marinir AS dan memiliki rekor membunuh terjauh pada tahun 1967 dengan menggunakan senapan mesin.

Rekor ini bertahan selama 35 tahun sebelum Kopral Kepala Arron Perry dari Kana mengalahkan rekor tersebut.

Hathcock menggunakan senapan mesin M2 pada mode single-shot dengan teropong terpasang di atasnya. Dia melihat seorang tentara Vietkong mendorong sepeda yang sarat dengan senjata dan melakukan dua tembakan.

Tembakan pertama menghancurkan sepeda dan yang kedua membunuh prajurit Vietkong tersebut.

 

5. Sersan Bryan Kremer membunuh dari jarak 1,42 mil (2.284 m)

us-sniperSersan Bryan Kremer seorang prajurit Angkatan Darat Amerika Serikat ditempatkan di Irak bersama Batalyon Ranger ke-2 pada bulan Maret 2004.

Ketika itu ia mengambil tembakan dari jarak 1,42 mil (2.284 m) dan membunuh seorang sniper pemberontak Irak.

Rincian pertempuran masih tetap dirahasiakan, tetapi tembakannya pada Maret 2004 adalah tembakan terpanjang yang pernah tercatat dalam sejarah sniper pembunuh oleh Amerika.

 

6. Sniper Afrika Selatan mampu membunuh dari jarak 1,32 mil (2.124 m)

afsel-sniper-1-32-milSebuah batalion Afrika Selatan yang dikerahkan dalam brigade PBB bertempur melawan para pemberontak M23 yang terkenal kejam di Republik Demokratik Kongo.

Selama Pertempuran Kibati, seorang sniper Afrika Selatan yang tidak disebutkan namanya mampu menewaskan enam perwira M23 dalam sehari pada bulan Agustus 2013. Jarak terjauh sniper pembunuh waktu itu sungguh menakjubkan yaitu 1,32 mil (2.124 m).

 

7. Sniper Angkatan Darat, Spc. Nicholas Ranstad mampu membunuh dari jarak 1,28 mil (2.059 m)

us-sniper-1-28-milPenembak jitu (sniper) kadang-kadang menembak objek yang berbeda di medan perang untuk mengumpulkan informasi tentang bagaimana putaran peluru mereka bergerak melalui udara pada lokasi tertentu. Spesialis (Spc.) Nicholas Ranstad telah menembaki sebuah batu dekat posisinya, meninggalkan jejak kecil tanda putih di atas batu.

Pada Januari 2008 ia cukup beruntung untuk melihat 4 (empat) gerilyawan Afghanistan berdiri di depan target normal. Orang-orang itu berada 1,28 mil jauhnya, tapi posisi mereka berdiri berada dalam jangkauan dimana Ranstad biasa melakukan tembakan terjauhnya. Tembakan pertamanya nyaris mengenai gerilyawan, tapi tembakan kedua berhasil membunuh salah satu gerilyawan, sementara. Tiga lainnya berhasil keluar dan melarikan diri.

 

Sumber: Warrior

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

Artikel Terkait :

  31 Responses to “Berapa Jarak Tembak Terjauh Yang Pernah Dicapai Sniper?”

  1. Mantap kang..

    • Sniper us, western biasa aja… krn didukung rifle canggih.. dan medan perang yg terbuka
      Beda sama sniper rusia ex sovyet,..
      Juga sniper ABRI jaman timor timur

  2. yuhuu

  3. Sekitar 2500 an meter mungkin

  4. pertamax

  5. wah wah wah… hampir 2500 meter cuma 6 detik? saya naik sepeda motor 10 menit 😀 banyak lampu merah sih

  6. Yang asikk adl senapan mesin singgle shot..cal besar..reload gampang..cadangan peluru banyak..cuman berat bawa manualnya..

    Coba sekali kali tembak anti serangan udara dijadikan sniper..pasti jauh sekali jaraknya..4 km..pakai peluru fragmentasi pasti menyakitkan..

    Jadilah batalion sniper mekanis..kwakk kwakk..

    • kopaska pake yg kaliber 20 mm bung, sempat dipake saat operasi pembebasan MV sinar kudus
      saya baca profilnya di majalah komando bung

  7. kalaupun berperang disuruh bawa senapan mending kupilih senapan sniper ketimbang AK….hehehehe

    • Sniper rifle gak sembarangan bung dikasi orang..kecuali nemu di jalan gpp..ahahaha…
      Lagian pelurunya khas sulit..dipasaran..

  8. busyet dah… pakai mesinkan bisa kena meski jaraknya 2500 yard? mantap deh…

  9. Kalo SPR buatan Pindad gimana ? Katanya jangkauan normalnya 2km ya dan bisa ngelobangin sekelas IFV atw Anoa.

  10. Wahh yg digambar pertama… Senapan maangstab favourite ane… Cheytac M200
    bisa shoot target jarak 2300m tapi pake pelor khusus,usul kapan2 boleh diangkat artikel bahas senapan2 sniper, mungkin SPR2 juga bisa dibandingkan……

  11. bangga negara kita juga di antara negara yg mempunyai sniper2 hebat dunia

  12. cheytac kok modelnya begitu apa tdk salah lihat mas, itu juga favorit gue ,

  13. Kalo Indonesia SPR 2 efektifnya kan 2.000 s.d 2.100 meter. PT. PINDAD bikinlah SPR 4 kaliber 14.5mm yg jarak tembak efektifnya 2.500 meter. Indonesia pasti bisa jd yg terbaik

  14. malon katanya sudah ada senapan sniper yang paling canggih dikembangkan dari vita berahi , mampu menembakan peluru yang terbuat dari pisang dari jarak 5000 meter , bahkan bisa membidik sampai tepat menembak kedalam lubang sedotan , tapi sebelum dipakai senapannya harus dipanaskan diatas penggorengan dulu biar tidak basi katanya hihhihiii

  15. dr biografi yg saya baca kopral craig harison melakukan 9x tembakan untuk melihat titik jatuhnya peluru
    pada tembakan ke sepuluh baru mengenai penembak lawan, peluru kesebelas mengenai pengisi peluru, dan tembakan kedua belas mengenai senapan mesin PKM insurjen
    hasil yg mencengangkan dari anggota cadangan AD inggris

  16. Usa mantab@ Hahaha lihat biji di ujung hidung mu pun aku bisa… hiduup indonesia..

  17. Hathcok membunuh anak” Bro… bukan prajurit vietcong

  18. membunuh menjadi penghormatan?

  19. Itu berita bohongan bung. Kalau dia hebat pasti juara nembak di australia. Haha

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)