Jan 062017
 

NEW DELHI – India mungkin harus mengkaji ulang strategi maritim karena meningkatnya ketertarikan China disekitarnya. Komunitas strategis India kembali meradang selama kunjungan kapal selam PLA Navy ke Karachi.

Bukti lain dari aktivitas China yang meningkat tak jauh dari perairan teritorial India telah muncul. Sebuah citra satelit menunjukkan kapal selam nuklir China merapat di pelabuhan Karachi pada bulan Mei tahun lalu. Gambar yang diambil melalui Google Earth menunjukkan kapal selam nuklir Angkatan Laut China Tipe 091 Kelas Han yang ditempatkan di pelabuhan Karachi pada bulan Mei 2015.

Sebelumnya, Angkatan Laut India telah mengklaim bahwa kapal selam nuklir Angkatan Laut China ditempatkan dan berlabuh di pelabuhan Karachi tetapi tidak pernah menyebutkan kerangka waktu penyebaran. Sumber pemerintah mengatakan bahwa versi lanjutan dari kapal selam China berlabuh di pelabuhan Karachi selama seminggu.

“Kapal selam nuklir PLA telah berlabuh di Karachi. Sejauh mana penyebaran Angkatan Laut China, kapal dan kapal selam mereka, kami tidak menutup mata dan terus memantau gerakan mereka. Kami meluncurkan misi pengintaian dalam bentuk pesawat dan kapal untuk terus melacak mereka”, ujar Panglima Angkatan Laut India, Laksamana Sunil Lanba pada Desember 2015.

Pada bulan Mei 2015 penyebaran selama hampir enam bulan setelah penyebaran di Samudera Hindia untuk pertama kalinya kapal selam China Kelas Song antara September dan November 2014, dan berlabuh di pelabuhan Colombo Sri Lanka.

“Dalam hal konflik maritim di daerah, pengiriman energi China melakukan transit di Samudera Hindia yang rentan secara strategis. Melalui penyebaran kapal selam, China mungkin mencari cara mencegah musuh potensial terhadap pelarangan disepanjang Garis Komunikasi Laut (SLOC) di Samudera Hindia”, kata Kapten Gurmeet S. Khurana, Direktur Eksekutif Yayasan Maritim Nasional.

Dalam periode ini penyebaran di Karachi mungkin untuk menunjukkan kapal selam Angkatan Laut Pakistan sebelum menyelesaikan kesepakatan pembelian 8 kapal selam dari China. Kapal selam ini dilengkapi dengan sistem Sterling AIP, yang diklaim China lebih efisien daripada sistem AIP yang saat ini ada di dunia.

“Penyebaran tersebut juga untuk membiasakan PLA Navy dengan lingkungan operasional baru di Samudera Hindia, melatih mereka untuk misi jarak jauh, mengumpulkan data intelijen, dan menyusun data hidrografi khusus untuk Samudera Hindia, yang sangat penting untuk operasi kapal selam di wilayah tersebut untuk masa yang akan datang”, tambah Khurana.

Artikel Terkait :

  9 Responses to “Berlabuhnya Kapal Selam Nuklir China di Pakistan, Ganggu Kenyamanan India”

  1. Bensin

  2. Dari china ke karachi, kasel china lewat mana yah? Satu2nya jalan kan via selat malaka atau selat sunda? Apa tni al kita ga tau kasel china pulang pergi pakistan??.wah gawat, berarti tiap hr ada aja kasel musuh lewat perairan kita ya??? Ahh sdh lah…tp jika perang, aq ttp pilih india!,,,

    • Selat Malaka jalur internasional biasa dilintasi kapal apapun. Kapal militer asing yang melintas tentu dalam pengawalan militer negara yang dilintasinya.

    • Selat melake, selat sunda dan selat lombok kan jalur ALKI…kapal perang asing boleh lewat tapi ngirim pemberitahuan dulu lewat kedubesnya.

      Kecuali kalo ga ketahuan spt insiden bawean dulu

    • Pasti nongol ke permukaan itu kapal kalo sesuai aturan yg ada.. Harus mengibarkan bendera di permukaan

  3. satu

  4. Pakistan Tiongkok sohib, India Rusia sohib, ASU Australia sohib. Wah dikepung para sohibs

  5. Jadi inget cerita tentang kunjungan Whiskey class Indonesia ke Pakistan selama beberapa bulan medio tahun 1960an waktu perang Indi-Pakistan. Kasel kita mengemban misi utama menjaga perdamaian kedua negara dg misi resmi berlatih dg AL Pakistan. Waktu itu Indonesia adalah sahabat dekat India dan Pakistan khususnya dalam perjuangan bersama menentang kolonialisme & imperialisme baik lewat KAA maupun GNB. Keadaan menjadi sedikit lebih tenang karena India tidak berani menyerang dan sungkan kepada Indonesia mengingat Indonesia juga selain sahabat bagi India juga Indonesia memiliki salah satu armada AU & AL terbaik di dunia saat itu. Punya 12 kasel Wiskey Class dan 1 skuadron Pembom jarak menengah terbaru Tu 16, belum termasuk Jet Mig 17 & 21.

  6. China udah semakin jagoan. Di laut Selatan. Laut timur.Utara. semua meradang oleh China. Mengukuhkan bahwa dia berhak atas atas laut laut tsb. Kalo China bener dia sering oleh negara negara di antara laut tsb. .maka jebolah China. Bgmn tdk mereka akan menghadapi India.Jepang. asean. Aalaah apalagi yaa.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)