Jan 112017
 

Uang Rupiah Baru (Antara)

Padang – Bank Indonesia (BI) perwakilan Sumatera Barat menegaskan tidak ada gambar palu arit pada rupiah tahun emisi 2016 sebagaimana penilaian yang dikemukakan sejumlah pihak.

“Yang disebut mirip palu arit itu hanya gambar yang diasosiasikan saja, sebenarnya itu adalah salah satu unsur pengaman yang disebut rectoverso yaitu gambar saling isi,” ujar Kepala perwakilan BI Sumbar, Puji Atmoko di Padang, 10/1/2017.

Ia menyampaikan hal ini pada Silaturahim Awal Tahun 2017 dengan tema `Perkembangan Ekonomi Sumbar dan Penjelasan Uang Rupiah tahun emisi 2016′ dihadiri pemangku kepentingan terkait, Majelis Ulama Indonesia, jajaran kepolisian, TNI dan media massa.

Puji menjelaskan rectoverso dibuat dengan teknik cetak khusus pada uang kertas yang membuat gambar berada di posisi yang sama dan merupakan salah satu teknologi yang paling sulit untuk dipalsukan.

Negara-negara lain dalam membuat pengamanan mata uangnya juga menggunakan rectoverso, ujarnya.

Jadi tidak ada maksud untuk pro komunis, tidak ada maksud seperti itu, hanya gambar yang dipotong seperti puzle, lanjut dia.

Akan tetapi terkait adanya masukan sejumlah pihak agar gambar yang dinilai mirip palu arit tersebut diperbaiki ia menerimanya dan akan menyampaikan ke pusat.

Dia juga menyampaikan Presiden Jokowi saat peluncuran uang baru sudah mengingatkan agar masyarakat tidak menyebar gosip soal rupiah.

Selain itu Puji juga membantah BI mencetak uang baru di PT Pura Barutama sebagaimana informasi yang beredar di media sosial karena berdasarkan Undang-Undang Mata Uang yang ditugaskan mencetak uang adalah Perum Peruri.

“Sebelumnya juga tidak pernah BI mencetak uang baru di swasta, hanya untuk bahan baku pernah diperoleh dari PT Pura Barutama,” katanya.

Sementara Pengurus MUI Sumbar, Zulkarnaini mengatakan adanya pandangan yang menyatakan ada gambar palu arit pada rupiah baru harus disikapi secara positif sebagai bentuk kecemasan terhadap bangkitnya komunisme.

“Kewaspadaan terhadap komunisme perlu dipupuk karena ideologi tersebut pernah mencederai bangsa, jadi jangan dipandang negatif,” ujarnya.

Antara

Artikel Terkait :

  173 Responses to “BI : Tidak Ada Palu Arit Pada Rupiah”

  1. Memang bukan palu arit.

  2. Hoaaaam…… Pagiiiii

  3. Ketakutan terhadap komunis bukan tanpa alasan, siapapun yang pernah baca buku tentang komunisme misalnya bukunya ebenstein akan tahu bahwa doktrin komunis untuk mencapai tujuan adalah dengan revolusi, dan pengalaman sejarah membuktikan hawa perubahan ke pemerintahan komunisme Selalunya diikuti dengan korban yg mengerikan seperti di Kamboja dan Vietnam, karena itu posisinya menjadi jelas bahwa kalau bukan dia, maka kita lah yang akan mati.

    • Kewaspadaan itu baik saja dan memang harus. Tapi kalo melihat suatu gambar lalu menghubung-hubungkan dengan simbol paluarit kok kesannya jadi berlebihan. Apalagi jika gambar itu nggak ada mirip-miripnya dengan paluarit tapi masih dikait-kaitkan dengan simbol komunis itu mengada-ada.

      • @patih pragota

        Bung patih kenapa beberapa hari ini tante seperti mendapat wangit…tiap tengah malam tante mendengar bisikan dalam “bahasa sunda” yang berkata spt ini: “Nanti sebelum akhir bulan ini akan nampak dilangit yang gelap, sebuah bintang cemerlang…sambil menyebut sebuah nama berulang-ulang…ian, ian, ian…”

        Mungkin bung patih bisa menjelaskan arti mimpinya tante…?

        • Hmm..
          ..uhuk..uhuk”

          Ada 3 kemungkinan:
          1) Itu mimpinya orang kurang tidur. Atau sebaliknya, igauan orang yg kebanyakan molor mulu.
          2) Gangguan mental. Halusinasiuduk.
          3) Bisa bermakna;
          Tante bilang bahasa sunda berarti ada kaitan tempat di Jawa Barat.
          IAN.. IAN.. IAN..
          Artinya Indonesian Aerospace alias Dirgantara Indonesia. N maksudnya N-219.
          Jadi, langit gelap suramnya perkembangan teknologi dirgantara kita akan segera mendapatkan cemerlangnya sang bintang baru, yang akan di umumkan kepastian waktunya untuk N-219 mengangkasa di langit.

          Begitu Tante.

        • “bahasa sunda” yang berkata spt ini: “Nanti sebelum akhir bulan ini akan nampak dilangit yang gelap, sebuah bintang cemerlang…sambil menyebut sebuah nama berulang-ulang…ian, ian, ian…”

          mana bhs sundanya??

          • Xixixi…maaf namanya orang br bangun tidur

            Ternyata wangsitnya pake bahasa jawa, logatnya medok gaya salatigaan…

    • Cobalah bersikap Jujur, tidak perlu ke orang lain cukup diri sendiri.

      “ketakutan terhadap komunisme , IYAAA semua sepakat”
      Tetapi penggiringan opini, pembunuhan karakter, judgement terhadap Uang NKRI dengan halusinasi Palu Arit, sungguh sangat-sangat bermuatan politis dan maksud yang lain. Harusnya Energi bangsa fokus menangkal Komunisme dan Faham Anti Pancasila yang sebenarnya, … akhirnya terbuang sia-sia mengurusi RUMOR Palu Arit tidak berbobot yang BERMUATAN POLITIS.

      • Emang bung senopati belum tau kalo “mereka” kebanyakan penganggur, jd ya asik-asik aja mo ngerumpi soal apapun

    • asal jgn tujuan merebut kekuasaan yg sah.segala macam cara isu berbau gibah.fitnah .namimah.modus agama..jadi alat..

  4. Bacalah….! Bacalah….!! Bacalah….!!!

  5. opo mene..iki…d sikapi cerdas komunis..no….anti pancasila ..no……toleransi yes..NKRI..yes…dgn ini negara kita tetap berdiri bersama

  6. Si gua suka bingung…yg nyebar berita mau nya apa sih???Dr pahlawan kapir ampe logo yg kaya palu arit…desain uang yg skr juga hasil 2014…Kalo g salah…desain nya udah keren..hanya kurs rupiah aja ke dollar masi jauh Dr keren…hihihi

  7. Tes

  8. emang mirip yuan sih

  9. memang jualan agama dan komunis masih laku keras di negeri ini…tapi bagaimanapun juga kita harus mewaspadai komunis sekaligus radikalisme…karena bahaya paham radikalisme = bahaya laten komunis = bahaya korupsi = bahaya narkoba…

  10. kalo diamati emang kayak ada gambar arit palu sih. biar gak jd polemik di ganti sajalah yg laen, kok kyak gakda gambar yg lain aja.. BI jangan mancing-mancing dg sesuatu yg kontroversi.

  11. Klo ada permasalahan ya disampaikan kepada pihak yg bertanggung jawab dan kepada pihak yg berwenang, ini malah disebar ke medsos dulu, bikin suasana ricuh, panas, tebar fitnah, tebar hasutan, tebar kebencian, ada kesan kita harus tdk suka dgn pemerintahan skrg ini, pemerintahan skrg ini baru berjalan 2 tahun dituntut utk setara dgn negara maju,…..padahal kita tahu baru berjalan 2 tahun aja pembangunan utk infrastruktur bisa terlihat, keseragaman harga bensin sampai Papua yg selama ini tdk bisa, tapi skrg bisa kenapa? Harga sembako naik….itu cerita klasik dari jaman dulu juga sembako sempat naik gila2an, karena faktor sembako tdk lepas dari faktor alam dan oknum tengkulak, malah sy berfikir ini orang yg suka tebar2an ada maksud terselubung dan ambisi kekuasaan yg buta,….masih untung hidup jaman skrg, coba jaman orba dah pada dicidug yg suka tebar2an……kritis boleh tapi pada tempatnya, kritik yg membangun, jangan kritik utk ngebangunin emosi orang, tapi ngebangunin logika yg pintar…..udah…ahhh cape gw curhat di warjag, ngupi dulu aja lagi….jayalah NKRI

    • setuju bung @firmansyah..
      dari awal merdeka, baru kali ini saudara kita di papua bisa merasakan harga bbm yang sama dengan di daerah2 lain.. pembangunan infrastruktur pun jg merata di seluruh daerah & di fokuskan di luar jawa yang memang sampai saat ini masih tertinggal soal infrastruktur.

  12. Berarti matanya siwer…ato memang terobsesi sama palu arit

  13. Hei koplak yg lama gak ada simbol palu aritnya..Adanya tulisan BI..YG sekarang2 saja muncul itu..Knpa hrs ada logo begituan..Masih bnyk logo2 simbol yg lain….

    • udah, tampilin tuh gambar palu arit di uang baru, jangan omdo !

    • Bego koq dipelihara, lu dibayar berapa nih sama asing buat diskreditkan pemerintah dan BI? Dibayar murah atau malah gratisan tong? Makanya otak pikiran lu tuh jangan rumput aja, sehingga lihat lihat logo tersebut jadi seperti palu arit, cuci tuh otak ya biar bersih, hati lu juga perlu dicuci bersih dgn banyak istighfar…

    • oi botol…uang 100rb yg ada gambarnya itu uda ada dr tahun sebelum pemerintahan yg baru sekarang!!

  14. Hei koplak yg lama gak ada simbol palu aritnya..Adanya tulisan BI..YG sekarang2 saja muncul itu..Knpa hrs ada logo begituan..Masih bnyk logo2 simbol yg lain…..

    • yang lama juga ada bos.. 100 ribu lama itu ada dua versi, 100 ribu lama versi 1 gambar BI dan 100 ribu lama versi dua gambar BI mirip palu arit.

    • oi ketauan baru gede nih orang gak tau peredaran duit 100rb wkwkwwk anak alay baru gede…malu woi tuh dah banyak yg jelasin hahahaha cek ricek aja gih di bank

      • @quote

        Ketahuan paling gede pegang duit 10 ribuan…uang parkir ilegal tuh, xixixixi

        • namanya pengangguran 😀 ya jelas kagak pernah liat uang 😀 klo kita bicara soal ATM atau kartu kredit, mungkin mereka bisa stress 😀 tanpa uang koq bisa beli barang-barang 😀 hahaha

  15. Kecebong koplak mengolok ngolok pemuka agama..Kwalat ntr Lo..doraka sia..wkwk

  16. Jaman sekarang sudah edan…gue juga ampir ikut edan. Yg salah dianggap bener..Yg bener disalahkan..Partai terlarang pada dibela..Simbol bahwa sdh bnyk komunis berseliweran di NKRi…Komunis anti Pancasila..Harus dibasmi..Pake sianida..wkwkwk

  17. itu kenapa bi????gak ada yg bilang palu arit…kok dia sendiri baper???apa emang baper paranoid sendiri????tak ada yg bilang mirip palu arit….cuma mirip yuan….itu aja isue di masyarakat…SAVE BI DARI BAPER

  18. Penghuni jkgr sekarang dipenuhi SM orang2 yg suka mengolok ngolok pemuka agama tertentu..Terutama SM agama Islam…padahal FPi selalu membela yg bnr..Tp dihadapan para cebong selalu salah..Yg bener selalu dianggap salah..Yg salah selalu dianggap benar..Sy ikut prihatin…

  19. Ada gambar Gareng nya gak? Wkwkwk..

  20. terlalu mudah berburuk sangka

  21. kalau ada yg bilang fpi gak pancasilais mending belajar sejarah berdirinya fpi….siapa yg membentuk???kenapa ada fpi……yg melahirkan fpi masih hidup semua tuh….silahkan tanya sama wiranto,kivlan zein,nugroho jayusman,sutanto,prabowo…dan banyak petinggi tni polri yg tau….silahkan tanyakan sendiri…mereka masih hidup….fpi didirikan bukan oleh para ulama,ustad dlll tapiiiiiiiiiiiiii

  22. Duit … duit … Siapa mau duit …

  23. Mau tanya aja broo..emang yg hadir di acara 212 itu anggota fpi semua broo..napa dibawa2..

  24. berita ko gosib\hoax. SekaliX berita NKRI deal dlm bembelian Su-35,S300, Ks kilo, Pasti masyarakat tinggi\bawah Ha….. Tetangga dakdiduk ha……

  25. hmmm aneh…ingin tau misi,visi….operasi tapi gak mau tau sejarah didirikannya????kajian apakah ini????tanyain noh….orang yg melahirkan masih hidup. Semua….kenapa dibentuk dll bisa ditanyakan ( dengan catatan…..gak janji kalau mereka mau ungkap)……ha ha ha

  26. bung @B. Stepanus
    Maklum, mereka udah udah gak punya forum buat salurin aspirasinya, markas mereka udah diblokir sama pemerintah, jadi ya kumpul disini 😀 dengan alasan bahwa “kumpul di JKGR buat tunjukin sikap bela negara mereka” 😀 hahahaha… (ketawa sambil guling-guling pegang perut)

    • HADEUUHH sdr b.stepanus yg suka bilang salam damai selalu tp ketahuan anda pembenci FPI katanya cinta damai..wkwkwk…emangnya yg bela FPI orang anggota FPI doang..W muslim tp simpati sama fpi..Jangan sok munafik pake ngancam 2 segala..Kumpulan sok nasionalis ngomong bhineka tunggal Ika….tp kenyataannya nol..saudara2 terkena Bencana pada kemana..??? Jangankan jaga nkri ..Jaga rumput di Monas dan bundaran HI saja gak becus…Buang sampah saja gak becus..Wkwkwk

      • pokoknya bubarkan ormas penghina pancasila ! ! !

      • Usir ormas yang musuhi pancasila dari NKRI

        • Justru FPI melindungi Pancasila..Protes lambang palu arit diduit kan bentuk kepedulian SM Pancasila yg anti komunis..Trus knapa dibilang fpi anti Pancasila..Jangan bikin pitnah FPI anti Pancasila..Justru menjaga Pancasila..HADEUUHH..Kl otak sdh soax gak paham paham..wkwkwk

  27. @Tagor, napa??? bukannya 212 itu yang FPI terus dengung2xkan seakan2x FPI punya kekuatan memobilisasi masa jutaaan (katanya). loe faham maksud gw?

    g usah certa deh soal mobilisasi masa. siapa juga tahu siapa yg bermain. Gw bilang tegas, FPI bukan apa-apa.

    Gw tanya, klo memang ini murni membela identitas suatu kelompok. katakanlah muslim. saya mau tanya. ada 250 juta rakyat indonesia. 80 % adalah muslim. jika hanya 2 juta yang demo, KEMANA SISANYA???

    JANGAN BILANG MEREKA GAK PUNYA ONGKOS KE JAKARTA, KARENA SAYA KENAL SAUDARA MUSLIM SAYA. MEREKA SIAP APAPPUN DEMI MELINDUNGI KESUCIAN TUHANNYA. JANGANKAN HARTA, NYAWA MEREKA SIAP.
    SEKARANG SAYA TANYA, BERANI NGATAIN MEREKA BUKAN MUSLIM??? JAWAB.

    MEREKA MUSLIM BOSSS. TAPI, MEREKA PAHAM, ISU AGAMA DAN RAS ADALAH JUALAN YANG PALING LAKU DI INDONESIA. AMBON DAN POSO CUKUP JD PELAJARAN.

    Gini aja deh, gak usah banyak cerita. gua mau tanya, yang mengkordinasi 212 di monas FPI ATAU BUKAN???

    • Anda punya masalah apa dgn FPI segitu bencinya….Kalo umat muslim datang semua..Ya penuh Jakarta..macet parah tak terhindarkan..Haha..,salah satu contoh apakah anda pernah baca berita peserta 212 dari Ciamis sampai jalan kaki dan disepanjang jalan bnyk didukung penduduk sekitar dgn dorongan semangat dan bekal makanan ,banyak element yg mendukung mereka dibelakang ..mereka gak datang bukan berarti gak dukung bung..Peserta 212 segitu banyaknya datang dengan damai..pulang pun damai..Itu yg keliatan saja segitu banyaknya belum yg goibnya..wkwk..Jgn menyepelekan kekuatan muslim indonesia …Salam damai selalu

      • anak kecil lg belajar ngejelasin

        • Anak TK gak lulus LG belajar ngomong..Diatas ..W..hahah

          • Pertanyaan saya mudah:

            1. Anda berani mati skrg?
            2. Anda yakin masuk surga atau tidak?

            Itu pertanyaan mudah yang saya berikan, jangan menjawab bertele-tele 😀 cukup dijawab saja.

          • Allah telah menunjukkan bagaimama mentalitas anda disini bung 😀

          • Saya juga simpatisan diacara 212 bung..saya gak ada hubungan dgn FPI dan semua ongkos saya juga dari kantong sendiri..kalau memang anda yakin dan punya bukti kalo FPI itu bermasalah..ya serahkan saja bukti anda ke Polisi..begitu aturan mainnya..lah disini ada koar2 spt anda yang benar sendiri saja..gitu aja repot.

      • Haha..Muslim kw itu yg mau jadi budak pe****a agama..Dan mati Matian membelanya..Jd kacung tiongkok..haha

      • enak banget ya memetik buah hasil jerih payah umat islam indonesia.
        mentang2 hidup dekat pusat pemerintahan seenaknya aja merasa mewakili umat islam di penjuru negeri.

        RADICALISM AND LIBERAL-COMMUNISM OUT FROM OUR COUNTRY

    • @ B S …rancu juga menyatakan mengatasnamakan sebagai mewakili seluruh umat Islam di Indonesia…pdhal jelaslah mereka dlm berbagai pernyataan secara terang2an menganggap diri mereka beda dgn sebagian muslim lainnya di Indonesia…selain sebagai kelompok yg merasa eksklusif paling benar sendiri mereka juga menganggap rendah keimanan muslim lainnya…apalagi untuk non muslim– lebih parah…lebih tepat menyatakan kalau sebenarnya mereka membela kepentingan kelompoknya sendiri dengan jualan agama, disini Islam…padahal kelompok mereka juga minoritas dari seluruh warga muslim NKRI….
      mungkin efek banyakan makan fitsa kali.. merasa kelompoknya lebih eksklusif…

  28. Ini lagi isu Palu arit di Uang NKRI, kalo gak mau duit nya ya udah pake sistem barter lagi bagaimana kayak Jaman nenek moyang kita…apa sebegitu nya ya sekarang apa2 dikait2 kaitkan hadehhh

  29. Berarti sekawanan orang yang ketangkep paket baju merah gambar Palu sama Arit itu bukan Palu Arit ya?

    Martil Ceurit berarti hihihi….

    • Maklum bung..Yg ada diotak pendukung palu arit..Cuman duit duit duit duit duit..Kaya marmot..haha

      • lambang palu arit memang dilarang dan ideologinya yg harus diawasi dgn ketat karena sekrang berevolusi menjadi sosial-liberal.

        yg tidak setuju dgn pendapat anda bukan berarti kami komunis atau dukung ahok(wong saya tinggal di penghujung timur pulau jawa)
        sekali2 nalar dan logika dipake napa? biar g jadi pengangguran mulu

    • Masalah itu sudah jelas dan diakui oleh pelaku koq, emang berlogo palu arit, namun mereka bukan bermaksud menggambarkan simbol PKI, nah ini sudah dibantah dan jelaskan oleh BI, kalo rekan-rekan emang pintar dan memili nalar, tentunya tidak mempermasalahkan lagi, namun sayang “mind set” anda-anda sudah rusak 😀 pasti gak tahu maksud saya apalagi saya pakai istilah asing 😀 hahaha

      • Mindset rusak bukannya kamu ya???
        Ada gerakan propaganda secara diam-diam ada juga, propagandanya terang-terangan.. ngelipkan logo/simbol tertentu dalam sesuatu yang ramai di pakai publik seperti mata uang menurut anda apa??
        Anda ini pura-pura lugu, gak tau, atau sengaja???
        Bisanya, Cuma manas-manasin ya? Anda, tapi Gak ada isinya..

        Santai Saja.. Belanda masih jauh, eh Komunis masi jauh..
        Itu pemikiran orang terdahulu sebelum mereka sadar negara mereka dijajah..
        hahaha..

        • Anda tersinggung berarti “mind set” anda memang rusak 😀 hahaha

          • @lintang bisanya cuma komentar gitu ya?

            Komentar anda semua Sengaja mancing ricuh bukan malah jadi solusi..

            Biar beda pendapat memang gitunya caranya??
            Anak TK juga bisalah kalo cuma olok2.. yang menang yang terakhir komen.. hehe..

          • ayo cari solusi, tinggal tampilkan aja tuh uang baru dengan gambar palu arit !

          • @CangkeMan
            sudah mulai panas, mata menjadi kabur, jari menjadi kebas, salah tulis nama ya? :d hahaha

          • @obet
            Udah dari tadi itu boss, di komen Bawah..
            Gimana kalo ketemu langsung ngopi saja sekalian saya jelasin!!.. bahas di sini gak bakal ketemu titik terangnya!!

          • Mantap nih kopi hitam plus gorengan hangat-hangat 😀

          • @lintang
            Daripada bisanya cuma nyangkem di sini!! Langsung Ae!!!

          • @Lintang, ente dicari tuh sama @CangkeMan 😀

        • mana gambar palu arit di uang baru ?

          bisa buktikan kagak, tukang fitnah ?

          • waspada pki bagus !

            masalahnya kenapa baru sekarang dianggap mirip palu arit, justru uang lama lebih mirip palu arit malah pada mingkem?

        • Cobak bedain ya Dugaan/Hipotesis/sama Fitnah…
          Logo BI kenapa bukan di tulis Huruf “B” sama “I”???? Seperti sebelum2nya??
          Kenapa lambang “BI” di ubah macam gitu? yang berasumsi bukan cuma saya saja, tapi publik.. banyak orang yang kritik.. browsing tuh, heboh.. viral..
          Jangan bilang itu fitnah masal..

          Kalo anda bilang fitnah, gak ada macam detetif/penyidik/Intel yang sudi ngungkap kebenaran.. Bilang aja ke semua penyidik mereka fitnah/prasangka jelek.
          Fitnah itu ungkapan untuk tujuan personal..

          Jangan berusaha mengekang pemikiran orang-orang, Mas.. Semuanya berawal dari suspect, baru pencarian barang bukti.. Anda g punya hak nyalahin orang Kalo banyak yang menduga lambang BI mirip palu sama Arit.

          • fyi, gambar seperti itu disebut rectoverso, untuk menyulitkan pemalsuan, di masing2 sisi hanya ditampilkan 1/2 dari logo, klo diterawang baru logo terlihat lengkap.

            si rizieq kagak tahu makanya jadi fitnah, ente sepertinya lebih oon dari junjungan ente !

            udah, mana link uang baur dg palu arit ?

          • nah, bandingin dengan gambar ini,

            http://clipart-finder.com/data/mini/keksschaf_sunset_hammer_sickle_star.png

            uang lama lebih mirip palu arit, gagang di sebelah bawah, arit mengarah ke atas, kenapa kemaren2 si rizieq kagak koar2 ? kagak ada yang ngasih duit ?

          • Anda berasumsi karena ada seseorang yang mencetuskan ide tersebut. Seandainya tidak ada, saya yakin anda hingga kini tidak pernah mengecek secara detail gambara yang ada di uang kertas yang telah dan pernah diedarkan oleh BI dan saya yakin mind set anda tidak akan terbentuk dan menganggap bahwa symbol tersebut adalah palu arit.

            Sama seperti saat ada seseorang melihat langit atau daun atau sisik ikan dan terlihat lafadz Allah, pasti itu akan menjadi perhatian, namun bila tidak maka akan biasa-biasa aja

  30. ya udah …biar gak heboh….duitnya ditarik….pakai design baru….kotak kotak merah…..terus ditengah gambar kereta cepat….ada gambar buruh kuli dari menlend…..mantabkan

    • masalah penarikan uang yang beredar bukan urusan anda bung 😀 mau buat uang baru? belajar yang rajin, bekerja yang rajin untuk jadi gubernur BI 😀 tapi saya rasa, anda cuma bisa panjangin jenggot aja 😀

  31. Pohon dikenali dari buahnya

    Pohon yang baik akan berbuah baik juga.

    Pohon yang busuk dan berulat akan menghasilkan buah yang berulat juga.

    Pohon adalah organisasi.
    Buahnya adalah para anggota organisasi itu.

    Jika pohonnya busuk dan berulat lebih baik pohon itu ditebang dan dibakar supaya tidak menulari pohon lain yang buahnya bagus.

    Siapa pun dan dari organisasi mana pun, jika radikal akan disikat habis.

    Tidak lama lagi… Mereka yg suka petentang petenteng pakai jubah agama atau ormas mana pun jika mereka sekarang ini radikal dan berupaya mengendalikan politik akan terkencing-kencing ketakutan.

    Tetapi mereka yang suka damai akan selamat.

  32. dasar caper

  33. Dulu waktu taun 2014 ada tuh kubu ghoib dan resmi, nah sekarang taun 2017 ada kubu Anti-fpi dan pro-fpi 😀

  34. Setiap yang anarkis pasti habis bung 😀 tinggal menunggu waktu saja

  35. Tes aja

  36. Wah, panjang juga nih, dulu bahas masalah rokok juga panjang smpe masuk ke ranah agama 😀

  37. Awal suka jakartagreater.com karna pingin tau tentang alutsista d Indonesia, Mulai dr yg Sekedar wacana, alutsista yg sering celaka, sampai alutsista ghoib.
    Seiring berjalanx wktu, jadi akrab sm Artikel bung TN, komentar bung kolibri dg pisangx, sampe tante mirna yg kegenitn.
    Lha kok sekarang banyak yg suka berantem sm sodara ndiri??? Mending ikut bung kolibri berantem sm malon

  38. Ceuk Aink Ge @ hushhh…ente ati2 bang…b.stepanus itu kan org dalam di TNI…dia tau loe informasi2 alutsista rahasia yg org awam tidak tau wkwkwkwkwkwk…

  39. @Simon Peres aja mati-matian bela FPI lho 😀 jauh-jauh dari Israel buat komen di JKGR 😀 hahaha

  40. Haha baru tau isi warga jkgr ada yg begini ada yg begitu…..Salam damai nkri

  41. kalau emang tante mirna perempuan…buktikan dulu….tanyain sana teknik orgasme yg baik…idealnya klimaks berapa kali yg ideal bagi wanita

  42. komando buzzer bung lingkar?ingkar=kufur muna

  43. Apa yg tidak diributkan dari negeri ini…
    hmmm..

  44. Test

  45. BOORROOOONGH…

  46. MINTA DUIT DONG BROO…

  47. SECANGKIR KOPI BERSAMA TUHAN..
    “Tuhan, bagaimana seharusnya manusia menyenbahMu ?”
    “Sembahlah Aku semampumu…”
    “Lalu kenapa ada banyak cara dalam menyembahMu ?”
    “Karena tingkat pengetahuan manusia berbeda dan semua itu untuk mempermudahmu..”
    “Kenapa Engkau minta disembah ?”
    “Untuk keselamatanmu. Aku tidak butuh sembahmu, engkaulah yang butuh menyembahKu karena tanpa menyembahKu kau akan kehilangan pegangan dalam hidupmu. Karena ketika kamu kehilanganKu, maka engkau akan buta dan tersesat di belantara dunia..”
    “Kau Maha Penyayang, lalu kenapa Kau ciptakan neraka ?”
    “Karena Aku juga Maha Adil. Bagaimana bisa Aku menyatukan yang baik dan buruk dalam satu tempat ? Sungguh tidak adil buat mereka yang selama hidupnya berusaha keras berbuat baik..”
    “Lalu bagaimana caranya mencintaiMu, sedangkan aku tidak mampu mendefinisikanMu ?”
    “Tidak akan pernah mampu kalian mencintaiKu sebab keterbatasan akal kalian dalam mengenalKu. Karena itulah kuturunkan ruh-ruh yang suci ke dunia, kuhadirkan dalam rupa yang sama seperti kamu, supaya kalian mengenalKu. Cintailah mereka karena mencintai mereka adalah sesuai dengan kadar kemampuanmu..”
    “Jika tidak mampu mencintaiMu, lalu haruskah aku takut padaMu ?”
    “Takutlah jika kamu berhadapan denganKu kelak dalam kesulitan yang kamu ciptakan sendiri. Karena ketiadaan kebaikan, berarti ketiadaan diriKu.”
    “Yang terakhir, Tuhan….”
    “Ya ?”
    “Siapa bidanmu ?”
    Hening…

    DS_

  48. Bung @stepi, JAGA MULUT MU, ANDA SUDAH BERLEBIHAN DAN TENDENSIUS!
    ADA GURATAN KESOMBONGAN DAN AROGANSI DARI KOMEN ANDA.

    Maaf, gagal bertahan jadi SR gara2 komen bung @stepi.

  49. Tes 123

  50. horee..pertamax
    padahal kemaren rame banget komen2 manusia ghoib di artikel ini

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)