Feb 142017
 

Produsen senjata Izhmash atau dikenal juga sebagai Kalashnikov Concern telah menyelesaikan kiriman batch pertama senapan Saiga-12S ke Badan Narkotika Nasional (BNN) Indonesia. Kepastian penggunaan senapan ini oleh personil BNN diperoleh melalui siaran pers Izhmash.

“Izhmash, bagian dari perusahaan negara Rostec, telah berhasil menyelesaikan pengiriman batch pertama dari senapan Saiga-12S ke Badan Narkotika Nasional (BNN). Pengiriman ini sangat strategis untuk perluasan ekspor produk sipil, serta penguatan kerjasama luar negeri”, sebut keterangan pers Izhmash, seperti dikutip dari Sputnik News pada hari Selasa (14/02/2017).

Ahli pembuat senjata canggih asal Rusia ini juga memberikan pelatihan dan menunjukkan cara menembakkan Saiga-12S kepada para personil BNN.

Senapan Saiga-12 merupakan senapan gentel (dikenal sebagai senapan gotri, senapan patah atau senapan sebar, dalam bahasa Inggris disebut shotgun). Senapan Saiga 12 tersedia dalam berbagai konfigurasi dan berpola seperti senapan serbu Kalashnikov.

Shotgun Saiga-12 dengan popor lipat. (Foto: Wikipedia)

Senapan yang memiliki panjang 23 inci ini dilengkapi popor senapan tradisional atau dengan pegangan pistol terpisah bergaya AK. Khusus untuk standar senapan versi S atau Skladnaya akan dilengkapi dengan popor lipat.

Izhmash didirikan pada tahun 2013 dengan menggabungkan dua perusahaan era Soviet yaitu Izhmash dan Izhevsk Mechanical Plant, menjadi produsen terbesar Rusia untuk produk senapan dan persenjataan lainnya.

Senapan Saiga-12 ini diminati dan telah digunakan dibanyak negara, termasuk Eropa, Afrika dan Asia, diantaranya Bangladesh, Kazakhstan, Kirgistan, Ukraina, Amerika Serikat dan Indonesia. (dika/jkgr)

Artikel Terkait :

  54 Responses to “BNN Telah Dipersenjatai Saiga-12 Buatan Rusia”

  1. Mantap BNN

  2. kenapa enggak pakai produk pindad aja sih?

    • Desainnya unik seperti senapan serbu bung πŸ˜€ memiliki efek detterence lebih tinggi (secara psikologis) bagi para pengedar narkoba yang umumnya memiliki senpi berupa pistol baik revolver maupun pistol semi otomatis.

      • Bung, mau nanya, ini saiga12 udah automatic kek senapan serbu ya? Ato cuman tampilannya doang? Dan masih semi-automatic?

        • Saiga ada beberapa versi yaitu Saiga-12, Saiga-20 dan Saiga-410 semua masih semi-otomatis

          • Ada lagi versi lainnya bung.

            Saiga Kuning.
            Saiga Liwet.
            Saiga Jagung.
            Saiga Goreng.
            Saiga Pecel.
            Saiga Kucing.

            Duh jadi laper gara2 hujan terus begini.

          • Efek stres gara2 Tejas.

          • Udah bung @Tukang Ngitung PhD. jgn pikirin TejΓ s lagi… toh dia sudah dewasa πŸ˜€ hehehe…

            Gak prlu juga di itung… πŸ˜›

        • Saya benar2 bersyukur, ternyata bukan saya saja yg sudah berhasil dibuat “Stres” oleh si Tejas….

          Dan opoknya saya bener2 gk rela kalo sampe nih tejas menginjakkan Roda di bumi perti Indonesia
          #katakanTidakPadaTejas

      • Lingkar# efek detterence opo ne yg tinggi bung wong amunisine gotri…muehehehe

        • Gotrinya nggak ditembakkan satu per satu seperti senapan angin bung.

          Shotgun itu pelurunya gede tetapi saat kena tubuh korban pelurunya akan meledak di dalam tubuh, pecah menjadi ratusan proyektil / gotri kecil2.

          Efek merusak di dalam tubuh lebih besar, lubang masuk peluru di dada mungkin kecil, tetapi lubang keluar di punggung gede banget.

          Jantung, paru2, limpa, lambung dan usus, korban akan dirobek2 oleh ratusan gotri itu sekali tembakan.

          • Bung TN, bukannnya peluru shotgun itu akan pecah setelah ditembakkan? Jd gk perlu nunggu masuk ke dalam tubuh korban, karna itulah biasanya 1x tembakan shotgun bisa melukai beberapa org karna pelurunya akan pecah dan menyebar setelah ditembakan

          • Saya hanya menekankan bahwa gotri di sini bukan cara gotri ditembakkan satu per satu seperti senapan angin

            Jadi gotri dari shotgun tidak bisa dianggap remeh.

            Kelemahannya, tidak bisa ditembakkan dari jarak jauh.

            Harus tembak menembak dari jarak dekat.

          • Betul bung @Tukang Ngitung PhD., dr pada kena tembak shotgun yang tersiksa smpe mati, mending di tembak langsung mati saja πŸ˜€ hehehe…

          • #Johan
            Shotgun nih salah satu senjata paling menyakitkan bung, jgn dianggap remeh, dan jika ditembakan dari jarak kurang dari 10meter maka korban yg terkena tembakan bisa langsung mati, dan jika ditembakan dari jarak di atas 10meter maka korban bisa mati secara perlahan akibat terkena puluhan sampe ratusan gotri yg “dihamburkan” oleh 1 butir peluru shotgun

          • Bung TN ngelesnya bisa aja…. xixi…

          • Senapan seperti ini juga dikenal dengan smoothbore karena dia tidak punya alur melingkar didalam laras ,cuma seperti pipa lurus saja.Jadi peluru jika di tembakkan tidak berputar didalam laras sehingga jarak capainya pendek.Perputaran peluru di dalam laras karena ada alur melingkar seperti dalam senapan serbu akan membuat peluru bisa jauh ditembakkan dan bisa selama mungkin mempertahankan arah bidikan .Karena tiap benda yang berputar akan menjaga posisinya tetap ,contoh gasing akan tetap tegak sekalipun tempat dia berputar di miringkan atau dirobah posisinya.Untuk mengatasi jarak capai peluru yang rendah dan tidak bisa tepat sasaran karena itu tadi maka pelurunya seperti disemburkan pastinya akan mengenai bidang yang luas .Prinsipnya dari sekian banyak peluru yang keluar pasti salah satu akan mengenai sasaran walaupun dampaknya tidak terlalu kuat .Jadi tidak benar yang mengatakan yang keluar satu peluru kemudian pecah di dalam sasaran atau tubuh manusia .Pelurunya sudah tersebar duluan sebelum mengenai sasaran .

        • Klo saya melihat pistol mau itu revolver atau semi otomat, saya gak gentar bung, krn saya berasumsi dpt menghitung jlh peluru, peluang saya lolos dari tembakan cukup besar…

          Namun bila saya melihat senjata seperti gambar diatas, secara insting saya pasti bilang itu minimal SMG, saya pasti mikir lagi peluang saya bisa lolos dr tembakan… Toh saya blm tau itu SMG atau Shotgun sampai senjata itu di letuskan.

          Lihat saja bentuk senjata diatas, tidak seperti Shotgun pada umumnya…

          Itu maksud saya bung @Johan

        • Sebagai tambahan bung @Johan, peluru shotgun dr jarak agak jauh memang tidak mematikan, tapi cukup menyakitkan… Anda pasti akan tau maksud saya klo sudah prnah kena bung πŸ˜€ hahaha

          • Betul, Shotgun mah bahkan jauh lebih mengerikan dibandingkan SMG, contohnya saja AA12, AS ogah make AA12 karna dianggap terlalu berbahaya dan dikhawatirkan bisa membunuh target yg salah

          • Yg pasti ada keungulannya, sehingga Spetsnaz mau menggunakan Saiga

    • eeh,, aneh

    • produk Pindad yg mana yg bisa diisi amunisi Gotri?
      ayak2 wae

  3. Jadi apa “shotgon” ini memiliki kemampuan tembak semi-otomatis ato automatic kek Assault rifle? Keknya sih sudah automatic, dan sepertinya nih masihkalah sangar jika dibandingkan dengan AA12 dan Utas uts15

  4. Kasihan Pindad…..kapan produknya menjadi tuan di negeri sendiri.
    Ada TOT gak nih.? Itu amanat UU lho…

    • Emang pindad udah buat yang seperti diatas ya @bank Ruskye? πŸ˜€
      Amanat apa tuh? Bukan amanat penderitaan rakyat kan? hihihihi

      • Pindad kan belum mampu membuat yg semi-otomatis, berdoa aja semoga pindad mampu membuat shotgun sekelas AA12 yg mampu memuntahkan 300 butir peluru per menit atau 5 butir peluru per detik πŸ˜€ amin……

        • Amiin

          smoga saja bung @Jfs, dan saya yakin pasti bisa… apalagi kita sudah beli Saiga-12S, pindad pasti bisa mempelajari prinsip kerjanya dan menyempurnakan lagi.

          krn klo sudah tahu cara kerjanya mudah koq memodifikasinya… contoh kecil aja ya seperti memodifikasi pistol mainan semacam airgun ataupun softgun untuk meningkatkan kecepatan, mulai dari modifikasi valve maupun chambernya πŸ˜€ dan msh byk lagi yg lainnya

      • Gimana mau buat broo…wong dimotivasi aja kagak. Coba Kalo datang ke Pindad trus bilang ” bisa gak buatkan kami senjata yg fungsinya spt ini “. Pasti dijawab bisa…hayooo. Trus klo sdh dibuatkan, mau nda pake hasil produksi Pindad.?
        Kapan lg mau beralih ke buatan dalam negeri. Klo trus2 pake buatan luar, bisa mati suri Pindan dan BUMN strategis lainnya.
        Betul nda @Lingkar..????

        • Ada betulnya sih tp dikit…

          Sebagai contoh, SS1 itu dibuat dulu oleh Pindad lalu ditawarkan ke TNI lalu setelah itu TNI pesan banyak dan dijadikan senjata organik ataukah TNI mengajukan permintaan untuk rancangan senjata baru lalu Pindad membuat dan akhirnya TNI pesan banyak?

          Menurut @bank Ruskye bagaimana?

        • Masa sih bung pindad mampu membuat shotgun semi-otomatis? Sedangkan shotgun pump action saja rasanya pindad belum bisa, Karna shotgun dan pelurunya bisa lebih rumit untuk dipelajari dan diproduksi, kecuali jika pindad sdh ada contoh untuk dipelajari dan ditiru seperti kasus SS series

          • Blom bisa bukan berarti tidak bisa kan bung.?…..hehehe
            Dulu PT. DI gak bisa buat pesawat, sekarang sdh bisa. Dulu PT PAL gak bisa buat KCR, sekarang sdh bisa……hehehe
            Harus ada kemauan dan kepercayaan user kepada BUMN strategis bung.
            Salam sehat selalu

          • Wah bung lingkar alih profesi tampaknya, sekarang…TODAY bung lingkar adl rajanya link

          • Buat bung @Jfs dan @bank Ruskye klo disitus resmi pindad sih udah ada produk Shotgun

            https://www.pindad.com/weapon

          • Lingkar@
            oh uda bisa toh (Plakkk) πŸ˜€

          • hahaha bung @hari…
            pertanyaan mereka buat saya penasaran, ternyata emang ada

          • @lingkar

            Sudah ada bung lingkar, kemunculnnya mulai meyeruak pasca kerusuhan mei’98…ketika pihak perbankan minta diijinkan mempersenjatai tenaga pengamanan mereka dg senjata api. Sejak saat itu sering dijumpai satpam bank/pengamanan isi ulang atm menenteng senjata shotgun.

            Tapi tampaknya peredaran shothun dibatasi dan dikontrol ketat spy tidak menjadi senjata makan tuan

          • Hati2 @Lingkar …..
            Jng doyan gugling….entar ada yg merasa tersaingi kalo anda jd raja gugling spt kata bung@ Hari. Entar orangnya ngambek dipojokan. Soalnya jatah kuota Internetnya lg dipangkas junjungannya….xixixixix…

            Back to topic
            Jd knp user kok spt nya berat banget pake buatan BUMN strategis spt Pindad dan PT. DI.

            Tp saya gak nyalahkan user, karena produk spt buatan Pindad sedikit kurang update baik dari sisi design maupun teknologi.
            Sementara utk PT. DI mungkin karena lamanya proses pembuatan, sehingga tdk bisa mencapai target user.

            Hanya PT. PAL yg saat ini sdh bisa diidolakan user utk produk tertentunya.

            Salam sehat selalu

  5. KSAU yg kemare… maunya perpur terbaik dan baru…
    KSAU yg baru diganti langsung nglirik tejas….
    Mules pala ane….

    • huahahaha… jadi inget ponakan saya yg bernama Teja dan Tegar πŸ˜€

      Tejas.. oh… Tejas…

    • @nusantara majapahit

      I have to say (dg nada prihatin)….itu hanya untuk nyeneng2in tamu yang berkunjung bung.

      Saya yakin “Yang sekarang” patuh kepada prosedur pengadaan alutsista…yang menjadi domain kemenhan dan KKIP

      • “I have to say” hm…. mengingatkan saya pada org yg sedang “klepek2” karna diserang habis2an oleh megatron πŸ˜€ wkwkwkwk

  6. Indonesia sudah bisa membuat varian Shoutgun full otomatis tersendiri
    tuh banyak yg diturunin di jalan2 buat membunuh karakter lawan2 politik masing2.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)