Jan 102017
 

Ratusan tank dan kendaraan milik brigade lapis baja AS telah tiba di Jerman pada hari Jumat (06/01/2017) dalam rangka perjalanan mereka ke Polandia. Penyebaran Brigade Tempur Ketiga Lapis Baja AS sebagai sinyal pada komitmen Washington untuk mempertahankan NATO bagian timur.

Militer AS, pada hari Minggu (08/01/2017) telah membongkar ratusan tank, truk dan peralatan militer di pelabuhan utara Jerman Bremerhaven sebagai bagian dari membangun pertahanan untuk mencegah Rusia dan meyakinkan sekutu NATO Eropa Timur.

“Biarkan saya perjelas: Ini adalah salah satu bagian dari upaya kami untuk menghalangi agresi Rusia, menjamin integritas wilayah sekutu kami dan mempertahankan Eropa yang utuh, bebas, makmur, dan damai”, kata Wakil Kepala Komando AS untuk Eropa Letjend. Tim Ray, dalam sambutannya di Bremerhaven.

Bagian pertama dari peralatan Brigade Tempur Ketiga Lapis Baja dan Divisi Infanteri Keempat telah diturunkan dari kapal di Bremerhaven, pada hari Jumat, sementara pasukan tempur mulai berdatangan pada akhir pekan di Polandia.

AS pada akhir tahun lalu mengumumkan akan mengirim Brigade Tempur Ketiga, pasokan pra-posisi berikut peralatan tempur ke Eropa Timur serta menyediakan pasukan yang akan di rotasi setiap sembilan bulan.

Sekitar 3.500 tentara, 87 tank, 18 howitzer; 419 humvee, 144 kendaraan tempur Bradley, 446 kendaraan berantai, 907 kendaraan beroda, dan 650 trailer dilibatkan dalam penyebaran brigade tersebut.

Bremerhaven adalah titik logistik sentral dimana peralatan akan disebar ke daerah dan kantor pusat di Polandia. Pada awal Februari 2017, unit akan didistribusikan dari Polandia ke seluruh wilayah, termasuk negara-negara Baltik, Rumania dan Bulgaria. Satu Resimen Lapis Baja juga akan berbasis di Grafenwohr, Jerman, untuk pelatihan dan pemeliharaan.

Militer AS dan NATO mengatakan bahwa mereka berusaha untuk meningkatkan inter-operabilitas dan kesiapan tempur untuk dapat dengan cepat merespon ancaman baru setelah pada 2014 Rusia melakukan aneksasi Krimea dan peperangan hibrid Moskow di timur Ukraina.

Anggota NATO seperti Lithuania, Estonia dan Latvia secara khusus khawatir bahwa Rusia bisa melakukan intervensi secara langsung maupun tidak langsung di negara-negara mereka seperti yang Moskow lakukan di Ukraina. Penyebaran terjadi kurang dari dua minggu sebelum Donald Trump mengambil alih Gedung Putih sebagai presiden AS. Komentar ramah Trump kepada Rusia dan mempertanyaan NATO telah menyebabkan kekhawatiran di antara para anggota NATO di Eropa Timur.

Jerman, Kanada dan Inggris juga mengirim batalion rotasi untuk Estonia, Latvia dan Lithuania.

Ray mengatakan penyebaran Brigade Tempur Lapis Baja merupakan bagian dari kekuatan pencegah yang lebih besar, termasuk peralatan di luar angkasa, dunia maya, udara dan laut.

Dia menambahkan bahwa hampir 70.000 tentara AS ada di Eropa dan beradaptasi dengan realitas strategis baru, termasuk agresi Rusia, migrasi dan radikalisme ISIS.

Brigade Tempur Ketiga akan berpartisipasi dalam beberapa misi pelatihan dengan sekutu NATO, termasuk latihan tempur besar-besaran Saber Guardian ke-17 NATO yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2017 di wilayah Laut Hitam. Selanjutnya mereka akan digantikan oleh brigade baru pada September mendatang.

Sumber: Deutsche Welle Radio Jerman

Artikel Terkait :

  23 Responses to “Brigade Lapis Baja AS Tiba di Eropa Untuk Membuat Jera Rusia”

  1. Bravo Rusia

  2. ngeri,,, trailernya banyak bawa kebutuhan tentara

  3. banyak banget yang dibawa… tuh jumlah total yang dikirim kira-kira berapa persen dari total kendaraan yang dimiliki AS ya? wuiiih…

  4. Jgn mau jd tamengnya asu itu hanya ketakutan asu aja u memblokir pasukan rusia k asu

  5. Memancing di air keruh…… Amerika sok Pede dengan kemampuan militernya. .
    Yach semoga perang di eropa benerr2 tefjadi, minimal akan memberikan kontribusi pengiurangan jumlah penduduk dunia

    • Amerika sengaja pamer persenjataan agar dibeli oleh Anggota NATO yg berasal dari eropa timur, kan tujuan utama adalah promosi senjata, tapi yg pasti bukan senjata baru (seperti Rusia uji senjata di Suriah), AS gak akan kirim senjata untuk ujicoba disana, sebab klo senjata barunya gagal mereka akan sangat malu 😀

  6. USA memagari eropa timur mencegah Rusia menyerang ke barat
    tp Rusia pasti bisa nyerang mainland USA dari t4 yg mungkin tidak mereka duga

  7. WAH PEMERINTAHAN OBAMA SEMAKIN MENGGILA DI PENGHUJUNG MASA2 PEMERINTAHANNYA APALAGI RATU HILLARY KALAH DI PIPRES LALU
    PARTAI DEMOKRAT OH PARTAI DEMOKRAT

  8. Hahahaha klo lawan negara2 dunia ketiga ya iya…ni mau buat jera rusia…ngaruh gitu cm 87 tank dkk??

  9. AS memang pintar sekaligus Licik,,itulah dia,,berkaca dari banyaknya korban selama pertempuran PD II, Perang Korea, dan perang Vietnam,,AS melakukan strategi perang asimetris melawan musuh-mushnya melalui atau bertempat di pihak ke 3, ke 4 dst…dan mellibatkan pihak2 lain,,anmanya jg asimetris..dimulai di Afgasitan dahulus saat bersama Mujahidin memerangi Najibullah & Sovyet, lalu serbia, Irak dan Afganistan lagi..jika ada perang lg dg Russia, Korut, Iran dll,,tak mungkin laa AS head to head dg msusuhnya,,secara dia dah bnyk bemper yg sukarela maju didepan atau maju bersama,,bahkan ada yg semangat maju sendirian namjun senajat dan uang dari AS,,nah loo

  10. preet

  11. keroyokan beraninya….ASU

  12. rusia harus pandai pandai dlm hal ini seperti permainan catur, biarpun udah di keroyok sana sini tapi sekali ada celah dikit aja bisa saja langsung dpt menusuk ke jantung pertahanan skakmate.

  13. Jika tak ada perang Amerika akan kehabisan Cerita buat filem Hollywood dan jika Hollywood tak Produksi akan semakin banyak pengangguran di AS.
    selain itu Amerika butuh perang untuk menggerakkan industri senjata canggihnya,buat apa senjata canggih jika hanya disimpat dalam gudang yang tentu sudah mengeluarkan banyak biaya untuk penelitian dan pengembanganya AS negara Kapitalis tentu tak Mau Rugi.
    Dari dulu AS dan Eropa Barat selalu menjadikan negara-negara yang berpotensi jadi kekuatan besar mendominasi dunia sebagai poros setan Rusia,Korut,Iran,Irak,Libya,Kuba,Next China.
    Episode menanti kebangkitan Jepang-Jerman dari jeratan Aliansi Amerika…

  14. Brigade lapis baja nato bisa bikin jera rusia???
    Emang rusia negara kurcaci atau penakut?! Hadewww….
    Brigade lapis baja NICA saat perang kemerdekaan RI aja dibikin kocar kacir hancur berantakan pa lagi macam rusia yg komplit gahar dan mematikan persenjataannya.

  15. Si asu sudah kalah perang dan adu strategi dengan mr.putin
    Terlihat si umang2 dan ahli strateginya tdk mampu menjatuhkan/merampas negara yg berdaulat atas kepintaran mr.putin
    Go putin…go…
    Wolf..wol..wolf..

  16. Mau tanya nih, ISIS hancurin tank M1 Abrams pake apa ya? 😀

    https://youtu.be/m7iXAXBQ_0o

    Bagaimana kira-kira si Leopard?

  17. Jangankan Rusia, ISIS aja sanggup 😀
    https://youtu.be/m7iXAXBQ_0o

  18. tes

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)