Dec 222016
 

Sekelompok orang tak dikenal, mendadak muncul dan berusaha mengacaukan kedamaian perayaan Natal dan Tahun Baru di wilayah Malang Raya, berhasil disergap dan dilumpuhkan 1 Tim Anti teror Detasemen Brimob Kompi B Polda Jatim Ampeldento Malang, dalam sebuah aksi tembak menembak.

Selain itu, 1 Satuan Penjinak Bom Brimob, juga berhasil menghancurkan 1 paket mencurigakan di duga kuat sebagai bom yang ditemukan tergeletak di depan rumah seorang warga.

2 insiden tersebut, merupakan bagian penting dalam simulasi penanganan gangguan keamanan jelang perayaan natal 25 desember 2016 dan tahun baru 1 januari 2017, yang digelar Detasemen Brigade Mobil Kompi B Polda Jatim Ampeldento Kabupaten Malang, (21/12/2016).

Simulasi ini, merupakan aksi yang dilakonkan para personel Brimob Kompi B Ampeldento, seusai memberikan materi teori penanganan ancaman bom dan teror keamanan natal dan tahun baru oleh kelompok garis keras pengacau keamanan.

Pemberian materi pelajaran penjinakan bom dan peyergapan kelompok teroris rencananya bakal digelar didepan ratusan personel polisi di jajaran polres dan polsek se-malang raya.

Dalam masing-masing kelompok Detasemen Brimob Kompi B Polda Jatim memberikan 3 sesi pembelajaran dasar, masing-masing teori di dalam kelas, praktek penanganan dan penjinakan bom serta penyergapan dan pelumpuhan kelompok pengacau keamanan.

Dalam skenarionya, sebuah paket mencurigakan diduga kuat bom dilaporkan ditemukan warga tergeletak di teras sebuah rumah, personel polisi dari polsek terdekat segera melakukan pengecekan awal menggunakan metal detector.

Laporan penemuan bom, kemudian diteruskan kepada tim jibom detasemen brimob dan melakukan penghancuran dengan menggunakan baju anti bom dan sejumlah peralatan profesional.

Sementara, di skenario kedua, 1 tim anti teror melakukan penyergapan dan pelumpuhan terhadap sebuah kelompok garis keras pengacau keamanan perayaan natal dan tahun baru, yang tengah merencanakan aksi kekacauan dengan menggunakan persenjataan lengkap.

Pergerakan cepat dan tindakan taktis, selama kurang dari 5 menit membuahkan hasil positif. Seluruh anggota kelompok pengacau keamanan berhasil dilumpuhkan tanpa menyebabkan jatuhnya korban luka dan jiwa di pihak tim Anti Teror Brimob Kompi B Polda Jatim.

menurut Kompol Santoso , Wakil Detasemen Brimob Kompi b Polda Jatim, aksi pembelajaran dan simulasi penanganan teror dan ancaman bom seperti ini bakal terus dilakukan. Penanganan pertama terhadap 2 kondisi tersebut, tidak harus melibatkan personel Brimob.

“Penanganan awal cukup dilakukan personel polisi di tingkat polsek dan polres. Pasukan dari tim brimob, baru dapat diterjunkan jika memang dirasa perlu dan sangat mendesak, papar Kompol Santoso kepada jakartagreater.

Artikel Terkait :

  2 Responses to “Brimob Polda Jatim Gelar Latihan Simulasi Anti Teror dan Penjinakan Bom”

  1. Nah gitu kalo bikin judul !
    Selama ini judulnya bombastis dikira betulan ternyata cuman simul.

  2. Joooozzzzz..