Dec 312015
 
ilustrasi peluncuran rudal

ilustrasi peluncuran rudal

Uji Coba Rudal yang dilakukan Iran di dekat sebuah kapal induk Amerika yang berlayar di Selat Hormuz pada Rabu (30/12) berbuntut panjang. Amerika akan memberlakukan sanksi baru terhadap Iran atas program rudal balistiknya. Menurut AS, uji coba peluncuran rudal pada bulan Oktober dan November, telah melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB yang melarang Iran mengembangkan rudal balistik. Para pakar AS mengatakan satu-satunya tujuan rudal balistik itu dikembangan adalah untuk membawa hulu ledak nuklir.

Iran mengatakan sanksi tersebut merupakan pelanggaran terhadap perjanjian nuklir yang ditandatangani dengan Amerika Serikat dan lima negara kuat dunia lainnya awal tahun ini. Namun, Amerika Serikat telah menyanggah pernyataan Teheran itu. The Wall Street Journal melaporkan hari Rabu (30/12) bahwa sekitar 12 perusahaan dan individu di Iran, Hong Kong, dan Uni Emirat Arab akan menjadi sasaran sanksi AS, karena diduga membantu Iran mengembangkan rudal tersebut.

 

 

Sebelumnya Rabu (30/12), pemerintah AS menuduh Iran melakukan uji coba misil yang “sangat provokatif” pekan lalu. Uji coba itu dilakukan di dekat sebuah kapal induk Amerika yang sedang melewati jalur pelayaran internasional di Selat Hormuz. Pejabat militer AS mengatakan Iran menembakkan beberapa misil hari Sabtu (26/12) yang meluncur dalam jarak 1.500 meter dari kapal induk Amerika USS Harry S. Truman.

Juru bicara Komando Pusat AS, Kyle Raines dalam pernyataan kepada Reuters mengecam uji coba misil Iran di Selat Hormuz itu dengan mengatakan, bahwa peluncuran misil tersebut bertentangan dengan upaya untuk menjamin kebebasan navigasi dan keselamatan maritim di perairan global.

  12 Responses to “Buntut Uji Coba Rudal, AS Kenakan Sanksi Baru Pada Iran”

  1. ngelarang negara lain buat rudal tapi As sendiri bikin rudal, aneh bin ajaib///

    • haha bner bung.. lagiann baru segitu juga udah maen sangsi ajee.. scara ga sadarr.. itu hnya buat iran lebih marah. lbih mnjauh dn lbih mndekat ke rusia, bukan memberi efek jera..

  2. ah yg bgn doang uda ketakutan ky bakal di kasi mercon nuklir aja

  3. Semoga nanti terjadi perang antara iran vs usa.pingin tau sejauh mana militer asu klo dpt lawan yg agak tangguh

  4. ASU itu negara picik, licik, rendah, lha Iran saja gak protes ASU uji coba rudal, !!!

  5. Emangnya hanya negaranya yang diperbolehkan, ngpain pla sewot, negara lain punya hak utk membangun suatu yang intelektual….salah sendiri, knapa PD2 jepang di Bom pake nuklir, itu menandakan mereka yang mengajari….. ya wessss….1:1….wkwkwkwkwkw…hahahaha

  6. kok negara lain mudah gitu bikin roket / rudal.. kita tahunan riset gak kelar kelar.. la trus gw tau salah satu kru tim developerny roket dlm negeri.. sumprit biasa banget… kayak gak niat banget bikin roket.. waktu uji coba malah anggepannya liburan,, kesannya cuman main main,,, sumpah gak mirip profesor yg ditipi tipi… gak keliatan profesional blass (sama sekali) nyesek banget kalo liat tim kita seperti ini.. gw gak tau sebenernya posisi dia di tim apa.. tapi yg gw tau dia masuk tim developer roket terjauh yg indonesia punya.. asem bener dah..

  7. Salut buat iran dah brani uji rudal di Deket kpal induk….

  8. AS seribu alasan

  9. Mati aja luh.. dari pada idup cuma jadi tukang fitnah sama tukang adu domba

  10. nkri jg bisa lah bikin rudal berjarak tembak 100000 km

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)