Sep 202016
 

SAFAT Burkan, bom dipandu GPS ini sudah dalam pelayanan dengan Angkatan Udara Sudan, Ali Osman, kepala pengembangan bisnis untuk SAFAT Aviation Group Sudan, mengatakan IHS Jane di pameran Afrika Aerospace and Defence (AAD) yang diselenggarakan di Afrika Selatan pada 14-18 September 2016.

SAFAT mengatakan bahwa Burkan adalah bom dipandu GPS 250 kg dengan dilengkapi sayap yang akan terbuka setelah peluncuran mampu memberikan jangkauan maksimum 80 km saat diluncurkan dari ketinggian 10 km (32.800 kaki), yang mana bom ini memiliki jangkauan radius pertempuran lebih jauh dari kebanyakan sistem pertahanan udara.

Seorang insinyur di SAFAT mengatakan bahwa koordinat target dapat diprogram sebelum pesawat lepas landas, akan tapi pilot juga dapat mengubah koordinat tersebut selama penerbangan; sistem juga akan menginformasikan kepada pilot ketika target telah berada dalam jangkauan bom.

Ali Osman mengatakan dia tidak bisa berkomentar lebih banyak ketika ditanya apakah Burkan telah dijatuhkan oleh Sukhoi Su-24 Sudan yang telah dikerahkan ke Arab Saudi untuk berpartisipasi dalam intervensi militer di Yaman.

Sumber: IHS Jane

  37 Responses to “Burkan, Bom Pintar Buatan Sudan Telah Operasional”

  1. Gokil sudan !!!

  2. klo liat berita di tv yang kliatan badan-badan cungkring, ternyata dah pinter buat bom, udah gitu bomnya pun pinter dengan jangkauan 80 km, jauh diatas RHan-122, Rx-320, meskipun beda jenis dan tipenya… ya emng gak bisa dibandingin Aple to Aple, Negara Miskin Kacau vs Negara Kaya Kacau, tapi faktanya mereka bisa berkembang seperti ini…. sementara kita lebih seperti “katak dalam tempurung”. 😀 andai sudan memiliki sumber daya alam seperti indonesia, waduh… gak bisa dibayangkan sudah seperti apa mereka sekarang….

    kembali ke nasib 😛

    • Beda takdir beda nasib. Perlu berikhtiar juga dong bung lingkar dlm sgl hal. Semangat!

    • Burkan ini paling cocok dibandingkan dengan Rudal PETIR PT. SB Malang. Moga-moga sertifikasinya lancar dan segera produksi

      • Kelihatannya beda dengan rudal petir. ini type bom glider. Daya dorong bom didapat dari kecepatan pesawat. Mirip dengan JDAM. Kalo rudal petir dari mesin dalam rudalnya.

        • Wah, dari dorongan kinetik peswat saja bisa range 80 km???
          Petir saja masih di 50 km.

          • Bisa bung, Amerika sudah bisa buat. Joint Stand Off Weapon (JSOW) Amerika jangkauannya 130 km. Tidak ada pendorongnya sama sekali, hanya karena ia bisa “gliding” maka jangkauanyya jauh.

          • Syaratnya supaya mencapai 80km harus dilepas dari ketinggian 10km, sayangnya tidak disebutkan kecepatan pesawatnya. Burkan ini tipe PGB lisensinya dari Cina. Kalo dari Wikipedia, type PGB cina seri LS PGB, FT PGB, LT PGB, tertulis engine=n/a, speed=freefall dan ” LS PGB, a family of gliding precision guided bomb”

    • Xi xi xi xi,seneng baca komenmu bro.
      Iyalah RI mo buat roket mesti kursus dulu sama Palestina (probase)…klo korupsi weleh2 jgn ditanya jagonya sejagat disini-orang awaklah (bangga)? jago pilin-plintir segala aturan dan UUD o i t
      Lanjut

  3. Sudan negara miskin tapi mampu bikin bom pintar… mana nih indonesia masa kalah sama sudan sih… jangan korupsi mulu di besarin

  4. ngeri juga sudan bisa bikin bom ya..
    sleeper bus indonesia

  5. Kalo Indonesia pinternya korupsi sm motong anggaran pertahanan…

  6. Pejabat Indonesia yg ada dipikirannya hanya pengen nyari harus kemewahan untuk hura hura ..mana ada kepikiran pengen bikin rudal ini itu, ada jg cuman wacana tanpa ada bukti kelanjutan..

  7. Kalau bisa tot sama sudan

  8. Su 35 gak jelas, kapal selam kilo gak jelas, rudal rhan sampe sekarang gak jelas.. Itulah nkri.. Penduduk Nkri dan pemrntah nkri disibukan masalah kopi sianida si jesika dan mslh aa gatot.. Hadeuh

  9. Indonisia hebat sudah lama mau buat bom pintar tp tak jadi jadi

  10. Hehehe bikin MBT, SPH, APC, IFV, Kapal Serang Cepat, pesawat & heli latih aja Sudan dah bisa koq
    http://www.mic.sd/pages/en/home/products

  11. itu bom ***

  12. Bom Burkan ini masih keluarga bom Burked ya.?

  13. Wah hebat sudan udh bs bikin bom pintar….

  14. Gk nyangka otak sudan dah selevel produsen bom

  15. PGB lisensi dari cina, mirip C705 …..

  16. mungkin yg bikin anak bangsa kita jg tuh !
    xixixi ….

  17. ayo negara2 yg lebih miskin dr indonesia,berkreasilah dan berkembanglah dlm tegnologi militer,,salip indonesia,klian pasti bisa,biar para pemimpin kami pada MELEK MATANYA,kalau sdh melek pasti trus MALU,krn negara2 yg SDM nya jauh dibawah indonesia sdh mampu menyalip indonesia dlm hal tegnologi militer,biar mrk pd nyengir krn malu,kalau gak malu ya keterlaluan,ALASANYA ALUTSISTA TDK HARUS DIPUBLIKASI,ITU RAHASIA NEGRA AGAR TDK MENIMBULKAN TENSI DIKAWASAN????NYADAR GAK PAK,KAWASAN SJA GAK PEDULI AMA TENSI???ATAU ITU CM ALIBI BAPAK2 SAJA AGAR BS DPT NGERUK DUIT NEGARA???ALASAN TDK DIPUBLIKASIKAN,PDHAL CM ITU2 DOANK KAN PAK???AH PAYAH KALI NEGRIKU INI,PUNYA PEJABAT2 YG PAYAH,YG ISI OTAKNYA CM DUIT DUIT DAN DUIT,alutsista cm seadanya,yg penting ada,,INGAT,PEMBELIAN ALUTSISTA BERDASAR KEBUTUHAN BUKAN KEINGINAN,,HUUUUUUU PAYAH.

  18. ga penting banget bikin bom pintar, yg terpenting pejabat dinegri ini pada pintar demi kesejahtraan bersama.

  19. Pejabat gak malu mau nya di jotos muka nya,, di jotos pun paling malu sebentar,, di kasih telur busuk ke halaman rumah nya mau nya..

  20. Pejabat gak malu mau nya di jotos muka nya,, di jotos pun paling malu sebentar,, di kasih telur busuk ke halaman rumah nya mau nya..

  21. Pejabat gak malu mau nya di jotos muka nya,, di jotos pun paling malu sebentar,, di kasih telur busuk ke halaman rumah nya mau nya..

  22. Realistis aja kalau dalam hal ini kita kalah. Mereka berusaha mandiri mungkin mereka untuk manjalankan negaranya harus dg karja keras.kalau kita kayak orang yang lahir dari orang tua bekas kaya. Bangga dg barang yang kita miliki hasil dari jual warisan. Maka kerja…… Kerja heheheh.

  23. Sudan bila tidak dintervensi asing, tentu dapat menjadi kuda hitam dari Afrika

  24. Perasaan Indonesia udah lama bikin bom semacam ini.

  25. Top Sudan, kapan INDONESIA?

  26. Bapk alutsista kok gak bisa buat seperti sudn ya, cabut tuch gelar , hayooo siapa kmaren yg buat artikel bpk alutsista…..tunjukan hidungmu

 Leave a Reply