Aug 252014
 
China terus kembangkan kemampuan jet tempur siluman J-20 Chengdu

China terus kembangkan kemampuan jet tempur siluman J-20 Chengdu

China telah mengembangkan pesawat siluman generasi kelima J-20 Chengdu yang diharapkan dapat bersaing dengan F-35 Joint Strike Fighter, yang dibangun oleh Lockheed Martin Corporation (LMT) serta Rusia T-50.

Seorang pengusaha China telah ditangkap karena mencuri data desain jet tempur F-35 dan F-22. Data yang dicuri itu dimaksudkan untuk membantu dalam mendesain ulang J-20, dan agar membuat jet tempur F-35 menjadi usang bahkan sebelum mereka menjadi operasional. F-35 jet adalah bagian dari program yang paling mahal di Departemen Pertahanan AS sampai saat ini.

Prototipe pertama dari J-20 fighter dirilis pada tahun 2011, dah pengembangan pesawat itu sangat cepat. Pada tanggal 26 Juli, prototipe keempat dilaporkan telah terbang selama dua jam sebelum melakukan pendaratan yang sukses. Semua prototipe revisi dari J-20 membawa perubahan besar dalam desain pesawat dengan meningkatkan kemampuan siluman, seperti mengubah lebar sayap pesawat, dan desain intake udara. Semua perbaikan desain ini diyakini didorong oleh pencurian desain data F-35 dan F-22.

J-20 Chengdu

J-20 Chengdu

Seorang pejabat pemerintah di Asia mengatakan bahwa sekitar 20 jet tempur siluman J-20 diharapkan berfungsi secara penuh dan beroperasi sebelum akhir dekade ini. Dengan kemampuan serang sekitar 1.000 mil laut, jet ini memungkinkan Angkatan Udara China untuk mengakses berbagai lapangan udara China yang memiliki ketegangan ekonomi atau teritorial dengan, termasuk Jepang, Vietnam, dan Filipina.

Richard Fisher, seorang spesialis sistem senjata China, mengkhawatirkan bahwa jika China telah berhasil mendapatkan akses desain yang berkaitan dengan sistem sensor canggih yang dibangun ke F-35, maka Lockheed Martin harus memodifikasi F-35 yang desain untuk menjaga keunggulan tempur dalam medan pertempuran.

Untuk memastikan bahwa J-20 tetap tidak terdeteksi, telah dilaporkan bawa jet tempur itu memiliki Radar Active elektronik Scanned Array (AESA) yang terpasang pada hidung pesawat, yang memungkinkan penggunakan rentang frekuensi untuk memastikan bahwa jet tersebut tidak terdeteksi saat beroperasi.

J-20 Chengdu

J-20 Chengdu

Penempatan radar AESA sangat mirip dengan yang di F-35 Lockheed Martin. Oleh karena itu, para analis telah menyimpulkan bahwa produsen jet China seperti Chengdu telah menggunakan desain pesawat yang sudah ada untuk mempercepat proses pengembangan jet tempur mereka sendiri, dan mengurangi kemungkinan rasa malu yang timbul dari desain cacat dan atau rekayasa jet tempur mereka.

Pada catatan terkait, Jepang juga mempertimbangkan untuk memasuki pasar manufaktur jet tempur, setelah menangguhkan pembangunan jet tempur bersama Amerika Serikat, yang telah menghasilkan pengembangan jet tempur F-2, dua tahun lalu. Pesawat ini diperkirakan pensiun pada 2028 dan Kementerian Pertahanan Jepang berencana meminta dana sekitar $ 387 juta, pada bulan April 2015, untuk menguji mesin dan desain badan pesawat dari jet siluman. (bidnessetc.com).

*nb: jadi cara China membangun jet tempur adalah dengan teknologi spanyol, alias separuh nyolong.

Artikel Terkait :

  92 Responses to “Cara Membuat Jet Tempur Siluman J-20”

  1. Pagi semua…!!

  2. Huyaaaaa

  3. M

  4. Selamat Pagi juga

  5. Berarti spionase China terhadap as gt ya fungsinya, hacker china mantab dah..????

  6. salam,,,, absen dulu ah

  7. Rapppptooorrrr

  8. Big ten

  9. Design boleh di curi, tapi apa iya material dan engine nya bisa sama?
    tolong sesepuh babar dimari dah

    • Menurut saya kok ragu ya bung tukang_sapu bahwa semua tekhnologi pespur stealth china itu curian,soalnya asu bikin f35,china keluar kopiannya,asu bikin raptor,china juga bikin,drone mulai predator ampe xb 47 china juga bikin,walau akhirnya spek nya ada yg beda,mungkin,ini mungkin lho ada motif ekonomi antara asu dan china…mohon pencerahannya….!!!

  10. Semuanya nyolong tekhnologi nya .. ada Beberapa data yg dibiarkan pura pura dicuri padahal data tersebut merusak secara keseluruhan desain j20 tersebut .. hihihi

  11. Pesawat kw2 amerika gak sebodoh itu membiarkan datanya dicuri, saya yakin ini bagian strategi amerika membiarkan data sampahnya dipakai china untuk mengembangkan pesawatnya sedangkan data yang asli dipakai sendiri. Tidak ada proses instan dalam engineering apalagi teknologi tinggi macam pesawat siluman. Sedangkan f35 aja masih banyak masalah sana sini apalagi kw2nya. Ini mah cuma propaganda china untuk nakut nakuti jepang sama pinoy di lcs, kalo teknologi pesawat saya masih megang jepang yang juga lagi membangun pesawat generasi 5. Atau bahkan saya masih megang kfx/ifx nanti kalo dah jadi prototipenya.

    • Semua ada resikonya memang, Kalau yang dicuri desain yang salah, blunder. Tapi kalau dapatkan yang betul, ya “rejeki”. Sebaliknya, kalau mendesain sendiri dan kerjasama resmi, hasilnya akan bagus. Tapi resikonya, waktunya bisa lama dan atau mendapat teknologi yang bukan terbaru. Untuk IFX lebih baik cara kedua, tapi dana riset diperbesar dan ditugaskan pada lembaga riset untuk pengembangan berbagai teknologi (dana dari pemerintah), supaya tidak membebani PTDI sebagai suatu PT yang laporan keuangannya diharapkan selalu sehat.

    • Bung Sukro@, miskipun technologinya “Spanyol” separuh nyolong..pasti dilakukan analisa dan pengujian dan tidak langsung diapplikasikan oleh tiongkok, mereka juga banyak ilmuwan top. kalau projecknya ingin instan…menggunakan “spanyol” akan cepat prosesnya dan tidak perlu banyak membuang waktu dan beaya.

      Untuk Bangsa Indonesia, menurut saya ada dua project dan semua harus dibeaya pemerintah untuk kemandirian bangsa, satu project dengan technik “spanyolan” dan satu project untuk melakukan pengembangan technologi secara mandiri, dan untuk menutupi gap tersebut sampai kemandirian technologi kita miliki, project spanyolan harus cepat jalan..terlebih dahulu.

      Memang…beaya yang dikeluarkan tidak sedikit. tetapi dengan president baru kami berharap lebih serius dalam menata sistem pertahanan kita…

    • Yupp KFX/IFX masih akan lebih superior dibanding benda ini ..

    • Assalamualaikum wr.wb
      imho
      dikutip dr ats:
      “Semua prototipe revisi dari J-20 membawa perubahan besar dalam desain pesawat dengan meningkatkan kemampuan siluman, seperti mengubah lebar sayap pesawat, dan desain intake udara”
      di sana di sebutkan pasti ada masalah intake udara ke engginenya :v sepertinya walaupun double engginenya pasti dua-duanya sering bermasalah :v
      intinya sama seperti masalahnya F35 :v
      yang saya ketahui desain fitur siluman itu selalu menyembunyikan isi pesawat di dalam tubuh pesawat :v sehingga desain pesawat didesain sedimikian rupa agar dapat mengurangi pancaran radar :v
      ow ya UAV itu ada yang siluman tidak ya? karena saya liat UAV bannya selalu di luar tidak masuk kedalam, kalau di masukan kedalam pasti pemogramannya nambah akhirnya kelebihan beban dan mudah sekali hang atau di hacking. cmiiw

      saya mau tanya tentang hal ini :
      “Untuk memastikan bahwa J-20 tetap tidak terdeteksi, telah dilaporkan bawa jet tempur itu memiliki Radar Active elektronik Scanned Array (AESA) yang terpasang pada hidung pesawat, yang memungkinkan penggunakan rentang frekuensi untuk memastikan bahwa jet tersebut tidak terdeteksi saat beroperasi”
      karena saya tidak tau radar-radaran :v

  12. persekiaaaxxxx

  13. Ass.Nggak papa yg penting 10 bsr.

  14. ouww,.. Trnyata pakae teknologi spa nyol alias”SPAruh NYOlong” … Hehee

  15. selamat pagi…..

  16. test

  17. judulnya lucu kalo mnurut analisa orang awam sperti saya, karena judul tulisan ” cara membuat jet tempur J-20″ seakan akan jet tempur tsbt mudah dibuat semudah membuat kue bolu bagi produsen ny… haha

    maaf saya sering gonta ganti nick name
    hhe

  18. Didalam penerapan ilmu dan teknologi tidak ada yg namanya separuh nyolong. semua ahli engineering toh pada akhirnya saling menyempurnakan. krn tdk ada yg namanya teknologi itu dibuat lgsg jd sempurna, pst jg ada cacadnya. nah cacad dan kesalahan trsbt yg pd akhirnya akan lbh di sempurnakan lg bl teknologi baru ditemukan. begitu trs menerus krn ilmu itu didapat dari proses pembelajaran (teori) dan utk hasil yg pasti hrs dilakukan dgn pengerjaan alias praktek. apakah waktu sayap ditemukan dan di aplikasikan utk dijadikan pesawat yg msh sangat sederhana olh wright bersaudara, trs oleh ahli yg lain sayap penemuan tsb gak boleh di contoh dan di colong desain sayap tsb oleh boeing misalnya, dan boeing kudu buat desain sayap yg dgn bentuk lain misal diganti jd balon? dan sikorsky si penemu helicopter dgn bilah baling2nya gak boleh dicolong penemuan teknologi helicopter utk disempurnakan oleh ahli yg lainnya. dan ahli2 yg lain kudu mencari cara yg lain selain baling2nya punya sikorsky? disini saya tdk membicarakan ttg hak paten ya? wlw hak paten ada uu nya. tp yg namanya teknologi pst trs berkembang dan smkn baik dari pertama sekali tercipta dan itu berkat reverse engineering yg trs menerus entah itu nyolong atw krn mendapat ide baru mwpn ilham. Salam..

  19. nasib sial bagi pemberi embargo….
    smoga kita tidak meniru cara mereka….
    kita adalah bangsa yang bermartabat bukan pencuri….Amin
    CMIIW

  20. yg bikin kagum adalah waktu pembuatanya ya sangat singkat. seperti bikin maenan plastik semua industri bersangkutan dilibatkan buat bikin part berbeda , setelah semua jadi tinggal rakit

    • Dan satu lagi yg bikin kagum bung, “Kesungguhan pemerintah dalam mendukung setiap penelitian dibidang pertahanan”. ntah bgaimana birokrasi di China sehingga bsa menghasilkan perkembangan teknologi sdh sangat baik dan pesat, ??

  21. dalam perang cara dan strategi apapun akan di tempuh dan di gunakan mngkin ada deal tertentu dari asu dan cina karena asu selalu lakukan standar ganda..

  22. utk melindungi kdaulatn negara apapun akn dlakukan..mskipun spionase..pncurian data tehnolgi f35 tdk dlakukan prseorangn,militr china jg trlibat dlm pncurian data dmi kdaulatn bangsa..ngawor

  23. Hebatnya china….. mulai dari anggaran yang melimpah sampai spionase nomor wahid sedunia, bersatu bahu membahu akhirnya menjadikan proyek2 yang prestisius…walaupun kata orang kw ataupun spanyol, terserah what ever you say.. btw apa kabar proyek adeknya yang ada di Indonesia? J – 10B bango?

  24. gpp teknologi nyolong tapi kreatif kan..asu jd nyengir nih

    • se7 bung dari pada produksi bersama jadinya puluhan tahun hasilnya juga baru generasi 4++ mending nyolong sekalian spt cina bisa gen ke5

  25. Kalo bukan china siapa lg yg suka “spanyol”?

  26. kita mah jgn ah………….malu am tetangga.

  27. josh gandos

  28. Benci dg komen pertamax, keduax & sejenisnya. Komen tak bermutu ciri org bego.
    Mohon admin menertibkan org2 bego seperti ini.
    Trima kasih, Boeng.

  29. apakah indonesia tidak lebih baik langsung beli J-20, tidak perlu su-35 lagi ???

    • Waduh jangan bung duke.qboy,la china aja sbg pencipta J10 aja masih tertarik dengan SU 35,klo menurutku akuisisi SU 35 dulu,baru ambil yg gen 5 kaya J10 ato PAKFA,SU 35 di anggap sebagai jembatan antara gen 4++ ke gen 5…..ma’af hanya analisa tukang macul bung…salam kenal bung duke.qboy…

  30. bung admin tolong cek email…
    kayaknya ditempat saya lagi da sesuatu
    salam kenal buat warjag semua
    (SR mode on)

  31. Gwe suka dg gaya china….
    Meski hasil nyolong yg penting gwe punya pesawat… lo brani gwe hajar…

    • klo begitu kita tidak bisa bertetangga dgn baik donk bung,, selamanya akan punya musuh,,,

      klo mau nyolong teknologi itu, yang di colong nya usahakan tidak merasa rugi,,
      knp agar hubungan diplomasi kedepan nya tetap berjalan..
      sehingga kerjasama dalam hal yang lain juga bisa tumbuh kedepan nya,,

      salah satu contoh ANOA,, yng cloningan dari VAB prancis

  32. Basic manufacktur china yang kuat. ga cuma pespur. kita liat aja berbagai elecktronic dikopi secara sukses.
    Pelajaran yang sangat layak dicontoh,

  33. Sistem ATM (Amati,Tiru,Modifikasi) negara Tiongkok memang no.1 tapi yg saya salut pemerintahannya mendukung sistem ATM ini dng memberikan dana dan membangun infrastrukturnya walopun hasilnya produk KW s/d KW-Super bahkan Tiongkok sampai memasukan mata2 ke negara2 yg mereka anggap punya teknologi maju…kalo negara udah punya pondasi kuat baik ekonomi maupun militer cara yg salah pun bisa jadi benar

  34. Terlepas dari spanyol ( separo nyolong ) ,tapi ane tetep salut sama china,yg jelas ilmuan china pinter”..emangnye gampang walaupun dapet nyolong bisa langsung buat..?? China maju karena didukung pemerintahnya, klo dimari boro-boro padahal ga spanyol malah murni hasil karya anak bangsa malah kurang dihargain akhirnye pade kabur ke luar negeri..minta dana riset az susahnye minta ampun..!! Tapi klo korupsi berjamaah, sedikit banyak china tlh membantu indonesia, contohnye alat” elektronik, klo masih import barang dari negara barat + gengnye rakyat menengah kebawah ga bakal bisa beli, tv,ac,hp dll dg harga terjangkau..mungkin klo ga ada china kelas bawah di negeri ini kesulitan mengenal teknologi modern karena ga mampu beli yg berakibat ” gaptek” ibaratnye gimane mo ngerti klo barangnye az ga kebeli karena mahal..seperti handphone sekarang ini..jgn kan orang yg berpendidikan,yg ga sama sekalipun dah pinter internetan,pake smartphone dsb..ane yakin sebagian warjager banyak yg pake hp buatan china..!! Ane pun ga munafik sekarang ane ikutan komen dimari pake hp buatan china..coba klo pake buatan barat & the geng nye abis dah gaji sebulan buat beli smartphone,mending buat beli kebutuhan sehari-hari kali…salut buat china..!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

    • setuju bung,ane juga pakai hp cina, udah 3 tahun dgn pemakaian extrim tapi oke oke aja tuh. berkat gempuran hape cina hape2 branded pada turun harga

    • Justru Produk china itu di peruntukan untuk semua kelas,
      yang abal2 ada.
      yang middle class ada
      yang high end class jg ada.
      Tergantung kantongnya mau yg mana.

  35. Cara murah mengembangkan pespu (wajib di tiru)

  36. Mending nyolong ilmu terus hasilnya jadi tanpa tepuk tangan dulu.daripada tepuk tangan dulu tapi barangnya susah amat siapnya/tong kosong nyaring bunyinya.HIDUP MBAH BOWO!

  37. Ya..asu sama saja..perang dunia 2 asu dan cs nya menang…banyak profesor2 jerman dan penemuan2 muktahir dri jerman di bawa ke asu…jadi wajar aja cina berusaha belajar dri rusia atau pun dri asu dg cari nyolong…di gabung semua..rasa rusia ama asu..ya walau belum tentu sempurna..paling tidak mereka berani dan mampu membuat..dan di dukung oleh pemerintah..dan pemerintah cina berani menghukum mati koruptor..yang mejadi penghambat kemajuan cina..apa kah negara kita berani seperti cina..?????…

  38. artikel yg menarik
    note : ga perduli gimana cara mendapat teknologinya, tetapi kegigihannya yg patut di apresiasi

  39. dan satu lagi yg bikin kagum bung, “Kesungguhan pemerintah dalam mendukung setiap penelitian dibidang pertahanan”. ntah bgaimana birokrasi di China sehingga bsa menghasilkan perkembangan teknologi sdh sangat baik dan pesat, ??

  40. Apa kabarnya si bango ya. Koq hilang.

  41. absen dulu aaah

  42. hadelah

  43. hahaha teknologi sepanyo/separo nyolong

  44. Sebenernya kalau diperhatikan ga ada negara yang benar-benar murni mengembangkan teknologi nya sendiri. Istilah ‘spanyol’ terasa biasa di bidang reverse engineering. Lah yang curang Amerika semua hak paten didaftar kan padanya tetapi ada beberapa kasus NASA dengan metode ATM ‘mencuri’ untuk digunakan kepentingannya.
    Kasus ilmuwan Nazi yang dibajak AS, Rusia dan lainnya, itu sama saja. Kasus pesawat Arrow kanada, walaupun dalam hal ini pemerintah kanada sendiri yang melakukan kesalahan membiarkan para ahlinya dibajak negara lain.
    Lebih miris lagi Indonesia … Ane no comment aja ah … Terlalu banyak contoh yang membuat prihatin …
    Semoga ada perubahan buat bangsaku INDONESIA …
    TETAP OPTIMIS …

  45. Iran tembak jatuh pesawat mata-mata Israel

    Pasukan elit Iran (IRGC) menembak jatuh pesawat mata-mata tak berawak milik Israel di dekat lokasi pengayaan uranium Natanz, Provinsi Isfahan, demikian laman resmi IRGC melaporkan pada Minggu.

    “Setelah sistem pertahanan IRGC mengetahui adanya pesawat mata-mata Israel, rudal langsung ditembakkan dan kemudian jatuh,” demikian pernyataan resmi dari IRGC.

    “Pesawat mata-mata itu punya kemampuan menghindari radar dan diterbangkan untuk memasuki wilayah udara Natanz,” tulis pernyataan itu sambil menambahkan bahwa sistem pertahanan udara Iran telah mendeteksinya sebelum memasuki target area.

    IRGC sendiri mengaku siap bertahan terhadap setiap serangan yang ditujukan untuk Iran dan “mempertahankan haknya untuk merespon dengan menyerang balik.”

    Sebelumnya pada Sabtu, Iran membuka pabrik pengolahan uranium di Isfahan yang akan memproduksi uranium dioksida murni.

    Operasi pabrik itu masih diizinkan oleh kesepakatan antara Tehran dengan kelompok P5+1, terdiri dari Inggris, Tiongkok, Prancis, Rusia, Amerika Serikat dan Jerman.

    Dalam kesepakatan sementara yang mulai berlaku pada 20 Januari lalu itu, Iran akan menghentikan sejumlah aktivitas nuklir yang sensitif dengan imbalan pencabutan sanksi-sanksi ekonomi.

    Kedua pihak sampai saat ini masih belum dapat mencapai kesepakatan permanen karena perbedaan pandangan mengenai kapasitas pengayaan uranium, reaktor air berat Arak, serta sanksi-sanksi. Perundingan kesepakatan permanen akan berakhir pada 24 November mendatang.

    Iran dan P5+1 akan kembali ke meja perundingan pada September di New York, Amerika Serikat.

    Sumber: Antara

  46. Anda pas yang beruntung bung dacil,saya yg gak bung,1bl pakai hp china njleput….he…he,tp memang barang2 china khusus nya hp memiliki dampak yg sangat luar biasa,gara2 hp china harga hp branded hancur,gara2 hp china banyak konter2 hp gulung tikar,soalnya setiap bulan ada aja yg baru,harga sama spek lebih bagus….

  47. tapi ane belum beruntung nih blm pernah dpt pertamax bung mirza.

  48. cina MEMALUKAN !
    jago nyolong !
    tapi saya yakin Amerika 3 langkah lebih maju dari cina terutama dalam kekuatan & pertahanan militer !

  49. hey dude, lu ngomong gitu sama saja ngatain bangsa lu sendiri, vab itu contohnya, tiba tiba jadi anoa. semua negara didunia ini akan melakukan hal yang sama dengan rrt, selama perlu dan ada kesempatan,
    colong mencolong tehnologi itu bagian dari spionase, contohnya selesai Pd2, semua ilmuwan nazi, direkrut us rusia eropa
    artian mencolong tehnologi jerman sekaligus dengan orang orangnya. padahal mereka terlibat dengan nazi namun tidak diadili dan bahkan dijadikan warga negara.

  50. produk rrt, yang bagus itu kalau kita minta yang bagus, kalau tidak, pedagang akan jual produk rrt kelas home industry. saya sekarang pakai smartphone ZTE, harga murahan 2.4 jutaan, sudah 1 tahun pakai tidak ada masalah sama sekali.

  51. KALO BETUL CINA NYOLONG, NYOLONGNYA PAKE TEKNOLOGI CYBER MELEBIHI KEMAMPUAN AS. KESIMPULANNYA CHINA LEBIH UNGGUL DONG DARI AS.

  52. ikuti langkah cina

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)