Aug 072016
 

Selama hampir satu abad para geo-strategis Inggris dan Amerika berusaha mencegah Rusia-Jerman dan Rusia-Cina memulihkan hubungan karena dianggap sebagai ancamam yang mampu meruntuhkan dominasi AS dan Inggris. Demikian juga China yang mencetuskan proyek “Satu Tali, Satu Jalan” (OBOR – One Belt One Road) dianggap oleh para analis geo-politik AS sebagai suatu ancaman.

Dunia saat ini menahan napas untuk melihat apakah pengganti Obama akan menghapuskan strategi kebijakan luar negeri Washington yang bertujuan mengganggu stabilitas Eurasia, Dr. Christina Lin, seorang teman di Pusat Hubungan Transatlantic di SAIS- Universitas Johns Hopkins, mencatat.

“Dunia sekarang menunggu dan menahan napas untuk melihat apakah pemilu AS November nanti akan mengantar era baru pada dunia multi-partner untuk menghadapi tantangan global seperti anti-teroris, atau masuk ke dalam perang dingin baru yang menggenjot rezim perubahan untuk melakukan konfrontasi dan dominasi di dunia multi-polar”, Dr. Lin tulis dalam artikel untuk Asia Times.

Dari situ tampak bahwa akar strategi luar negeri AS bergerak jauh ke paradigma geo-politik Halford Mackinder yang dijuluki dengan “Teori Heartland.”

Halford Mackinder

Halford Mackinder (1861–1947)

Mackinder (1861 – 1947), ahli geografi, akademik dan politisi Inggris yang menganggap benua Eurasia sebagai “pusat” dari politik global dan menyatakan bahwa kekuatan yang mengendalikan Eurasia (“Heartland”) dapat mempengaruhi dunia.

Di sisi lain, sebagai orang Inggris, Mackinder menyatakan keprihatinan tentang aliansi Rusia-Jerman yang mengancam posisi geo-politik kekaisaran Inggris.

Dalam esai terkenalnya “Sejarah Poros Geografis” yang ditulis pada tahun 1904, Mackinder menarik perhatian pada fakta bahwa jika Eurasia terintegrasi melalui jaringan rel kereta api, secara signifikan akan menyeimbangkan perdagangan dunia dan mengurangi pentingnya Inggris sebagai kekuatan laut global.

“Jalur kereta api Rusia memiliki panjang 6000 mil dari Wirballen di wilayah barat hingga ke Vladivostok di wilayah timur… Benar, bahwa jalur kereta api Trans-Siberia masih menjadi satu-satunya jalur komunikasi penting, tetapi abad ini tidak akan lama sebelum seluruh Asia terhubung dengan jalur kereta api”, perkiraan Mackinder.

“Jarak antara Kekaisaran Rusia dan Mongolia yang begitu luas, dan potensi mereka dalam populasi, gandum, kapas, bahan bakar, dan logam yang begitu besar, bahwa semua itu tidak dapat dihindari bahwa dunia ekonomi yang luas, lebih atau kurang terpisah, dimana akan ada pengembangan melalui akses perdagangan laut”, ia memperingatkan.

“Pengembangan penuh mobilitas jalur kereta api modern (Rusia) hanyalah masalah waktu. Juga ada kemungkinan bahwa setiap revolusi sosial yang mungkin akan mengubah hubungan penting (Rusia) pada batas geografis yang besar keberadaannya”, akademisi Inggris meramalkan.

Lebih dari seratus tahun telah berlalu sejak perkiraan Mackinder, tapi keharusan geo-politik utama tetap utuh. Setelah runtuhnya Uni Soviet, Rusia terus mempertahankan hubungan dekat dengan Jerman di wilayah barat dan negara-negara pecahan Soviet dipinggiran Asia Tengah hingga ke selatan. Pada saat yang sama Moskow terus melanjutkan kerjasama dengan Beijing disebelah timur.

Mimpi buruk terbesar Mackinder adalah bahwa ramalannya menjadi kenyataan dimana Beijing kembali mencetuskan inisiatif OBOR pada tahun 2013 oleh Presiden China Xi Jinping. Proyek bervisi pada penciptaan jaringan rel kereta api berkecepatan tinggi yang akan membentang dari Shanghai hingga ke Berlin.

Bisa ditebak, integrasi Eurasia ini lebih lanjut tidak bermain dalam genggaman Amerika Serikat bahkan mengancam keseimbangan kekuatan global yang mendukung rencana Heartland ini.

Peta ini menunjukkan rencana China untuk "jalan sutera baru", termasuk transportasi yang luas dan link logistik darat dan laut.

Peta ini menunjukkan rencana China untuk membuat “jalan sutera baru”, termasuk jalur transportasi yang luas dan link logistik melalui darat dan laut.

“Bahwa Amerika Serikat ingin menghentikan koalisi antara Jerman dan Rusia karena kombinasi dari ibukota Jerman dan teknologi dengan sumber daya alam Rusia serta tenaga kerja dapat melawan dominasi Amerika. Hal itu bergerak untuk mengacaukan dan membuang keseimbangan negara di Eurasia terhadap proyek OBOR China yang akan membantu integrasi ekonomi Eurasia dan mengurangi wilayah tak bertuan bagi organisasi teroris untuk berkembang”, Lin menekankan.

Lin mengutip George Friedman, pendiri dan kepala intelijen swasta, Stratfor. Pada Februari 2015 Friedman menyampaikan pidato didepan Dewan Chicago yang berpengaruh pada Urusan Global.

Pendiri Stratfor menguraikan bahwa Amerika Serikat menciptakan “barisan penghalang” di sekitar Rusia, memisahkannya dari Jerman yang melibatkan negara-negara Eropa Timur dalam genggaman Amerika.

“Kepentingan primordial dari Amerika Serikat yang selama satu abad kita perjuangkan – (Perang Dunia) Pertama, (Perang Dunia) Kedua dan Perang Dingin – hubungan antara Jerman dan Rusia, karena bersatu maka mereka adalah satu-satunya kekuatan yang bisa mengancam kita, dan memastikan bahwa hal itu tidak boleh terjadi”, Friedman menekankan, banyak persamaan dengan paradigma geopolitik Mackinder.

“Bagaimanapun kita kembali pada permainan lama”, kata Friedman.

Friedman tampaknya mengacu pada rumus yang dicetuskan oleh Sekretaris Jenderal pertama NATO (1952-1957) Jenderal Hastings Lionel Ismay: “Untuk menjaga Rusia keluar, Amerika Serikat pada, dan Jerman turun.”

Lin menggarisbawahi bahwa AS juga menyadarinya dengan menerapkan strategi “memecah dan menguasai” Asia Tengah dan Asia Timur. Dia mencatat bahwa sejak AS tidak memiliki sumber daya untuk menempati semua Eurasia maka dimulai dengan mendukung negara-negara yang bersaing, secara simultan mengipasi api diantara mereka, sehingga mereka menjadi kewalahan dengan masalah mereka sendiri.

Lin menekankan bahwa proposal Friedman untuk “melakukan serangan gangguan” seperti di Vietnam, Irak dan Afghanistan untuk mencampakkan keseimbangan mereka seperti kita (AS) lakukan dengan al-Qaeda di Afghanistan, jelas mengancam proyek OBOR China.

Neo-konservatif AS dan pendukungnya saat ini terlibat dalam gaya Perang Dingin untuk menciptakan lebih banyak negara “tidak seimbang”. Sebagai akibatnya, semakin banyak wilayah tak bertuan di Eurasia yang akan diisi dengan radikalisme dan terorisme, seperti Daesh (ISIS/ISIL), Lin memperingatkan.

Secara kontras, proyek-proyek seperti OBOR ditujukan untuk membatasi “wilayah tak bertuan” yang dapat digunakan organisasi teroris untuk berkembang.

Pertanyaan yang muncul dibibir setiap orang adalah apa yang akan menjadi kebijakan luar negeri Washington setelah pemilu November.

 

Sumber: Sputniknews

Artikel Terkait :

  30 Responses to “AS Cegah Integrasi Eurasia Oleh China dan Rusia”

  1. itu harus di cegah..

    • Yg harus di cegah tuh asu,yg slalu membuat negara lain tidak slabil melalui al qaeda,ngisis
      Asu menciptakan lebih banyak negara “tidak seimbang”. Sebagai akibatnya, semakin banyak wilayah tak bertuan di Eurasia yang akan diisi dengan radikalisme…
      Terbukti ASU lah terrorist yg sebenarnya.

  2. cegah harus di ini

  3. Di cegah mbah bowo maksutnya ya carin…

    Minum kopi dulu campur sianida biar pikiran damai selalu…

  4. cegah harus di itu

  5. Amerika harus merubah pandangan tentang indonesia
    Indonesia negeri yg beradap dan menjunjung nilai2 perdamaian
    Amerika musti menganggap indonesia mitra yg strategis ,menggandeng indonesia tuk menciptakan perdamaian dunia
    Indonesia bukan ancaman bagi amerika
    Tapi indonesia adalah ancaman untuk negara rakus yg suka judi dan wanita yaitu cina rakus dan rusia mabok

    Ayo amerika ajak cina perang ..penduduk negara cina bikin sempit dunia

  6. Mereka sudah bergerak bung cegah darimana..??

    Contoh jelas di LCS, Walau dibilangin ini wilayahku mereka tetep bilang ” iya memang …tapi aku suka wilayahmu..kalau aku ambil gimana..”
    Begitulah begitulah…

  7. kebijakan asu pasca pilpres ya seperti biasa, klo dr partai yg doyan perang ya nyari lahan perang baru

  8. Politik devide et impera versi ASU.politik licik yg terAng terangan selalu ingin jg no 1 di dunia.

  9. pokoknya ini ngga asu maupun cino kirik semua harus dicegah dasar ular ular bodoh kalian ingin mencoba menguasai dunia ini dengan cara kalian masing masing niscaya suatu saat nanti bangsa kalian akan hancur karena perbuatan yang kalian lakukan terhadap bangsa lain…… kalian yang menanam kalian pula yang akan menua di kemudian hari ckckck

  10. ujung ujungna amerika ma cina bagi bagi jatah wilayah kekuasaan di lcs ma di asia tenggara aingmah yakin da pasti kitu akhirna……

  11. cina sedang membangun rel kereta dari cina ke iran dan rusia. jaringan yg membuat ekonomi lebih kuat. karena barang di angkut kereta akan lbih murah jika lewat laut….di negeriku subsidi energi lebih penting daripada infrastruktur dan riset….hmmmmm

    • jalur laut masih tetep yg paling murah, jalur rel itu utk menyambung daratan utk tranportasi jarak pendek-menengah, utk jarak jauh antara benua tetep lebih murah lewat laut, utk angkutan manusia tetep lbh nyaman lewat udara.

  12. bknnya lewat laut dari asia ke eropa dan timur tengah klo dilihat ke globe muter dulu ke selatan .ke laut cina, malaka dan samudra indonesia lalu ke laut merah…china lgi bngun rel ke iran afganistan dan rusia. bkan tanpa sebab..pasti lbih murah..barang mereka akan lebih murah….

  13. Nabi muhamad punya berapa lobang/ prumpuan, doyen khan? Gimana pengikut nabi muhamad

    • Jaga mulutnya..santo…
      Tolong jangan bawa bawa agama, nabi kitab suci…ternyata anda sangat dangkal wawasannya..jangan jangan otaknya juga..

      Maaf bung..hormati hormati atau anda tidak dihormati..

    • Nabi Sulaiman saja punya 23 istri bung. Nabi ibrahim punya 3 istri. Dan masih banyak lagi yang lain. Cuma sekedar informasi, sepeninggalan istri tercintanya siti khadijah. Nabi Muhammad lama menyandiri, karena dipandang tidak baik seorang pemimpin utk hidup menyendiri banyak dari sahabatnya menawarkan banyak wanita cantik dan masih muda. Nabi Muhammad dan siti khadijah sangat lama hidup berdua sampai istrinya tsb meninggal dunia. Dan kebanyakkan dari istri nabi Muhammad adalah para janda. Karena niatnya adalah utk memuliakan mereka dan membantu anak yatim karena dulunya beliau juga seorang anak yatim yang ditinggal ayahnya sejak kecil jadi beliau tahu betapa susahnya melihat ibunya dan menjadi anak yatim.

      • anda salah bila membandingkan pernyataan santo dgn jumlah istri nabi Sulaiman. Bukan begitu menjelaskanya.

        tapi yg setelah itu anda benar.

    • san, maaf yaa bung, anda salah fatal menilai sepotong. itu yg pertama.
      kedua, meski anda menghinakanya setiap hari tp akan lebih banyak lagi yg memuliakanya sepanjang waktu. Seiring waktu, anda semakin hina dan Rasul Mohammad semakin mulia. berani bertaruh?

      kelihatanya bila dugaan saya tdk meleset, yg anda maksud adlh jumlah istri, anda harus melihat konteks saat itu, dmn seluruh pria arab rata2 sebagian besar punya ratusan istri, dan sering itu adlh istri2 paman2nya, jadi teladan beliau adlh sederhana.
      kedua, beliau melakukanya bkn krn nafsu dunia spt yg dipertahankan dan dijadikan pembenaran oleh Para Kumpulan Sapi dan golongan onta2 arab berjanggut, serta onta2 pribumi yg berdaster putih. Bukan, bukan krn nafsu semata. Selidiki dan pelajari sejarahnya satu2. Anda bisa menemukanya.
      Ketiga, Rasul Mohammad waktunya sering habis utk pengembangan agama dan fokus menghadap kpd Allah. Selidiki kisah hidup beliau, anda juga akan mengerti. Artinya tdk bisa tiap malam beliau bertemu dgn istri2 beliau. Tdk seperti para onta2 arab berjanggut dan pendukung sepersapiannya di indonesia, sudah doble masih ngambil pashtun seger. Sapi siapa tuh?
      Ke empat, tujuan sang istri pun juga tdk sama dgn tujuan para wanita pimpinan sapi dan onta2 itu. Artinya, lebih krn nurani dr pada krn nafsu.

    • oi monyet @santo….yesus gimana,..punya ga goblok,…mau maiN SARA ..ayo gue ladenin…

    • Santo , keluarin wujud mu atau foto mu , biar saya bunuh km dgn tangan ku sendiri . Siapapun yg menghina nabi muh. Tak peduli itu prisiden dll , akan aq bunuh , ayo kita ketemu di mana , kita selesai secara lelaki . Sya tunggu kabarmu santo .

  14. Hei Santo Kamu jangan bilang spt itu, pada Baginda Nabi Muhammad.Rasul Menikah karena ada perintah dari Allah SWT.Sebelum Wafat nya Bunda Khadijah ….Baginda Rasul hanya punya istri 1.Hati2 kamu dengan bahasa kamu ( Lobang / Perempuan ).Tidak pantas kamu bicara spt itu.Bahasa kamu seperti menunjukan penghinaan pada Rasullullah SAW.

    • sabar bung, biarkan Allah sendiri yg menunjukkan kebesaran dan keagunganya kepada yg menghina hamba nya yang disayangi.

  15. inggris dan amerika memang dua negara yg dikendalikan penuh para rakus zion yg menguasai bumi saat ini.
    prancis sering melawan hingga sering dihantam. German sadar dan paham, tapi memilih merespon dgn terstruktur hingga menunggu as inggris lengah. Russia sejak awal melawan keras sendirian, meski pernah ditahlukkan saat bolsewik masuk dan komunis merajalela. Tapi kini russia bangkit melawan dgn prolog putin telah menghabisi komprador2 globalist yg memimpin seluruh sektor2 penting di seluruh russia.

    silahkan publik nkri dan pemerintahnya memilih, jadi ekor anjingnya amerika dan inggris dibawah naungan keselamatan dan kebaikan si tuan kapitalis atau
    memilih berjuang hingga kemenangan, searah dgn dasar dan falsafah negara kesatuan indonesia ini didirikan. Hingga kita bebas mengaplikasikan nilai2 luhur budaya2 agung nusantara raya.

    silakan dipilih, jadi ekor anjing tp mulia bersama mereka atau berjuang tp ada kemungkinan mati.

  16. @Santo santo,jangan omongin agama deh, memang alee pernah mati trus hidup lagi & da,wah ,surga & neraka? #China bikin jalan sutra ,kalo mnurut fengsui,skuat apapun tiongkok mreka pasti kalah bila MAIN di laut ( kt si mbah lair nya selasa kliwon)

  17. Debat kok agama,..
    Mana nih keamanannya. Bikin gaduh…

  18. Yah emang seharusnya begitu. Amerika harus mencegah Integrasi Eurasia. ngerti ora son! seperti kapal kalau dengdek karam tuh kapal.

  19. sama dg kasus Libya, Irak, dan Suriah yang berencana melakukan perubahan besar menantang dominasi Barat..

    Entah Eurasia dan OBOR akan mudah di “jebol” UK dan USA.. jawabannya mungkin pasca Pemilu USA nanti

    https://dwioktanugroho.wordpress.com/2012/12/30/eurasian-union-block-tandingan-uni-eropa-bikinan-rusia/

  20. Baguslah kl asia dan eropa bisa terintegrasi.
    Tp kenapa si asu jadi galau dan uring2an?

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)